Belajar Membuat Kue Nastar untuk Lebaran


Kue kering apa saja yang wajib ada saat Lebaran? 

Bagi saya dan keluarga, jawabannya adalah nastar pada posisi pertama. Posisi selanjutnya berturut-turut ditempati oleh kastengel, putri salju, dan kue (apa saja) dengan coklat.

Waktu kecil, saya kerap membantu almarhum Mami membuat kastengel. Waktu itu saya kebagia memarut keju, atau mencetak kastengel ke loyang. Biasanya hasil cetakan saya nggak beraturan gitu. Ada kastengel yang gendut dan ada yang kurang gizi, hahaha.

Punya pengalaman masa kecil membuat kue, belum tentu membuat saya bisa bikin kue ketika dewasa. Saya lebih suka belajar memasak daripada membuat kue. 

Saking malasnya membuat kue, saya memilih untuk beli saja kalau kepengen. Entah itu kue bolu atau kue kering. Syukur alhamdulillah, setiap lebaran saya selalu dapat kiriman kue dari kakak, kakak ipar, dan kadang adik ipar juga. 

Nastar kiriman kakak

Meski ada kue kering gratisan, saya masih tambahin beli kue kering kesukaan anak-anak. Atau beli kue kastengel premium untuk lidah saya yang 'belagu' ini, hahaha.

Beli paket kue lebaran

Pada bulan ramadan tahun 2022 ini saya belajar bikin kue nastar. Saya belajar pada tetangga dekat rumah, Mama Ari. Proses membuat kue dilakukan di rumah Mama Ari. Saya hanya mencatat, mengamati, lalu minta hasilnya. Kadang kami dirusuhi Gibran, anaknya Mama Ari, bocah lucu yang tidak bisa diam.


Oia Mama Ari ini bestie saya di komplek, lho. Sama-sama emak yang punya 3 anak laki-laki, kami senasib riweuhnya. Sesekali kami sering pergi bareng buat we time. Supaya biar pikiran fresh menghadapi rutinitas di rumah. Namanya emak-emak, perlu juga dong menepi sejenak, hirup udara segar biar pikiran waras. Setuju? 

Saya dan Mama Ari

Kok tumben banget Mak, insap mau bikin kue? Hehe iya, ceritanya lagi penasaran gimana rasanya bikin kue kering. Lumayan, nanti bisa dipraktekan di rumah. Ini dia catatan hasil belajar membuat kue nastar untuk lebaran bersama Mama Ari...

Resep Kue Nastar

Bahan:
  • 400 gr terigu protein sedang
  • 225 gr margarin Blueband
  • 50 gr keju cheddar Kraft parut
  • 1 sachet susu bubuk Dancow
  • 80 gr gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 1 bks vanili bubuk
  • 100 gr maizena
Bahan isian:
  • 250 gr gula pasir
  • 3 buah nanas, kupas, parut kasar
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sachet vanili bubuk
Bahan olesan dan taburan:
  • 2 kuning telur, kocok lepas
  • 1 sdm susu kental manis
  • sedikit madu
  • sedikit minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Buat isian nastar: masak nanas sampai airnya menyusut, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Aduk sampai kering. Diamkan sampai dingin. Bentuk bulatan kecil untu isian nastar.
     
  2. Kocok dengan mixer: kuning telur, gula, dan margarin.
     
  3. Tambahkan keju parut, susu bubuk, dan maizena, aduk sampai rata. 
  4. Matikan mixer. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata sampai kalis dan tidak lengket.

  5. Bagi adonan menjadi bulatan kecil masing-masing beratnya 6 gr. Kumpulkan. Bentuknya asal saja karena belum diisi.

  6. Ambil 1 bulatan, pipihkan. Isi dengan selai nanas. Bulatkan.

  7. Taruh bulatan nastar di loyang yang sudah diolesi margarin.
     
  8. Iseng, ada bulatan yang saya beri motif garis dengan garpu yang dipenyetkan.

  9. Beri bahan olesan.

  10. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 25 sampai 30 menit atau hingga matang berwarna kuning keemasan.

  11. Setelah dingin, masukkan nastar ke dalam toples.
     
  12. Nastar siap dikirim eh siap dinikmati.
Alhamdulillah nastar sudah jadi

Selama membuat nastar, kami berdua, saya dan Mama Ari melakukannya sambil mengobrol santai. Waktunya pagi hari setelah anak-anak masuk kelas onlinenya. Jadi bisa ditinggal.

Asik dapat 3 loyang :D

Sengaja bikin kue di pagi hari. Berhubung bulan puasa, masak untuk berbuka nanti saja habis shalat Ashar di sore hari. Jadi makanan buka puasa terasa segar baru dibuat. Karena fresh, bisa dihangatkan dan dimakan lagi deh buat sahur nanti. Dengan catatan, kalau masih bersisa yaa...


Nastar baru dicicipi setelah buka puasa (ya iya atuh).  Alhamdulillah rasanya enak. Tidak keras dan cukup legit. Thanks to Mama Ari. Nanti saya mau coba juga di rumah menggunakan oven listrik. Mudah-mudahan berhasil. Doain ya.

Akhir kata, saya mau bilang sesuatu. Saat tulisan ini diketik, nastarnya sudah habis. Wah apa perlu diumpetin ya supaya bisa dimakan pas Lebaran nanti? Mana tahaann...

Nastar penggoda iman :P

48 comments

  1. Hihi... nastarnya enak nih pasti, belum lebaran udah habis aja. Hemmm kayaknya namanya diganti aja deh ya, bukan kue lebaran tapi kue puasa.

    Semoga nanti pas praktek bikin sendiri sukses juga ya jadi nastar yang legit rasanya dan teksturnya nggak keras.

    Kalau saya sampai saat ini masih jadi tim beli jadi aja

    ReplyDelete
  2. Kue wajib sejuta umat ya si nastar ini, entah sejak kapan haha. Aku pernah belajar bikin nastar, tahun lalu kakakku sempat minta dibuatin. Karena kelelahan bikin pesanan kakak, akhirnya untuk diriku sendiri nggak sempat buat haha. Tahun ini mau coba bikin lagi, tapi belum ada waktunya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sampai ga kebagian buat diri sendiri ya. moga sempat bikin lagi yaa

      Delete
  3. Setujuu sama mb Dzul kue sejuta umat di setiap rumah pasti ada pas lebaran. Aku acungin jempol buat emak yg rajin bikin kue, telaten banget soalnya akuu gak mauu riweh dan kotor dimana mana hehehe team sukanya beli tinggal makan.

    ReplyDelete
  4. Nastarnya menggoda banget... Kalau saya nomor satu itu putri salju, kedua kastengel, ketiga baru nastar... Yang pasti belum pernah bikin sendiri, hehe...

    ReplyDelete
  5. ow itu bentuk nanas setelah dimasak. Ku pikir tadi kurma.
    btw nastar itu top of mind buatku. Mau lebaran atau tidak, harus ada nastar! tapi yaa beli aja, heheh

    ReplyDelete
  6. Ow itu nanas setelah diolah jadi warna hitam, ku pikir tadi kurma.
    Aku sepakat mbak Inna, nastar jadi top of mind untuk kuker. Tapi kali ini beli aja deh, hehe

    ReplyDelete
  7. Rapih mba nastarnya, sy baru 2 kali praktik bikin nastar dan hasilnya ga rapih, pecah selai keluar dan buletnya ga rata, akhirnya nyerah minta bikinin ibu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pas perdana lagi baik hati sama akuh hehe

      Delete
  8. wah yang pinter masak asih asyik saja ya, nah aku sih beli saja

    ReplyDelete
  9. Nastar mah wajib banget ada klo lebaran. Kesukaan ku banget. Dulu rajin bikin nastar sama mama tapi sekarang males banget enakan beli hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg dulu suka bantuin bikin kue waktu kecil. skr kok males :D

      Delete
  10. kue nastar favorite banget nih, kalau bikin saya suka gagal terus huhuhu jadi mending beli aja deh, hehe tinggal am am am.

    ReplyDelete
  11. Wah kue nastar ini tuh kue sejuta umat yang wajib ada sih saat lebaran. Kue nastar nya menggugah selera plus cantik yaa jadi pengen coba bikin kue nastar sendiri nih setelah lihat resep dan proses pembuatannya.

    ReplyDelete
  12. Mbaa, kuenya cantik sekali. Rajin juga mba Inna belajar membuat kue nastar sama tetangga. Hasilnya slain bisa dinikmati sendiri, tampaknya bisa dijual juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbaa... jadi ga penasaran gimana rasanya bikin kue :D

      Delete
  13. Cantik mbak,nastarnya. Saya kalau buat biasanya cuma bulat saja. Paling di atasnya saya tancepin cengkeh. Ternyata ditekan pakai garpu jadi cantik juga ya. Besok coba praktik ah...

    ReplyDelete
  14. Bikin nastar termasuk kue kering yang agak ribet sih mbak tapi tiap tahun saya jualan ya enjoy aja. Tipsnya kue dipanggang dulu setengah matang baru dioles sama olesannya

    ReplyDelete
  15. Cancikk wah sama banget kuker lebaran dah di rumah abissss semuaaa
    Sampe males mau beli atau bikin lagii

    ReplyDelete
  16. Wah..ada keju parut juga di dalam adonannya ya. Kebayang ini rasanya pasti lebih gurih dan ada sensasi kejunya. Disantap sebagai teman kopi/teh enak nih, hati-hati keburu habis sebelum lebaran wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru itu... dah keburu habis sbl lebaran wkwkkw

      Delete
  17. Yah, tadinya justru mau minta nyicipin eh ternyata malah udah habis saja ya...
    Bikin nastar ini kalau saya nunggu saudara pada mudik dulu, jadi banyak yg bantuin. Hahaha ..

    ReplyDelete
  18. Nyaamm, tahun ini blm kepikiran bikin kue lagi, biasanya suamiku yg rajin bikin haha
    Kue nastar itu kyk kue wajib ada yang ada saat lebaran ya mbak. Kadang tu lbh cepet makannya ketimbang bikinnya, sblm lebaran kdng dah habis wkwk, makanya biasanya bikin mefet2 lebaran

    ReplyDelete
  19. Aku jadi kepikiran untuk belajar resep-resep nastar mama deh. Seneng deh kalo dah bisa bikin kue favorit keluarga ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ada buku resep mamiku. lupa ditaro dimana ada resep2 kue kumplit

      Delete
  20. MashaAllah~
    Nastarnya cantiik sekali.. Ternyata setelah dikasih motif menggunakan garpu, pas uda jadinya bagus banget yaah..
    Naksiirr banget sama kue nastar mungil dapur ngebut.

    ReplyDelete
  21. Bikin nastar termasuk kue kering yang agak ribet sih mbak tapi tiap tahun saya jualan ya enjoy aja. Tipsnya kue dipanggang dulu setengah matang baru dioles sama olesannya

    ReplyDelete
  22. Wah enak nih keliatan nya. Salut rajin banget. Saya sih sebenarnya suka bikin kue. Tapi karena dpt parcel dan ada sodara yang bkin kue nya lebih enak, jadilah beli di dia ajašŸ¤£alasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga suka beli punya tetangga yg jualan kue

      Delete
  23. Ngabuburit yang bermanfaat ya Teeh sambil nunggu waktu berbuka, praktek bikin nastar bareng bestie. Menggiurkan lho lihat nastarnya..

    ReplyDelete
  24. Tahun ini saya ada niat untuk bikin nastar tapi belum kesampean buat bikin pas Ramadan. Untungnya ada beberapa temen yang menawarkan pembuatan nastar sesuai request dan saya bisa belajar dikit-dikit dari mereka juga. Nggak bisa dilewatin sih nastar tuh udah jadi kuker wajib lebaran pokoknya!

    ReplyDelete
  25. Ingat kue nastar itu jadi ingat ibuku yang suka banget bikin kue nastar menjelang lebaran. Dulu kami sama-sama membuatnya. Tapi sudah sekitar 5 tahun ini karena kami terpisah domisili cukup jauh, jadi aku nggak bisa ikut bikin bareng ibu.

    ReplyDelete
  26. Bikin nastar itu kan proses yang lama waktu cetak yah. Jadi emang paling pas kalo sambil ngobrol santai, anggap aja ga lagi cetak kue hahahaha

    ReplyDelete
  27. Baru tau aku kalo olesannya juga bisa ditambah minyak goreng. Mama kemarin cuma dikasih madu aja supaya kuningnya cantik, meski pakai telor ayam biasa.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^