Lezatnya Jamur Isi Keju. Bisa Dipanggang dan Digoreng

Assalamualaikum!

Sebagai penggemar jamur, nggak heran kalau di rumah saya sering banget masak olahan yang satu ini. Bak jamur di musim hujan, ada banyak jamur bikin saya ketagihan (ih nggak nyambung).

Kebetulan di warung sayur dekat rumah banyak yang menjual jamur. Mulai jamur tiram, jamur kuping, sampai jamur kancing dan jamur enoki juga ada. Kalau jamur kancing dan enoki memang agak jarang. Makanya begitu ketemu jamur jenis ini, saya pasti mendadak beli karena mumpung ada.

Seperti saat ke warung sayur dan ketemu jamur kancing champignon yang cakep banget. Tanpa pikir panjang, langsung angkut deh ke keranjang belanja. Check out dan siap masak. Heu bahasanya berasa lagi belanja online. Padahal mah lagi di warung sayur hihihi.

Sampai di rumah, sempet bingung ini jamur mau diapain ya. Namanya mendadak beli, jadi belum ada ide mau dimasak jadi apa. Pikir-pikir, buat lauk  makan dengan olahan jamur sudah sering bikin. Buat toping juga pernah dibikin jadi Mie Ayam. Nah bikin cemilan dari jamur seru juga kayaknya.

Dulu banget pernah nyoba bikin jamur isi keju. Terinspirasi menu di kafe yang menyajikan jamur goreng isi keju. Begitu digigit, keju lumer langsung meleleh. Tapi harus dimakan panas-panas ya kalau mau kejunya meleleh. Hati-hati jangan langsung masuk mulut, soalnya panas bo!

Kali ini saya mau share resep Jamur Isi Keju yang dipanggang dengan oven dan digoreng pakai tepung pelapis. Keduanya sama enak. Kita eksekusi resep pertama dulu, yuk!

1. Jamur Panggang Isi Keju

Bahan:

  • jamur kancing (champignon) segar
  • merica secukupnya
  • bubuk parsley secukupnya
  • garam secukupnya
  • keju mozarela atau quick melt
Tambahan: kentang kecil, saus sambal botolan.

Oia saya menambahkan kentang kecil alias kentang yang biasa digunakan untuk campuran rendang atau semur. Sekedar iseng saja. Mumpung ovennya punya kapasitas besar. Sayang kalau cuma manggang jamur doang :D

Cara membuat:
  1. Buang batang jamur. Cuci bersih jamur, tiriskan. Lap dengan tisu kering. Terutama bagian bekas batangnya yang berbentuk lubang untuk diisi keju.
  2. Lumuri jamur dengan garam, bubuk parsley, dan merica.
  3. Potong keju bentuk kotak kecil. ukuran kurang dari 1x1 cm atau disesuaikan dengan lubang bekas batang jamur.
  4. Untuk kentang, cuci bersih jangan kupas kulitnya. Untuk kotoran yang membandel bisa gunakan sikat gigi. Kerat kentang 4 bagian tapi jangan putus untuk tempat menyelipkan keju. Lumuri kentang dengan garam, bubuk parsley, dan keju. Potong tipis keju, selipkan  di sela-selanya.
  5. Panggang di oven dengan api atas selama 20 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  6. Sajikan hangat dengan saus sambal botolan.

Jreng jreng... sudah matang! Sayang beribu sayang, karena saya kelamaan menata properti foto, jamurnya sudah dingin dan tidak kelihatan lumer meler meleleh lagi hiks. Etapi meski sudah dingin, rasanya tetap enak, lho!

Penampakan isian keju

Jamur panggang dengan keju lumer

Bersanding dengan kentang isi keju, cocok banget buat cemilan. Lumayan serasi bukan, ada karbonya juga kalau pakai kentang. Jadi kenyang deh, hehe.

Kentang panggang oh enak sekali

Kentang panggang ini karena bentuknya imut, jadi pas untuk sekali suap. Dikunyah di mulut terasa renyah. Makan berikut kulitnya juga nggak masalah. Ini mengingatkan saya pada menu Baked Potato di sebuah resto fast food penuh kenangan.

Bulat menggemaskan sekali happ

Selanjutnya, kita cuss ke resep kedua. Ini dia....

2. Jamur Goreng Isi Keju

Bahan:

  • jamur kancing (champignon) segar
  • keju mozarela atau quick melt
  • 1 mangkuk kecil tepung bumbu serbaguna secukupnya
  • 1 mangkuk kecil tepung panir kasar
  • 1 butir telur, kocok
  • minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Buang batang jamur. Cuci bersih jamur, tiriskan. Lap dengan tisu kering. Terutama bagian bekas batangnya yang berbentuk lubang untuk diisi keju.
  2. Potong keju bentuk kotak kecil. ukuran kurang dari 1x1 cm atau disesuaikan dengan lubang bekas batang jamur.
  3. Balur jamur ke tepung bumbu serbaguna. Celupkan ke telur, balur dengan tepung panir kasar. Celupkan lagi ke telur,  balur sampai rata dengan tepung bumbu. Jika telur dirasa kurang, bisa ditambahkan lagi. Tekan-tekan jamur ke tepung selama dibalur agar melekat kuat.
  4. Taruh jamur yang sudah ditepungi di freezer. Diamkan selama 15 menit agar tepung menempel.
  5. Goreng jamur dengan minyak panas sampai matang kecoklatan. 
  6. Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal botolan.
Sudah matang, tinggal makan nih. Seperti yang saya bilang sebelumnya, hati-hati ya saat memakan jamur isi keju ini. Pas masih panas, keju lumernya bisa bikin lidah terbakar lho.

Lumayan kelihatan melelehnya :D

Selamat menikmati Jamur Isi Keju

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^