Cara Membuat Nasi Mandhi Ayam Tanpa Ribet

Assalamualaikum!

Suatu hari, kami datang ke rumah makan masakan timur tengah di pusat Kota Bogor. Pesan sate kambing dan gulai kambing sudah jadi langganan. Lalu kami mencicipi yang namanya nasi mandhi. Lho emang nasinya dimandiin? Basah dong, haha.

Bukan, namanya aja nasi mandhi bukan berarti nasinya habis dimandiin. Menurut Wikipedia, kata 'mandi' dari bahasa Arab berarti embun, karena tekstur berembun dan lembab pada daging yang ada pada nasi tersebut. 

Dari Wikipedia juga saya menemukan penggunaan kata 'mandi'. Sedangkan hasil googling menunjukkan kata 'mandhi' lebih banyak dipakai untuk menyebut hidangan ini. Mungkin supaya membedakan dengan kata 'mandi' dalam bahasa Indonesia. Mohon ralat apabila saya salah :)

Nasi Mandhi Ayam

Nah, itu dia foto Nasi Mandhi buatan saya. Kelihatan cantik bukan dengan paduan warna coklat dan kuning. Nasi matang dibagi dua untuk mendapatkan warna yang cantik ini. 

Cara mengolah Nasi Mandhi yaitu daging direbus dengan aneka bumbu berempah sampai lunak. Lalu sisa kaldunya digunakan untuk memasak beras basmati dengan alat masak bernama tandoor (seperti oven dari tanah liat). Daging tersebut digantung di dalam tandoor di atas nasi tanpa menyentuh arang. Dimasak selama 8 jam dengan ditutup tanah liat. Setelah matang, sajikan Nasi Mandhi berikut dagingnya dengan ditaburi dengan kismis dan kacang-kacangan.

Kelihatan ribet ya?

Pengen bikin nasi mandi yang praktis? Bisa lho bikin sendiri di rumah tanpa menggunakan alat masak tandoor atau nunggu lama sampai matang. Masak pakai rice cooker saja bisa. Bumbunya juga sudah tinggal pakai dengan takaran yang pas. Plus lagi, dilengkapi dengan beras basmati.

Cukup gunakan paket berisi bumbu nasi mandi berikut beras basmati yang sekarang banyak dijual di supermarket. Merknya beragam, tinggal pilih saja. Ini saya lupa pakai merk apa. Kemasannya keburu dibuang. Maklum, bukan endorse dan bukan ngiklan hehe.

Kali ini saya menggunakan daging ayam sebagai teman Nasi Mandhi. Boleh diganti dengan daging kambing atau daging sapi. Saya ingin bikin yang beda aja. Karena tempo hari sudah membuat olahan Nasi Kebuli dengan daging kambing. Iyes, Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi memang bersaudara. Sama-sama dari Arab dan jadi menu olahan nasi yang bisa diterima lidah bangsa kita.

Sudah dapat bumbu Nasi Mandhi dan beras basmatinya? Yuk, kita mulai masak...

Nasi Mandhi Ayam


Bahan:
  • 1 bungkus paket masak Nasi Mandhi komplit dengan beras basmati dan bumbu kering
  • 250 gr ayam, potong kecil
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 2 sdm saus tomat
  • 1,5 cm kayu manis batangan
  • 1 buah bunga lawang
  • 500 ml santan atau susu cair (tidak ada dalam foto), boleh diganti dengan air
  • minyak samin, jika di paket tidak ada atau kurang (optional)
  • kismis
  • kacang almond panggang (boleh skip)
  • garam secukupnya
  • sejumput gula pasir (optional)
Cara membuat:
  1. Siapkan beras basmati. Cuci bersih. Rendam selama 10 menit. Tiriskan.
  2. Beras basmati sebelum dimasak

  3. Panaskan wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay menggunakan minyak samin sampai harum dan layu.
  4. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tambahkan susu atau santan atau air biasa (gunakan air panas). 
  5. Masukkan santan/susu/air

  6. Masukkan bumbu Nasi Mandhi instan dan saus tomat. Aduk rata.
  7. Tambahkan bumbu

  8. Ungkep ayam hingga airnya bersisa separuhnya. Pisahkan ayam dari kuahnya, sisihkan.
  9. Pisahkan ayam dari kuahnya

  10. Siapkan rice cooker. Taruh beras basmati. Siram dengan kuah (tanpa ayam). Tekan tombol 'cook'. Masak sambil diaduk sesekali supaya bumbu tidak gosong di bawah penanak nasi.
  11. Masak menggunakan rice cooker

  12. Sementara menunggu nasi matang, kita eksekusi ayamnya. Ayam bisa dipanggang atau digoreng. Saya pilih digoreng saja karena lagi malas mengeluarkan oven.
  13. Ayam setelah digoreng

  14. Goreng ayam sampai matang kecoklatan. Angkat, dinginkan. Suwir dagingnya, sisihkan.
  15. Daging ayam suwir

  16. Setelah nasi matang, aduk rata kembali. Pisahkan dua bagian. Satu bagian cukup sepertiganya saja. Tidak perlu dibagi dua sama rata.
  17. Ambil bagian nasi yang sedikit. Beri pewarna bubuk yang ada di dalam kemasan. Aduk rata.
    Sepertiga bagian diberi pewarna

  18. Siap menata di piring saji. Gunakan wadah berupa piring besar atau yang menyerupai tampah. Taruh nasi berwarna coklat di bagian bawah. Tambahkan nasi yang berwarna kuning di atasnya. Tata dengan irisan ayam. Taburi dengan kismis dan kacang almond.
  19. Sajikan segera.
Kelihatan cantik ya


Menyantap Nasi Mandhi dan Nasi Kebuli versi aslinya adalah dengan makan bersama dalam satu wadah. Jadi semua orang makan langsung dengan menggunakan tangan.

Saya sendiri pilih menikmati Nasi Mandhi dengan menggunakan sendok, hehe. Makannya juga ambil secukupnya untuk orang serumah. Nggak apa-apa. Rasanya tetap sama enak dan kebersamaan tetap ada karena kita makan barengan.

Oia, kebetulan paket masak Nasi Mandhi yang saya pakai ini porsinya nggak banyak. Hanya cukup untuk ukuran 2 orang dewasa yang makannya banyak. Kalau buat keluarga saya dengan 3 dewasa 2 anak, yah lumayan ngepas :D

Selanjutnya, saya mau beli paket masak Nasi Mandhi yang porsinya banyakan dikit. Atau kalau nggak nemu, ya saya beli 2 paket saja (pasti jadi lebih nih).

Oke deh segini dulu aja, ya. Selamat mencoba. Kabari kalau sudah matang, ya!

Nasi Mandhi Ayam tanpa ribet




No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^