Bolu Ketan Hitam Kukus

 Assalamualaikum!

Hadir kembali untuk berbagi resep masakan. Terima kasih sudah mampir ke blog Dapur Ngebut, ya. Mohon maaf untuk teman-teman pengunjung setia yang tempo hari kecewa karena belum ada postingan baru. Jika saya lama tidak muncul, berikutnya Insha Allah ada rapelan postingan resep baru. 

Seperti kali ini. Saya merapel resep lagi. Posting beberapa resep sekaligus dalam beberapa hari. Dari yang seharusnya seminggu sekali posting tiap Hari Jumat. Jadi dirapel dan (terpaksa) di back date. Entah apa efeknya pada blog saya kalau caranya begini. Mudah-mudahan sih aman, hehe.

Masak apa? Saya mau bikin bolu. Wah, lagi kesambet ya Mak? Iya bener. Kapan lagi saya bikin bolu kalau nggak lagi kesambet, hahaha! Pembaca lama blog saya pasti paham kalau saya nggak bisa (tepatnya nggak suka) bikin kue. Jadi, saya bikin bolu kali ini pastinya pakai resep yang super gampang.

Tumben bikin bolu...

Meskipun pakai resep yang kelihatan super gampang, sepertinya bolu buatan saya ini hasilnya nggak memuaskan ya. Mungkin karena kurang pengalaman atau kebiasaan beli bolu yang sempurna, jadi saya merasa bolu buatan sendiri ini jelek banget... heu.

Saya pilih Bolu Ketan Hitam karena ada resep di kemasan tepung ketan hitam siap masak. Kelihatan gampang! Itu yang ada di pikiran saya saat membacanya di warung sayur. Langsung check out, dong. Bawa pulang tepung bolu ketan hitam untuk dieksekusi.

Sayang, saat postingan ini diketik. Saya lupa menaruh potongan resep dari kemasan tepung bolu ketan hitam. Jadi saya googling resepnya, mencari yang cara membuatnya hampir serupa.

Bolu Ketan Hitam Kukus

Bolu Ketan Hitam Kukus

Bahan:

  • 1 bungkus (250 gr) tepung bolu ketan hitam siap masak
  • 6 butir telur ayam
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt TBM/SP
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 200 ml minyak goreng
  • kacang almond untuk taburan (optional) atau pakai tepung gula
  • tepung terigu secukupnya untuk mengolesi loyang
Cara membuat:
  1. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang: telur, gula, dan TBM.
  2. Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata dengan mixer kecepatan sedang.
  3. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  4. Tuang adonan di loyang yang sudah dilumuri margarin dan tepung terigu.
  5. Kukus selama 40 menit (kalau mau dipanggang bisa dioven selama 45 menit dengan suhu 180 derajat).
  6. Biarkan bolu dingin, potong-potong lalu sajikan dengan toping pelengkapnya. 

Sudah matang, langsung dimakan pastinya... Sambil ngetik postingan ini jadi kepikiran buat beli lagi tepung bolu ketan hitam. Siapa tahu percobaan berikut hasilnya lebih oke. Ehm, yang ini sudah lumayan sih menurut saya. Maklum masih amatir soal membuat kue :D

Selamat mencoba...



No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^