Nikmatnya Spicy Chicken Curry Udon Buatan Sendiri dengan Bumbu House of Kari ala Jepang

curry udon

Assalamualaikum!

Sudah gajian, siap mau kulineran ke luar rumah ya? Have fun dan jangan lengah tetap patuhi protokol kesehatan yaa. Saya pribadi masih membatasi bepergian keluar rumah. 

Kemarin pertama kali masuk mall setelah lama ngumpet. Kebetulan ada keperluan yang harus dibeli. Berhubung sudah divaksin dua kali, jadi agak tenang mau jalan ke tempat umum.

Setiap ke mall, saya dan keluarga paling suka makan di resto mie khas Jepang Marugame Udon. Selama pandemi, cuma resto itu yang kami kunjungi ketika masuk mall. 

Beruntung, saat kangen makan udon memuncak. saya bisa bikin udon enak di rumah. Ketika dicoba, rasanya mirip dengan yang ada di Marugame Udon.

Ini saya buat versi daging ayam. Jadi bisa diganti dengan daging sapi ya. Pilih daging sapi irisan super tipis yang cepat empuk. Kalau pakai daging sapi biasa boleh juga, rebus dulu (setelah diiris tipis) sampai empuk baru ikut ditumis.

Saya juga menggunakan udon instan siap pakai. Ini praktis banget, tinggal disiram air panas saja karena udon sudah matang. Udon terbuat dari tepung terigu dan lebih tebal daripada mie biasa. Bentuknya lurus tidak bergelombang seperti mie. Sepintas mirip spagheti gendut tapi warnanya putih.

Bumbu yang saya gunakan untuk memasak kari udon ini adalah bumbu blok kari instan dari House of Kari ala Jepang. Saya pakai bumbu kari varian pedas. Jadilah nama masakannya: Spicy Chicken Curry Udon.

curry udon

Saya lupa memotret foto step by step karena saat membut udon ini sudah ditungguin perut lapar sekeluarga. Foto seadanya saja karena gemes pengen buru-buru makan hehehe.

curry udon


Mari mulai memasak udon Spicy Chicken Curry Udon...

Bahan:
  • 5 bungkus Mie Udon Basah.
  • 250 gr ayam bagian dada, cincang kasar (bisa diganti daging sukiyaki slice), marinasi dengan bawang putih bubuk selama 15 menit
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 4 siung bawang putih, geprek
  • 1 blok bumbu Spicy Kari ala Jepang (bisa juga pakai yang varian tidak pedas)
  • 500 ml air kaldu
  • sedikit garam (karena bumbu kari sudah cukup asin)
  • secukupnya merica bubuk
  • 1 sdt maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  • minyak goreng untuk menumis
Pelengkap:
  • 2 buah daun bawang, iris lalu rendam di air dingin supaya tetap segar
  • biji wijen secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam, aduk rata sampai berubah warna.
  2. Tuang air kaldu, masak sampai mendidih dan ayam matang. 
  3. Masukkan bumbu blok Spicy Kari ala Jepang. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan garam dan merica. Beri larutan maizena agar kuah mengental. Koreksi rasanya. Matikan api kompor.
  4. Penyajian: rebus sebentarudon instan atau siram dengan air panas. Tata di mangkok saji. Tuang kuah kari, beri topping daun bawang dan biji wijen. Santap selagi hangat. 
Duh rasanya enak banget! Begitu matang, langsung habis dalam waktu singkat. Pasti bakal bikin lagi nih nanti yang versi pakai daging. Kelebihannya masak sendiri di rumah, bisa nambah toping semena-mena. Bikin yang banyak, teuteup habis juga hihihi. Alhamdulillah.

curry udon
Sudah matang... kelihatan lezat bukan?

Beli bumbu blok kari House of Kari ala Jepang di mana? Bisa beli di online di marketplace, di supermarket dan hypermarket tertentu. Kalau saya sudha nemu langganan beli di aplikasi belanja sayuran. Lebih praktis, tinggal klik, bayar, tunggu diantar ke rumah deh.

Buat yang nggak suka pedas, ad bumbu House of Kari ala Jepang original. Saya selalu nyetok di rumah. Karena umm kami sukaa makan kari ala Jepang!

curry udon
Curry udon kayak di resto udon Jepang

Selamat menikmati ^_^


Resep masakan enak lainnya yang menggunakan bumbu Hose of Kari ala Jepang:

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^