Tahu Cabe Garam ala Cemilan di Cafe

 

Assalamualaikum!

Judul Tahu Cabe Garam ala Cemilan di Cafe bikin saya jadi kangen nongkrong bareng teman seperti sebelum pandemi. Nama hidangan Tahu Cabe Garam ini baru saya cobain waktu makan di Cafe bareng ibu-ibu sekolah sambil nunggu anak-anak pulang. 

Hmm, tahu cabe garam berarti asin dan pedas dong? Itu pikir saya.

Setelah mencoba, eh bener... rasanya memang asin pedas, rasa gurih kesukaan saya! Keingetan terus, bikin saya penasaran untuk mencoba sendiri di rumah. Googling resep nemu banyak banget yang nongol. Saya bikin percobaan 2 sampai 3 kali untuk menemukan takaran yang pas buat selera saya. Ini dia resepnya...

Resep Tahu Cabe Garam

Bahan:

  • 1 buah tahu putih, potong kotak kecil
  • 3 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 5 sdm tepung maizena
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah cabai merah besar, cincang
  • 4 buah cabai rawit merah, iris kasar (boleh tambah jika ingin lebih pedas)
  • 2 buah daun jeruk, iris halus
  • 1/2 sdt garam
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
  1. Campur tepung maizena dan tepung bumbu, aduk rata.
  2. Gulingkan potongan tahu ke tepung sampai terbalut. Goreng dalam minyak panas sampai matang kecoklatan, angkat, sisihkan.
  3. Tuang sedikit minyak goreng ke wajan, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan cabe merah, cabe rawit, dan daun jeruk. Aduk rata. Tambahkan garam, koreksi rasanya.
  4. Masukkan tahu goreng ke wajan berisi tumisan bumbu. Aduk rata sampai semua tahu terbalut bumbu. Matikan api.
  5. Tahu cabe garam siap dinikmati hangat-hangat.
Gampang kan? Maaf saya nggak sempat bikin foto step by step karena dipikir masih ada percobaan berikutnya. Ternyata percobaan terakhir sudah oke dan bisa ditulis di blog.

Hidangan Tahu Cabe Garam ini bisa buat cemilan atau sekalian lauk makan. Etapi saya sih seringnya bikin buat cemilan aja. Soalnya dibikin kotak kecil, kan kesannya buat ngemil (maunya). 

Buat lauk oke, cemilan juga oke

Renyahnya tahu kriuk dengan bumbu gurih pedas bikin Tahu Cabe Garam ini punya banyak penggemar. Makanya sampe nangkring jadi menu di Cafe. Berhubung lagi PPKM, kita yang nggak bisa hangout di Cafe bikin Tahu Cabe Garam di rumah aja yuk!


No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^