Ayam Kampung Goreng Daima Chikin Farm

Ayam Kampung Goreng

Assalamualaikum!

Alhamdulillah, sudah sebulan lamanya saya jadi tukang jualan ayam. Tepatnya sejak peliharaan ayam di peternakan bisa dipanen, Peternakan? Iya, peternakan ayam kecil-kecilan yang dirintis oleh suami di Ciapus Bogor.

Awalnya, saya dan suami nggak ada niat membuat peternakan ayam. Hingga suatu saat badai virus corona menerjang. Pandemi melumpuhkan perekonomian, termasuk sepupu suami yang terkena PHK. Dia kemudian minta tolong dicarikan pekerjaan pada suami. Karena punya keahlian memelihara ayam, suami pun dapat ide bikin peternakan ayam. 

Numpang nampang di kandang ayam :D

Lokasi peternakan ayam ada di Ciapus Bogor. Tepatnya dekat rumah Kakeknya anak-anak (mertua saya) dan tanah pemakaman keluarga. Tadinya tanah ini masih merupakan kebun kosong yang ditanami apa saja.

Cerita lengkap tentang peternakan ayam yang saya beri nama Daima Chikin Farm ini bisa dibaca nanti di blog www.innariana.com. Saya belum sempat update blog secara rutin lagi. Maklum, sibuk sama ayam hehehe.

Setelah dua bulan, ayam kampung yang kami pelihara sudah siap panen. Untuk merayakannya, kami sekeluarga nyobain duluan dong makan ayam kampung hasil peternakan sendiri. 

ayam kampung goreng

Lima ekor ayam pun disembelih untuk pertama kalinya di peternakan. Langung dimasak jadi ayam goreng aja. Ayam goreng selalu jadi kesukaan semua orang. Nggak ada deh yang bisa menolak kalau disodorin ayam goreng. Betul atau betul?

Beberapa rekan menyarankan kepada saya untuk berjualan ayam kampung ungkep siap goreng. Terima kasih untuk masukannya. Saran sementara saya tampung dulu. Saya belum bisa jualan ayam kampung ungkep karena belum punya freezer. Mudah-mudahan kelak ada rejekinya untuk dipermudah berjualan ayam kampung ungkep, aamiin.

ayam kampung goreng
Jualan ayam kampung potong

Resep ayam kampung goreng yang saya buat mengacu pada resep warisan dari almarhum Mamah mertua. Yaitu resep Ayam Goreng Lengkuas. Berikut adalah uji coba resep bagian 1. Saya kurang puas dengan hasilnya. Garamnya kurang sedikit dan saya sepertinya ingin mencoba pakai ketumbar. 

Meskipun dirasa ada yang kurang, secara selewatan mah ini ayam goreng rasanya enak lho. Saya harus banyak uji coba lagi. Tunggu waktu yang tepat buat praktikum lagi hihihi.

Yuk ah, kita cobain bikin ayam kampung goreng. Resep takaran bumbu saya catat menggunakan gram. Namanya buat jualan, saya lagi menakar bumbu dengan tepat. Kalau pake butiran nanti nggak akurat. Terus, saya lupa berapa jumlahnya kalau butiran. Nggak apa-apa ya...

Resep Ayam Kampung Goreng

 Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 3 cm lengkuas, parut
  • 2 batang sereh, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 25 gram bawang merah
  • 15 gram bawang putih
  • 10 gram kunyit (belum dikupas)
  • 1 sdm ketumbar
  • 8 gram kemiri
  • 7 gram jahe
  • 7 gram lengkuas
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya

Cara membuat Ayam Kampung Goreng:

  1. Lumuri ayam dengan 1 sdm bumbu halus. Diamkan selama 30 menit. atau semalaman di lemari es.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas parut sampai harum.
  3. Masukkan ayam, aduk-aduk sampai berubah warna.
  4. Tambahkan air. Ungkep ayam sampai kuah menyusut. Tidak perlu waktu lama untuk mengungkep karena ayamnya masih muda dan cepat empuk. Matikan api setelah ayam matang.
  5. Angkat ayam. Pisahkan bumbu lengkuas dan bumbu yang menempel pada ayam. 
  6. Untuk mengungkep ati ampela, gunakan air sisa ungkepan. Ati ampela sebelumnya sudah dicuci bersih dan dilumuri jeruk nipis plus garam. Ungkep sebentar sampai kuah habis atau ati ampela matang.
  7. Goreng ayam dalam minyak panas. Bumbu lengkuas parut digoreng belakangan agar tidak gosong.
Horee, ayam kampung goreng sudah matang! Rasanya? Duh, nggak cukup sepotong pokoknya mah. Tahu sendiri ayam kampung itu ukurannya kecil. Jadi pasti sepotong nggak bakal cukup. Saya aja makan sampai 5 potong saking enaknya!

ayam kampung goreng
Ayam kampung goreng dan ati goreng

Maafkan foto yang seadanya. Saya nyulik sepiring ayam goreng ini juga udah ditungguin. Maklum, pada kalap alias kelaparan. Jadi motretnya terburu-buru karena nggak tahan lagi...

Seru banget makan siang bareng keluarga dan saudara terdekat dengan lauk ayam kampung goreng ini. Pelengkap sayur asem dan lauk tongkol balado yang saya bawa dari rumah cuma jadi pemanis... nggak laku! Semua pada rebutan ayam goreng hahaha!

ayam kampung goreng


Oia, ayam kampung ungkep selain digoreng, bisa juga dibakar. Caranya, sebelum dibakar ayam cukup dilumuri dengan mentega dan kecap manis. Diamkan selama 30 menit atau lebih lama lagi sebelum dibakar. Kebetulan ungkepan ini emang sengaja diabisin buat digoreng. Kapan-kapan mau disisain buat dibakar ah.

Sekian dulu postingan kali ini. Minta doanya untuk kelancaran usaha Daima Chikin Farm ya. Terima kasih ^_^

ayam kampung goreng


40 comments

  1. Senangnya punya peternakan sendiri.
    Fotonya udah ciamik kok, mbak. Bikin mupwng pingin icip, deh.

    ReplyDelete
  2. Waaah, makasih...lengkap nih ada resep ayam kampung goreng. Emang ayam kampung itu punya kelezatan tersendiri. Di pasaƕ t4 bunda belanja udah punya langganan ayam kampung ungkep tinggal goreng yg bumbunya bikin ketagihan wuenak-e mungkin selezat ayam kampung ungkep buatan mbak Pemilik Dapur Ngebul.

    ReplyDelete
  3. Semoga usaha Daima Chikin Farmnya makin berkembang mbak.
    Bisa buat modal beli freezer biar bisa jualan ayam ungkep.
    Iya, ayam kampung itu emang ukurannya kecil, jadi saya maklum kok kalau nggak cukup sepotong kalau makan. Saya juga gitu, apalagi masih panas baru diangkat dari penggorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi buat doanya mba.
      Insha Allah mau beli freezer kalo modalnya udah cukup :)
      Biar ga rebutan ayam kampung goreng, bikinnya harus banyak hehehe

      Delete
  4. Mbaaa, BarokAllah peternakan ayamnya yaaaa, aku juga pengin punya ternak ayam atau lele atau bebek, tapiiii tinggal di Sby agak sulit ya cari lahannya.
    Itu ayam kampung gorengnya menggoda syekaaliiii, ntar agak siangan aku mau beli ke warung dkt rumah ah, wwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi buat doanya yaa.
      ini juga lahannya di pinggiran kota bogor. kudu ke pinggiran surabaya mungkin ada.
      selemat beli ayam kampung :D

      Delete
  5. Wah senangnya punya peternakan sendiri. Punya keahlian memang bisa jadi berkah buat orang lain juga ya mbak..trimakasihhh resepnya, bisa nih coba kapan2 dengan takaran bumbu mbak Inna. aku biasanya pake kira aja hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku juga kira2 resepnya. karna buat percobaan jadi harus ditakar :D
      masamaa makasi juga yaa

      Delete
  6. Pas lagi mau makan siang liat ayam goreng huhu. Jadi ngiler. Ternyata yang awalnya tidak berniat punya peternakan malah jadi bisnis ya mba. Memang semuanya berawal dari niat. Dan saya beneran baru tau kalau ayamnya muda ngungkepnya tidak perlu waktu lama. huhu baru kutau. Semoga makin sukses yaa

    ReplyDelete
  7. wah mama ina mau usaha ayam goreng kampung yaa, masyaAllah, moga sukses yaa, kalau sudah buka gerai, kontak kita yaa hihihi

    btw asik dikasih resepnya sekali, jadi punya resep buat kreasi masakan di rumah. cuma aku kok suka gagal ya kalau masak ayam kampung teh, sok keras gitu dan liat, gimana caranya supaya empuk yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ayam kampung masih keras dan liat itu karna ayam kampungnya tua, masaknya emang lebih lama biar empuk.
      aamiin makasi mam sakhi... nanti kalo usaha ini udah berdiri dengan tegak, blogger bogor aku kontak semua :)

      Delete
  8. MasyAllah mba. Hebat ikh, pandemi begini malah ngasih ide buka usaha peternakan ayam. Ini kan bukan usaha yang mudah gitu. Sukses ya mba untuk usahanya. Semoga pandemi segera berlalu ya mba. Semangat terus kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi yaa...
      terus semangat buat kita semua supaya survive di masa pandemi ini :)

      Delete
  9. Keren Bun.. Saya dan suami pun pengen banget punya usaha sampingan dan salah satu mimpi suami saya usaha sampingannya di pertanian atau peternakan. Btw, ayam gorengnya kok bikin ngilerrr sih Bun.. eheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mimpi bikin usaha sampingannya bisa segera terwujud ya mba, aamiin.
      alhamdulillah ini ayam goreng darurat banget, abis difoto langsung ludes :D

      Delete
  10. Baru tau Mak Inna punya peternakan ayam, pas banget ini sama hobi masaknya ya jadi bisa lahan bisnis.
    Alhamdulillah punya lahan & bisa membuka lapangan pekerjaan buat saudara ya dengan adanya peternakan ayam ini. Seru banget sembelihan pertama ayam dari peternakannya. Laris terus ya julan ayam kampung gorengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah iya mba lidya.
      aamiin hatur nuhun buat doanya :)

      Delete
  11. wah aku selama ini klo buat ayam goremg ya cuma diungkep, ternyata sebelum di ungkep ayam perlu di lumuri bumbu dulu ya mbak, biar semakin meresap ya bumbunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan dilumuri bumbu dulu jadi lebih meresap, enak :)

      Delete
  12. Dari dulu aku suka ayam goreng lengkuas. Kalau mau kayak serabutnya banyak tuh berarti parutan lengkuasnya juga dibanyakin gitu ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak uniek... kalo pengen banyak lengkuas, tambahin lagi lengkuasnya untuk diparut

      Delete
  13. Aku udah lama nih mba bikin ayam kampung. Senangnya juga ya bisa datang dan lihat langsung peternakannya mba. Apalagi di olah menjadi masakan yang enak dan mengguha selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. sekarang lagi seneng eksperimen menu ayam kampung jadinya :D

      Delete
  14. Whuahhh bumbunya banyak ternyata ya, aku selama ini sering pake bumbu racik karena gak telaten bikin bumbu, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumbu racik emang enak. aku juga suka pake tapi ditambahin lagi bumbu biasa :D

      Delete
  15. Masya Allah mak Inna.... Berkah selalu untuk usaha dan peternakan ayamnya. Bumbunya komplit pakai ayam yang segar, pasti rasanya enak banget.. Kalo main ke Bogor aku mampir yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi dukungannya maksayyy
      asikk ditunggu maennya ke bogor yaa

      Delete
  16. Halooo Innaaa ... meni sonooo!
    Akhrnya bisa ketemuan lagi di blog. Udah lama menghilang ternyata sibuk di farm ya? Keren, deh, udah punya peternakan. Jadi penasaran dengan ayamnya, hasil dari duo sarjana sospol hihihi
    Semoga sukses terus ya...salam sukses juga untuk Bapa Dadang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuu tetehh ketemu lagiii
      hihihi iya nih idenya dadang bikin peternakan ayam emang mendadak dangdut banget ya
      salam juga buat teh nurul n kang ade dari inna n dadang yg ikutan baca komen dari teteh

      Delete
  17. lah saya selalu pakai lengkuas, Mba kalau buat ayam goreng. Sekalipun saya pakai bumbu ayam goreng instan, lengkuas, sereh, salam, dan daun jeruk ga akan ketinggalan..

    Emang enak dan haruuum ya, apalagi ayam kampung. gurihnya beda sama ayam negeri ya.

    ReplyDelete
  18. Pas lagi lapernya di pagi hari belum ada makanan, eh lihat ayam kampung goreng. Seketika perutku langsung meronta-ronta untuk makan.

    Pandemi ini memang banyak imbasnya dan banyak yang diPHK, ya. Sampai saudara Mbak juga kena.

    Semoga peternakan ayam kampungnya sukses ya, Mbak. Berkah buat keluarga dan semuanya.

    ReplyDelete
  19. Hayuk mbak Inna kudukung deh buka bisnis ayam kampung. Kuliner kan jalan ninjamu, siapa tahu nih Ayam Kampung Teh Inna jadi idola para emak2 yang males masak kek akyuuu haha :D
    BTW terima kasih ya sharing resepnya :D

    ReplyDelete
  20. Duh duh menggiurkan bsnget Teh aku mah bolehnya makan ayam kampung jadi asli ngiler..sukses dan berkah ya usaha peternakan ayamnya..ditunggu jualan ayam ungkepnya buat mamaku di Bogor...

    ReplyDelete
  21. Mak, sukses ya untuk usaha peternakan ayamnya. Semoga bisa menyuplai ayam sehat dan halal untuk masyarakat. Aku juga beberapa kali nih bikin ayam goreng lengkuas

    ReplyDelete
  22. Chikin farm the unique name ya Mba. Tapi bikinnorang kepo dan penasaran juga. Good marketing nooh

    ReplyDelete
  23. Aku suka ayaam...
    Dulu...pernah melihara anak ayam di dalam rumah, hiiks~
    Karena gak punya lahan, tapi pengen punya hewan peliharaan.

    Senangnya...
    Bisa memiliki peternakan yang produktif.

    Sukses selalu, kak Inna.

    ReplyDelete
  24. Mbaaaaa ayam gorengnya kliatan enaaak ... Aku paling suka ayam goreng yg pake serundeng lengkuas gini. Apalagi ayam kampung. LBH berasaaa legitnya :D .

    Semoga usaha peternakannya lancaaar dan bisa semakin besar yaaa mba ;)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^