Bobor Bayam Sederhana



Assalamualaikum!


Bobor bayam sederhana adalah resep yang saya posting kali ini dalam rangka kontes foto bersama santan Kara. Biasanya kalau ada bayam cuma dibikin bening bayam. Jadi pengen coba bikin yang beda untuk suguhan buka puasa nanti.⁣⁣
⁣⁣
Kali ini saya modifikasi dengan menggunakan santan Kara. Rasanya jadi gurih dengan kuah yang kental.⁣⁣ Aselinya sih, saya beri nama 'Creamy Spinach Kara'. Berhubung banyak yang komen bahwa ini katanya sama aja kayak bobor bayam, jadinya saya googling resep bobor bayam.

Ternyata, yang saya buat ini nggak pure mirip banget sama bobor bayam. Mungkin karena dibilang bobor bayam karena tampilannya yang mirip, ditambah sama-sama menggunakan santan.⁣⁣ Padahal dari segi bumbu sih beda. Malah maksudnya sih saya pengen nyamain sama creamy spinach tapi nggak pake susu melainkan santan.

Yah bobor nggak bobor or whatever. Yang penting saya posting resep olahan sayur bayam yang menggunakan santan. Kalau mau beneran kayak bobor bayam, tinggal diganti bumbunya menggunakan bawang merah dan temu kunci. Jangan lupa tambahkan sayuran lain untuk bobor ayam versi sebenarnya. Juga pakai tempe sebagai pelengkap.

Berikut adalah resep bobor bayam sederhana ala Dapur Ngebut


Bobor Bayam Sederhana

Bahan:⁣⁣


  • 4 sdm santan Kara⁣⁣
  • 150 ml air matang⁣⁣
  • 1 ikat bayam⁣⁣
  • 1 sdm tepung terigu⁣⁣
  • 2 sdm margarin⁣⁣
  • 1 siung bawang putih, tumbuk halus⁣⁣
  • garam secukupnya⁣⁣
  • merica bubuk secukupnya⁣⁣
  • sejumput pala bubuk⁣⁣
  • sedikit bubuk bayleaf⁣⁣

⁣⁣Cara membuat:⁣⁣

1) Tumis bawang putih dengan margarin sampai harum.⁣⁣
2) Tuang air dan bumbu lainnya. Masak sampai mendidih.⁣⁣
3) Masukkan bayam, aduk rata.⁣⁣
4) Tuang tepung terigu yang sudah dilarutkan sedikit air.⁣⁣
5) Masukkan santan Kara. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya. Sajikan hangat.⁣⁣


Demikian dulu resepnya. Selamat mencoba ^_^



View this post on Instagram

Creamy Spinach Kara⁣⁣ ⁣⁣ Postingan ketiga untuk #CFH2 bersama @karasantan.id. Terinspirasi dari postingan Mom @ke2nai dan @ummimakan yang bikin creamy spinach. ⁣⁣ ⁣⁣ Biasanya kalau ada bayam cuma dibikin bening bayam. Jadi pengen coba bikin yang beda untuk suguhan buka puasa nanti.⁣⁣ ⁣⁣ Kali ini saya modifikasi dengan menggunakan santan Kara. Rasanya jadi gurih dengan kuah yang kental.⁣⁣ ⁣⁣ Creamy Spinach Kara⁣⁣ Bahan:⁣⁣ 4 sdm santan Kara⁣⁣ 150 ml air matang⁣⁣ 1 ikat bayam⁣⁣ 1 sdm tepung terigu⁣⁣ 2 sdm margarin⁣⁣ 1 siung bawang putih, tumbuk halus⁣⁣ garam secukupnya⁣⁣ merica bubuk secukupnya⁣⁣ sejumput pala bubuk⁣⁣ sedikit bubuk bayleaf⁣⁣ ⁣⁣ Cara membuat:⁣⁣ 1) Tumis bawang putih dengan margarin sampai harum.⁣⁣ 2) Tuang air dan bumbu lainnya. Masak sampai mendidih.⁣⁣ 3) Masukkan bayam, aduk rata.⁣⁣ 4) Tuang tepung terigu yang sudah dilarutkan sedikit air.⁣⁣ 5) Masukkan santan Kara. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya. Sajikan hangat.⁣⁣ ⁣⁣ Untuk 1 porsi⁣⁣ ⁣⁣ Yuk kita masak yang gampang Dan sehat dengan @karasantan.id @melfeyadin⁣ @ratna17amalia @afifahmazaya @eitheadotnet @evrinasp⁣ ⁣ ⁣⁣ #CookFromHome #CFH2 #KaraCookFromHome #stayathome #caraKARA #santanKARA #ingatsantaningatKARA #selaluadaKARA
A post shared by Dapur Ngebut (@dapurngebut) on