Udang Bakar Bumbu Barbeque


Assalamualaikum!

Masih semangat di rumah aja? Harus dong! Kalau nggak semangat, mulai stress, kerasa banget bisa berpengaruh pada kesehatan kita. Dan itu berbahaya! Kalau badan mulai terasa nggak enak itu pertanda daya tahan tubuh menurun. Bahaya banget karena serangan virus Corona bisa mudah menerpa. 

Terus gimana dong Mak, biar nggak cepet stress? Siapa sih yang nggak bosen disuruh tinggal di rumah terus tanpa batas waktu yang pasti? Siapa sih yang nggak jenuh masak melulu setiap hari buat orang serumah yang demen ngemil? Siapa sih yang nggak stress karena riweuh urusan tugas sekolah anak-anak? 

Yasss i feel u pisan. Saya juga manusia biasa. Saya juga stress kok. Tandanya saya mulai stress ya badan mulai kerasa nggak nyaman, lalu sakit kepala pun datang selama berhari-hari. Solusinya: minum obat pereda nyeri, banyakin minum vitamin, cari hiburan yang disukai, dan sesekali istirahat nggak masak. Itu aja sih. 

Oia satu lagi... menakut-nakuti diri sendiri dengan kalimat berikut: STRESS = DAYA TAHAN TUBUH MENURUN = GAMPANG KENA VIRUS CORONA! Gimana? Horor kan? Biar horor tapi lumayan sukses buat memicu diri saya sendiri biar nggak gampang stress, hehehe.

Sudah ah, kok pembukaannya numpang curhat begini. Kali ini saya mau kembali konsisten posting resep tiap hari Jumat seperti sebelumnya. Untuk sekarang, saya mau berbagi resep yang gampang aja buat lauk makan di rumah. Yaitu Udang Bakar Bumbu Barbeque. Yuk, cuss simak resepnya...


Bahan Udang Bakar Bumbu Barbeque

Add caption

  • 500 gr udang ukuran agak besar
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm bumbu barbeque siap pakai
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • air jeruk nipis dan garam secukupnya untuk melumuri udang
Janga lupa, cuci bersih udang di bawah air mengalir untuk membersihkan kotoran di balik kepalanya dan di bagian punggungnya. Udang tidak perlu dikupas kulitnya. Kerat pada bagian punggungnya untuk membuat bumbu menyerap. Potong bagian sungut yang tajam dan buang kumisnya. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit.

Udang yang sudah dilumuri air jeruk nipis dan garam

Cara membuat Udang Bakar Bumbu Barbeque

  1. Siapkan wajan teflon datar. Tumis margarin sampai harum.
  2. Masukkan bawang putih cincang, aduk rata sampai harum dan matang.
  3. Masukkan udang, aduk sampai berubah warna.
    Masak udang sampai berubah warna
  4. Tuang bumbu barbeque, masak sebentar sampai kuah agak mengering.Gunakan kuas untuk mengoles bumbu pada udang.
    Lumuri udang dengan bumbu barbeque
  5. Ambil udang dan bakar satu per satu di atas api kompor untuk mendapatkan efek gosongnya. Bisa juga di atas arang jika ada.
  6. Sajikan segera.
Sudah, gitu aja sih. Nggak nyusahin kan? Paling yang bikin keringetan yaa ngebakar udangnya satu per satu. Saya sih pake capitan dan garpu. Juga sekali bakar di atas api kompor bisa 3 udang sekaligus. 

Jangan lupa bersihkan api tungku dari sisa pembakaran. Kalau nggak bersih, kompor bisa macet dan apinya nggak keluar dengan lancar. Ini yang terjadi pada kompor saya pasca ngebakar udang. Solusinya saya cuci tungku tempat keluar api dan dibersihkan memakai tusuk gigi. Jadi lubang tempat keluarnya api tidak tersumbat oleh sisa pembakaran udang.

Mau nggak ribet? Ya nggak usah dibakar di atas api kompor juga nggak masalah. Tinggal tumis terus sampai kering udang di atas wajan teflon. Sampai ada efek gosongnya juga terserah aja. Asal jangan sampai gosong beneran ya, hihihi.

Mana hasil matengnya? Ini dia...

Udang bumbu barbeque yang sudah matang

Warna aslinya emang kemerahan karena menggunakan bumbu barbeque. Diganti dengan bumbu lain bisa? Bisa dong. Pakai bumbu kecap atau bumbu saus tiram bahkan saus teriyaki juga oke. Saya bahkan pernah membuat udang bakar dangan sari kurma. Semuanya enak, beneran!

Sekian dulu dan sampai jumpa di postingan berikutnya ^_^

Sajian udang bersama sayur oyong misoa dan alpukat yang mau dijus



1 comment

  1. Deuh, bakal nambah2 nasi kalo lauknya begini mak 😂

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^