Sop Bunga Matahari



Assalamualaikum!

Bagaimana dengan puasanya? Mumpung pada di rumah aja selama masa social distancing, kita bikin sajian istimewa untuk buka puasa yuk! Hidangan yang bisa membuat kita bahagia sekaligus terkenang dengan suatu momen yang berkesan. Bisa apa saja, pastinya saat menghidangkan masakan tersebut ada perasaan atau celetukan anggota keluarga yang ingat pada suatu masa. 

Seperti yang saya buat pada hari pertama puasa kemarin. Untuk buka puasa perdana yang spesial, saya bikin sesuatu yang spesial. Yaitu Sop Bunga Matahari. Buat yang pernah atau tinggal di Kota Solo pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. 

Waktu saya tinggal di Solo, setiap hadir di acara mantenan (pesta pernikahan), sop matahari ini wajib disuguhkan untuk para tamu. Cara penyajiannya pun unik. Tamu yang hadir begitu masuk langsung dipersilahkan duduk. Di depan ada panggung tempat pengantin dan orang tuanya duduk. Ceremonial acara dipandu oleh MC, dengan bahasa Jawa halus. Jadi kayak lagi nonton pengantin, gitu.

Nah kemudian ada pelayan khusus yang membawa makanan. Makanan pembuka disuguhkan. Setelah melihat sang tamu selesai makan, pelayan itu datang lagi dan mengantarkan hidangan utama, sambil mengambil piring atau mangkok kotor. Bisa berapa kali pelayan bolak-balik mengantar makanan hingga hidangan penutup. Nggak ketuker? Nggak dong. Mereka sudah hapal tamu A baru sampai makanan pembuka, tamu B sudah makanan utama part 2, dan seterusnya. Hebat bukan?

Sop matahari jadi suguhan wajib di acara pernikahan. Sama seperti Bistik Solo yang selalu ada (kapan-kapan saya buat resepnya). Disajikan di mangkok dengan posisi siap santap dan sudah tertata cantik. Warna-warni ceria khas bunga matahari membuat sop ini diberi nama sop bunga matahari.

Begitu pulang ke Bogor, saya sempat mengeksekusi bikin Sop Bunga Matahari dan menyuguhkannya untuk keluarga suami. Alhamdulillah pada doyan. Berhubung cara membuatnya lumayan riweuh, saya malas bikinnya lagi hahaha! 

Setelah kira-kira 10 tahun kemudian, saya baru nyoba bikin lagi Sop Bunga Matahari (lama amat Maak!). Langsung cuss aja yuk simak resepnya...

Resep Sop Bunga Matahari

Bahan Isi:

  • 1 buah wortel, parut kasar
  • 1 bungkus jamur kuping siap pakai, buang bagian yang keras, iris kasar
  • 1 buah jamur karang kering, iris kasar
  • 3 sdm kacang polong 
  • 1 buah sosis sapi, potong 8 bagian
  • 1 buah jagung manis yang dipipil
  • 4 butir telur ayam, dadar tipis
Bahan Isian Daging:
  • 250 gr daging ayam bagian dada, blender
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm tepung kanji
  • garam secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • sedikit pala bubuk
Bahan Kuah Sop:
  • tulang ayam yang direbus menjadi kaldu
  • 1 batang daun seledri, ikat
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • garam secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • sejumput gula pasir
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
Keterangan: 
  • Untuk isian daging, bisa dcampur dengan udang cincang. Kurangi jumlah ayam.
  • Karena nggak nemu kacang polong, saya menggantinya dengan buncis yang dipotong kotak. 
  • Saya nggak pakai jagung pipil karena mau dibikin perkedel keesokan harinya (lagi berhemat keluar rumah).
  • Jamur karang atau jamur putih bisa dibeli di supermarket dalam bentuk kering.


Cara Membuat Sop Bunga Matahari:

  1. Bahan isian daging: aduk ayam yang sudah diblender dengan bumbu halus. Tes rasa dengan mengambil secuil adonan, rebus di air mendidih, cicipi. Langkah ini saya skip karena sedang berpuasa (alhamdulillah bisa pas rasanya pas dimakan).
  2. Adonan yang sudah tercampur bumbu
  3. Buat 5 buah kulit dari telur dadar. Kocok telur dengan sedikit garam dan merica. Dadar tipis di wajan teflon anti lengket. Saya rada keder, bikin dadar ketebelan haha! Dadar harus tipis supaya gampang saat membungkus adonan isi. 
    Membuat dadar telur
  4. Taruh dadar telur yang sudah dingin di piring ceper. Tata isian: 1 sosis di bagian tengah, jamur karang di sekeliling sosis, tambahkan kacang polong, jamur kuping, dan jagung pipil. Tata sesuka hati. Yang penting jadi cantik seperti bunga.
    Menata isian
  5. Bagi rata adonan ayam lima bagian (bisa juga 8 bagian untuk ukuran yang lebih kecil). Ambil satu bagian, padatkan, bentuk gepeng seperti daging burger. Letakkan di atas tatangn sosis dan teman-temannya. Ukurannya disamain ya.
    Menaruh adonan ayam 
  6. Bungkus dengan hati-hari adonan sampai tertutup dadar telur. Berhubung saya bikin ukuran gede, jadi dadar telur nggak bisa nutup seluruh bagian. Nggak bakal keliatan kok, kan nanti dibalik. Oia kalau bikin dadat telur ketebelan kayak saya juga masih bisa dibungkus walau hasilnya ga mulus2 amat :D
  7. Panaskan dandang atau panci untuk mengukus. Alasi kukusan dengan plastik yang sudah diolesi sedikit minyak goreng. Taruh adonan yang sudah dibungkus. Kukus selama 30 menit.
    Dikukus dulu
  8. Membuat kuah: rebus tulang ayam untuk menjadi kaldu, buang tulangnya setelah matang (saya sih dikasihin ke kucing). Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih geprek dan seledri. Tuang tumisan ke panci kaldu. Masak sebentar. Kuah sop sudah jadi. Koreksi rasanya.
  9. Ambil 1 bungkus adonan yang sudah matang dan dingin. Letakkan di mangkok ceper (atau piring cekung juga bisa). Buat bentuk kelopak bunga dengan cara memotong dadar telur 2 bagian, 4 bagian, dan 8 bagian. Gunakan gunting agar tidak merusak tatanan isinya. Buka kelopak satu per satu. 
  10. Siram isiaan dengan kuah sop yang panas. Siap disantap.

Nah ini dia penampakan yang sudah saya potong menjadi bunga matahari. Memang kurang rapi. Maklum, hari pertama puasa masih lemas. Saya juga sudah lupa lagi karena lama nggak bikin sop bunga matahari.  


Isian sudah dibentuk bunga matahari

Kalau semua berjejer jadinya seperti ini. Ukurannya cukup besar, beneran bikin kenyang lho. Kalau buat anak-anak mungkin bakalan nggak habis. Bisa bikin ukuran kecilan lagi jadi 8 bunga matahari. Saya bikin 5 biji berdasarkan jumlah anggota keluarga, hehe.


Sop bunga matahari untuk sekeluarga

Alhamdullillah buka puasa hari pertama bisa menikmati sop bunga matahari yang lezat dan penuh kenangan. Buat yang suka rasa lebih segar, sah aja kalau ditambahin bubuk cabe dan kucuran jeruk nipis. Sruput wow!



Sop bunga matahari yang cantik

Oia, sajian sop bunga matahari adalah olahan telur yang saya buat untuk eggs challenge. Diajak oleh Mbak Ade bareng temen-temen blogger. Mengikuti brush challenge yang lagi ngetrend. Bedanya, kalau brush challenge tetiba jadi dandan cantik. Kalau buat food blogger, kami lempar-lemparan telur untuk membuat hidangan dari telur yang nikmat. Seru deh!

Berikut hasil mateng dari si telur yang lulumpatan ke sini dan ke sana:⁣
1. Sup Bunga Matahari by me⁣
2. Tahu Telur by Maricka Tracy⁣
3. Telur Ngumpet by Ade Ufi
4. Omelet Nasi Saus Demi Glace by Jun Joe Winanto
6. Tamagoyaki by Dyah Prameswarie⁣
7. Martabak telur by HM Zwan ⁣
5. Pizza Mie by Nita Lanaf⁣
8. Lumpia telur so'un by Refika Artari⁣

Oia saat membuat video ini, saya dibantu Aa Dilshad untuk menerima tangkapan telur. Telurnya kuat mental ya, sudah dilempar-lempar tapi nggak pecah. Ssst, telurnya direbus dulu. Jadi pas jatuh cuma retak gitu. Saya latihan dulu pakai sisir, lalu gladi resik pakai telur rebus. Telurnya sempat jatuh dan retak. Aa nggak mau pakai yang retak. Untung saya merebus 2 telur. Jadi kami syuting pakai telur yang kedua, hihihi.

Okedee sekian dulu postingan kali ini. Sampai jumpa di resep berikutnya!








26 comments

  1. Keren ini resepnya, dapurngebut emang T.O.P banget.
    Tadi kupikir bunga matahari lho yang disop, ternyata olahan telur dibuat mirip bunga matahari.
    Save resepnya ah.

    ReplyDelete
  2. wah menu buat berbuka dan sahur bisa nih ya mak, makasi lho udah ditulis di blog hehehe jadi ada inspirasi masak deh

    ReplyDelete
  3. kok aku ga kepikiran yaaa ada sop bunga matahari! Itu idenya dari mana sih, bikin di tiktok psati langsung viral ini

    ReplyDelete
  4. Maaak kreatip banget siih,Sop bunga matahari, itu aku mbayangin telor dadar pas digunting bikin kelopaknya yang riskan ya, bhuahahaaa..
    Adopsi aku sehari dirumahmuuu laaah..

    ReplyDelete
  5. Hwaaa cantiikk banget Mak.
    Kayaknya aku pernah makan sop ini waktu ada acara di SOlo
    tapiii, masakan mak Inna jauhhh lebih cantiiik

    ReplyDelete
  6. Waaah aku pikir bunga matahari yang dijadiin sop, hihihi. Keren ih ingatan pelayannya, tau urutan makan tamunya. Mesti nyobain nih olahanmu, Mak. Iya aku maunya nyicip yang udah jadi aja hahahaha

    ReplyDelete
  7. Walah aku pikir bunga matahari beneren hehe, eh pas baca bahan ga ada. Jadi cantik begini ya.

    ReplyDelete
  8. Sop bunga matahari memang hits di kota Solo. Tiap acara manten pasti mesti ada menu ini. Bisa save ah resepnya, bisa eksekusi nanti untuk varian menu.

    ReplyDelete
  9. Pas baca judulnya, kirain sop dari bunga matahari, langsung kebayang tanaman bunga matahari di kebun. Ternyata....

    Emang tampilannya kayak bunga matahari ya

    ReplyDelete
  10. Saya baru tau ada menu namanya sup bunga matahari. Bentuknya unik ya, Mbak. Kalau saya nanti ikutan makannya aja, deh ehhehe

    ReplyDelete
  11. Wah cantik bentuknya, tetanggaku sering buat Teh jadi Alhamdulillah bisa pesan hihi obat kangen..

    ReplyDelete
  12. Menu kesukaan ku ini, kalo jagongan nunggu menu ini keluar pokoknya. seneng banget. Tapi baru tau ini kalau bikinnya gitu. selama ini cuma tau makan sih. Hahahaha

    ReplyDelete
  13. Cantik penampilannya sop bunga mataharinya Mbak. Jadi penasaran pengen buat juga. Btw challange gini seru ya buat tampil di video beberapa detik tapi persiapannya lumayan berjam-jam.

    ReplyDelete
  14. Unik sekali mba. Aku belum pernah bikin ini dan baru tahu ada makanan ini. nanti aku coba buatin ah mba :) Makasih mba Inna resepnyaaa

    ReplyDelete
  15. Cantiknyaaaa mbaaaaa. Ya ampun kepikiran ya, bisa kayak nasi bakar gitu trus dibuka jadi bunga. Kreatifff

    Ijin recook yaa

    ReplyDelete
  16. Enak banget ini mbak menu resep nya aku mau coba ah nanti penasaran soalnyaaa enak

    ReplyDelete
  17. Ini yang kemarin di challenge lempar2an telor itu ya hehe. Kreatif banget mbak Inna. Btw nama masakannya mengingatkanku pada OST film Doraemon haha :D

    ReplyDelete
  18. Ya Allah aku kangen banget kondangan di Solo, selalu ada sop bunga matahari.
    Aku catet deh resepnya semoga ada keinginan kuat bikin sendiri, hihihii

    ReplyDelete
  19. sop kering ini ya Mba, soalnya biasanya kan sop ada kuahnya sih, btw ini pas kalo dimakan ama anak saya, mereka telur lovers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kuahnya. di sekitar bunga matahari, di bawahnya. karena warnanya bening jadi ga kelihatan ya :D

      Delete
  20. Sop bunga mataharinya cantik sekali. Saya baru tau resepnya hihihi
    Inna bener-bener kreatif, deh! Saluut..!

    ReplyDelete
  21. Mba, aku udah beberapa kali makan sop bunga matahari ini di Solo dan di Salatiga. Emang enak mbaaa... asyik buka2 isian bunga mataharinya saat makan. :)

    Challenge telurnya mantaapp... keren banget nih para mama masak.

    ReplyDelete
  22. Belum pernah nyobain sop bunga matahari ini, bikin ah, Catet dulu resepnya. makasih mak

    ReplyDelete
  23. cantik sekali ya bentuknya. itu isinya banyak jamurnya pula, hmmm yummy. plus ada daging yg diblender, pas untuk si kecil karena jd mudah menyantapnya nih

    ReplyDelete
  24. menu ini enak dan seger banget, dulu punya langganan kedai khusus masakan solo mulai dari selat sampao sup matahari. cukup mudah ya cara bikinnya.

    ReplyDelete
  25. makasih mba resep nya, bakalan gembul di semenjhak dirumah aja jadi sering cari resep onlen

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^