Otak-otak Ikan Tenggiri


Assalamualaikum!

Bagaimana kabarnya semua? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Terutama di masa pandemi Covid19 ini, kita semua masih harus di rumah aja karena itu yang paling aman. Mudah-mudahan cepat berlalu ya. Emosi udah naik turun nih karena nggak tahu sampai kapan situasi seperti ini berakhir. Semoga cepat pulih buat bumi kita tercinta, aamiin.

Nah, kali ini saya mau share resep yang justru saya praktekkan di awal masa isolasi. Baru sempat diposting karena yah you know lah betapa ribetnya mau ngedit foto satu per satu, hehehe.

Ini makanan buat cemilan yang jadi kesukaan sekeluarga. Inget nggak, kalau makan di beberapa resto, saat menanti suka ada tawaran otak-otak ikan tenggiri buat cemilan selagi menunggu pesanan makanan kita disiapkan? Gimana rasanya? Enak kan? Engg... harganya juga enak, wkwkwk! Agak ngenes juga pas bayar harganya paling murah 5 ribu per bungkus. Iyes, dikali 10 bungkus kan lumajan! 

Gimana kalau beli matengan? Banyak kok yang jual otak-otak ikan tenggiri. Pedagang keliling sampai yang mangkal dekat stasiun juga banyak. Tapi yah rasanya nggak terlalu nenadang karena harganya yang bersahabat. Sekitar 20 ribuan sebungkus isi 10 otak-otak. 

Mau otak-otak ikan tenggiri yang enak dan bisa nambah sepuasnya? Bikin sendiri, dong! Riweuh nggak sih? Lumayan sih haha! Tapi worthed banget lho udah repot bikin otak-otak ini. Puas karena nggak pake mahal dan dapat banyak! Yang nyesek adalah kenapa cepet banget abisnya...

Yuk, ah mulai simak resep otak-otak ikan tenggiri. Saya pakai daging ikan tenggiri yang masih segar dari tukang sayur. Enaknya beli yang filet, jadi nggak repot berurusan dengan kepala ikan dan menyisiti kulitnya. Kalau beli filet ikan, lebih mudah mengeluarkan dagingnya. Seperti ini penampakan daging ikan tenggiri yang siap diolah:


Daging ikan tenggiri yang sudah dipisahkan dari kulitnya

Bahan Otak-otak Ikan Tenggiri

Bahan otak-otak ikan tenggi
  • 410 gram daging ikan tenggiri
  • 4 butir es batu
  • 1 bungkus santan Kara bentuk segitiga
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sdt kaldu jamur
  • 2 sdt gula pasir
  • merica secukupnya
  • 2 batang daun bawang, cincang halus
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya

Bahan saus kacang:
  • 50 gr kacang tanah, goreng, haluskan
  • 3 sdm selai kacang (saya pakai merk Skippy), boleh diskip tapi jangan lupa tambahkan jumlah kacang tanahnya
  • 1 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit (boleh ditambahkan jika ingin lebih pedas)
  • 50 gr ebi kering, rendam air panas, tiriskan
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt cuka
  • garam secukupnya
  • 4 sdm minyak sayur
  • 150 ml air matang


Cara membuat Otak-otak Ikan Tenggiri:

  1. Blender ikan tenggiri dengan es batu. Taruh di wadah baskom. Campurkan bumbu halus, tepung terigu, kaldu, gula, daun bawang, merica, dan garam. Aduk rata.
  2. Bungkus 1 sdm adonan dengan kulit pisang. Sematkan dengan lidi atau menggunakan stapler seperti saya juga tidak apa-apa.
  3. Kukus selama 30 menit. Angkat, dinginkan.
  4. Keringkan daun pisang pada otak-otak dengan membakarnya di atas teflon. Mau dibakar di atas bara atau api kompor juga boleh. Hati-hati terlalu gosong, ya!
  5. Tata otak-otak yang sudah dibakar di atas piring. Sajikan dengan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.
  6. Saat mengukus otak-otak, kita bisa membuat bumbu kacangnya. Tumbuk halus: cabe merah, cabe rawit, ebi, gula, dan garam. Panaskan minyak goreng di panci. Tumis bumbu halus. Masukkan selai kacang, cuka, dan air matang. Aduk rata. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya, matikan api.
  7. Saus kacang siap disajikan bersama otak-otak.

Kenapa menggunakan selai kacang? Lagi iseng aja! Kebetulan ada sisa selai kacang. Kayaknya seru aja buat campuran bumbu kacang otak-otak. Setelah dicoba, ternyata hasilnya adalah bumbu kacang yang lebih creamy dan teksturnya cantik!

Bumbu kacang yang sudah jadi

Sudah siap icip-icip? Ketika dibakar di atas teflon, wangi daunnya sudah menguar nikmat. Apalagi pas bungkus daunnya dibuka, otak-otak yang masih panas rasanya enak banget langsung hap masuk ke mulut.

Otak-otak ikan tenggiri yang sudah matang

Nggak kelihatan? Ini dideketin dulu...

Kelihatan enaknya kan?

Baiklah, sekian dulu untuk sekarang. Saya mau lanjut aktivitas di dapur dulu. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Selamat mencoba otak-otak ikan tenggiri ya ^_^


25 comments

  1. pas banget nih mak Inna aku rencana mau beli ikan tenggiri besok ke pasar seklaian stok bahan masakan satu minggu,. Doyan banget aku otak-otak, tapi ntar baru mateng pasti lgs ludes hehehe. Aku contek resepnya ya

    ReplyDelete
  2. Masya Allaah, Inna tau aja aku sedang pengen otak otak, tapi abang abang yang jualan pada ga ada, jadi bingung mau ke mana

    eeeh ternyata mudah ya buatnya! Coba aaaah

    ReplyDelete
  3. Mba, itu misal ikan tenggirinya diganti dengan ayam apakah akan berbeda tekstur otak-otaknya? Pengin nyobain tapi aku ga doyan ikan hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan beda teksturnya kalo pake daging ayam, mba. tapi gpapa kalo mau dicoba :)

      Delete
  4. Mbaa aku iri sama hasil bungkusan daun pisangnya rapii banget... Kiatnya apa biar ga gampang robek dan mletot2... Aku tuh seneng bikin otak2 tapi bagian bungkusnya sungguh malez

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun pisangnya habis dicuci, terus digarang sebentar di atas api kompor. jangan sampe gosong, asal jadi lemes aja biar gampang dibentuknya :)

      Delete
  5. Huaaa tekstur otak-otaknya bikiin ngiler. Kayaknya enak nih. Bungkus daun pisangnya juga rapi. Aku kurang sbar kalau harus maen bungkus-bungkus pake daun pisang gini heuheu

    ReplyDelete
  6. Aku kalau mampir ke sini bawaanya laper. Ada aja kreativitas nya
    Aku juga suka makan otak2 kaya gini lebih sering sih beli
    Cuma kalau lagi kepingin banget paling goreng aja otak2 food Frozen gitu yg tinggal masak :D

    ReplyDelete
  7. Sekilas lihat cara membuatnya susah gak susah ya. Yg bagian nguleni adonan itu gampang. yg bikin males itu bungkusin satu2 otak2nya. Abis dibungkus masih harus dibakar pulak :D
    pantesan aja ya kalo beli mateng itu mahal banget. Karena ikan tenggirinya aja udah mahal ya. kalo yg murah itu banyak campuran tepung terigunya ya.
    Aku maunya bagian makan aja dah, ahahaa.

    ReplyDelete
  8. Pasti enak bangeet nih ,ba..aku suka buat waktu du NYC tapi kalau di Indonesia sering beli aja hehehe. Sambal kacangnya juga bikine nak yaa

    ReplyDelete
  9. Wah makasih banyak resepnya mbak. Orang di rumah juga suka banget nih sama otak-otak. Meminimalisirkan keluar rumah mending bikin sendiri.

    ReplyDelete
  10. Bungkusnya rapi banget, aku belum pernah bikin sendiri xixi. Aku pertama kali makan otak otak tahun 2012 pas jalan ke Tanjung Pinang, satu bungkus 1000. Enak banget ternyata..

    ReplyDelete
  11. Dulu masih tinggal di Bekasi, aku tuh setiap pulang kerja beli otak-otak mba hahaha sekarang tinggal Di Cimahi ga nemu yang jualan otak-otak :D pengen bikin mager nih

    ReplyDelete
  12. Mantap resep otak-otak ikan tenggiri ini, bisa jadi variasi menu makan. Salah satu efek learning from home, ternyata saya kurang kreatif memasak. Mulai dilanda galau menyajikan menu makanan di rumah.

    ReplyDelete
  13. Nyaaamm kebayang enaknya otak2nya. Jadi pengen makan otak2. Apalagi kalau sambal kacangnya pas ya mbak. Lumayan buat camilan sekalian makan berat tuh hehe

    ReplyDelete
  14. Ampuuun, ngebayangin bumbu kacangnya aja aku udah laper, Mbaak. Beneran menggugah selera nih.

    ReplyDelete
  15. aku suka bangeet mba otak - otak...dulu suka buat kalau di NYC tapi sekarang tinggal telpon mama di Lampung terus dikirimin deeeh

    ReplyDelete
  16. Ooo kirain aku dikukus itu, trus dibakar kayak sate xD. Langsung bakar teflon ya ternyata
    Nyoba ah lumayan pada suka ini

    ReplyDelete
  17. Suka bangt kalo ada resep masakan sehat seperti ini. Thank you mbak...

    ReplyDelete
  18. Enaaaak sekali. Aku juga suka otak-otak Tenggiri mbak. Tapi kalau disuruh bikin nyerah deh. Suka iri sama mama-mama yang pinter masak.

    ReplyDelete
  19. Duh, kebayang cocolinnya. Enak. Otak - otak ini termasuk favorite saya. catet ah resepnya makasih yaaaa

    ReplyDelete
  20. Itu dibuat lauk juga enak kayaknya,, kalo dicemilin berarti bergizi banget karen apake takaran ikan tengirinya banyak, ah jadi pengen re-cook buat takjil pas puasa besok

    ReplyDelete
  21. Warna daging ikan tenggiri mirip warna daging ayam ya. yummy makan otak-otak sama sabl kacang, kesukaan suamikuh itu. Tapi aku belum bisa bikin. Makasih resepnya Mak.

    ReplyDelete
  22. Noted resepnya...mau akh coba bikin anak2 suka otak2

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^