Resep Kerang Saus Padang dan Tips Agar Kerang Tidak Bau Amis


Assalamualaikum!

Saya dan anak-anak suka banget makan kerang. Apalagi kerang hijau saus padang. Kalau bikin ini, sudah ada yang setia menunggu masakan matang. Begitu tersaji, wuss langsung habis dengan cepat. Nggak ada kerang hijau, pakai kerang darah juga jadi. Cara memasaknya sama saja. Soal rasa tentu saja sama-sama enak! Pedas pedas nikmat!

Bikin kerang saus padang makin istimewa rasanya karena pakai saus sambal botolan. Dalam resep ini, saya menggunakan saus sambal merk Dua Belibis. Pedasnya pas, legitnya nikmat. Mau coba juga? Ini resepnya...



kerang saus padang
Kerang hijau yang segar

Resep Kerang Saus Padang

Bahan:
  • 500 gr kerang hijau atau kerang darah
  • 1 buah bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah besar
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 8 sdm saus sambal dua belibis
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kecap ikan
  • 3 cm jahe
  • 3 lembar daun jeruk
  • 200 ml air matang
  • 1 sdt tepung maizena
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis


Tips agar kerang tidak bau amis:

  • Pilih kerang yang masih segar. Cirinya tidak berbau tajam, tidak berlendir, dan warna dagingnya masih cerah (tidak pucat).
  • Sebaiknya beli kerang dalam keadaan hidup. Atau jika sudah mati, pastikan jarak kematiannya (halah) tidak terlalu lama dengan proses memasak.
  • Jangan tunda memasak kerang setelah dibeli untuk mencagah kerang mati lama. Misalnya didiamkan lebih dari 3 jam. Kenapa? Karena si kerang sudah menempuh perjalanan panjang dari laut ke tukang sayur. Biar nggak mati kelelahan gitu.
  • Jika belum ingin dimasak, taruh kerang di wadah/baskom lebar. Beri sedikit air. Ada yang bilang pakai air cucian beras. Boleh dicoba.
  • Sebelum dicuci, rendam sebentar kerang dalam air. Aduk dan biarkan kotorannya luruh. Ganti air sampai dua atau tiga kali agar kotoran atau lumpurnya tidak terlalu pekat.
  • Cuci bersih kerang di air mengalir. Sikat badan kerang dengan sikat gigi untuk meluruhkan kotoran yang menempel.
  • Boleh juga merendam kerang sebentar sebelum disikat.
  • Setelah dibersihkan, langsung masak kerang.
  • Rebus kerang dengan bumbu perebus kerang selama 4 menit (sejak air mendidih). Jangan lebih dari itu karena daging kerang bisa jadi alot saat dimakan.
  • Tutup panci selama merebus kerang agar matangnya merata.


Bumbu perebus kerang:

  • 4 cm lengkuas (geprek)
  • 2 cm jahe (geprek)
  • 5 siung bawang putih (geprek dengan kulitnya)
  • 1 batang serah (geprek)
  • 2 lembar daun salam
  • garam 2 sdm


Cara Membuat  Kerang Saus Padang:

  1. Cuci bersih kerang. Didihkan panci berisi air dan bumbu perebus kerang. Masukkan kerang hingga terendam air. Masak selama 4 menit. Angkat, tiriskan. Buka kerang satu persatu setelah agak dingin, sisihkan.
    kerang saus padang
    Kerang hijau yang sudah direbus
  2. Blender jadi satu: bawang bombay, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, dan garam.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan besar. Tumis bumbu halus yang sudah diblender bersama jahe dan daun jeruk sampai harum.
    kerang saus padang
    Tumis bumbu
  4. Masukkan sambal dua belibis, saus tiram, kecap ikan, kecap asin, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tambahkan air matang. Masak hingga kuah mendidih selama 2 sampai 3 menit.
    kerang saus padang
    Tambahkan saus sambal botolan dan saus tiram
  5. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, aduk rata. Tuang ke wajan. Masak sebentar sampai kuah mengental. Koreksi rasanya.
    kerang saus padang
    Rebus sebentar
  6. Masukkan kerang, aduk rata hingga saus tercampur rata. 
    kerang saus padang
    Aduk rata
Angkat, sajikan hangat.
kerang saus padang
Kerang siap dinikmati
Jreng jreng... mejeng dulu ah! Berikut adalah masakan kerang saus padang yang sudah beberapa kali saya buat. Ada kerang hijau saus padang dan kerang darah saus padang. Lebih enak yang mana? Kerang darah atau kerang hijau? Tergantung selera sih. Kalau saya mah lebih suka keduanya, hehehe.


kerang saus padang
Ini kerang darah saus padang

kerang saus padang
Ini masakan kesekian bikin kerang darah saus padang

Gegara foto kerang darah saus padang di atas yang saya posting di Whatsapp Stories. ada yang kepengen beli kerang saus padang. Yaitu tetangga satu komplek yang dulu anaknya barengan dengan si bungsu di TK. Saya bilang, saya nggak jualan. Tapi beliau keukeuh pengen saya buatin. Dan inilah dia hasilnya...

kerang saus padang
Ada yang pesen minta dibuatin kerang darah saus padang

Nah foto kerang darah saus padang sudah. Sekarang mau mejeng foto kerang hijau saus padang. Ini dia...

kerang saus padang
Kerang hijau saus padang

kerang saus padang
Kelihatan nggak enaknya :D

kerang saus padang
Kerang saus padang yang saya ikutkan dalam lomba foto
Oia, postingan resep kerang saus padang ini sebelumnya sudah tayang di Instagram untuk diikutsertakan pada lomba foto yang diselenggarakan oleh saus sambal Dua Belibis. Alhamdulillah, foto saya terpilih sebagai salah satu pemenangnya dan mendapat hadiah voucher belanja dan produk dari saus sambal Dua Belibis.


Selamat mencoba. Dijamin, pasti ketagihan!


15 comments

  1. kerang emang selalu bikin ngiler hmmm,,

    ReplyDelete
  2. Wah selamat Mbak Inna, pantesan juara, wong dari penampakannya aja kelihatan mantap jiwa. Aku suka dengan resep ini karena mudah, bisa pakai sambal botolan. Dua Belibis memang enak sih..

    ReplyDelete
  3. Saya suka makan kerang, Mbak. Dulu pas masih di Jakarta, sering masak kerang, karena mudah dibeli. Bahkan kalau malas, ada tukang keliling yang kerangnya sudah dimasak hehehe.
    Termasuk pas waktu masih di Makassar. karena di sana lebih banyak, jadi bervariasi.
    Nah, lihat postingan ni jadi ngiler. Saya ajrang nemu kerang di Gombonf. Besok mau cari dan langsung coba resep ini hehehe.

    ReplyDelete
  4. Saya dan suami suka banget makan kerang. Tapi ketika ada berita kerang dari derah Jakarta mengandung zat berbahaya, kami stop mengonsumsi.

    Ganti ke kerang lokal alias kerang dari kolam ikan di kampung, di kampung kami namanya kijing. Sejenis kerang ukuran agak besar
    Menggunakan resep ini pasti makin enak nih rasanya

    ReplyDelete
  5. Mantap mba sayang sekeluarga kurang suka, kalo kepiting atau udah masih boleh lah heheheu btw salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  6. Waaah manteb yah saos Padang itu, tapi Saya sukanya masuk udang. Kalau kerang hanya sang suami Yang suka .

    ReplyDelete
  7. Baiknya kalau taro di frezzer paling lambat diolah kapan ya mbak biar nhak kelamaan. Krn aku kdng suka beli kebanyakan, simpen dulu eh malah kelupaan masaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku belum pernah disimpen, pasti langsung habis dimasak. kerang enaknya dimasak dalam keadaan segar, kalo udah lama mati rasanya kurang enak.

      kalo mau disimpen, baiknya kerang dimatengin dulu (bisa dikukus atau direbus). jadi nanti tinggal keluarin n dibumbuin aja. soal berapa lama kayaknya sama aja dengan nyimpan seafood di freezer bisa tahan sampai sebulan :)

      Delete
  8. Kami sekeluarga suka sekali makan kerang
    Tapi aku belum pernah masak kerang sendiri
    Lihat resep ini, kayaknya aku pengen nyoba deh masak sendiri

    ReplyDelete
  9. Saus padang itu kuahnya enak digadoin. Saya numpang makan aja, deh hehehe

    ReplyDelete
  10. Kerang, aku suka, apalagi ditambah saus belibis semakin perpaduan rasa pedasnya terasa.

    ReplyDelete
  11. luar biasa menggugah selera
    aku juga suka buat aneka seafood jadi saus padang mbak
    dan beneran belibis ini top banget buat aneka masakan pake saus
    selalu stok dirumah

    ReplyDelete
  12. Noted resepnya...anak2 d rmh juga suka kerang tp sy ga suka kerang hijau sukanya kerang tahu (yg cangkangnya putih)

    ReplyDelete
  13. Duh lihat saja sudah kepingin sekali..

    kebetulan daerah saya dekat laut itu artinya banyak kerangka karangan dan saya ingin meniru resep tidak berebut ini

    ReplyDelete
  14. Kerang hijau ini kesukaan adik2 saya. Agak merepotkan mengolah kudapan berbahan seafood itu saat harus menghilangkan bau amisnya
    Saya belum berhasil2 bikin saus Padang. Jadi pingin coba ikutin resepnya mba Inna nih

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^