Belajar Bikin Sushi Bersama @belajarsushi

cara membuat sushi

Assalamualaikum...

Siapa suka makan sushi? Saya sih suka. Tentu saja sushi yang matang. Kalau dari ikan mentah, saya masih berani makan. Dengan syarat langsung buru-buru dicelup ke sausnya, hehe. Sering bikin sushi buat bekal sekolah, rasanya nggak puas. Yakin banget ada yang salah. Mulai dari kesulitan ngebentuk sushi, isiannya monoton, dan engg tampilannya kok kurang cantik ya?


Karena itulah saya niat banget ikut workshop membuat sushi bersama Belajar Sushi yang infonya tidak sengaja saya lihat di Instagram. Kok nggak belajar sendiri aja via YouTube? Nggak ah. Saya pengen belajar dan ketemu langsung dengan pakarnya. Bisa praktek beneran dan dapat masukan kritik dan saran plus bebas tanya jawab. Mantap bukan?


Workshop belajar sushi ini berkeliling di beberapa kota di Indonesia. Mumpung pada hari Sabtu tanggal September 2019 kemarin jadwalnya ada di Bogor, saya langsung cuss mendaftar. Biaya workshop sebesar Rp.550.000. Peserta tinggal datang saja karena bahan dan peralatan sudah disediakan oleh @belajarsushi. Sushi hasil buatan sendiri juga boleh dibawa pulang. Asyik!


Bertempat di Activa Coworking Space di Jalan Ulin No Q 12 Budi Agung Bogor (dekat SMAN 2 Bogor), saya datang kepagian karena takut nyasar saat diantar oleh suami. Selagi menanti peserta yang lain datang, saya minta difotoin dulu di ruangan workshop yang nyaman dan instagramable ini.



cara membuat sushi
Numpang nampang sebelum workshop dimulai

Sekitar pukul 11.00, peserta yang berjumlah 4 orang termasuk saya pun sudah kumplit. Peserta memang dibatasi agar belajar menjadi efisien. Pengajarnya adalah chef yang ahli dalam masakan Jepang, yaitu Chef Indra Hendrawan. Setelah perkenalan singkat, workshop dimulai dengan pemaparan teori.



Elemen Penting untuk Membuat Sushi

1) Nasi untuk Sushi

Apa yang paling utama terlihat pada sushi? Nasi, tentu saja. Nasi sushi tidak sama dengan nasi yang biasa dikonsumsi oleh kita, orang Indonesia. Beras khusus dari Jepang membuat tampilan sushi terlihat menarik dengan bulirannya yang terlihat jelas.



cara membuat sushi
Nasi untuk membuat sushi

Karakteristik nasi sushi:
  • nasinya pulen
  • rasanya sedikit asam dari hasil fermentasi
  • harus lengket 
  • warna mengkilap

Apakah bisa membuat sushi dari beras lokal? Tentu bisa! Beberapa orang kerap mencampurkan beras ketan saat membuat sushi agar teksturnya jadi lengket. Sebenarnya, nggak harus juga sih pakai beras ketan. Saya pribadi kurang suka sushi yang dicampur beras ketan. Tapi kalau lagi di luar dan ketemu sushi model begini mah dimakan aja, hahaha.

Terus, katanya nasi untuk sushi difermentasi. Itu diapain? Ternyata, nasi harus diolah dulu sebelum 'diuleng-uleng' supaya teksturnya jadi lengket dan nggak buyar saat dibentuk. Caranya adalah dengan menggunakan 'bumbu' khusus yaitu: mitsukan, mirin, gula, dan garam. Bumbu tersebut dicampurkan ke nasi panas dan didiamkan dulu sebelum digunakan.


Mitsukan dan mirin khas Jepang berupa cairan. Mitsukan punya cita rasa asam. Sedangkan mirin lebih kental dan rasanya manis. Jika ragu menggunakan mirin karena berasal dari sake yang mengandung alkohol, bisa diganti dengan mirin halal, lho. 


Kita bisa meracik mirin sendiri dengan menambahkan madu yang dilarutkan dengan sedikit air. Sama halnya dengan mitsukan yang bisa diganti dengan cuka, air jeruk nipis, atau air jeruk lemon.


Tahu nggak sih, menurut Chef Indra, keberhasilan membuat sushi itu 30% adalah dari faktor beras yang digunakan. Sisanya, yaitu 70% lainnya adalah proses membuat sushi itu sendiri. Jadi, aman-aman aja pakai beras lokal yang pulen. Masaknya juga bisa pakai rice cooker, walaupun dengan diaron hasil nasinya jadi lebih bagus lagi.


2) Isian Sushi


Suka pakai isian apa? Buat ibu rumah tangga macam saya, memanfaatkan bahan yang ada di kulkas itu nomer satu. Etapi kalau sudah niat mau bikin sushi, pastinya saya sudah belanja beberapa bahan sebelumnya dong.



cara membuat sushi
Isian sushi yang digunakan untuk praktek


Yang lazim buat isian sushi rumahan: sosis, nuget, timun, alpukat, ayam filet, crab stick, tumisan daging, wortel, dan terusin sendiri deh. Kalau buat ala resto mah pastinya lebih banyak lagi macamnya. Mulai dari yang mentah sampai yang matang.



Timun jepang, crab stick, ayam suwir


Pelengkap isian sushi biasanya pakai mayones. Mau ada yang pakai saus sambal botolan boleh. Taburan pemanis ada biji wijen hitam, atau telur ikan yang lebih maknyuss!


3) Nori


Tanpa nori, rasanya sushi itu sepi. Nori yang terbuat dari rumput laut ini kaya akan serat dan punya rasa yang gurih. Bentuknya lembaran tipis agar mudah dibentuk sebagai pembungkus sushi. 


Pada sushi, ada yang pakai nori di lapisan luar,  nori di bagian dalam, sampai nori cuma sebagai ikatan supaya topingnya nggak lari. Bahkan ada beberapa jenis sushi yang tidak menggunakan nori sama sekali.


Saya sendiri baru saja membeli nori lembaran besar ke supermarket di kota (maklum tinggal di pinggiran). Di minimarket terdekat juga ada nori, tapi sudah ada rasanya dan lembarannya kaku dalam ukuran kecil. Kalau kefefet, ya nori yang begini paling sering saya gunakan.


3) Peralatan Membuat Sushi


Untuk membuat sushi diperlukan peralatan khusus. Kenapa? Ya supaya tampilannya cakeup jadi sushi yang semestinya. Kalau nggak punya gimana? Beli atuh! Nggak usah bingung. Nyarinya nggak susah dan bukan pakai alat canggih yang gimana gitu. 


Berikut ini adalah peratalatan untuk membuat sushi:

  • makisu (penggulung sushi) atau sushi mat yang terbuat dari bambu
  • wadah nasi dari baskom kayu (bisa menggunakan baskom plastik)
  • centong nasi dari plastik
  • plastic wrap
  • pisau yang tajam
  • talenan
  • sarung tangan plastik
  • timbangan elektrik
  • torch (optional, untuk sushi bakar)

Nah, yang terakhir itu nggak wajib kok. Buat yang pengen bikin sushi dengan sensasi bakar-bakaran atau dengan lelehan keju. Chef Indra sempat mempraktekkan sushi model ini dengan toping tuna mentah yang dibakar pada gambar berikut...

cara membuat sushi
Proses membakar tuna di atas sushi... seru! 

4) Cara membuat Sushi

Masih ingat kan, 70% keberhasilan membuat sushi adalah dari prosesnya. Kalau semua bahan dan peralatan sudah siap tapi kita sendiri nggak bisaan bikin sushi... ya hasilnya nggak bakalan jadi sushi yang cakep.



cara membuat sushi
Praktek bareng Belajar Sushi


Jenis-jenis Sushi

Sebelum praktek, Chef Indra menjelaskan tentang jenis-jenis sushi, yaitu:
  1. Fushion Roll Sushi: nasi ada di bagian luar.
  2. Authentic Roll Sushi: nasi ada di bagian dalam dan terbungkus nori. Ada dua bagian yaitu: Maki Sushi (satu macam isian) dan Futu Maki (isian lebih dari dua macam).
  3. Gunkan : berbentuk persegi dengan dibungkus bagian sampingnya oleh nori.
  4. Nigiri: sushi asli dengan toping diatasnya bisa menggunakan ikan mentah. Diikat dengan nori jika diperlukan.


Praktek Membuat Sushi

Ini dia yang sudah ditunggu-tunggu... praktek langsung membuat sushi!

1) Membungkus makisu


Langkah pertama setelah semua bahan dan peralatan siap adalah membungkus makisu (sushi mat) dengan plastic wrap. Tujuannya supaya bahan sushi tidak menempel pada makisu. Pakai plastik juga lebih mudah membentuk sushi karena permukaannya licin.


cara membuat sushi
Membungkus makisu dengan plastic wrap
2) Gunakan sarung tangan plastik

Membuat sushi harus menggunakan sarung tangan plastik. Supaya apa? Biar higenis dan nggak lengket di tangan. Tahu nggak sih, saya bikin sushi di rumah pakai plastik kiloan buat sarung tangan, hahaha! Ampun dah! Beres kelas, langsung saya cuss beli sarung tangan plastik sekali pakai. Ternyata praktis pakai sarung tangan plastik ini. Nggak tebal pula dan pas di tangan. Setelah pakai, langsung dibuang ya!

Oia, sebelum membuat sushi, lumuri dulu sarung tangan yang sudah dipakai dengan sedikit mayones. Dikit aja, jangan banyak-banyak! Tujuannya supaya licin saat memegang nasi dan membentuk sushi.

3) Menyiapkan nasi

Setelah nasi yang sudah diberi bumbu sushi siap, ambil nasi seperlunya sesuai dengan jenis sushi yang mau dibuat. Agar besarnya sushi sama, gunakan timbangan elektrik untuk mengukur berat nasi pada setiap gulungan sushi. 



cara membuat sushi
Nasi sudah siap untuk dibentuk 


4) Menata nasi dan isianannya beserta nori di atas makisu


Untuk sushi dengan nori di bagian luar, tata dengan urutan berikut: makisu, nori, nasi, isian. Sedangkan untuk sushi dengan nori di bagian dalam, tata sebagai berikut: makisu, nasi, nori, isian. Jangan lupa pelengkapnya yaitu saus mayones ya!



cara membuat sushi
Menaruh nasi di atas nori


5) Menggulung sushi


Cara menggulung sushi ini penting! Kalau kurang padat, nasi dan isiannya bisa bubar jalan. Untuk yang satu ini, emang musti banyak latihan. Setelah gulungan padat, perhatikan pula bagian kiri dan kanannya. Padatkan dan tambahkan nasi jika diperlukan.





6) Memotong sushi


Gunakan pisau yang tajam untuk memotong sushi. Pisau juga harus bersih dari bekas nasi dari memotong sushi sebelumnya. Jika pisau tumpul, dijamin hasil potongannya kurang rapi.


Ada tekniknya juga lho untuk memotong sushi. Jangan ditekan! Kalau ditekan, sushi bisa penyek. Cukup gunakan jari-jari tangan untuk 'mengunci' gulungan sushi sebelum dipotong. Lalu arahkan pisau dan potong dengan cara maju mundur. Nggak pakai cantik cantik...


7) Menata sushi di atas piring saji


Biar cakep, gunakan piring saji yang agak ceper. Supaya gulungan sushi kelihatan isiannya. Nggak mungkin kan menyajikan sushi pakai mangkok! Cara menatanya juga harus memperlihatkan isi pada semua bagian sushi. Yah atur agak zig zag deh itu barisan sushi sampe semua potongannya kelihatan.


8) Menyajikan pelengkapnya


Makan sushi langsung di-hap aja sudah enak. Apalagi kalau pakai saus pelengkapnya ya. Wah, makin mantap rasanya! Selain pakai mayones dan saus sambal botolan, berikut ini adalah saus pelengkap sushi yang bisa dibuat sendiri yaitu: 

  • spicy mayo: campuran mayones dengan sambal botolan, dan tobiko (bubuk cabe)
  • thousand island: campuran mayones, saus tomat, cincangan bawang bombay
  • mentai: campuran mayones, saus sambal, saus tomat, tobiko, mirin/madu


Hasil Praktek Membuat Sushi

Setelah mengamati Chef Indra, peserta dibimbing step by step membuat sushi. Sushi pertama yang dipraktekan oleh Chef Indra adalah fushion roll sushi dengan isian crab stick dan timun plus taburan wijen hitam. Karena rupanya yang mirip, Chef Indra salah membawa chia seed, bukan wijen hitam. Nggak papa, rasanya tetap enak lho!


cara membuat sushi
Sushi buatan Chef Indra

Sesi praktek ini diselenggarakan usai pemaparan teori dan istirahat shalat dhuhur. Jadi belajar tetap tidak meninggalkan waktu shalat. Satu demi satu jenis sushi dipraktekan. Sesekali nyontek catatan kalau ada tanya jawab, hihihi. 

Apa yang perlu dicatat? Resep bumbu untuk nasi sushi, takaran berat nasi untuk setiap jenis sushi, dan jumlah potongan sushi yang tidak sama pada tiap jenisnya. Insha Allah nanti mah apal, nggak usah lirik kebetan terus :D



Resepnya mana? Mohon maaf, saya nggak bisa share di blog. Juga tips dan trik untuk membuat sushi yang cantik, saya simpan di relung hati paling dalam. Kalau mau tahu, yuk kita bikin sushi bareng di rumah saya :)

Berikut ini mau pamer foto-foto sushi buatan saya...

Fusion roll sushi, sushi pertama yang saya buat


Authentic roll sushi yang kok isiannya mencong :D
cara membuat sushi
Gunkan buatan saya nggak bisa bentuk kotak rapi :(


Sushi karya sendiri yang boleh dibawa pulang. Yeay!


cara membuat sushi
Yang ini pakai isian ayam dan keju. Kelihatan masih berantakan :D

Gimana? Tertarik pengen belajar bikin sushi juga? Bisa cek timeline Instagram @belajarsushi, y
a! Bisa hubungi no Whatsap 089610032700. Atau klik tulisan berwarna biru untuk langsung ke profilnya. 


cara membuat sushi
Info workshop membuat sushi di Instagam @belajarsushi

Sebelum berpisah, mau foto-foto dulu ah...


cara membuat sushi
Saya dan Chef Indra

cara membuat sushi
Foto bareng peserta workshop (dari Whatsap grup)
Terima kasih untuk ilmunya, Chef Indra. Semoga terus sukses menebar ilmu yang bermanfaat dengan @belajarsushi. Terima kasih juga untuk Activa Coworking Space Bogor yang menyediakan tempat cozy buat workshop belajar sushi.

Btw, ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti kelas masak berbayar (engg biasanya dapat gratisan, hehehe). Dan alhamdulillah, saya senang sekali karena worthed dengan ilmu dan keterampilan baru yang didapat. 



Sampai jumpa lagi di workshop atau kelas masak berikutnya!


cara membuat sushi
Foto dari Activa Coworking Space Bogor

48 comments

  1. waah.. teh.. sejak liat di IG nggak sabar pengen nanya belajarnya di mana..
    anak2 juga sering minta sushi.. tapi maknya belum bisa, jadi pengen belajar juga deh..
    chef juga baik banget ya, boleh share di blog.. tapi ditel tetap di relung hati ya teh he.. he..

    ReplyDelete
  2. Workshop yg asyiiik nih Mak.
    Habis gini aku menantikan postingan resep susshi kekinian di blog dapurngebut!

    --https(dot)bukanbocahbiasa.com--

    ReplyDelete
  3. Iiih mau dong, Mba Inna ikutan kelasnya. Kapan ya ada lagi di Bogor atau Jakarta? Saya lihat di profil belajar sushi dah lewat waktunya.

    Baru tau biar licin pakai mayonaise. Saya selalu pakai minyak jaitun atau minyak goreng biasa.. xixixixi.

    Oo ganti mirin dan mitsuka pakai madu ya? Saya pakai cuka dan gula garam.. xixixi.. biar gurih nasinya. Cuma ya memang kalau lama jadi pucet warna nasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, di jakarta pas minggu depannya stl di bogor kemarin. bulan depan pasti ada jadwalnya lagi. pantengin aja IG nya biar ga ketinggalan inpoh :)

      aku belun nyoba pake gula. enakan madu krna bentuknya cair :D

      Delete
  4. Jadi kepengen makan sushi, ini almarhum mertuaku jago banget bikin sushi karena memang kebetulan dia orang Jepang. Aku tuh pengen banget belajar bikin sushi sebenarnya, karena alat-alat untuk membuat sushi masih ada dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata almarhum mertunya orang jepang.
      manfaatin mbaa alat2nya mumpung punya kumplit :)

      Delete
  5. Asyiiik di sini tutorial nya komplit dan fotonya juga membantu banget

    Makasih ya dapur ngebut, saya mengganti mirin pake... kuah kaldu instan coba (tutup muka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi gurih2 atuh ya mak hihihi
      masama mak tanti :)

      Delete
  6. Sushi nih emang kudu telaten banget deh bikinnya. Salut sama yang trampil bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun takjub sama yg bisa buat sushi dg tampilang cakep

      Delete
  7. Siapa suka Sushiii? Dan aku geleng2..
    Aku suka sama tampilannya aja, cantik, tapi ga tega makannya karena identik sushi yang mentah baunya gitu.

    Wakkakaka, dan aku ndeso, pernah dipaksa makan ini sama temen, ga mauuu dan muntah hahhahaa, Ampoon Maak!
    Hmm, ada lemper daging ga Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. entaarr sepesial buat mak nchie kubuatin lemper bakar isi daging yaaa

      Delete
  8. Kelasnya berempat ya Teh jadi lebih nyaman, gurunya bisa fokus ngajarin tiap peserta..aku juga belum bisa sushi mentah hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo sedikitan jadi fokus belajarnya :)
      sushi mentah cuma tinggal templok aja waktu diajarin kemarin. tapi ga dibawa pulang krna takut kualitasnya jadi jelek krna kelamaan di luar ruangan

      Delete
  9. iiih gemesin, jadi pengen belajar bikin sushi juga. Iya sih, saya pikir kalau mau bikin sendiri nasinya mesti dicampur ketan, eh sekarang jadi tahu caranya deh.
    Makasih ya mba. Komplit abis *jempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg awalnya sedih aku kurang suka ketan. ternyata bisa bikin sushi enak tanpa pakai campuran ketan
      masamaa makasi juga mba lidha :*

      Delete
  10. Aku belum pernah maem Sushi, Mbak ehehee
    Jadi pengen bikin sendiri dan nyiapin beberapa peralatan dan nerapin resep dari Mak Inna nih, Liat videonya jadi semangat mau bikin Sushi hehee
    TFS Mak ^_^

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu nasi untuk sushi ini ternyata fermentasi gitu ya mba sebelum diuleng2 kasih bumbu rahasia hahaha..dan aku juga mikirnya nasi Jepang itu campur ketan hehehe..

    duh jadi pengen makan sushi nih :) cuss ah belajar bikinnya yah biar bikin di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku pun melongo pas tahu rahasia saat nguleng2nya :D
      yuk cuss lanjut bikin di rumah

      Delete
  12. oh udah ada mirin halal, ya. Cari di mana sih? Alternatifnya ya pakai madu aja kali ya.
    Btw, ada sushi versi manis di resto dekat rumah. Itu malah pakai full ketan dan topping cokelat gitu, Mbak. Enak deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg punya chef kemarin beli di online shop. aku jg belum nyari sih, krna masih manfaatin bahan yg ada aja di rumah.
      wow sushi manis? pengen coba jugaa

      Delete
  13. Kalau baca dan liat yg masak itu kayak yang gampang gt mba.. pas dijalani Masya Allah ruwetnya.. emang gak ada bakat kali yaa 😅. Baca ini jadi kepengen beli sushi #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi aku mbaa yg ngadepin langsung cara membuatnya. giliran praktek sendiri langsung bingung krna perasaan kok gampang, hahaha
      kita buat sushi bareng yuu

      Delete
  14. Wadawww bisa masak bareng chef belajar cat buat sushi pula, ajak aku dong kak hehehe keliatannya asik banget yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa asik banget belajarnya. seneng banget bisa ikutan kelas masak ini :)

      Delete
  15. Wah asyik banget mbak ikutan workshop membuat sushi. Sekarnag udah ekspert dong mbak. Mau dong diajarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha ini baru belajar, mama saki. kudu sering praktek biar ga kagok n hasilnya bisa rapi :D
      tebalik aku yg mau tahu cara mama saki belajar sushi beneran dari jepang langsung :D

      Delete
  16. Anak-anak yang suka sushi, dan dulu aku pernah ikut kelas bikin makanan Jepang gini. Tapi praktek di rumah cuma dua kali aja, abis itu bosen aku nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku masih semangat, mba. soalnya si bungsu demen banget makan n minta dibekelin sushi. plus penasaran juga pengen bisa bikin sushi yg rapihan :D

      Delete
  17. Cakep banget deh sushinya. Jadi pengen nyomot euuy. Ternyata bikin Nasi buat sushinya itu gak sembarangan ya. Pantesan aku gagal kalo bikin bento sushi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gagal muluk sebelumnya ga pada mau nempel :D

      Delete
  18. asik bnaget bisa kayak gini, ikutan masak langsung dari ahlinya, kalo aku bikin aja, tapi gak tahu kalo itu tenyata sushi, awalnya buat bekal anak aja, supaya gak pake wadah, bnetuknya mungkin lebih mirip nasi bakar, ahahaha

    ReplyDelete
  19. Aku bingung Mak mau beli nori dimana. Soalnya di minimarket dekat rumah kami nggak ada. Harus jauh pergi ke hipermart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli online bisa, mbak. aku juga mau beli online. tp kemaren pas ke bogor dapet jg nori yg lembaran. nunggu abis dulu baru aku mau coba beli online aja, sekalian nyobain mirin halal racikan yg jg dijual online

      Delete
  20. Keren banget Mbak Inna, total deh berkecimpung di dapur :D
    Wah nasinya beda, kalau sama nasi hokben mirip gak ya? Btw kalau beli beras Jepang di mana mbak Inna kalau di Bogor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nasi hokben, kata chef indra, itu pake campuran beras ketan jadi agak lengket.
      aku ga tahu euy beli beras jepang di mana. kmaren beli nori di yogya bogor junction dekat pasar anyar. nori ada juga di grand suryakencana dekat pasar bogor. tapi ga merhatiin di dua tempat itu jual beras jepang atau engga

      Delete
  21. kunci dari bikin sushi yang enak itu yaitu ada pada nasi ya mba, harus
    nasinya pulen
    rasanya sedikit asam dari hasil fermentasi
    harus lengket
    warna mengkilap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bener banget mba. tanpa nasi yg khas, apalah arti sebuah sushi :D

      Delete
  22. Wiii~
    Kalau berbayar memang lebih maksimal ya, kak...

    Dan sungguh aku baru tahu cara bikin mirin sendiri...karena kalau dari sana (Jepang) kan haram yaa..
    Kreatif~

    ReplyDelete
    Replies
    1. sengaja kupilih yg berbayar biar puas :D
      yg bikin haram krna berasal dari sake yg mengandung alkohol. untungnya masih bisa diganti bahan lain yg kandungan isinya mirip tapi non alkohol :)

      Delete
  23. ternyata ada bumbu khusus untuk nasi toh makanya kenapa jd bs dibentuk2 begitu. hihi pantesan saya pakai nasi biasa kok gak bisa2... dan emang kudu dicampur beras ketan dikit biar ada lengketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sempet frustasi ini kenapa nasi pada ga mau nurut pas dibentuk, hehe. ternyata ada racikan khususnya :D
      kalo pake beras ketan, mungkin bumbu racikannya bisa diskip biar ga dobel lengketnya (koreksi kalau aku salah ya)

      Delete
  24. Anak-anakku suka sushi dan aku kadang bikin sendiri, meski acakadut hihihi
    Oh ya, mbak nori lembaran beli online aja, banyak dan harga sama kok
    TFS ya, Mbak, jadi tahu tips & trik bikin sushi dari artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih berjuang nih biar ga acakadut2 amat haha.
      iya mba dian, nanti aku mau beli online aja nori lembarannya. kemaren kebetulan dapet nori di tempat biasa belanja bahan makanan 'aneh2' di bogor :D

      masama, semoga bermanfaat :)

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^