Hidangan Sahur dan Buka Puasa Praktis dengan Oven Cosmos


oven cosmos


Assalamualaikum!

Bulan Ramadhan yang dinanti kini sedang dinikmati dengan khusyuk oleh seluruh umat muslim. Ibadah puasa dijalani dengan semangat selama satu bulan penuh. Gimana nih? Masih kuat puasanya? Pastinya dong! 

Khusus buat para ibu, bulan Ramadhan ini kesibukan meningkat. Mulai dari menyiapkan makan sahur dan buka puasa, memperbanyak ibadah, sampai mempersiapkan keperluan untuk Hari Raya Idul Fitri nanti. Insha Allah semua diganjar dengan pahala yang berlipat juga ya Bu, aamiin.

Buat keluarga tercinta, puasa jadi momen istimewa untuk mempererat kedekatan satu sama lain. Mulai dari makan sahur bersama, buka puasa bareng, lalu pergi shalat tarawih sampai itikaf bareng di mesjid. 

Puasa mengajarkan anak-anak untuk peduli terhadap sesama dan menahan diri dari hawa nafsu. Supaya makin semangat menjalankan ibadah puasa, terutama bagi anak yang baru belajar puasa, sajikanlah makanan sahur dan buka puasa yang menggugah selera. 

Saya paling suka kalau anak-anak bertanya, "Masak apa Bu?" Setelah saya jawab, mereka pun tersenyum lebar dan berkata, "Hmm, enaknya! Jadi nggak sabar nunggu buka puasa nanti!" Aih, ibu mana yang tidak senang senang mendapat pujian seperti itu.

Ramadhan tahun ini adalah bulan puasa yang istimewa. Ada apa ya? Saya bahagia banget bisa punya perlengkapan dapur yang sudah lama saya idamkan, yaitu oven. 

Dulu sempat beli oven tangkring. Karena tidak tahu cara memakainya, saya simpan otang (singkatan dari oven tangkring) di atas kitchen set. Suatu hari, kitchen set yang sudah lapuk itu rubuh. Semua benda di dalamnya ikut jatuh, termasuk otang di atasnya. Kaca otang pecah berkeping-keping. Otang baru tersebut akhirnya tidak bisa digunakan.

Kepikiran pengen punya oven listrik aja. Tapi saya agak parno dengan daya listriknya. Nanti kalau tidak kuat bagaimana? Setelah tanya sana-sini, saya dapat info ada oven yang daya listriknya tidak tinggi dan punya kapasitas besar. Wah, cocok buat keluarga banyak pasukan seperti saya yang harus membuat makanan dalam porsi banyak.

Ini dia ovennya! Namanya oven Cosmos tipe CO-9926 RCG. Saat mendarat di rumah, saya langsung membuka bungkusnya dan tidak sabar untuk segera mencoba membuat makanan dengan oven Cosmos.


oven cosmos
Alhamdulillah berjodoh dengan oven Cosmos, oven terbaik

Video unboxing bisa disimak di chanel Youtube Dapur Ngebut berikut ini:



Oven Cosmos, Oven Terbaik

Dikemas rapi dengan buble wrap, oven Cosmos sampai di rumah dengan utuh tanpa kurang suatu apa pun. Di dalam dus berisi perlengkapan untuk memanggang, buku manual dan kartu garansi. Garansi resmi di Service Center Cosmos berlaku selama 1 tahun sejak tanggal pembelian. 


oven cosmos
Oven Cosmos CO-9926 RCG dengan desain elegan yang kokoh

Cosmos CO-9926 RCG memiliki kapasitas besar yaitu 26 liter. Bisa digunakan untuk memanggang aneka makanan mulai dari kue kering, bolu, roti, pizza, sampai ayam panggang. Di bagian dalam oven terdapat elemen pemanas stainless Steel yang mampu menghantarkan panas dari segala arah. 

Oven Cosmos bisa memanggang makanan dengan 6 pilihan elemen pemanas sesuai kebutuhan, yaitu: api bawah, api atas, api bawah dan api atas, api bawah dengan pemutar otomatis, api atas dengan pemutar otomatis, dan api atas bawah dengan pemutar otomatis. 

Oven Cosmos CO-9926 RCG ini adalah keluaran terbaru dari oven Cosmos VRL Series yang khusus sebagai oven berkapasitas besar. Yaitu 26 liter, 35 liter, 45 liter, sampai 66 liter. Cocok buat usaha rumahan. Ssst, sebenarnya itu alasan utama saya memilih oven Cosmos tipe ini. Saya pengen punya oven ukuran besar selain untuk masak banyak buat keluarga, juga untuk berjualan suatu saat nanti. Doakan ya!

Perlengkapan yang terdapat di pada oven Cosmos CO-9926 RCG meliputi:
  1. Rak kue 
  2. Rak besi
  3. BBQ Rotisserie Pick untuk memanggang ayam atau bahan makanan lainnya yang dapat berputar secara otomatis.
  4. Fish grill (pemanggang ikan)
  5. Crumb Tray (alas remah)
  6. Penjepit untuk memegang rak besi
  7. Penjepit untuk memegang rak kue
oven cosmos
Perlengkapan memanggang oven Cosmos CO-9926 RCG
Tombol pada oven Cosmos ada tiga, yaitu temperatur, function, dan timer. Tombol temperatur untuk mengatur suhu oven. Tombol funtion untuk mengaktifkan salah satu dari 6 pilihan api pemanas yang sudah saya jelaskan di atas. Terakhir, tombol timer untuk mengatur lamanya waktu memanggang. Ada mode 'stay on' untuk membuat oven tetap menyala tanpa mengatur timer.


oven cosmos
Tiga tombol pada oven Cosmos CO-9926 RCG

Kapasitas listrik oven Cosmos adalah 400 sampai 800 watt. Bikin tenang, ya. Tidak haran jika oven ini disebut sebagai oven terbaik. Ukuran besar dan kapasitas listrik yang rendah jadi point penting buat saya dan pastinya ibu-ibu lain yang ingin berhemat bukan?

Penasaran pengen nyobain oven baru. Saya coba untuk membuat makanan buka puasa dan sahur dengan oven. Resep pertama adalah Pastel Tutup Jamur Keju untuk buka puasa. Selanjutnya ada Ayam Panggang Manis plus Setup Sayuran untuk sahur. Yuk, simak resepnya...

Resep Pastel Tutup Jamur Keju untuk Buka Puasa

Pastel Tutup Jamur Keju merupakan makanan pertama yang saya buat dengan oven Cosmos CO-9926 RCG. Tentu saja, ini adalah pertama kali saya menggunakan oven. Duh, deg-degan pastinya. Berharap hasilnya bagus dan saya bisa menggunakan oven dengan baik dan benar. 

Pastel Tutup Jamur Keju jadi pilihan karena saya suka makanan dalam bentuk cup alumunium yang praktis. Ukurannya mungil dan cantik, pas untuk satu porsi. Berisi kentang, sudah dipastikan makan satu cup saja cukup mengenyangkan untuk buka puasa. Resep Pastel Tutup Jamur Keju saya ambil dari Tabloid Saji dengan sedikit modifikasi jenis bahan dan takarannya.


oven cosmos
Bahan Pastel Tutup Jamur Keju

Bahan Pastel Tutup Jamur Keju:
  • 400 gr kentang kukus
  • 60 gr keju parut
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 kuning telur untuk olesan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • daun seledri untuk hiasan (optional)
  • margarin untuk mengoles secukupnya (optional)

Bahan isian Pastel Tutup Jamur Keju:
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 50 gr jamur kaleng, iris
  • 30 gr jamur tiram, suwir-suwir
  • 25 gr soun, seduh, potong kasar, tiriskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 100 ml kaldu ayam
  • daun seledri untu
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat Pastel Tutup Jamur Keju:
  1. Haluskan kentang kukus. Siapkan bahan untuk lapisan pastel.
    oven cosmos
    Bahan pastel tutup
  2. Campur dengan susu bubuk, kuning telur, garam, merica, bubuk pala, dan keju parut. Aduk rata. 
    oven cosmos
    Bahan pastel tutup untuk mengisi bagian bawah 
    dan atas cup alumunium
  3. Siapkan bahan isian yang sudah dipotong dan disuwir.
    oven cosmos
    Bahan isian
  4. Panaskan minyak goreng. Masukkan satu persatu bahan tumisan, bubuhi garam, merica, pala bubuk, dan gula pasir. Tuang air kaldu, masak sebentar. Koreksi rasanya, sisihkan.
    oven cosmos
    Menumis bahan isian
  5. Siapkan kentang sebagai bahan pastel tutup dan isian yang sudah ditumis. Lumuri cup alumunium dengan margarin. Boleh juga tidak dioles margarin alias langsung ditata.
    oven cosmos
    Siap menuang adonan ke dalam cup
  6. Bagi adonan kentang jadi 2 bagian, satu untuk mengisi bagian atas dan satu lagi untuk bagian atas atau penutupnya. Ambil 1 sdm adonan kentang. Tata di bagian dasar cup alumunium sampai seluruh bagian bawahnya tertutup. Taruh 1 sdm isian. Tutup dengan 1 sdm adonan kentang.  Ratakan. Tusuk perlahan secara melingkar bagian atasnya dengan garpu.Hias dengan daun seledri. Olesi dengan kuning telur. 
    oven cosmos
    Mengisi cup alumunium
  7. Panaskan oven selama 10 menit dengan api bawah pada suhun 180 derajat celcius
  8. Ambil tray jala secara hati-hati, letakkan satu per satu cup alumunium ke dalam oven. Tutup pintu kaca oven. Putar tombol temperatur ke angka 180 derajat celcius dan timer selama 20 menit. Masih menggunakan api bawah, ya.
    oven cosmos
    Memanggang pastel tutup
  9. Setelah 10 menit. buka pintu oven. Tarik perlahan tray, olesi setiap pastel tutup dengan kuning telur menggunakan kuas. Hati-hati panas. Tutup kembali dan lanjutkan memanggang.
    oven cosmos
    Mengolesi dengan kuning telur

  10. Setelah bel berbunyi, diamkan sejenak sampai uapnya tidak terlalu panas. Keluakan satu persatu Pastel Tutup Jamur Keju yang sudah matang.
  11. Siap dinikmati hangat-hangat untuk berbuka puasa ditemani saus tomat atau saus sambal botolan.
  12. Untuk menghangatkan, nyalakan oven selama 2 menit saja sudah cukup.

oven cosmos
Pastel Tutup Jamur Keju untuk buka puasa

Resep Ayam Panggang Manis dan Setup Sayuran untuk Sahur

Saat sahur adalah saatnya beracu dengan waktu. Maklum, waktu makan yang singkat membuat kita harus bergerak cepat saat memasak. Jangan sampai kelamaan masak sampai waktu imsak tiba tapi belum matang juga. Triknya adalah menyiapkan terlebih dahulu apa yang akan dimasak. Jika bahan makanan tersebut proses masaknya lama, lakukan pada siang hari sebelumnya. Jadi saat sahur tinggal digoreng, dipanggang, atau dihangatkan saja.

Seperti menu untuk sahur yang satu ini, yaitu Ayam Panggang Manis. Ayam sudah diungkep dengan bumbu pada siang hari. Setelah matang dan dingin, saya simpan di kulkas. Saat waktu sahur tiba, saya tinggal menaruhnya di oven untuk dipanggang. Sementara menunggu ayam panggang matang, saya bisa memasak setup sayur sebagai  pelengkapnya. Praktis bukan?

Bahan Ayam Panggang Manis:
  • 5 potong ayam pejantan bagian paha
  • 2 sachet (80 ml) kecap manis
  • air kelapa dari 1 butir kelapa tua
  • 6 butir bawang putih (ukuran kecil)
  • 10 butir bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 batang sereh, geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe, geprek
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • kaldu bubuk rasa ayam secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
oven cosmos
Bahan Ayam Panggang Manis
Bahan Setup Sayuran:
  • 3 buah wortel, iris panjang
  • 12 buah buncis, buang ujungnya, bagi dua
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 500 ml air untuk merebus
oven cosmos
Bahan setup sayuran

Cara membuat Ayam Panggang Manis dan Setup Sayuran:
  1. Lumuri ayam dengan kaldu bubuk rasa ayam. Diamkan selama 20 menit. 
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, dan garam. 
  3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas, jahe, dan daun jeruk sampai harum.
  4. Masukkan ayam, aduk rata hingga berubah warna. Tuang air kelapa. Ungkep ayam hingga kuahnya menyusut. Jika ayam dirasa kurang matang, bisa ditambahkan air panas untuk mengungkepnya lagi.
    oven cosmos
    Mengungkep ayam
  5. Setelah kuah agak menyusut, tuang kecap manis. Aduk rata. Masak sampai kuah menyusut. Angkat ayam. Sisihkan sisa kuah ungkep untuk olesan ayam panggang.
    oven cosmos
    Tambahkan kecap manis
  6. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celcius dengan api atas bawah.
  7. Setelah oven panas, masukkan ayam satu per satu secara hati-hati ke dalam oven. Nyalakan oven pada suhu 150 derajat celcius selama 20 menit dengan api atas bawah.
  8. Setelah 10 menit, buka oven. Balik ayam sambil diolesi oleh sisa kuah ungkep. Panggang kembali ayam sambai alarm timer berbunyi.
    oven cosmos
    Memanggang ayam
  9. Selagi menunggu ayam dipanggang. Kita buat setup sayuran sebagai pelengkapnya. Rebus secara bergantian: wortel, buncis, dan jagung manis. Bisa menggunakan air di panci rebusan yang sama dan sudah dibumbui dengan garam dan gula pasir. Tiriskan sayuran dan tata di piring saji.
  10. Setelah matang, diamkan sejenak hingga panasnya berkurang. Angkat ayam dan sajikan bersama setup sayuran.
  11. Ayam Panggang Manis dan Setup Sayuran siap dinikmati untuk sahur.

oven cosmos
Ayam Panggang Manis dan Setup Sayuran untuk sahur

Pengalaman pertama memanggang dengan oven Cosmos

Alhamdulillah, percobaan pertama saya menggunakan oven berhasil! Terima kasih untuk Cosmos yang sudah membuat oven yang mudah digunakan untuk pemula seperti saya. Beneran nggak bingung untuk mengoperasikannya. Semua ditulis dengan jelas di buku petunjuk.  

Saat memanggang, saya bisa mengerjakan masakan yang lain. Jadi menghemat waktu dan semua cepat selesai. Sesekali, saya mengintip proses memanggang dari balik tutup kaca. Ada perasaan bahagia melihat rupa masakan yang berubah jadi cantik ketika matang. Ehm ehm!

Setelah beres memanggang, segera cabut kabel oven dari stop kontak. Buka tutup oven dan biarkan oven sampai dingin. Setelah itu, baru deh oven bisa dibersihkan. Cukup pakai lap basah, oven kembali kinclong. Ceceran makanan mudah dibersihkan karena tertampung di crumb tray yang ada di dasar oven. 

Untuk membersihkan tetesan kecap dari ayam panggang yang berkerak, cukup rendam saja di air hangat yang dicampur cairan pencuci piring. Keraknya langsung hilang dan nampan bersih bisa digunakan kembali. Ah, senangnya!

Tahu nggak sih... sebelum punya oven, saya sering ngebatin: kapan ya bisa bikin makanan yang dipanggang. Atau saat baca resep kue jadi baper karena tidak bisa membuatnya. Nah, sekarang saya sudah punya oven! Oven Cosmos pula! Alhamdulillah. Bangga dong punya Cosmos. Karena merk Cosmos sudah terkenal dengan kualitasnya. 

Oven Cosmos bisa dibeli di toko elektronik atau supermarket terdekat. Bisa juga dibeli secara online di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee (Official Store Cosmos). Selain oven, produk Cosmos lainnya juga layak untuk diintip. Mau tahu apa saja produknya? Bisa cek di website Cosmos di www.cosmos.id. Selain info produk, ada aneka resep dan tips bermanfaat juga lho!

Oven Cosmos membuat saya bahagia karena memasak di dapur jadi mudah dan menyenangkan. Apalagi hasil makanannya jadi tampil menarik dengan rasa yang tentunya sangat lezat. Saya terbantu sekali ada oven Cosmos di bulan Ramadhan ini karena bisa bikin hidangan istimewa dengan mudah dan praktis. 

Berkat oven Cosmos, saya sekarang jadi semangat untuk belajar bikin kue kering, kue bolu, pizza, dan aneka makanan lainnya yang dipanggang. Hmm, selanjutnya kira-kira mau bikin yang mana dulu ya? Kasih ide, dong!

25 comments

  1. Duuh aku mupeng banget punya ini pengen manggang2 ayam juga. Mana ovenku yang otang udah agak bermasalah. Matangnya pun ga rata hiks.

    ReplyDelete
  2. Praktis betul ya kalau di dapur ada Cosmos
    Saya punya blendernya aja sudah syukur banget karena bisa buat juz sehat tiap hari.

    ReplyDelete
  3. Pengen banget nih beli oven. Suka nggak keingetan mau memulai koleksi barang-barang dapur kayak oven dan microwave.

    ReplyDelete
  4. Mupeng bangeettt punya oven Cosmos iniii. Resep yg Mba bagiin sepertinya gampil buat di recook yak.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Wahh resepnya menggoda.. pastel tutup nya maknyus pastinya nih.. apalagi dipanggang pake oven Cosmos.. josss

    ReplyDelete
  6. Mbaa, aku belum pernah nyoba masak ayam panggang di oven gitu. Kayaknya harus nyoba deh karena aku punya oven Cosmos yang emang andalan banget

    ReplyDelete
  7. Aku juga pake oven cosmos. Puas banget. Praktis, hemat listrik, harga terjangkau, hasilnya jg bagus.

    ReplyDelete
  8. Dulu sempat punya oven listrik tapi nggak bertahan lama karena daya listriknya terlalu besar di rumahku nggak kuat, jadi dijual deh huhu. Coba nanti pindah ke Cosmos ah hemat watt-nya. ��

    ReplyDelete
  9. Selama ini masih pakai otang, buat masak yang gampang2 sih... Takut beli otrik karena takut bayar listriknya mahal... Tapi baca ini kok jadi pengen punya...

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget liatnya, penuh gizi gitu menunya. Tapi aku mau beli oven masih maju mundur nih, takut listriknya gak kuat

    ReplyDelete
  11. Aku suka banget liatnya, penuh gizi gitu menunya. Tapi aku mau beli oven masih maju mundur nih, takut listriknya gak kuat

    ReplyDelete
  12. Kebetulan sekali lagi cari oven nih. Masak-masak dengan cara dipanggang, selain enak juga sehat ya, kan?
    Bisikin harganya dong, Na...

    ReplyDelete
  13. Nti lbaran aku kerumah yahh Cobain semua menu yg yg buat sama oven cosmos yg keren itu,, mau bngt juga punya oven cosmos

    ReplyDelete
  14. nyenengin banget ya punya oven segede itu, bisa masak macem2. Daya listriknya juga nggak terlalu besar ya, dan kalau cosmos sih biasanya awet ya.

    ReplyDelete
  15. Senangnya punya oven Cosmos! Mau masak ini itu jadi mudah. Itu ayam bakarnya menggoda banget. Terus mudah juga bersihinnya

    ReplyDelete
  16. Sekarang enak banget ya mau manggang kue atau makanan bisa pakai Cosmos. Pas banget oven dirumah rusak dan aku sedang mencari penggantinya nih. Habis baca ini selain aku dapat info oven Cosmos, aku juga dapat 2 resep nih.

    ReplyDelete
  17. Bulan Ramadan udah selesai dilalui, tetep makin semangat ya mba menghidangkan makanan buat keluarga

    ReplyDelete
  18. Ya Allah masakannya bikin aku ngiler Mbak Inna��
    Btw oven tangkringnya itu kalau diperbaiki diganti kacanya gk bisa? #dibahas

    Oven cosmos nya bagus ya mbak, daya wattnya rendah, kyknya cocok jg buat newbie kyk aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata suamiku sih bisa dibenerin ke tukang kaca. tapi akunya malez :D

      Delete
  19. Dari sekian alat panggang untuk ayam bakar, aku juga lebih suka pakai oven Cosmos. Hasilnya pasti berwarna rata coklatnya. Beda kalo pakai bakaran atau teflon.

    Ah jadi punya inspirasi bikin pastel tutup nih. Aku belum pernah bikin, mbak.

    ReplyDelete
  20. Woow....
    Resepnya semua keren, kak...
    Aku pingin coba Pastel Tutup Jamur Keju.
    Pasti endes yaa...dibuat untuk hidangan Lebaran.

    ReplyDelete
  21. Pastel tutupny enak bangeet itu mba.. aku suka buat tapi yang besar di pyrex karena sekaliaaan judulnya

    ReplyDelete
  22. Salah satu peralatan (perlengkapan di dapur) memasak yang masuk wish list utama: OVEN.

    Dan sepertinya merk COSMOS ini recomended utk dijadikan pilihan, aamiin.

    ReplyDelete
  23. Aku udah kama nih cari-cari oven yang bagus, simpel, ga makan listrik tinggi, buat belajar bikin kue hehe. Apalagi anak aku suka pizza, hemat klo bikin ya. Jadi mupeng sama ovennya, mba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^