Lasagna Kukus Super Praktis

pasta


Assalamualaikum! Apa kabar? Cuaca beberapa hari terakhir ini lagi nggak enak. Panasnya pol, terus sore tetiba hujan. Bawaan jadi nggak enak badan. Saya jadi mager aja di rumah dan berasa lemes mau ngapa-ngapain. 

Meski lagi lesu, masak tetap jalan terus. Bisa disiasati dengan bikin makanan yang nggak pake riweuh plus praktis. Seperti lasagna yang saya bikin ini. Lumayan buat variasi makan malam. Ceritanya lagi bosan makan nasi, hahaha.

Pengen bikin lasagna tapi nggak punya oven? Bikin lasagna kukus aja, yuk! Lha, dikukus? Emang bisa? Ternyata, rasaya tetep enak meski tampilannya nggak secantik yang dipangganag. Dan saya baru nyadar kalau bikin lasagna itu nggak gampang. 

Saya bikin lasagna kukus dua kali dengan dua versi.Yang pertama ngikutin resep yang ada di kemasan lasagna. Kedua pake cara absurd ala sayah yang pengen praktis dan cepet. Yuk ah, kita mulai dengan resep yang pertama.

Resep 1 Lasagna Kukus

(modifikasi dari resep yang ada di kemasan Lasagna)

Bahan:
  • 5 lembar lasagna (saya pakai merk Lafonte)
  • 100 gr keju quick melt (saya pakai merk Kraft)
  • margarin untuk melapisi loyang atau pinggan tahan panas
Saus Tomat:
  • 1 bungkus saus bolognese instan
  • 100 gr daging giling
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm saus tomat
  • merica secukupnya
  • bubuk parseley sejumput
  • garam jika kurang asin
  • margarin untuk menumis
Saus Bechamel:
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 ml minyak sayur
  • 400 ml susu full cream
  • 100 ml kaldu ayam
  • 1 lembar bay leaf (saya skip karena nggak ada)
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 buah cengkeh
  • pala bubuk sedikit
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • margarin untuk menumis
Cara membuat:
  1. Membuat saus tomat: tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna. Tuang saus bolognese instan, aduk rata. Tambahkan saus tomat, merica, bubuk parseley, dan garam. Koreksi rasanya.
  2. Membuat saus bechamel: tumis bawang bombay dengan margarin. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan susu sedikit demi sedikit, aduk sampai tidak menggumpal. Masukkan cengkeh, bay leaf, merica, dan garam. Kecilkan api, masak sampai mendidih, koreksi rasanya.
  3. Rebus lasagna sebentar sampai agak lunak supaya mudah dibentuk. Angkat, sisihkan.
  4. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas. Lumuri dengan margarin. 
  5. Tata kulit lasagna seukuran loyang. Lapisi dengan saus bechamel, tutup dengan saus tomat. Ulangi lagi bagian selanjutnya dengan kulit lasagna, saus bechamel, saus tomat, dan seterusnya.
  6. Tutup lapisan teratas dengan saus becamel, saus tomat, dan potongan keju quick melt.
  7. Kukus selama 20 menit di dandang. 
  8. Angkat, sajikan hangat.

Hasilnya seperti ini...

pasta
Lasagna kukus versi pertama

Resep 2 Lasagna Kukus

Resep lasagna kedua ini pakai bahan serba instan. Ceritanya, saya lagi nggak enak badan. Tapi bahan buat bikin lasagna sudah sebagian siap olah. Pas mau bikin saus bechamel, ealah kok nggak ada tepung terigu. Saya malas ke warung. Mutar otak, akhirnya keidean pakai sup krim instan aja buat dijadiin saus bechamel, hehe.

pasta
Lasagna kukus versi super praktis!

Bahan:
  • 7 lembar lasagna (saya pakai merk Lafonte)
  • 25 gr keju mozarella (lupa merknya)
  • margarin untuk melapisi loyang atau pinggan tahan panas
Saus tomat:
  • 1 bungkus saus bolognese instan
  • 1 bungkus kornet sachet g
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm saus tomat
  • merica secukupnya
  • bubuk parseley sejumput
  • garam jika kurang asin
  • margarin untuk menumis
Saus Bechamel:
  • 1 bungkus sup krim instan bubuk rasa jamur
  • 150 ml air
Cara membuat:
  1. Membuat saus tomat: tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin. Masukkan kornet, aduk rata. Tuang saus bolognese instan, aduk rata. Tambahkan saus tomat, merica, bubuk parseley, dan garam. Koreksi rasanya.
  2. Membuat saus bechamel: aduk rata sup krim instan bubuk dengan air. Masak di api kecil sampai mengental. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Rebus lasagna sebentar sampai agak lunak supaya mudah dibentuk. Angkat, sisihkan.
  4. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas. Lumuri dengan margarin. 
  5. Tata kulit lasagna seukuran loyang. Lapisi dengan saus bechamel, tutup dengan lasagna. Tuang saus tomat, tutup dengan lasagna. Ulangi lagi seterusnya. Ini lapisan yang sengaja dibuat banyak lasagnanya karena mau saya habiskan. Sengaja, biar kenyang juga banyak karbonya.
    pasta
    Menata lasagna
  6. Tutup lapisan teratas dengan keju mozaella. 
    pasta
    Siap dikukus
  7. Kukus selama 20 menit di dandang. 
  8. Angkat, sajikan hangat.

Hasilnya emang nggak secantik yang sebelumnya. Karena kebanyakan lapisan lasagna. Tapi ini ngenyangin banget lho. Langsung diserbu boyz buat makan malam. Etapi si Dd Irsyad makan lasagna pake nasi juga, wkwkwk.



pasta
Lasagna kukus versi kedua

Lihat lebih dekat. Biar lapisannya kelihatan...


Lapisan lasagna yang banyak biar kenyang


Okede, segitu aja dulu. Sebelum berpisah, boleh simak video abal-abal dari saya tentang resep lasagna kukus super praktis berikut ini...



Sampai ketemu lagi!

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^