Resep Mie Ayam Enak Dalam 7 Langkah Mudah

Resep Mie Ayam


Saya suka banget makan mie ayam. Rasanya nggak pernah bosan. Penasaran, saya pengen bisa bikin sendiri. Setelah nyobain aneka resepnya, saya menemukan resep mie ayam enak yang gampang dibuat. Alhamdulillah, hasilnya adalah mie ayam enak yang disukai suami dan anak-anak. Sejak saat itu, saya jadi sering membuat sendiri di rumah. 


Kenapa mie ayam? Bukan sekedar mie doang, hidangan ini cocok untuk pengganti nasi karena isinya yang komplit. Ada potongan ayam berbumbu sebagai topingnya. Disajikan dengan kuah kaldu dan sayuran, jadi deh mie ayam yang rasanya enak. Bakalan puas deh kalau makannya. Ketemu daging ayam sebagai sumber protein, mie yang jadi karbohidrat, dan sayuran sebagai pelengkap serat. 

Mie yang digunakan untuk membuat mie ayam adalah mie basah yang terbuat dari tepung terigu dan telur. Ini yang membuat rasa kenyalnya beda dengan mie instan. Jika ingin membuat di rumah, mie bisa dibikin sendiri atau beli yang sudah jadi di pasaran. Saya lebih suka beli yang sudah jadi. Lebih praktis.


Resep Mie Ayam
Mie basah dengan tekstur mie lebih padat

Bukan mie ayam namanya kalau nggak ada daging ayam. Daging ayam diberi bumbu kecap. Mau kecapnya banyak atau sedikit tergantung selera. Toping ayam kemudian ditaruh di atas atau di pinggir mie. Oia, ada juga yang menyajikan dengan suwiran ayam. Bebas aja, sih. Yang penting harus ada ayamnya.


Resep Mie Ayam
Sudah dapat ayamnya? Tangkep dulu kalau belum :D

Mau lebih endes, bisa ditambahkan jamur sebagai topingnya. Nanti judulnya jadi mie ayam jamur. Lebih rame lagi pakai bakso, ceker, dan pangsit kuah atau pangsit goreng. Bikin selera makan bertambah dan lidah makin semangat bergoyang. Jangan ketinggalan pakai sambal juga. Wow, mantap! 


Resep Mie Ayam
Pakai bakso, MbakBro!

Mie ayam termasuk jajanan populer dengan banyak penggemar. Pengen beli juga? Gampang. Banyak yang jual, lho. Mulai dari pedagang mie ayam kaki lima di pinggir jalan sampai mie ayam ala restoran juga ada. Lagi mager ogah pergi? Tenang, ada Mamang gerobak mie ayam yang lewat di depan rumah. Tinggal dicegat aja. Nikmat mana yang bisa kau dustakan...



Resep Mie Ayam
Mie ayam ala resto yang pernah saya cicipi. Enak!

Sering beli mie ayam? Pernah merasa nggak puas? Saya pernah dapat mie ayam yang daging ayamnya cuma seuprit. Atau si Mamang mencampur daging ayam dengan potongan labu siam biar kelihatan banyak. Ada lagi yang asal saja mencampur daging ayam dengan tulangnya. Duh, ini mie ayam atau mie tulang ayam? Sebel banget, deh!



Resep Mie Ayam
Mie ayam yang lewat di depan rumah

Jadi kepikiran buat bikin mie ayam sendiri. Memasak sendiri tentu lebih terjamin kebersihannya dibandingkan beli matengan di pinggir jalan. Enaknya lagi, kita bebas nambah porsi sesuai selera. Mau makan dan nambah berulang kali hayuk aja tanpa pusing mikirin dompet bakal jebol. 

Untuk membuat mie ayam, kita bisa bikin resep sendiri, lho. Tinggal dimodifikasi sesuai selera. Kira-kira seperti apa ya resep mie ayam yang enak dan lezat? Nggak sekedar enak saja, cara membuatnya juga pengen yang gampang dan cepat. 

Nah, berikut ini adalah resep mie ayam enak yang gampang dipraktekkan dalam 7 langkah mudah. Nggak percaya? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya berikut ini. 

Oia, resep mie ayam ini saya lengkapi dengan ceker ayam, bakso sapi, dan pangsit. Jika suka bisa menambahkan jamur kancing pada tumisan ayam dan menjadikannya mie ayam jamur.

RESEP MIE AYAM ENAK

Bahan Mie Ayam:

Resep Mie Ayam
Bahan  mie ayam enak
  • 1 bungkus mie basah siap pakai (isi 6 porsi) 
  • 1 bagian dada ayam tanpa tulang 
  • 10 ceker ayam 
  • 10 butir bakso sapi 
  • pangsit basah siap pakai (jumlah sesuai selera) 
  • 8 butir bawang putih, cincang halus 
  • 1 ikat sawi hijau 
  • 2 batang daun bawang 
  • 1 batang seledri utuh 
  • 2 batang seledri cincang 
  • bawang merah goreng untuk taburan 
  • 2 sdm saus tiram 
  • 3 sdm kecap manis 
  • 1 sdm kecap asin 
  • garam secukupnya 
  • merica secukupnya 
  • air matang 
  • minyak goreng untuk menumis 

Cara membuat:

Langkah 1: membuat minyak bawang putih

Resep Mie Ayam
  1. Tumis 2 butir bawang putih cincang hingga harum. 
  2. Saring minyaknya, sisihkan. 
  3. Boleh juga menggunakan minyak ayam dari lemak ayam. 

Langkah 2: membuat tumisan ayam 

Resep Mie Ayam
  1. Panaskan minyak goreng. Tumis 3 siung bawang putih cincang.
  2. Masukkan potongan ayam.
  3. Tumis hingga berubah warna. 
  4. Masukan saus tiram, kecap asin, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata.Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk rata. 
  5. Tambahkan 150 ml air.  
  6. Masak hingga kuah menyusut. Koreksi rasanya. 
Resep Mie Ayam

Langkah 3: membuat kuah mie ayam

Resep Mie Ayam

  1. Rebus ceker ayam dengan air hingga ceker empuk. 
  2. Sisakan kuahnya sebanyak 500 ml. 
  3. Tumis 3 siung bawang putih cincang di wajan. Tuang tumisan ke dalam kuah yang mendidih. 
  4. asukkan 1 batang seledri utuh. 
  5. Tambahkan bumbu garam dan merica. Masak selama beberapa menit. Koreksi rasanya. 
  6. Masukkan bakso dan pangsit yang sudah dilipat. Rebus sebentar. Angkat, sisihkan. 
  7. Masukkan sawi hijau, masak sebantar. Angkat, sisihkan. 
  8. Panaskan panci berisi kuah kaldu ini seperlunya saat ingin menyajikan kuah mie ayam. 

Langkah 4: menyiapkan bumbu di mangkok

Resep Mie Ayam
  • Bubuhkan pada setiap mangkok: 1 sdm minyak bawang, 1 sdt kecap asin, dan 1 sdm kecap manis (boleh ditambahkan jika ingin warna mie lebih coklat). 
  • Tidak perlu menggunakan kecap manis jika ingin membuat yamin ayam. 

Langkah 5: menyiapkan mie

Resep Mie Ayam

  1. Rebus mie dalam panci lain (bukan panci berisi kuah kaldu). Tambahkan sedikit minyak goreng pada air rebusan panci. 
  2. Masukkan mie basah ke dalam panci. Masak hingga mie matang dan mengembangnya pas. 
  3. Jika ingin lebih mudah dan gampang mengatur mie per porsi, rebus mie secara bergantian satu demi satu gulungan mie. Cara ini mengikuti penjual mie ayam yang merebus mie per porsi. Bisa juga sekalian merebus semua mie lalu membaginya dengan rata di mangkok. Tinggal atur saja. 
  4. Angkat mie dan tiriskan air rebusannya. Langsung taruh mie di atas mangkok yang sudah dibubuhi bumbu kecap. Aduk hingga mie tercampur rata. 

Resep Mie Ayam


Langkah 6: finishing

  1. Ambil 2 sampai 3 sdm toping ayam, tata di atas mie. 
  2. Taruh sayur sawi, bakso, dan ceker yang sudah direbus. 
  3. Taburkan bawang goreng, daun bawang, dan seledri cincang. 
Resep Mie Ayam

Langkah 7: siapkan pelengkapnya

  1. Mie ayam kurang komplit tanpa sambal. Bisa membuat sambal cabe sendiri. Caranya: rebus cabai rawit dengan sedikit kuah. Tumbuk kasar cabai rawit yang sudah empuk. Sambal cabe siap digunakan. 
  2. Sajikan juga saus tomat dan saus sambal botolan. 
  3. Siapkan kecap manis untuk yang suka mie ayam dengan tambahan kecap. 
Resep Mie Ayam

Gimana? Nggak susah kan mempraktekkannya? Bahan-bahannya juga gampang diperoleh di warung sayur. Peralatan masak yang digunakan hanya panci dan wajan saja. Cocok banget buat dipraktekkan oleh anak kos karena simpel. 


Resep Mie Ayam

Pangsit sebagai pelengkap bisa diberi isian, lho. Mau pakai daging sapi atau udang cincang sepertinya enak. Perhatikan saat merebus pangsit agar tidak kelembekan dan hancur. 


Selain direbus, pangsit isi yang digoreng juga nggak kalah lezat. Kulit pangsit bisa diberi isian daging ayam cincang dicampur udang, atau daging sapi cincang. Tinggal bumbui denga bawang putih tumis, bungkus, goreng deh. Penampakannya seperti ini:

Resep Mie Ayam

Pangsit isi yang pernah saya buat adalah pangsit isi ayam. Resep pangsit isi ayam bisa dibaca di sini. Pangsit isi yang sudah jadi bisa jadi hidangan sop pangsit yang nggak kalah nikmat. 

Jika ingin menggunakan pangsit isi, buatlah sehari sebelumnya untuk menghemat waktu.Caranya: setelah pangsit isi matang, angkat dari kukusan lalu didinginkan. Simpan di kulkas untuk direbus atau digoreng. Sajikan bersama mie ayam keesokan harinya. 

Kalau nggak sempat bikin pangsit isi gimana? Pakai pangsit doang tanpa isi juga enak, lho! Cara memasak pangsit tanpa isi cukup dilipat saja. Terserah mau jadi bentuk seperti apa. Saya sendiri melipat bentuk segitiga lalu melipat lagi sisi kiri kanannya ke tengah. 


Resep Mie Ayam

Berikut penampakan pangsit tanpa isi setelah matang:


Resep Mie Ayam

Tanpa isian, kulit pangsit digoreng garing juga enak. Hasilnya jadi keripik pangsit. Biar tampilannya centil, saya menggunting pangsit dengan gunting zigzag. Anak bungsu saya suka banget. Kalau nggak distop, semua habis dia makan, haha. Pangsit goreng yang renyah menambah sensasi makan mie ayam enak, kriuk kriuk… 

Resep Mie Ayam

Terakhir, jangan lupa sajikan segera mie ayam panas-panas. Jangan dibiarkan terlalu lama karena mie bisa mengembang dan rasanya jadi tidak enak. Jadi ‘beukah’ menurut istilah orang Sunda. Tuh kan, mie ayam yang dicuekin aja jadi nggak enak. Persis kayak kamu yang dicuekin, jadi nggak enak juga kan? Hehehe.

Resep Mie Ayam
Neng, jangan diabisin mie ayamnya ya!

Makan mie ayam pas banget saat cuaca dingin di musim hujan seperti sekarang ini. Bikin anget, gitu. Bisa makan sendirian di tempat kos, atau rame-rame bareng teman dan keluarga. Buat suguhan arisan dan cara pertemuan juga oke. 

Saya pernah membuat mie ayam untuk teman-teman kantor suami waktu masih tinggal di Palangkaraya. Syukurlah mereka menyukainya. Karena rasanya yang enak, suami sempat menyuruh saya berjualan mie ayam. 

Andai tidak riweuh alias repot dengan dua anak kecil plus satu bayi, mungkin saya bakal berjualan mie ayam beneran di Palangkaraya saat itu. Mohon doanya ya. Siapa tahu suatu hari nanti saya bisa buka warung mie ayam dengan mengandalkan resep ini.


Resep Mie Ayam

Selamat menikmati mie ayam hasil buatan sendiri ^_^


Video resep mie ayam enak bisa dilihat di channel Youtube Dapur Ngebut:



54 comments

  1. Alhamdulillaaah...Akhirnya dapet jg resep komplit, asli hasil uji cobanya Mbak Inna yg nggak diragukan lagi.
    Mbak, nanti nulis lagi dong, isian pangsit rebus apa aja bumbunya? Sy suka banget pangsit rebus. #ngelunjak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. aia lupa. resep pangsit sudah diupdate. makasi diingatkan mba oty :*

      link resep pangsit: https://www.dapurngebut.com/2013/10/pangsit-ayam.html

      Delete
  2. Neng, jangan diabisin yaaaa, Tante Donna juga mauuuu. Gimana gak disayang keluarga cobak yang kek gini, nyonya rumah pinter masak begini. Btw mie ayam ini favorit aku dan suami, sayang akunya belum mampu masakin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi main sinih, tante donnaa. nanti aku masakin mie ayam enak sepesiyal :*

      Delete
  3. Aku mesen dua mangkok ya mbak mi ayamnya hahahaha

    ReplyDelete
  4. Bungkus 4 neng! Kirim ke rumah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebut yak ngirimnya... biar mienya ga beukah :D

      Delete
  5. O.M.G ! Pagi-pagi datang kemari, bikin laper banget kakak.. duh jadi pingin sarapan mie ayam sayanya ! 😩😩😩 .. *brb, beli mie ayam dulu !"

    ReplyDelete
  6. wih asik nih resepnya mudah binggo. Langsung di coba dah enak bener tanpa nasi ini bahannya juga mudah. biasanya sama anak2 bikinnya pangsit goreng

    ReplyDelete
  7. Ah iya ngga susaah mbaak, cuma agak banyak aja stepnya, tapi penjelasan step dari sini jelas pakek bangett, love it..
    Kapan2 aku nyoba ah, pengem juga bikin makanan kesukaan aka mie ayam ini sendiri dirumah hehehe

    ReplyDelete
  8. Waaaah... Kesukaaan saya ini mah. Ikutin ah resepnya. Asiiiik!

    ReplyDelete
  9. Aih..malam-malam buka ini...cus jadi laper mau bikin. Duh! Tunda besok jadinya.
    Mudah sepertinya, apalagi dari chef terpercaya kayak Mbak Inna.
    Harus dipraktekin segera nih...Tengkyu resepnya Mbak:)

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen bikin juga. Supaya bisa sering makan mie ayam tanpa khawatir ini-itu.
    Pengen juga bikin mienya supaya lebih jelas kesehatan dan hygiene-nya.

    ReplyDelete
  11. Favorit saya dan suami. Beliau pernah minta saya bikin sendiri saja di rumah. Anuuu...maaf ... Boleh nyontek resepnya?

    ReplyDelete
  12. Jadi ngiler nih.. Pagi2 baca mie ayam sbg menu kuliner yg ngehits bagi keluargaku..

    Sae
    sasyazawafa.com

    ReplyDelete
  13. Duh wueeenak betul mbaak aku jadi pengen cobaaa, apalagi ini buat sendiri pasti dijamin lebih sehat dan bersih yaaa

    Kapan-kapan coba ah terus share blog jugaaa, salam kenal mbaaa

    ReplyDelete
  14. Sebagai penggemar mie ayam saya merasa tertampar membaca pos ini. Tidak pernah usaha bikin sendiri tapi selalu mengandalkan pasokan dari penjualnya. Kalau ditelusuri tidak terlalu sulit membuat ternyata. Saya paling suka mie ayam yang diberi jamur yang banyak, tambah bakso dan ceker ayam

    ReplyDelete
  15. Jadi ngiler lihatnya, Mbak... Terus jadi pengen buat sendiri.

    ReplyDelete
  16. Bikinnya gampang banget, musti dicobain ini mah. Kebetulan aku penggemar mie, khususnya olahan mie yang satu ini, hehe. Tambahin acar timun endes juga kali yak

    ReplyDelete
  17. Wow...disantap pas hujan gitu...bnr2 nikmat ni pasti

    ReplyDelete
  18. Ga bisa di gofood kirim Bandung yaa. Keren blognya. Bookmark aah...mo praktekin resepnya...

    ReplyDelete
  19. Wah rajinnya bikin mie ayam sendiri, btw boleh juga ni pake jamur.

    ReplyDelete
  20. Saya catet ini mah, soalnya saya suka sekali mie ayam, apalagi kalau bisa bikin sendiri kayanya lebih asyik bisa tambahkan ini itu biar makin enak.

    ReplyDelete
  21. Wahh saya penggemar mie pangsit nih... Kadang suka selera tapi males beli di luar mulu hehe. Lain kali mau cobain ah, makasih resep nya mba

    ReplyDelete
  22. Waduuuuh ngiler liatnyaaa..tapi kalo disuruh masaknya ga sanggup repotnya hehehe

    ReplyDelete
  23. Ya..Allah Saya jadi lapar. Sebagai penggemar mie ayam saya cukup tergoda dengan tampilannya tapi blom kepikiran utk bikin sendir sih, kayanya bisa dicoba kapan2

    ReplyDelete
  24. Meski saya bukan penggemar mie ayam.. itu kok hasil akhirnya begitu menggoda dan menggiurkan ya???
    *brb cari mie ayam abang2*

    ReplyDelete
  25. Ya ampun makkkkk...sukaaaak bgt aku sama mie ayam. dan kereeen nih resepnya.
    pengen nyoba ah kapan2...semoga bisa
    kalau gak ya balik lagi ke mie ayam ayam langganan hehe

    ReplyDelete
  26. Bikin laper mba. Jadi pengin cobain mie ayamnya.

    ReplyDelete
  27. mi ayam nih rasanya cetar dan ternyata bikinnya pun gampang ya. dah layak jual nih :)

    ReplyDelete
  28. Jadi laper jam segini.. hadeeeh hahhaa.. mau bikin mie instant dulu deh. Hahha

    ReplyDelete
  29. Ya ampun mbak
    Sumpah aku ngeces pisan lihat mie ayamnya. Tampak menggiurkan
    Ijin nyontek resepnya kapan-kapan ya

    ReplyDelete
  30. Ayamnya tahu aja kalau mau dimasak buat bahan mie 😂, dan resepnya mantul mbak sukses bikin lapar di sore hari ini... Cari mie ayam dulu dah 😍

    ReplyDelete
  31. Resepnya hampir mirip dengan yang saya suka bikin, Mbak. Rencananya juga besok mau bikin mie ayam ^_^

    ReplyDelete
  32. mie ayam ini yg nentuin rasa enaknya di bumbu n minyak ayamnya ya

    ReplyDelete
  33. Duh enak bangeet...saya suka mie ayam.kapan2 saya coba bikin ��

    ReplyDelete
  34. Kalau saya suka mie yamin, pas gitu kecapnya hehe. Asik, bisa buat mie ayam dari rumah, pas banget momennya liburan hehe

    ReplyDelete
  35. Tks resepnya, Mbak. Saya rencana mau bikini anak-anak versi yg rendah gluten mienya. Insyaallah mau pakai jamur juga, buat yang fod combiningnya rada kenceng. haha...tunjuk diri sendiri. Ayamnya buat bocah ajah.

    ReplyDelete
  36. Malem-malem buka page ini, ya Allah jadi pengen mie ayam!bikin ngiler aih xp

    ReplyDelete
  37. Enak banget mba, makaasih resepnya. Aku pengen praktek besok. Anak-anak memang suka banget mie ayam, lebih baik aku belajar bikin sendiri nih.

    ReplyDelete
  38. Mantap bener mbak resepnya dan cara pembuatannya lengkap. Kelihatannya juga enakk. Semoga segera punya usaha mie ayam ya mbak

    ReplyDelete
  39. mau banget cobain ini mba :) jadi ngiler ini

    ReplyDelete
  40. Aku juga suka mie ayam mba, kadang kalau beli suka kurang puas aja, ya mienya terlalu lembek, ayam seuprit, sayurnya kurang, micinnya melimpah..duhai mie ayam, kamu sukses menggodaku, mau buat ah!

    ReplyDelete
  41. Aku jadi lapar.
    Ah... wajub ciba masak sendiri nih, mba. 😎

    ReplyDelete
  42. Waduh baca ini jadi lapar nih, kepingin juga bikin sendiri deh, soal kebersihan masak tentu terjamin ya dibanding beli mateng di pinggiran jalan :D

    ReplyDelete
  43. Hmmm jadi laper hehe...saya sering bikin to versi lain..ayamnyasi bumbuin kuning dgn kuah yg banyak...nanti di piring kasih saus dan kecap..enak jg sih..tp yg mna bikin mirip yg di emang bakso ya hehe

    ReplyDelete
  44. ahhh.. resepnya wajib di catet ini.
    jadi pengen cepet cepet bikin mba, makasih sharing resepnya

    ReplyDelete
  45. Nyam, kalau baca resepnya dan cara bikinnya, kyknya mie ayam versi Dapur Ngebut kok gampang ya.. Tapi aku ilih bagian makan langsung mie ayamnya Mbak inna aja deh haha :D

    ReplyDelete
  46. Wadaw lengkapa banget kak tips nya heheh dari awal sampai akhir bacanya maunya malah bikinin aja deh heheheh kagak bisa masak hehe

    ReplyDelete
  47. Akhirnya nemu resep komplit mie ayam setelah sekian lama ku mencari. Hehehe makasih mba. Besok-besok aku mau buat sendiri. Dan bener, aku sempet kapok beli mie ayam karena taburannya lebih banyak tulang ayam daripada daging ayamnya hiks.

    ReplyDelete
  48. Aku baru tahu lho Mbak kalo ada yang campurin daging ayam sama labu siam. Hmmm, memang paling bener bikin sendiri yah Mbak..

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^