Sayur Godog Pepaya Muda untuk Menu Lebaran



Assalamualaikum!


Akhirnya... sampai juga di penghujung postingan menu sahur dan buka puasa edisi Ramadhan 1439 H. Terima kasih banyak sudah mau berkunjung ke blog Dapur Ngebut dan membaca postingan resep di sini. Sebagai penutup, saya mau share menu sayur godog pepaya muda untuk menu lebaran. 

Meski judulnya menu lebaran, sayur godog ini sah-sah saja dijadikan menu sahur atau menu buka puasa. Khusus untuk menu sahur, seperti biasa, siapkan dulu bahan-bahannya supaya tidak riweuh terburu-buru saat memasak hidangan ini. 

Kalau kata saya sih, menu ini kurang cocok dimasak saat sahur. Waktunya mefet, bo! Jadi lebih cocok untuk menu buka puasa. Dan kalau mau dimakan sebagai menu sahur, sayur godog sudah dimasak dulu semalam sebelumnya atau bangun lebih pagi lagi.

Sayur godog ini wajib ada di meja makan sebagai hidangan lebaran. Bisa dibuat dari pepaya muda atau labu siam. Saya lebih suka pakai pepaya muda karena teksturnya tidak cepat benyek seperti labu siam. Jadi pas kan kalau dihangatkan berulang kali, hehe.

Yuk, mari kita simak bahan dan cara membuatnya...


Bahan sayur godog pepaya muda

Bahan Sayur Godog Pepaya Muda:
  • 1 buah pepaya muda ukuran sedang
  • 1 papan petai, iris kasar bijinya 
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 4 batang sereh, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • minyak untuk menumis
  • bawang merah goreng sebagai taburan
Bumbu halus:
  • 4 bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 3 buah cabe merah
  • 3 butir kemiri 
  •  3 cm kunyit, bakar
  • garam secukupnya
Oia,  sebaiknya pilih pepaya muda yang bentuknya lonjong karena dagingnya lebih padat. Pepaya bentuk bulat biasanya lebih banyak kosong pada bagian tengahnya. Ini saya kebetulan nggak dapat pepaya yang lonjong, jadi pakai pepaya yang bentuknya bulat. Benar saja, bagian tengahnya lebih banyak bolong :D

Cara membuat sayur godog pepaya muda:
  1. Cuci pepaya muda. Iris halus dengan cara mencacah buahnya yang cukup keras. Bisa juga menggunakan alat khusus untuk mencacah sayuran.
  2. Ambil sedikit garam, remas perlahan sebentar. Cuci bersih kembali. Proses ini gunanya untuk menghilangkan getah dan membuat pepaya muda agak layu sebelum diolah.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu bersama daun salam, lengkuas, dan sereh sampai harum.
  4. Masukkan pepaya muda, aduk rata. Tambahkan santan kental. Masak sebentar.
  5. Tuang sisa santan, masak hingga sayur godog matang.
  6. Angkat. Sajikan bersama nasi, ketupat atau lontong.
  7. Taburi bawang merah goreng jika suka.
Saya punya tips untuk menambah lezat sayur godog untuk hidangan lebaran ini. Maafkan kalau ini termasuk tips sesat karena saya menyarankan untuk memakai bumbu instan! Bumbu instan sebagai penyedap rasa bisa menambah nikmat cita rasa masakan. Penambahan bumbu instan pada sayur godog selain bikin tambah gurih, warna kuahnya pun menjadi lebih cantik.

Warna kuahnya cantik bukan?
Sini, saya bisikin bumbu instan yang saya pakai untuk sayur godog adalah... bumbu instan kemasan sachet rasa sambal goreng! Percayalah, bumbu ini pas dan enak banget buat campuran sayur godog. Bisa sayur godog pepaya muda atau sayur godog labu siam.

Sayur godog siap dinikmati dengan ketupat
Terakhir, tidak lupa saya ijin pamit sementara waktu untuk merayakan Idul Fitri dan berlibur bersama keluarga. Iyes, kalau berlibur ya Dapur Ngebut ikutan libur juga, soalnya kan nggak masak, hehe.
Terima kasih sudah menyimak postingan nonstop menu sahur buka puasa yang spesial saya persembahkan untuk Challenge dari Blogger Perempuan Network. 
Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Mohon maaf lahir batin ya ^_^


Sayur godog pepaya muda, rendang, ketupat, dan emping.

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^