Sop Daging Kacang Merah


Assalamulaikun!

Masih dalam edisi menu buka puasa dan menu sahur, kali ini saya mau bikin hidangan berkuah. Yang namanya sup, pasti jadi favorit buat anak-anak. Bosan dengan sup biasa, saya bikin sup dari kacang merah. Pakai daging sapi biar tambah nikmat.

Resep sop kacang merah dengan daging sudah diwariskan turun temurun di keluarga besar ibu saya. Setiap ada acara kumpul keluarga, pasti sop kacang merah ini jadi menu wajib. Saya lupa istilah bahasa Belanda untuk sop kacang merah ini. Kuah sop yang kental dari kacang merah dan rebusan daging menjadi kenangan sendiri pada hidangan warisan nenek buyut saya ini.

Mau coba juga buat buka puasa atau sahur? Bisa banget! Enaknya sih, buat buka puasa aja. Karena pembuatannya memakan waktu cukup lama. Kalau masih ada, bisa dipanaskan lagi untuk disajikan saat sahur. Yuk, simak bahan dan cara membuatnya...
Bahan sop kacang merah
Bahan sop kacang merah:

  • 300 gr kacang merah basah
  • 500 gr daging sapi 
  • 5 batang wortel, potong-potong
  • 1 batang seledri, ikat
  • 8 siung bawang putih, geprek
  • 20 siung bawang merah, geprek
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • sedikit pala bubuk
  • minyak goreng untuk menumis
Kacang merah kering atau kacang merah basah?


Kacang merah basah
Bisa menggunakan keduanya. Cara memasaknya tidak sama. Kacang merah kering lebih keras dan lama menjadi empuk saat direbus. Jika ingin menggunakan kacang merah kering, rendam dulu di baskom berisi air semalaman. Kemudian rebus keesokan harinya dengan membuang air rendaman kacang tersebut.

Jika menggunakan kacang merah basah, pilih kacang merah yang belum berakar. Buka kemasan plastiknya, lalu cium aromanya. Jika berbau agak masam, tandanya kacang merah sudah lama dan tidak bagus untuk dimasak.

Daging sapi untuk sop kacang merah

Daging sapi lupa bagian apa :D
Daging sapi yang digunakan bisa bagian apa saja. Mau gandik, tetelan, has luar, bahkan iga juga enak. Jangan gunakan daging sapi bagian has dalam yang mudah empuk. Daging bagian has dalam cocok untuk tumisan. Sayang kalau buat sop. Nggak apa-apa juga kalau mau pakai daging sapi has dalam, cara memasaknya dimasukkan bersama wortel dan tidak berbarengan dengan merebus kacang.




Cara membuat sop kacang merah:

  1. Rebus daging dan kacang merah secara bersamaan sampai empuk dalam panci. Kira-kira selama 40 menit sampai 1 jam. Bila menggunakan panci presto, waktu merebus adalah 20 menit.
  2. Angkat daging sapi, potong-potong sesuai selera. Jika masih panas, gunakan garpu saat memotong daging. Masukkan kembali potongan daging ke dalam panci.
  3. Bubuhi garam, merica, pala bubuk.
  4. Tumis bawang putih dan bawang merah secara terpisah. Tumis sampai harum dan layu.
  5. Masukkan tumisan bawang tersebut ke panci mendidih.
  6. Masukkan wortel dan seledri, rebus hingga wortel agak empuk.
  7. Masukkan daun bawang. Rebus hingga semua bahan matang.
  8. Koreksi rasanya.
Jreng jreng... sop kacang merah sudah matang! Menu buka puasa yang pas banget. 

Selamat mencoba ^_^

Hangat dan nikmat!

Menu buka puasa yang pas!

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^