Singkong Thailand


Assalamualaikum! Sudah siap untuk hidangan buka puasa? Pada postingan menu sahur dan buka puasa kali ini saya mau nyuguhin takjil manis dari bahan singkong. Saya mau bikin singkong thailand yang konon sempat ngetrend itu. Waktu masih booming, saya sih cuek aja. Setelah lama berlalu, baru saya tertarik untuk mencobanya. 

Kenapa nggak langsung nyoba waktu itu karena... yah memang begitulah saya. Selalu ketinggalan jaman dan nggak trendi, haha. Nggak deng, ya belum kepengen aja. Biasanya kalo ada makanan yang lagi ngetrend, saya selalu cuek. Nggak penasaran pengen nyoba atau gimana. Pas nemu gratisannya alias ada yang ngasih atau ada yang nawarin nyicip, baru deh saya berkomentar: oh gini ya rasanya. Trus, udah aja gitu.


Kalau sekarang lagi ngetrend es kepal milo, saya juga nggak ikutan penasaran. Karena pada dasarnya saya nggak terlalu suka sama es serut. Sama milo sih masih suka. Apalagi sama kamu... ehh...

Sudah ah, kalau ngetik pada lewat tengah hari begini emang suka halu. Yuk, simak bahan dan cara membuat singkong thailand yang memang beneran menu cemilan ini berasal dari negara Thailand.
Bahan singkong thailand
Bahan singkong thailand:
  • 500 gr singkong, kupas dan potong-potong
  • santan instan ukuran 65 ml (saya pakai Sun Kara)
  • gula pasir
  • bubuk vanili
  • tepung maizena
  • 3 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
  • air untuk merebus

Taburan: coklat mesis, keju, oreo, bubuk macha, dan lain-lain sesuai selera.

Cara membuat singkong thailand:
  1. Rebus singkong singkong bersama daun pandan. Masak sampai agak empuk.
    Merebus singkong
  2. Tuang santan, aduk rata. Masak sampai mendidih. Jika kuah dirasa kurang bisa ditambahkan air panas.
  3. Masukkan gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Masak hingga singkong empuk.
  4. Larutkan maizena dengan sedikit air, campurkan ke singkong. Aduk rata. Masak sebentar sampai mengental. Koreksi rasanya.
  5. Singkong thailand siap disajikan dengan atau tanpa taburan pelengkap. 

Singkong thailand sudah jadi! Sebenernya, nggak perlu pakai taburan alias toping, singkong thailand rasanya sudah enak. Ada perpaduan rasa manis dan sedikit gurih. Ditambah sensasi creamy dari saus santannya. 

Saya bikin jadi tiga macam rasa (aslinya mah rasa sama aja, cuma beda taburan), yaitu singkong thailand original tanpa taburan, singkons thailand coklat mesis, dan singkong thailand keju. Penampakannya seperti ini...


Singkong thailand bisa diberi taburan aneka rasa


Singkong thailand original

Singkong thailand keju
Singkong thailand coklat mesis
Saya sendiri paling suka rasa coklat mesis, Saat ditabur di atas singkong thailand yang masih hangat, mesis coklat ada yang lumer dan bikin warnanya jadi cantik. Sama dengan boyz, mereka suka rasa coklat juga. 

Okedeh, sampai jumpa di menu sahur dan buka puasa selanjutnya!


Selamat menikmati singkong thailand

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^