Cara Asyik Menikmati Skippy Choco Peanut Butter yang Disukai Anak-anak


Suatu hari, tiga puluh tahun yang lalu...

Tiin tinn! 

"Permisi... parcel!" suara klakson mobil dan petugas pengantar barang terdengar di depan rumah. Sontak, saya berlari ke pintu. Bapak pengantar barang langsung meletakkan parcel di ruang tamu lalu pergi. Saya langsung mengamati isi keranjang berisi aneka makanan yang dikemas cantik berbungkus plastik dan pita. Hmm, ada apa saja ya? Kue, sirup, permen, dan... hei, ada Skippy!

Hati saya berbunga-bunga. Jaman saya masih kecil, selai kacang Skippy termasuk barang mewah untuk keluarga kami. Apalagi jaman dulu belum banyak supermarket dekat rumah. Kalau mau beli Skippy harus pergi ke ibukota dulu. Lumayan jauh dari rumah kami yang ada Cikampek. Mendapatkan Skippy gratisan dari parcel lebaran adalah berkah tersendiri, alhamdulillah.

Iklan jadul Skippy (sumber: Pinterest) 


Nah, itu tadi adalah kenangan indah saya bersama Skippy Peanut Butter. Selai kacang yang pada saat itu masih dikemas dalam toples kaca. Saya suka Skippy sejak dulu. Rasa selai kacangnya unik dan tidak ada yang menyaingi. Pernah iseng mencoba produk selai kacang lain dengan harga yang lebih murah. Hasilnya? Saya menyesal karena rasanya jauh banget dari Skippy! Nggak enak blass...

Skippy punya banyak varian rasa. Skippy Creamy Peanut Butter adalah rasa pertama yang saya cicipi. Favorit saya adalah Skippy Chunky Peanut Butter dengan kerenyahan kacang yang menimbulkan sensasi kriuk tersendiri. Sekarang, variannya makin beragam, bahkan ada yang khusus non kolestrol juga lho! 

Varian unik dari Skippy adalah perbaduan selai kacang dengan coklat dan buah. Yaitu Skippy Choco Stripe Peanut Butter, Skippy Grape Stripe Peanut Butter, dan Skippy Strawberry Peanut Butter. Ketiganya berpenampilan belang-belang yang cantik. Unik dan enak pastinya! 

Aneka varian Skippy Peanut Butter

Skippy Peanut Butter tersedia dalam kemasan 340 gram dan 500 gram dalam toples plastik dengan warna tutup yang berbeda untuk menandakan varian rasanya. Tingal pilih sesuai kebutuhan. 

Sekarang saya mau cobain Skippy Choco Peanut Butter alias selai kacang belang coklat. Selain jadi olesan roti seperti biasa, rencananya Skippy Choco Peanut Butter ini mau saya buat jadi cemilan untuk anak-anak.

Skippy Choco Peanut Butter

Sebelum diolah, kita lihat dulu penampakan Skippy Choco Peanut Butter yuk! Buka dulu tutupnya, intip isinya...

Isi Skippy Choco Peanut Butter 

Kita mulai resep yang pertama, yaitu CREPE SKIPPY CHOCO. Bahan dan cara membuatnya sebagai berikut...

Crepe Skippy Choco 
Bahan Crepe Skippy Choco:
  • 8 sdt Skippy Choco Peanut Butter
  • 20 gr tepung beras 
  • 5 gr tepung terigu 
  • 1,5 sdm tepung maizena 
  • 10 gr susu bubuk 
  • garam  secukupnya
  • 1 bungkus vanilla bubuk 
  • 1 butir telur ayam 
  • 1 sdt gula pasir
  • 200 ml air matang 
  • keju parut untuk taburan
Bahan Crepe Skippy Choco

Cara membuat Crepe Skippy Choco:
  1. Campur semua bahan kecuali air dan keju dalam satu wadah.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  3. Panaskan teflon ukuran 15 cm. Kecilkan api. Tuang 1 sendok sayur adonan di tengah teflon. Ratakan dengan gerakan memutar sampai semua adonan merata di permukaan teflon. 
  4. Masak sampai bergelembung kecil dan adonan agak mengering sebagai tanda crepe sudah matang.
  5. Oles dengan Skippy Choco Peanut Butter di atas crepe. 
  6. Gulung crepe secara perlahan dari salah satu sisinya. Angkat, sisihkan.
  7. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis.
  8. Penjajian: potong crepe menjadi dua bagian, tata di piring saji. Taburi dengan keju parut. Siap dinikmati.
Hasil: 8 gulung crepe.

Saat berkreasi dengan selai Skippy, saya dibantu oleh Kk Rasyad. Anak kedua saya ini paling suka mengamati saya memasak di dapur. Bertanya saya sedang membuat apa, lalu membantu mengolah bahan makanan dan sesekali saya biarkan ikut memasak di atas kompor.
Kk Rasyad bantu memasak 

Resep dan cara membuat Crepe Skippy Choco bisa dilihat pada video berikut:



Resep kedua adalah BOLA COKLAT SKIPPY. Bola coklat sering jadi andalan saat praktek memasak di sekolah. Maklum, bikinnya gampang nggak perlu dimasak pakai kompor! Apalagi ada adegan menghancurkan biskuit. Saya yang waktu itu masih SD seneng banget bisa ngulek-ngulek biskuit, hihi. Yuk, simak bahan dan cara membuatnya...

Bola Coklat Skippy

Bahan Bola Coklat Skippy:
  • 35 sdt Skippy Choco Peanut Butter 
  • 250 gr biskuit marie 
  • 1 kaleng susu kental manis (dalam foto saya wakilkan dengan gelas kecil)
  • 2 bungkus meses warna 
  • margarin secukupnya 

Bahan Bola Coklat Skippy

Cara membuat Bola Coklat Skippy:
  1. Hancurkan biskuit marie sampai halus.
  2. Campurkan susu kental manis dan 5 sdt Skippy Choco Peanut Butter, aduk rata.
  3. Ambil sekepal kecil adonan, bulatkan sebesar bola bekel. 
  4. Buat cekungan, isi dengan Skippy Choco Peanut Butter, tutup dan bulatkan menjadi bola.
  5. Lapisi bola dengan margarin, gulingkan pada meses warna hingga seluruh permukaan bola tertutup meses. 
  6. Bola coklat Skippy siap dinikmati.
Hasil: 30 buah.

Resep Bola Coklat Skippy bisa dilihat di video berikut:



Bola coklat ini tampil centil dengan warna-warni ceria. Bikin gemes untuk segera dilahap! Hap, masuk mulut deh...

Kk Rasyad dan Dd Irsyad lagi makan Bola Coklat Skippy 

Gimana nggak gemes, bola-bola ini rasanya manis. Setelah digigit, terasa selai Skippy dan coklat yang berpadu menjadi satu. Jika dibelah, Bola Coklat Skippy tampak seperti ini:

Skippy Choco Peanut Butter di dalamnya 

Nggak kelihatan? Nih, saya bawa lebih dekat...

Kelihatan enak bukan? 

Resep ketiga sekaligus yang terakhir adalah ES BELANG SKIPPY CHOCO. Ini pas banget disajikan saat udara panas. Rasanya seger! Simak bahan dan cara membuatnya berikut ini:

Es Belang Skippy Choco 

Bahan Es Belang Skippy Choco:
  • Skippy Choco Peanut Butter secukupnya 
  • 150 ml susu kental manis 
  • 350 ml air matang 
  • plastik es 
  • garpu 
Bahan Es Belang Skippy Choco

Cara membuat Es Belang Skippy Choco:
  1. Campur air matang dan susu kental manis, aduk rata. 
  2. Ambil secuil Skippy Choco Peanut Butter dengan menggunakan garpu. Oles pada bagian dalam plastik es. Sisihkan. 
  3. Tuang susu ke dalam plastik es, ikat bagian ujung plastik. Bekukan di lemari es. 
  4. Setelah beku, potong dua bagian es. Tusuk dengan tusuk sate kecil. Buang plastiknya. Sajikan segera. 
  5. Atau dimakan langsung dari plastik esnya juga enak. 
Hasil: 8 plastik es.

Silakan esnya... 

Selamat menikmati Es Belang Skippy Choco 

Simak bahan dan cara membuat Es Belang Skippy Choco di video berikut:




Senang sekali ada Skippy Peanut Butter di rumah. Asyiknya menikmati Skippy saat saya kecil kini terulang kembali di rumah. Jaman dulu, makan pakai roti tawar dan selai Skippy saja sudah bahagia. Kalau sekarang... huwow, ada banyak varian Skippy Peanut Butter dan beragam kreasi yang bikin kita makin bahagia saat menikmatinya.

Spread the fun with Skippy! Yeaayy!!!




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh 
Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

50 comments

  1. Aku pengen nyoba bikin es belang aahhh... pasti enak dimakan siang-siang

    ReplyDelete
  2. Wah keren Skippy nya bisa jadi es juga

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen es belang skippynya. Pas banget sini panas beut kalo siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya panas bangett jadi bawaannya pengen makan es :D

      Delete
  4. Aaah enak banget! Bisa banyak kreasinya yaaa

    ReplyDelete
  5. asik banget mau ah gabung sama 3 jagoan menikmati masakannya bunda Ina hehe

    ReplyDelete
  6. Wah ada banyak olahan makanan dari SKIPPY peanut butter, makasih udah sharing resep nya Mak, lengkap banget.

    Suatu hari nanti mau bikin Es Belang Skippy Choco ah dirumah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama :D
      yuuk bikin es belang skippy choco juga

      Delete
  7. Es belang boleh juga, makanan asik buat anak anak

    ReplyDelete
  8. Kirain apa yang belang, ternyata skippy. Asik makan es di saat udara panas

    ReplyDelete
  9. Waah ini .. kalo ponakanku lihat es belang skippy choco ini dijamin langsung merengek minta dibuatin juga sama mamanya...

    Thanks resepnya,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masamaa... met bikin es belang choco skippy ya :)

      Delete
    2. Iya,kak .. siap dipraktekan resepnya.

      Delete
  10. Bola coklatnya enak dan gampang kayaknya. :D

    ReplyDelete
  11. Duhhhh pasti anak-anak kamu seneng banget ya punya mama yang pinter masak..kaya Skippy ini bisa dijadikan aneka makanan enakkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah :)
      pas banget skippy emang bisa bikin makanan jadi makin enak

      Delete
  12. Saya juga suka selai kacang skippy ini. Cita rasanya dominan enak utk pelengkap apapun. Aihh..jd pingin bikin crepes saya juga suka cemilan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. skippy enak bangett
      yuk selamat memasak :)

      Delete
  13. Wah enak semua hasil masakan dapur ngebut

    ReplyDelete
  14. Anak anak pasti suka banget menikmati cara asyik ini. So yummy banget ini :)

    ReplyDelete
  15. Wah cocok banget buat bikin bareng sama anak-anak yaaa.. dan keliatannya juga enak.
    Makasi sudah sharing resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak2 seneng ikutan bikinnya.
      masama mba :)

      Delete
  16. Waaah enak nih es belang nya buat siang-siang

    ReplyDelete
  17. Seru juga ya berkreasi dengan skippy peanut butterya. Sepertinya kalau dibikin semacam es kepal milo asik juga ya, Teh..hehe
    Jadi pengen nyoba biar bisa berkreasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah boleh dicoba tuh es kepal milo campur skippy.
      skippy enak dikreasikan jadi apa aja :)

      Delete
  18. Yang es kayaknya gampang nih bisa dibuat sekarang. Tapi aku ga punya plastiknbya hahah. Beli dulu deh :D

    ReplyDelete
  19. Cocok bgt nih buat buka puasa...
    Bisa kreasi dg skipy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kreasi skippy bikin buka puasa jadi makin berselera :)

      Delete
  20. DAri 3 resep di atas, aku naksir yang pertama; crepe with skippy ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mengenyangkan juga ya mba hihihi

      Delete
  21. Wah banyak cemilan... makin semangat belajar nih anak2... udah sedia banyak makanan bundanya :-*

    ReplyDelete
  22. Ya ampun mba ini mah enak-enak semua. Aku cobain ya resepnya buat anak-anak

    ReplyDelete
  23. Lucu deh ada es belang hihihi.. Buatan chef Riana nih enak2 semua. Praktis ya pakai Skippy. Eh ya ternyata ada iklan jadoelnya berarti udah luamaa banget ada si Skippy ini. Anak2 demen deh dibikinin camilan sama mamanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi chef nurul :*
      iya, skippy udah lama. waktu kecil aku makanin skippy juga

      Delete
  24. wuidiiih, jadi es belang. kreatiiif. Ini makanan kesukaan bocah semua nih. contek aah yang es belang ^_^

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^