Tuesday, April 10, 2018

Terong Telunjuk Sambal Balado



Tahu terong? Pasti dong! Kalau terong telunjuk gimana? Saya baru kenalan sama terong yang satu ini saat baru pindah ke Bogor. Saat itu, saya lagi beli matengan di warung langganan. Mata saya tertumbuk pada sejenis olahan balado dari terong. Tapi kok, terongnya kecil ya? "Ini terong telunjuk," kata Ibu warung. Dinamakan terong telunjuk karena bentuknya yang mungil seukuran telunjuk manusia. Agak gedean dari telunjuk sih sebenernya, hehe,

Penasaran, saya beli seporsi terong telunjuk sambal balado. Cukup tiga ribu rupiah saja sudah dapat banyak banget buat porsi makan sendiri. Sampai di rumah, langsung nyobain, dan... ealah, kok enak ya! Berhubung si terong telunjuk ini kerap menampakkan diri di warung sayur, saya beli sebungkus untuk diolah jadi... terong balado lagi! Maap yak, lagi demen makan yang pedes soalnya.

Rasa terong ini memang nggak jauh dari terong lainnya. Kalau balado terong biasa yang kerap memakai terong ungu terasa lembek. Nah, kalau pakai terong telunjuk jadi berasa agak kres kres gitu. Masih ingat terong hijau yang berbentuk bulat dan kerap dijadikan lalapan karena rasanya yang renyah? Terong telunjuk ini bisa jadi pertengahan antara si terong ungu dan terong hijau bulat. Agak lembut dan teksturnya lebih padat.


Terong telunjuk


Okede... mari mulai memasak. Langkah pertama, buang bagian ujung terong yang ada tangkainya. Kemudian, belah dua terong tapi jangan sampai putus. Sisakan 1,5 cm bagian terong yang tidak terpotong.


Membelah terong
Selanjutnya, ini dia resep terong telunjuk sambal balado...

Bahan:
  • 12 buah terong telunjuk
  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 4 buah cabe merah besar
  • cabe rawit sesuai selera (jika ingin rasa lebih pedas)
  • 1 buah tomat merah
  • garam secukupnya
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • minyak goreng secukupnya
  • 150 ml air matang
Cara membuat:
  1. Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, garam, dan gula merah.
  2. Goreng terong sampai layu, angkat, sisihkan.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan daun jeruk sampai harum. 
  4. Masukkan terong goreng, aduk rata. Tuang air matang, masak hingga kuah menyerap. Koreksi rasanya.
  5. Angkat, sajikan hangat.

Baca juga: Terong Bakar Sambel Roa

Sudah jadi! Bikinnya gampang banget. Selamat mencoba ya!


Terong telunjuk sambal balado

Selamat makan!


1 comment:

  1. mba Innaa, saya blm pernah masak terung telunjuk..ga jual tukang sayur langganan nih

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^