Kering Teri: Lauk Keringan yang Bisa Awet Disimpan Lama

Assalamualaikum!

Siapa yang suka lauk keringan? Senasib dong dengan saya. Saya sebenarnya suka lauk keringan. Apalagi yang bisa disimpan untuk dimakan berhari-hari. Apa daya di rumah lauk keringan sedikit penggemarnya. Daripada cuma saya yang buntut-buntutnya ngabisin, saya jarang banget bikin lauk keringan.

Lauk keringan itu enak buat dibawa piknik atau bekal traveling. Dulu sih sempet pengen bawa lauk keringan pas umroh. tapi suami nggak suka ya nggak jadi deh. Padahal kan lumayan bawa lauk keringan bisa menghemat uang makan, ya ngga?

Biasa masak yang segar, bahkan dalam satu hari bisa tiga kali lebih masak karena menunya berbeda, membuat saya semakin dijauhkan dari yang namanya lauk keringan. Meski begitu, bikin sesekali nggak apa-apa kan?

Kali ini saya mau share resep lauk keringan kesukaan saya, yaitu Kering Teri. Ini menu langka banget. Kayaknya ada deh lima tahun sekali saya bikin, saking jarangnya haha. Maklum, suami nggak suka ikan teri. Demi menghemat energi, ya saya menjauh dari yang namanya teri.

Berhubung doyan, ada rasa kangen pengen masak teri. Ini sebenarnya saya masak sudah cukup lama, yaitu pada tahun 2017. Kelamaan mengendap di draft laptop, saya posting deh biar dia nggak manyun karena lama dicuekin. 

Kering Teri garing dan nikmat

Oia kering teri ini paling sering dibarengin sama kacang, jadi judulnya Kering Teri Kacang. Tinggal tambahkan kacang tanah goreng di akhir proses memasak.

Yuk kita mulai memasak...

Resep Kering Teri

Bahan Kering Teri

Bahan:

  • 1 mangkuk kecil ikan teri medan
  • 7 siung bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 2 buah cabai merah, iris
  • jeruk nipis untuk diambil airnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Ikan teri dalam mangkuk

Cara Membuat:

  1. Cuci ikan teri. Rendam dalam air panas selama 10 menit untuk mengurangi asin. Tiriskan, sisihkan.
  2. Goreng teri sampai agak kering, angkat, tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai sampai harum. 
  4. Masukan teri medan, tumis sebentar. Masukkan gula pasir, aduk rata. Beri sedikit kucuran air jeruk nipis, aduk rata. Matikan api. Sajikan.
Sudah matang! Ini dia penampakan Kering Teri yang rasanya krunci banget! Mau langsung diawetkan, disimpan di toples juga bisa. Kalau saya sih, habis buat sendiri or bareng anak-anak.



No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^