Friday, March 30, 2018

Serunya Belajar Membuat Crepe Bersama Crepe Signature Bogor


Saya suka crepe. Anak-anak saya juga. Paling sering beli crepe di mamang crepe keliling yang lewat di depan rumah. Cemilan dari adonan tepung untuk pancake yang dimasak sampai renyah dan diberi aneka taburan ini memang enak banget. Kriuk kriuk... hmm yummy!

Berhubung crepe adalah cemilan favorit kami sekeluarga, maka saya tidak melewatkan kesempatan untuk hadir di acara "Crepe in The Making" bersama Crepe Signature Bogor pada hari Selasa kemarin (27 Maret). Bertempat di counter Crepe Signature Bogor Trade Mall, saya tiba di lokasi dan bersemangat untuk belajar membuat crepe.

Bersama rekan-rekan Blogger Bogor dan Asinan Blogger, acara santai tapi seru ini dimulai dari  pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB. Sebelum acara dimulai, saya mau mejeng dulu ah di depan counter Crepe Signature...

Crepe Signature di Bogor Trade Mall (BTM)
Crepe Signature berkantor pusat di Malaysia (tempat asal usaha ini dimulai), kemudian tersebar ke Singapura, Brunei, lalu ke Indonesia. Crepe Signature menghadirkan crepe ukuran besar dengan aneka toping yang lezat. Seperti yang tercantum di websitenya sebagai berikut:
Crepe Signature is primary to provide the natural taste of crepe with natural fruits and ingredients in take away kiosk concept. We are the pioneer in Malaysia food scene with More than 35 Flavors such as chocolate oreo, peanut, milo milk, chocolate banana, chicken ham, ice cream and etc.
Kemasan Crepe Signature

Beneran banyak lho toping yang ditawarkan di Crepe Signature. Harga  yang ditawarkan mulai 17 ribu sampai 37 ribu, tergantung toping yang dipilih. Mau tahu rasa apa saja yang tersedia? Simak sambil ngebayangin ya:
  • Sweety Crispy: Crepe Blueberry, Crepe Strawberry, Crepe Chocolate, Chocolate Almond, Crepe Blueberry Chocolate, Chocolate Oreo, Chocolate Dip, Milo Milk, Chocolate Caramel, Chocolate Honey Star, Black Oreo, Chocolate Peanut, Crepe Peanut, Peanut Corn, Milk Cheese, Crepe Tiramisu, Blueberry Cheese, Strawberry Cheese, Chocolate Cheese, Crepe Tiramisu Cheese, Double Cheese
  • Premium Crepe: Nutella Crepe, Nutella Banana, Nutella Cheese, Nutella Cheese Banana, Silverqueen Chocolate, Toblerone Chocolate, Ovomaltine Crepe, Ovomaltine Banana, Ovomaltine Cheese, Ovomaltine Cheese Banana.
  • Savoury Crispy: Katsuo Butshi, Crepe Tuna Cheese, Chicken Floss Cheese, Chicken Slice Cheese, Chicken Sausage Cheese, Crab Meet Cheese, Mix Seafood Cheese, Mix Signature Cheese, Mix Chicken Cheese, Mix Crepe Cheese.
  • Fruity Crispy: Honey Banana, Honey Strawberry, Honey Banan Strawberry, Peanut Banana, Blueberry Banana, Bluberry Cheese Banana, Strawberry Banana, Strawberry Cheese Banana, Chocolate Banana, Chocolate Strawberry Banana, Chocolate Cheese Banana, Strawberry Fruit, Chocolate Strawberry, Chocolate Kiwi, Chocolate Strawberry Kiwi, Chocolate Almond Banana.
  • Ice Cream: Ice cream cup, Ice cream crepe
Wow, banyak banget! Semuanya pasti enak nih! Crepe favorit pembeli sampai saat ini adalah Premium Crepe rasa Nutella Cheese Banana.Gimana kalau ditambah es krim? Pasti makin mantap!

 
Acara dimulai dengan salam pembuka oleh Mbak Selviana Saefulloh yang akrab disapa Selvi. Blogger beken sekaligus Supervisor Crepe Signature Bogor ini menjelaskan keistimewaan Crepe Signature yang mempunyai ukuran super besar dengan rasa yang super crunchy. Crepe Signature punya pelanggan dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia. Bahkan ada ibu hamil yang sedang ngidam rela datang jauh-jauh dari Sukabumi ke Bogor Trade Mall demi bisa menikmati Crepe Signature.

Mbak Selvi menyambut para blogger yang datang

Rasa crepe yang nikmat tidak lepas dari adonan tepung sebagai bahan dasarnya. Mbak Selvi menjelaskan bahan baku utama Crepe Signature yaitu tepung siap pakai yang sudah ditakar khusus. Selanjutnya, tepung tersebut tinggal ditambahkan air dan telur saja untuk menjadi adonan crepe. Praktis ya! Boleh minta satu bungkus? Hehehe...

Serius menyimak penjelasan dari Mbak Selvi
Selanjutnya, dijelaskan garis besar cara membuat crepe dan aturan kelas masak di Crepe Signature. Pengajar adalah pegawai Crepe Signature yang bertugas saat itu, yaitu Mas Hasan dan Mbak Santi. Sambil mengarahkan peserta membuat crepe, keduanya juga bergantian melayani pembeli yang datang.

Para blogger yang menjadi peserta diberi kesempatan untuk latihan membuat crepe dengan tepung terigu biasa. Setelah itu, baru deh bikin crepe beneran pakai adonan tepung Crepe Signature plus boleh pilih toping yang disukai. Asyik! Jadi nggak sabar nunggu giliran saya tiba.

Sambil menunggu, saya mau bilangin alat masak buat bikin Crepe Signature. Yaitu pan khusus merangkap kompor dengan tenaga listrik. Alat masak ini mempunyai daya 3000 watt. Ini mah dijamin bikin listrik di rumah saya bisa ngejeglek saking nggak kuatnya, hahaha!
Alat masak crepe di Crepe Signature

Kalau bikin pakai pan biasa bisa nggak? Ya bisa dong. Tapi ukurannya standar aja, sama kayak yang dijual mamang crepe keliling. Etapi, perasaan saya pernah lihat deh pan khusus untuk bikin crepe. Yaitu sama kayak pan datar anti lengket tapi tanpa pinggiran. Kalau pakai pan datar tapi dibalik gimana? Hadeuh... itu mah jelas nggak bisa lah yaw!

Setelah memasak, cara membersihkannya juga mudah. Cukup dengan lap basah saja, alat masak ini sudah bersih dari sisa crepe dan bisa dipergunakan kembali. Hati-hati saat membersihkannya ya, maklum panas euy!

Di sebelah alat masak tertara rapi aneka topping yang dikemas dalam toples khusus. Ada juga botol-botol selai aneka rasa. Semuanya mudah dijangkau dan gampang dibuka tutup karena membuat crepe harus cekatan dan topping dioles segera sebelum adonan mengering.
Aneka topping crepe

Secara bergantian, Mas Hasan dan Mbak Santi mengajari para peserta membuat crepe. Ketika tiba giliran saya, langsung saja saya coba ikuti instruksi dari Mas Hasan. Langkah-langkahnya adalah:
  1. Tuang sesendok kurang sedikit adonan ke bagian tengah pan.
  2. Ambil alat perata crepe yang berbentuk seperti huruf T. Ratakan adonan di bagian tengah dengan cara memutarnya sebanyak tiga kali. Nanti adonan akan tersebar dengan sendirinya.
  3. Ratakan adonan pada seluruh permukaan pan dengan cara memutar alat tadi.
  4. Bagian yang bolong bisa ditambal dengan menuangkan sedikit adonan dan meratakannya.
  5. Tunggu sampai adonan kering.
  6.  Beri topping sesuai selera.
  7. Melipat crepe: lipat seperlima bagian crepe bagian bawah. lipat kiri kanan crepe hingga membentuk seperti kipas.
  8. Angkat crepe dan siap dinikmati.
Cara melipat crepe oleh Mas Hasan
Kalau nyimak teori, kelihatannya gampang ya! Coba, latihan dulu pakai tepung biasa. Kalau gagal kan nggak ngerasa ngenes sudah menghamburkan adonan, hehe. Macam main game, kesempatan untuk berlatih cuma tiga kali. Setelah itu pindah ke alat masak yang satu lagi untuk bikin crepe beneran.

Saya sedang latihan membuat crepe
Semakin siang, semakin banyak pengunjung mall, semakin banyak juga pembeli di Crepe Signature. Saya sendiri sempat menunggu cukup lama untuk memasak crepe beneran karena Mbak Santi sibuk membuat pesanan pembeli.

Tiba giliran saya, langsung saya tuang adonan crepe ke tengah pan dan segera meratakannya. Ups! Ternyata saya kebanyakan menuang adonan di bagian tengah. Crepe jadi agak tebal deh. Lalu topping yang saya pilih adalah selai kacang, pakai taburan mesis coklat dan kacang tanah goreng. Jangan lupa, ngerjainnya harus cepat, lho. Biar crepe nggak gosong.
Saya sedang membuat crepe (foto by Melly)
 
Membuat crepe dengan selai kacang (foto by Melly & Selvi)
Alhamdulilllah, yeay.. saya berhasil bikin crepe! Sebentar, foto dulu ah...


Berhasil berhasil hore!
Berikut ini video saat pertama kali saya latihan membuat crepe. Diawali dengan latihan memegang dan memutar alat perata adonan. Oia, ini adalah percobaan pertama dari tiga kali kesempatan untuk latihan sebelum membuat crepe dengan topping. Seneng dan excited banget!


Crepe Signature ini memang unik karena ukurannya besar, crepenya renyah, banyak pilihan topping lezat, dan pastinya... instagramable banget alias cantik penampilannya! Coba lihat nih, siapa sih yang nggak terperangah disodorin Crepe Signature yang satu ini...




Gimana, kepengan juga menikmati Crepe Signature? Buat warga Bogor, Crepe Signature Bogor  bisa dijumpai di:
  • Botani Square Mall LG Floor (depan toko HIAS/ Electronic City)
  • Bogor Trade Mall (BTM) UG Floor
  • Food Paradise, Teras Yasmin
Kalau lagi males keluar rumah, Crepe Signature bisa dipesan melalui aplikasi GOJEK, lho! Tinggal klik GOFOOD, lalu cari Crepe Signature. Gampang kan! Tinggal duduk manis, crepe crunchy langsung datang ke rumahmu. 



Buat kamu yang tinggal di Jakarta, counter Crepe Signature bisa ditemui di beberapa mall. Dan tentu saja, order crepe via GOFOOD sudah tersedia untuk warga ibukota.

Acara hari ini yang berjudul "Crepe in The Making" adalah kegiatan seru membuat crepe bersama Crepe Signature Bogor. Pengen tahu kegiatan dan promo menarik lainnya dari Crepe Signature? Follow Instagram dan Line Crepe Signature berikut ini:
  • Line @CREPESIGNATUREBGR 
  • Instagram @CREPESIGNATUREBOGOR
Terima kasih, Crepe Signature Bogor. Hari ini saya senang sekali bisa nambah ilmu belajar bikin crepe. Kalau boleh sering-sering diajak latihan bikin crepe lagi, saya nggak keberatan lho. Mau direkrut jadi pegawai juga saya nggak nolak ^_^

Siapa mau Crepe Signature?

2 comments:

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^