Tuesday, February 13, 2018

Oseng Toge Ikan Asin


Suatu hari dia acara arisan buibu yang bertempat di sebuah rumah makan. Masakan yang tersaji sudah dipesan sebelumnya oleh salah satu pengurus. Rumah makan tersebut mengusung menu utama aneka olahan ayam. Namun tidak melulu ayam, ada banyak menu lainnya yang cocok disandingkan dengan menu ayam. Salah satunya adalah oseng toge ikan asin ini.

Ketika mencicipi, lho kok enak! Selama ini saya bikin oseng toge ya oseng toge doang, nggak pakai ikan asin. Pakai ikan asin yang disuwir kecil-kecil ini bikin sensasi menggigit toge yang kres kriuk berpadu dengan kejutan rasa gurih asin dari ikan asin. Saat berkunjung ke rumah makan itu lagi bareng keluarga, saya kembali memesan menu yang sama. Habis enak sih!


Penasaran, saya coba sendiri di rumah. Kebetulan masih ada sedikit sisa stok ikan asin jambal roti. Ambil secuil, goreng, dan siap jadi campuran oseng toge. Mau? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya!

Bahan:

  • 1 mangkok toge, siangi
  • 3 cm ikan asin jambal roti (bisa diganti ikan asin lain atau ikan teri asin)
  • 2 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah ukuran kecil
  • 1 buah cabe merah besar (bisa diganti dengan cabe keriting)
  • 2 batang daun bawang, iris serong kasar
  • garam secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
  • segelas air matang

oseng toge ikan asin
Bahan oseng toge ikan asin
Cara membuat:
  1. Goreng ikan asin, angkat, tiriskan. Suwir-suwir ikan asin, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe merah sampai harum.
  3. Masukkan toge dan daun bawang. Aduk sampai layu.
  4. Tambahkan suwiran ikan asin, aduk rata.
  5. Masukkan air, garam, dan merica. Masak hingga semua bahan matang dan kuah agak menyusut. Koreksi rasanya. 
  6. Angkat, sajikan hangat.
Saya sengaja bikin suwiran yang agak gede. Biar kelihatan, lalu bisa dicemilin duluan, hehe. Masak oseng toge ikan asin ini nggak pake lama. Bahannya juga nggak ribet kan. Cepet bikinnya, cepet matengnya, dan cepet pula habisnya!

Selamat mencoba ^_^

oseng toge ikan asin
Ikan asinnya kelihatan kelihatan!


oseng toge ikan asin

8 comments:

  1. ini salah satu masakan favorit keluarga kami juga loh mba... simpel tpi endols ya hehe

    ReplyDelete
  2. Ya Allah bisa gagal diet kalau makan ini kebayang makan pake nasi anget hehehe.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi pengen coba pake ikan asin, biasanya kalo oseng toge cuma ditambahin kacang panjang

    ReplyDelete
  4. Menu andalan ini Mbaa, apalagi kalau irisan daun bawangnya banyak. Seger banget. Dulu pertama nyicipin pas hamil dikasih sama tetangga. Lha kok enak, akhirnya sering bikin sendiri deh :D

    ReplyDelete
  5. Biasa aku bikin tauge sama tahu, blum pernah samaikan asin. Cobain ah

    ReplyDelete
  6. Ini salah satu menu favoritku kalo jajan di warteg mbak. Di warteg langgananku malah dikasih kunyit. Jadi kuning2 geto.

    ReplyDelete
  7. dulu mamaku kalo masak oseng toge juga pake ikan asin ato teri medan yg juga asin mba.. nah pas di jkt ini, aku liat mba ART masak oseng toga ga pake ikan asin... makanya pernah aku minta sesekali kalo lg ada ikan asin jambal, pake itu aja :). memang jd lebih enak

    ReplyDelete
  8. Jadi inget waktu makan di Sop Ikan Batam, ada tumis toge pake teri medan. Kalau ini pakai ikan asin, kuahnya juga jadi berasa gurih asin ya, mba Inna. Aihh mantap lah ini :D

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^