Monday, December 11, 2017

Mangut Ikan Asap


Mangut ikan asap. Percobaan baru, nih. Kebetulan dapat ikan gabus asap, oleh-oleh Bapa dari luar kota. Awalnya sempet bingung mau diolah jadi apa. Tiba-tiba, entah kenapa yang ada di pikiran saya ya pengen dibikin jadi mangut aja. Padahal, seumur-umur saya belum pernah makan yang namanya mangut. 


  Pernah denger ada masakan yang namanya mangut. Katanya sih enak kalau pakai ikan asap. Setelah googling dan konsultasi (cieh gaya bahasanya) dengan tukang sayur dekat rumah, jadilah saya nekad bikin mangut ikan asap. Yuk, mari…
Ikan asap siap diolah

Bahan:

  • 1 ekor ikan asap
  • 500 ml santan dari setengah butir kelapa parut
  • 5 siung bawang putih
  • 12 siung bawang merah
  • 3 buah cabe hijau besar
  • 1 buah tomat hijau
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, geprek
  • 2 cm jahe, geprek
  • 5 cm lengkuas, geprek
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
Bahan mangut ikan asap

Cara membuat:

  1. Potong-potong ikan asap menjadi ukuran kecil sesuai selera.
  2. Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, merica, dan garam.
  3. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bumbu halus, daun salam, sereh, lengkuas, jahe, cabe hijau, dan tomat hijau sampai semua bahan layu dan aromanya harum.
  4. Masukkan potongan ikan asap, aduk rata.
  5. Tuang santan, aduk rata. Masak sampai mendidih dan kuah agak menyusut. Koreksi rasanya.
  6. Angkat, sajikan hangat.
Ternyata gampang banget cara membuatnya! Rasanya? Oo sudah pasti enak dong! Selamat mencoba ya!

Siap dimakan!

Rasanya creamy creamy gurih gimanaa gitu!

7 comments:

  1. saya gak tau ttg ikan asap ini, dptnya dimna.... apa seperti dendeng ikan gitu bukan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kayak dendeng sih mba. tapi memang jadi lebih gepeng krna menyusut stl diasapi. ada aroma asep2nya kayak bandeng asap juga. bedanya bandeng kan ga dibelah dua pas diasepin. jadi ikan asep yg ini agak kering. kalo udah dimasak mangut jadi lembut teksturnya :)

      ini beli di toko oleh2, mba

      Delete
  2. Sedapnyaaa...
    Terakhir makan ikan belut asap kecap,enak bangetttt

    ReplyDelete
  3. Mbaaaa, aku jadi ngiler baca ini.

    ReplyDelete
  4. aku jadi inget ibuku sering buat mangut, jd rindu ibuku

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^