Onigiri ala Indomaret Buatan Sendiri. Pakai Isian Bakso Pedas yang Nikmat

onigiri indomaret

Assalamualaikum!

Hari yang sibuk buat para emak yang anaknya sekolah. Di bulan Mei ini musimnya ujian ya. Ada yang UAS, ujian sekolah buat kelulusan (kan nggak ada ujian nasional), sampai persiapan ujian untuk masuk universitas impian. Semoga lancar buat anak-anak kita dan semangat selalu buat para emak! Aamiin.

Ngomongin sekolah, masih setia bawain bekal anak dong? Saya tentu saja masih. Meski nggak bisa (tepatnya: nggak mau) bikin bekal sekolah yang estetik, setidaknya perut anak aman karena kiriman makanan dari rumah. Andai nggak sempat bikin bekal, untuk anak yang rada gedean, bisa disuruh jajan aja di kantin. Ya nggak? 

Paling aman dari segi kebersihan dan kantong ya makanan bekal yang dibawa dari rumah. Saya biasa mengantar bekal sekolah mepet waktu istirahat makan siang. Supaya bekalnya fresh dan masih hangat. Sekolah si bungsu nggak sampai 1 km jaraknya, jadi termasuk dekat. Buat yang jarak sekolahnya jauh, biasanya sudah bawa bekal sejak berangkat. Sekalian, biar nggak repot.

Pernah juga ngebeliin bekal sekolah sekalian pas nganter. Mampir ke tukang dagang, masukin makanan ke kotak bekal kosong, terus lanjut ke sekolah. Bekal enak yang praktis itu nasi plus lauk favorit anak. Bisa nasi dipisah dengan lauk, atau yang disatukan seperti nasi bakar dan onigiri. 

Onigiri? Apa itu? Itu lho... nasi kepal bentuk segitiga ala Jepang yang didalamnya ada isian dan dibungkus dengan nori lembaran. Ini jadi kesukaan anak-anak saya. Mungkin berasa makan nasi bungkus ala Jepang gitu ya hehe.

onigiri indomaret
Onigiri, nasi bungkus ala Jepang :D

Dulu sih suka beli onigiri di Indomaret. Ternyata bukan saya dan anak-anak saya yang suka, banyak juga yang memfavoritkan onigiri Indomaret. Dulu sih isiannya ada yang pedas dan tidak pedas. Pakai daging ikan tuna dan ada juga yang isiannya daging ayam.

onigiri indomaret
Onigiri Indomaret (foto: klikIndomaret.com)

Harga onigiri Indomaret juga cukup terjangkau. Dulu aja saya beli satunya seharga 11 ribu. Kalau sekarang... hmm saya kurang tahu karena di dekat rumah saya Indomaret-nya nggak jualan onigiri. Mungkin sekitar 15 ribu? Koreksi saya kalau salah ya.

Masih ada hubungannya dengan Indomaret, saya sempat mengikuti lomba masak di akun Instagramnya. Sayang, karena kesalahan sendiri yang kurang lama semedi milih resep, saya gagal ke babak selanjutnya. Gapapa, jadi punya pengalaman bikin konten video masak tiga macam sekaligus sampai begadang dan jatuh sakit...

onigiri indomaret
3 resep untuk lomba: kimbab, musubi, dan onigiri

Nah kali ini saya mau berbagi resep onigiri buatan sendiri. Bahannya pakai yang ada di kulkas aja, yaitu telur dan bakso sapi. Boleh diganti bakso ayam atau bakso ikan.

Yuk ini dia resepnya...

onigiri indomaret

Resep Onigiri Bakso Pedas

Bahan:
  • 300 gr nasi pulen yang baru matang
  • 4 butir bakso sapi
  • 1 butir telur
  • 4 sdm saus sambal botolan
  • 2 sdm saus tomat botolan
  • 3 sdm mayones
Cara membuat:
  1. Rebus bakso sampai matang. Potong kotak kecil, sisihkan.
  2. Buat telur dadar. Angkat. Potong kotak kecil. sisihkan.
  3. Campur jadi satu: saus sambal, saus tomat, dan mayones.
  4. Membuat isian: campur jadi satu: bakso, telur dadar, dan saus. Aduk rata, sisihkan.
  5. Membuat onigiri dengan cetakan onigiri berbentuk segitiga. Jika tidak punya bisa membentuk segitiga dengan plastik dan dikepal dengan tangan.
  6. Siapkan 100 gr nasi pulen untuk 1 onigiri. Isi ke dalam cetakan segitiga sebanyak setengah bagian. Padatkan. Buat cekungan pada bagian tengahnya.
  7. Masukkan isian onigiri secukupnya. Tutup dengan nasi sampai cetakan penuh, padatkan.
  8. Membungkus onigiri. Ambil bungkus onigiri siap pakai. Lepaskan nasi dari cetakan dan taruh di bagian atas bungkusan nori. Lipat nori jadi dua bagian. Bungkus nasi sampai berbentuk segitiga. Rekatkan dengan isolasi di bagian luar. 
  9. Onigiri siap dinikmati atau dijadikan bekal.
Cara membuat onigiri secara komplit bisa dilihat pada video lomba berikut ini ya... 


Cara Membuka Bungkus Onigiri

Oia untuk bungkus onigiri, ada dijual khusus bungkusnya lho di toko online. Sudah kumplit dengan nori dan plastiknya. Apalagi plastiknya kan khusus ada tape pembukanya. Jadi mirip banget sama onigiri buat jualan.

Tapi kalau nggak ada bungkus onigiri siap pakai, bisa pakai nori lembaran biasa kok. Potong nori lembaran yang besar jadi 2 bagian. Lalu plastik bungkus luarnya bisa pakai plastik kiloan biasa. Ini agak repot sih pas bukanya karena ngga ada tape khusus. Gapapa, yang penting teuteup kemakan kaan...

Saat membungkus onigiri, saya langsung membungkus tanpa membuka plastik onigiri siap pakai. Jadi lapisannya begini: plastik - nori - plastik - nasi onigiri. Bisa aja sih langsung tempel nori ke nasi. Tapi nanti pas dimakan, norinya jadi lembek dan kurang renyah. Saya sih sering langsung bungkus onigiri langsung ke nori jika akan disantap segera.

onigiri indomaret
Nori pembungkus onigiri

Cara membuka bungkus onigiri emang sedikit ribet. Namanya usaha ya, agak ribet dikit tapi nanti kan jadi enak hehe. Berikut ini adalah tutorial cara membuka bungkus onigiri dari web klikindomaret.com:

onigiri indomaret

Gimana? Tertarik ingin membuat onigiri juga? Atau sekalian mau buat jualan? Wah, bisa banget. Dijamin laku deh. Saya pribadi belum berani (tepatnya malas) untuk berjualan onigiri. Selama ini baru sebatas hobi bikin onigiri banyak lalu dibagikan ke tetangga. Alhamdulillah responnya pada hepi semua. Itu sudah cukup buat bikin saya bahagia.

Selamat menikmati onigiri ala Indomaret buatan sendiri ^_^

onigiri indomaret

25 comments

  1. Baru tau plastiknya bisa dibeli di online. Keywordnya apa mba? Plastik onigiri?

    Saya sih seting buat onigiri, tapi ga pernah diplastikin gitu. Nanti coba cari aah di toko orange

    ReplyDelete
  2. Baru tau plastiknya bisa dibeli di online. Keywordnya apa mba? Plastik onigiri?

    Saya sih seting buat onigiri, tapi ga pernah diplastikin gitu. Nanti coba cari aah di toko orange

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ade... plastik onigiri atau onigiri wrapper atau onigiri nori plastic wrap :D

      Delete
  3. Mak, aku juga suka Onigiri Indomaret, xixixi... Buat bekal perjalanan juga cocok ini. Tapi aku belum pernah bikin sendiri. Ntar kapan-kapan coba ah resep Mak Inna. Tapi aku tu kalau urusan lipat-melipat gitu suka ngga rapi. Wkwkwk... :)

    ReplyDelete
  4. Wah iya, onigiri Indomaret ini enak
    Akan seru ya kalau bisa buat sendiri di rumah
    Kapan kapan mau coba ah
    Buat bekal sekolah anak

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuunnn anakku juga demen banget beli onigiri di Indomaret. Kalau tahu bikin sendiri segampang ini mah mending bikin sendiri. baru tahu ada plastik onigiri juga, wah jadi penasaran bikin sendiri dan bikin bekel buat sekolah.

    ReplyDelete
  6. Onigiri di Indomaret memang enak, andalan banget kalau lagi keluar kota terus mampir ke rest area, anak-anak pasti milih Onigiri...udah kenyang deh! Pingin sih bikin sendiri tapi belum nemu resep yang pas, semoga dengan resep ini, aku bisa bikin onigiri yang enak buat anak-anak. Onigiri memang paling pas kalau buat bekal keluar rumah atau pas jalan-jalan juga bekal sekolah. Makasih mak resepnya.

    ReplyDelete
  7. Onigiri makanan jepang kesukaan molly. Buatnya praktis jadi lebih milih buat sendiri daripada beli di indomaret hehe

    ReplyDelete
  8. Rafa dan Fakhri nih yang demen jajan onigiri di Indomaret, sedangkan aku kayaknya baru satu kali beli dan mencobanya wkwkwkw :D Ternyata ada ya tutorial membuka plastik onigiri hahaha seru juga. Keren mbak membuatnya sendiri dengan bahan isian bakso sapi. Bagi dong kapan2 aku samperin ah :D

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas resep dan wawasannya ya Mba, jadi yang suka ginian itu anak aku athifah dan Nasya, dia suka berkreasi makanan , kemarin dia bikin kayak gini pake rumput laut yang beli di indomaret itu loh. katanya nanti beli lagi yang versi udah jadi, hahaha

    ReplyDelete
  10. Saya sukaaa bikin onigiri dengan isian apa yang ada di kulkas hehe. Dulu pernah beli bungkus onigiri, tapi mmg agak mahalan ya dibandingkan lembaran biasa. Skrg seringnya pake nori biasa itu pun ga full, jadi masih tampak nasinya wkwkw. Yang penting anak2 suka sih ya..kalau bikin sendiri sih jelas hemat bangeet.

    ReplyDelete
  11. Onigiri ini favorit anak-anak dan bapaknya, aku gak suka, hahahaa.
    Tapi dengan resep yang dibagikan mba Inna ini, aku mupeng bikin untuk orang rumah jadinya. Isinya bisa diganti ya, anak-anak kurang suka bakso

    ReplyDelete
  12. aku suka banget onigiri Indomaret lho mba, jadi rutin beli buat sarapan karena selain enak tapi mengenyangkan, btw makasi ya udah berbagi resep onigiri

    ReplyDelete
  13. Mbak Inna.. saya baru tahu di Indomaret ada Onigiri. Pengen nyobain resepnya. Bikin onigiri pasti banyak yg suka dan bisa berkreasi sesuka hati.

    ReplyDelete
  14. Wahh aku baru tau di Indomaret ada jual onigiri. Kayaknya di Bengkulu belum nemu indo yang ada onigiri seperti ini. aku ikutin resep mba inna aja ah, anak-anakku pasti suka ini. makasih mba resepnya

    ReplyDelete
  15. Bawa bekal onigiri begini, praktis buat anak ya Mak, langsung ada isiannya. Asalkan emaknya rajin saja :)

    ReplyDelete
  16. Keren euy aku jadi mau buat Onigiri juga kalau di Indomaret dekat rumahku hanya 1 yang jualan gini, kalau bikin sendiri pasti lebih seru dan enak ya

    ReplyDelete
  17. Aku kok gak pernah lihat Onigiri di Indomaret ya? Apa kurang nyari-nyari? Biasanya beli nori, tapi dibuat Kimbab atau nasi kepal aja. Mungkin lain waktu bikin juga dan nyari nori besar atau yang buat Onigiri

    ReplyDelete
  18. Aku kok gak pernah lihat Onigiri di Indomaret ya? Apa kurang nyari-nyari? Biasanya beli nori, tapi dibuat Kimbab atau nasi kepal aja. Mungkin lain waktu bikin juga dan nyari nori besar atau yang buat Onigiri

    ReplyDelete
  19. oishii soo, jadi pengen nyoba buat nih onigiri isi bakso, kayaknya enak nih dijadiin sarapan pagi dan bekal anak-anak. Caranya juga mudah banget yaa. kalau aku biasanya sih cuma dikepal aja dikasih nori gitu, isinya juga ga macem-macem, palingan abon atau malah plain aja nasi kasih garam hehe

    ReplyDelete
  20. onigiri bikinan sendiri lebih puass..
    MashaAllah~
    Isiannya bikin nagih dan bentuknya bisa menyesuaikan keinginan. Eh, sesuai cetakan dink ya.. Tapi memang paling seneng makan onigiri karena praktis dan gak kotor.

    Hap!
    Semua nutrisi terpenuhi.

    ReplyDelete
  21. Belum pernah bikin onigiri pernahnya cuma sushi, jadi pengen juga baik n onigiri soalnya bahan2 nya juga nggak jauh beda

    ReplyDelete
  22. Wahh terimakasih resep Onigirinya mb, nanti bisa dicoba untuk bekal anak sekolah kali ya.

    ReplyDelete
  23. Wah wah enak nih. Anak-anak aku bakalan suka kalo sama yang ginian. Nyobain resepnya ah. Makasih mak buat resepnya 😍

    ReplyDelete
  24. Andalan saat lapar nih onigiri Indomaret. Lumayan bikin kenyang saat kelaparan di jalan dan gak sempat makan. Cara bikinnya mudah ternyata. Ada nori plus plastiknya juga. Lebih mudah bikinnya.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^