Review Jajangmeon Mujigae Instan vs Delivery. Enak yang mana?

jajangmyeon mujigae


Assalamualaikum!

Kembali lagi di blog Dapur Ngebut. Kali ini saya mau bikin review tidak berbayar, alias ngerepiu cuma-cuma (bukan endorse). Beberapa postingan di blog ini memang ada yang promosi produk (endorse) atau sekedar berbagi pengalaman aja sudah coba produk tersebut.

Nggak rugi nih bikin review tapi nggak dibayar sama empunya produknya? Gapapa, saya kebetulan lagi iklhas. Masalah cari fulus lewat tulisan blog memang bukan prioritas utama saya selama ngeblog. Yah syukur ada job, enggak ada juga gapapa. 

Jujurly saya seneng berbagi. Dan lebih seneng lagi apabila tulisan yang sudah saya share itu bisa bermanfaat untuk orang lain. Mudah-mudahan berkah ya, aamiin.

So... pada minggu kedua bulan Februari ini (dan semoga bisa konsisten utnuk rutin bikin review pada waktu ini), saya mau bikin review makanan instan yang beberapa kali saya beli di minimarket. Yaitu jajangmyeon, alias mie pasta kedelai hitam ala Korea.

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon, mie pasta kedelai hitam khas Korea
(foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish)

Bagi pencinta drama Korea, pasti sering lihat dong hidangan jajangmyeon yang sedang dinikmati oleh aktor dan aktris kesayangan? Kelihatannya mengoda banget ya! Jadi penasaran kan pengen ikutan makan juga.


Sekilas Tentang Jajangmyeon

Menurut Wikipedia, Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah mi saus pasta kacang kedelai hitam. Hidangan asal Korea ini dipengaruhi dari kuliner Tionghoa. Nama aslinya Zhajiangmian (Jajang = saus goreng, myeon = mie).

jajangmyeon mujigae
Jangan lupa diaduk (foto: id.theasianparent.com)

Jajangmyeon penampakannya berupa mie putih tebal (terbuat dari gandum) lalu disiram saus yang berwarna hitam pekat yang kental. Saus dari pasta kacang kedelai hitam ini disebut chunjang. Chunjang dibuat dari kacang kedelai yang dipanggang atau dibakar. Kemudian dimasak dengan cara direbus dan ditambahkan tepung jagung agar mengental.

Rasa jajangmyeon ini nggak pedas seperti beberapa masakan Korea yang ngehits. Ada gurih dan manis plus sedikit pahit dari pasta kedelai hitamnya. Ada juga yang sedikit terasa asam. 

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon di drama Korea (sumber: baomoi.com)

Sepintas memang kurang cantik ya tampilannya, hitam gitu. Jangan lupa sebelum dimakan, aduk dulu supaya sausnya tercampur rata. Kalau saya sih, makan dulu sedikit terus aduk secara acak gitu deh.

Oia makan jajangmyeon ini dijamin bikin belepotan. Jangan lupa dilap dulu ya setelah makan. Biar nggak malu kelihatan cemong pasta jajangmyeon hihihi.


Review Jajangmeon Mujigae Instan 

Uji coba pertama adalah jajangmyeon versi instan. Ini yang paling gampang kalau mau makan jajangmyeon. Cukup cari ke minimarket dekat rumah, jajangmyeon instan ikut berjejer rapi di rak mie instan. Untuk jajangmyeon instan, kayaknya saya baru nemu merk Mujigae aja. Mungkin di supermarket yang lebih lengkap ada merk lain.

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon instan dari Mujigae

Sebungkus jajangmyeon dalam kemasan seberat 265 gram ini dijual Rp.21.500. Mungkin selisih tipis dengan minimarket terdekat lainnya. Emang sih lebih mahal dari mie instan biasa. Namun cenderung standar untuk mie instan Korea atau Jepang lainnya yang ada di pasaran.

jajangmyeon mujigae
Mujigae Jajangmyeon instan

Mujigae adalah resto masakan Korea yang cukup terkenal dan banyak terdapat di pusat perbelanjaan. Saya dan keluarga kayaknya sudah pernah dua kali makan di Mujigae. Adanya kemasan instan makanan korea dari Mujigae ini cukup mengobati rasa kangen makan di resto Mujigae. 

Mari kita unboxing. Isi kemasan ada mie dan saus yang dikemas terpisah. Jadi lebih higenis. Cuma itu aja sih isinya. Kalau mau pedas, nanti tambahkan sambal botolan sendiri ya. 

jajangmyeon mujigae
Isi dalam bungkus jajangmyeon instan

Biar nggak sepi amat, bisa tambahkan potongan daging ayam atau sapi rebus, telur rebus, dan irisan bawang daun. Mau pakai irisan bakso juga bisa. Kalau saya pakai telur rebus saja sudah cukup.

Mie jajangmyeon ini penampakan dan teksturnya mirip udon. Putih dan tebal. Dikemas dalam plastik kedap udara, mie jajangmyeon instan ini tidak menggunakan pengawet. 

jajangmyeon mujigae
Tanpa bahan pengawet

Mari mulai memasak! Panaskan air di panci sampai mendidih, masukkan mie jajangmyeon. Rebus sebentar saja, sampai mie tidak kaku lagi. Angkat, tiriskan. Tata di mangkuk saji.

jajangmyeon mujigae
Merebus mie jajangmyeon instan

Selanjutnya, panaskan saus kedelai hitam di panci dengan api kecil sampai mendidih. Angkat, siram saus ke mie jajangmyeon dalam mangkok. Sajikan hangat bersama pelengkapnya. Gampang kan!

jajangmyeon mujigae
Menghangatkan saus jajangmyeon

Setelah matang, langsung deh dinikmati selagi hangat. Kalau sudah dingin yaa kurang mantep rasanya. Ini saya beri toping telur puyuh rebus. Pakai daun bawang dan taburan biji wijen biar cantik. Selada sebagai hiasannya juga bisa dimakan bareng jajangmyeon. Enak! Jadi ada sayurannya kan.

jajangmyeon mujigae
Nikmati selagi hangat

Pada kesempatan lain, saya pakai telur ayam rebus untuk pelengkapnya. Dalam foto kelihatan telurnya nggak oval sempurna karena saat mengupasnya entah kenapa kok saya lagi nggak bisa bikin yang rapi. Mau ulang rebus telur lagi keburu lapar...

jajangmyeon mujigae
Pakai telur ayam rebus juga enak

Rasanya gimana? Hmm menurut saya ada sedikit asam disamping rasa manis dan gurih. Kalau mienya seperti lagi makan udon. Kalau beli udon instan kayaknya rasanya sama deh. Jangan-jangan mereka satu pabrik ya?

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon instan dengan telur puyuh

Lumayan banget jajangmyeon instan ini buat yang siapa saja yang lagi pengen jajangmyeon versi ekonomis. Berhubung harganya lebih hemat, yaa isiannya memang cuma mie dan saus. Biar nikmat saya sarankan dimakan pakai pelengkapnya ya! Apa aja yang ada di kulkas, campurin aja hehe.

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon instan dengan telur ayam


Review Jajangmeon Mujigae Delivery
Sebenarnya, untuk pembanding saya pengen makan langsung jajangmyeon di resto Mujigae. Sayang, di Bogor sudah tidak ada lagi resto Mujigae terdekat yang bisa saya kunjungi. Jadi terpaksa saya pilih jajangmyeon melalui aplikasi pesan antar makanan.

jajangmyeon mujigae
Menu jajangmyeon di Mujigae

Mengintip di aplikasi ojek online yang bisa antar makanan, ternyata ada 2 counter Mujigae di sekitar rumah saya. Tentu saja saya pilih yang palin dekat, biar ongkirnya murah. Saya pesan jajangmyeon plus tambahan mandu alias pangsit. Mau nambah korean chicken, saya lagi bosan makan ayam.

Harga seporsi jajangmyeon plus mandu di aplikasi Rp.53.000. Dengan diskon dan diluar ongkir jadi Rp.41.000. Pada aplikasi sebelahnya bisa beda lagi harganya. Tergantung lagi promo atau tidak.

GPL alias gak pake lama, pesanan saya sampai. Dikemas dalam mangkok kertas dengan tutup plastik, jajangmyeon tampil apa adanya. Emang mau kelihatan begimana sih, Mak?

jajangmyeon mujigae
Jajangmyeon dan mandu

Ternyata jajangmyeon versi delivery ini dilengkapi dengan irisan kecil kentang goreng sebagai topingnya. Sepintas jadi teringat dengan potongan pada kentang mustafa. Cukup renyah juga saat digigit.

jajangmyeon mujigae
Irisan kentang goreng sebagai toping

Sekarang kita bahas mandu alias pangsitnya. Berbentuk bulat gempal nan menggemaskan, isian pangsit ini sepertinya dari daging ayam dicampur udang dan wortel. Koreksi jika saya salah ya. Rasanya agak kurang gurih dan kurang asin menurut saya. Maklum penggemar micin...

jajangmyeon mujigae
Mandu gemuk nan menggemaskan

Kalau mie-nya gimana? Saat pesanan datang, salahnya nggak langsung disantap. Gegara saya sibuk nguber-nguber ayam peliharaan yang kabur ke lapangan seberang rumah. Untung ada 2 mamang ojek yang bantuin, ayamnya ketangkep alhamdulillah. Giat nguber ayam karena besoknya ada pesanan ayam kampung potong. 

Mie jajangmyeon sudah dingin dan menggumpal. Ketika diaduk agak sulit, kurang smooth gitu. Etapi walo dingin dan mulai kaku, saya menikmati sekali jajangmyeon delivery dari Mujigae ini. Iya lah... sudah bayar!

Ada rupa ada harga. Kenapa jajangmyeon delivery ini harganya lebih mahal dari yang instan? Ada daging beneran di jajangmyeon delivery! Iya, potongan daging ayam yang tersembunyi dalam saus kedelai hitam. Dipotong kotak kecil dan sudah direbus lama bersama bumbu, potongan daging membaur cantik dengan rasa yang meresap sampai ke seratnya.

Terus, sausnya gimana? Rasanya saus pastanya ternyata berbeda dari jajangmyeon versi instan. Padahal sama-sama dari merk Mujigae. Namanya instan, pasti mau nggak mau pakai sedikit bahan pengawet agar tidak cepat basi. Nah, jajangmyeon versi delivery ini terasa saus kedelai hitamnya lebih segar. Sedangkan rasa dan tekstur mienya sih sama aja dengan yang instan menurut saya,

jajangmyeon mujigae
Aduk jajangmyeon dulu

Kesimpulan: Jajangmeon Mujigae Instan vs Delivery. Enak yang mana?

Jadi lebih enak yang mana? Jajangmyeon Mujigae Instan atau Jajangmyeon Mujigae Delivery? Jawabannya adalah.... drum roll... Jajangmyeon Mujigae Delivery... yay selamat!

Alasan kenapa jajangmyeon Delivery lebih enak adalah karena saus kedelai hitam rasanya lebih segar. Kalau versi instan rasanya cenderung lebih asam (bukan karena mau kadaluarsa ya).

Bagi yang sedang berhemat, jajangmyeon instan adalah pilihan yang tepat. Mau lebih hemat lagi? Bikin sendiri dong! Nah, kalau bikin jajangmyeon sendiri, kapan-kapan mau saya coba dan share linknya di postingan ini.

Sekian dulu review jajangmyeon Mujigae instan vs delivery ala Dapur Ngebut. Semoga setelah ini nggak bingung lagi mau coba yang mana. Sampai ketemu di review selanjutnya.

Selamat menikmati jajangmyeon!


18 comments

  1. Nyam nyaammm wenaakkk bangett.
    Aku mulai kepoin menu2 kyk gini pas lihat Hospital playlist

    Itu si Uju kan request jajanmyeon ke appa

    Imuutt dan gumush bangettt

    ReplyDelete
  2. lihat mienya kupikir itu udon karena gede-gede
    atau memang udon yang disiram saus kedelai hitam?

    versi instan dengan delivery porsinya banyak yang mana? harganya 2x lipat yaa tapi lebih lengkap karena ada ayamnya juga dan pangsit.

    kayaknya lebih enak lagi makan di Mujigae-nya langsung. Ga pake adegan kejar ayam, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang aslinya gede udonnya. ga gampang melar kayak mie.
      porsi sama banyak (karena per porsi udon siap saji udah dikemas gitu).
      harus nyoba makan beneran di mujigae nih pasti lebih enakkk...
      iyah nguber ayam riweuh bikin lelah hahaha

      Delete
  3. Jadinya yg delivery yaa itu yg instan mienya tanpa pengawet,kemasan vakum yaa..beneran deh korea luar biasa ya. Udah jjangmyeon...udah kayak nempel di kepala karena sering lihat di drakor dimaem oppa. Salfok di ngejar2 ayam, napa dia lari2an gan 😄 ya Allah aku ngebayangin ngejar2 ayam kan susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasan vakum jadi aman lebih awett.
      Sungguh... mengejar ayam itu melelahkan. Ayamnya kabur krna lantai bambunya lepas, jadi kecemplung keluar kandang. Ga bisa nangkep seorang diri, kudu digocek wkwkwk

      Delete
  4. Pernah makan Jajangmeyon tapi bukan milik Mujigae, rasanya agak kurang cucok di lidah. Jd penasaran jajangmeyon Mujigae deh. Dulu suka makan Mujigae tapi gak pesen jajangmeyon, skrng Mujigae outletnya bbrp tutup ya. Tp msh banyak dapurnya buat pesan antar. Kyknya pesan antar ini solusi kalau kangen jajangmeyon. Aku biasanya pesan makanan Mujigae (dulu) tu tambahannya juga mandu dan toppoki :D

    ReplyDelete
  5. ya ampun lihat jajangmeyon jadi laper lagi, waktu ke Korea kemarin sempat jajan ini nih. Makan yang aslinya ternyata memang seenak kalau kita lihat di drama Korea. Besok jadi kepengin pesan Mujigae untuk makan siang deh.

    ReplyDelete
  6. Seandainya ada mujigae di palembang. Hikz.. kalo molly sih mending delivery atau makan di sana ketimbang instan. Yg instan itu mahal dan isinya lebih sedikit huhuu

    ReplyDelete
  7. Wkwkwkwk ada ada bae cerita ngejar ayam segala, kalo langsung di makan pasti lebih yummmyy yeah. Aku juga tim yang suka makan non instan kecuali indomie *lho. Maksudnya kalau jajanan korea suka dine in sih, kalau DO vibesnya uda beda hahaha.

    ReplyDelete
  8. Makanan satu ini sering banget ada di drakor, lebih sering muncul dibandingkan aktor figurannya. Haha. Yang aku ingat di film-film itu, kalau makan Jajangmyeon dialasin koran gitu mejanya. Biar nggak kotor ke mana-mana kali, ya?

    Jujur belum pernah nyobain Jajangmyeon baik yang instan maupun delivery. Alasannya karena "Kok warnanya gitu, sih?" Haha.

    Setelah baca reviewnya jadi tertarik, deh :)

    ReplyDelete
  9. Jajangmyeon ini mi saus pasta kacang kedelai hitam?
    Kebayangnya rasa mie ayam yamin, manis pedas gimanaaa gituuu. Aku penggemar mie ayam asin kering, jadi sukanya yang Chinese food

    ReplyDelete
  10. Mienya gede ya. Saya belum pernah cobain jajangmyeon gitu. Kayaknya enak banget kayak orang Korea pas lagi makan. Semoga cocok di lidah saya, next time mau cobain yang instan.

    ReplyDelete
  11. Jajangmyeon ini makanan yang selalu muncul dalam drama Korea
    Aku baru nyobain yang versi instan
    Pengen sekali-kali makan yang versi delivery

    ReplyDelete
  12. Belum pernah cobain jjangmyeon mbak, 🙈 emang yg versi mujigae yg praktis selalu ada di mini market, tapi beluk tergerak untuk bikin juga sih,
    Begitu lihat postingan inj kenapa jadi pengen cobain euy, tapi dengan toping telur rebus juga ya 🤤

    ReplyDelete
  13. Yang nongol jadi iklan Jajangmeon di blog kak Inna sungguh bikin galfok parah. Hahha~
    Tapi sungguh bahagia dapat review antaran Jajangmeon kemasan atau Jajangmeon Mujigae. Karena aku sejujurnya bukan penggemar Jajangmeon, tapi demi mas Uwu makan dengan lahap, aku jadi ikutan makan.

    Oh iya, kalau Jajangmeon Mujigae menurutku meski lengkap dalam penyajian, tapi porsinya sumpah kicik banget. Yah, meski kenyang, tapi asa jauh banget porsinya...gak kayak yang di drama-drama, ada di piring jepek besar...

    ReplyDelete
  14. mbaak, aku baru pernah cobainnya topokki instannya Mujigae nih, Jajangmyeon nya belum, ahaha. Tapi bener enakan yang delivery ya, karena langsung seger dan mungkin karena yang instan sudah pakai bahan pengawet kali yaa, hehehe.

    Anw, mungkin memang banyak merk2 lainnya, tapi kayanya aku milih Mujigae karena insyaAllah sudah pasti halal deh, hee. Yang lain belum tentu soalnya

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran. Yg instan sering lihat di supermarket, cuma dipegang, sambil ngomong dalma hati, enak ga ya hahhaha. Baiklah nanti mau dicoba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^