Resep Tumis Buncis Daging Cincang dan Tips Memilih Daging Sapi Cincang Berkualitas

Resep Tumis Buncis Daging Cincang

Assalamualaikum!

Selamat menyambut akhir pekan! Rencana mau kemana nih? Kalau saya sih, berhubung tanggal tua jadi yaa nggak pergi kemana-mana. Uangnya dihemat buat bikin masakan enak di rumah... tsah!

Akhir pekan itu biasanya sekeluarga ngumpul makan siang bareng. Kalau hari kerja, ada yang makan di kantor, ada yang makan di sekolah, dan ada yang makan di rumah sendirian (sst ini mah emaknya). Manfaatin momen kumpul keluarga dengan makan bersama pasti menyenangkan. Meski masakannya beli matengan, yang penting kan kebersamaannya.

Menambah keseruan kumpul keluarga di rumah, bikin masakan yang enak yuk. Terutama yang jarang dimasak sehari-hari. Kali ini saya mau bikin olahan dari daging sapi cincang. Maklum, daging cincang agak langka di warung sayur dekat rumah. Jadi sengaja disimpan sebagai bahan masakan spesial di akhir pekan.

Mengapa Pilih Daging Sapi Cincang?

Kalau ditanya kenapa pilih daging cincang, jawaban saya adalah pengen gampang dikunyah. Iya, daging cincang itu nggak alot seperti daging sapi biasa.

Kadang disebut daging giling karena prosesnya menggunakan mesin giling. Tapi kok saya lebih enakeun menyebutnya daging cincang ya. Padahal dicincang itu ada yang hasilnya tidak sehalus daging yang digiling. 

Jika kebetulan belanja ke pasar, bisa langsung minta penjual daging menggiling daging yang sudah kita beli. Mau minta dicincang pakai pisau daging juga bisa, tapi yaa hasilnya tidak selembut dengan mesin giling. Dan kasihan si abang daging yang mencincang dengan pisau... pegel!

Lain lagi kalau belanja ke supermarket. Daging cincang sudah dikemas cantik di wadah styrofoam dan ditutup plastik kedap udara. Penting banget lho, daging cincang ini nggak boleh kena udara terlalu lama. Karena mudah terkontaminasi sehingga kualitasnya menurun.

Tips Memilih Daging Sapi Cincang Berkualitas

Berikut ini adalah tips memilih daging cincang berkualitas baik:
  • Warna daging cincang merah muda segar. Jika berwarna agak abu-abu berarti sudah terkontaminasi udara dan tidak segar lagi.
  • Aroma daging segar, tidak ada bau busuk yang menyengat.
  • Cek teksurnya, jangan pilih yang licin dan berlendir.
  • Lihat bagian bawahnya pada kemasan. Pilih yang tidak mengandung banyak air.
  • Perhatikan kemasannya. Pilih yang terbungkus rapat agar tidak terpapar udara terlalu lama.
  • Bisa pilih daging yang banyak lemak atau sedikit lemak (sesuai kebutuhan) dengan melihat warnanya. Ciri lemak pada daging cincang adalah warna putihnya sedikit (lihat foto). Makin banyak lemak, makin banyak bintik putihnya.
Resep Tumis Buncis Daging Cincang
Daging cincang kualitas baik

Oia tips ini juga berlaku untuk daging ayam cincang. Bedanya daging ayam cincang berwarna putih. Dan yang kurang baik juga sama warnanya bisa berubah jadi abu-abu pucat.

Resep Tumis Buncis Daging Cincang

Resep masakan kali ini adalah Tumis Buncis Daging Cincang yang Simpel dan Bikin Tambah Nasi. Panjang amat judulnya. Sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dong. Daging cincang saya olah jadi tumisan aja biar simpel alias gampang. Biar kumplit gizinya, campur dengan tumis buncis. Boleh pakai buncis biasa atau baby buncis. Hasilnya? Beneran bikin tambah nasi!

Yuk, mari kita masak!

Resep Tumis Buncis Daging Cincang
Tumis Buncis Daging Cincang

Tumis Buncis Daging Cincang

Bahan:
  • 1 bungkus (200 gr) buncis/ baby buncis, buang ujungnya
  • 200 gr daging sapi giling
  • siung bawang putih, iris
  • 2 siung bawang merah, iris
  • 1/2 bawang bombay, iris 
  • buah cabai merah besar, iris
  • cabai keriting atau rawit jika suka pedas (saya tidak pakai)
  • 1 sdt saus tomat botolan
  • 1 sdt saus sambal botolan (bisa ditambah jika ingin pedas)
  • 2 sdm kecap manis
  • sdm saus tiram
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 100 ml air untuk kuah daging
  • air untuk merebus buncis
  • baskom air matang berisi es batu (untuk blansir buncis)
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
Resep Tumis Buncis Daging Cincang
Bahan Tumis Buncis Daging Cincang

Cara membuat:
  1. Didihkan air di panci. Tambahkan 1/2 sdt garam. Masukkan buncis. Rebus sebentar hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan. Celupkan ke baskom berisi air matang dan es batu, aduk sampai tidak terlalu panas. Tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan cabe sampai harum.
  3. Resep Tumis Buncis Daging Cincang

  4. Masukkan daging giling, aduk rata. Masak sampai berubah warna kecoklatan dan setengah matang.
    Resep Tumis Buncis Daging Cincang
  5. Tambahkan air dan sisa bumbu (saus tiram, kecap, saus tomat, saus sambal, garam, merica, kaldu bubuk). Tumis hingga matang.
    Resep Tumis Buncis Daging Cincang
  6. Koreksi rasanya. Tuang di atas buncis yang sudah ditata di piring saji. Nikmati selagi hangat dengan nasi pulen.
Resep Tumis Buncis Daging Cincang


Alhamdulillah sudah matang nih! Mari kita makan. 

Bismillah... hmm enak!

Selamat mencoba ya!

Resep Tumis Buncis Daging Cincang

29 comments

  1. Udah lama pengen masak tumis daging cincang buncis ini mak.. Memilih daging emang harus hati-hati. Kalo disini kan dagingnya gak dikemas..harus hati-hati kadang penjualnya curang yang jelek diselipin ke daging yang udah kita pilih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh ada pedagang yg curang gitu ya. hiks... kitanya yang kudu ekstra teliti saat memilih ya mba

      Delete
  2. waahh mau masak ini ah, anak lanang dan suami pasti suka. makasih resepnya mba :)

    ReplyDelete
  3. Wah, ini menggugah selera buatku si tumis mania.

    Pokok na mah yang ala tumis-tumis bakal aku sikat dah!

    Jodohnya, nasi hangat dan inikmati bareng kesayangan.

    Tumis buncis daging cincang, I'm coming!

    ReplyDelete
  4. Mba Inna utk penyimpanan klo daging cincang ini ga mau langsung kita masak tapi masih dipake utk waktu yg agak lama, gpp kah kita simpen di freezer? Karena suka belanja mingguan gt, aku seringnya taro freezer dulu mba, trus nanti pas mau dipake baru dicairin di suhu ruangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman mba ophi. sebelum ditaro di freezer, pastikan dulu airnya ga banyak (kalo beli dari tukang sayur, biasa kuganti plastiknya). kalo beli dr supermarket yg dibungkus pake styrofoam atasnya plastik, buka dikit plastik ujungnya untuk buang airnya. aku nyimpen daging cincang baik2 aja udah sebulan lebih di freezer :D

      Delete
  5. baru kemarin banget nih mba aku makan tumis buncis daging tapi dikasih hahaha baiklah bisa nih masak di rumah dengan resep dari kamu ya mba

    ReplyDelete
  6. Kalau daging cincang emang lebih lembut di kunyah. Aku suka beli juga karena bisa diolah buat banyak menu. Next, cobain tumis buncis daging cincang.

    ReplyDelete
  7. Ini resep favorit aku mbak. Anak-anakku kalau udah dibuatin tumis buncis daging cincang gini, udah ga perlu pakai lauk dan sayur lain lagi. Udah komplit di sini. Paling kalau aku bikinnya ga pake cabe, karena anakku yang cewek ga tahan pedes hihi. Kalau kakaknya bisa, jadi biasanya aku pisahin cabenya. Dipotong-potong tarok wadah sendiri. Kalau mau pedes tinggal ambil potongan cabe itu.

    ReplyDelete
  8. Waw, makasih tipsnya. Aku belum pernah beli daging cincang. Kalaupun mau halusin daging, itu ya beli yang utuh dulu. Daging sapi cincang kalau dipikirkan, emang lebih mudah ya masaknya. Jadi gak banyak drama

    ReplyDelete
  9. Beneran deh sebagai orang yang kalau makan daging sering ada slilit di gigi, saya pun suka daging cincang.

    Ditumis aja, tambah sayuran udah bisa bikin nambah nasi.

    ReplyDelete
  10. Aduh ngiler.. Ibuku suka masak tumis buncis kayak gini. Biasanya pakai cabe banyak karena keluarga kami suka pedas. Jadi kangen pengen masakan ibu

    ReplyDelete
  11. Menu ini mengingatkanku sama menu resto Radja Ketjil punyanya Tika Panggabean. Dulu suka makan kesana dan selalu pesan tumis buncis daging cincang. Tapi sekarang bisa coba masak di rumah, recook dari resepmu mak

    ReplyDelete
  12. Wah, jadi inget dulu jaman single sering masah buncis tumis daging cincang. Sekarang malah gak telaten

    ReplyDelete
  13. Tumis buncisnya aja udah uenaaaak tenan apalagi kalau ditambah daging sapi ya mbak Inna!

    Aku setuju tambahin cabe rawit atau bisa juga black pepper untuk aroma pedas

    ReplyDelete
  14. Thx for resep mba.. ini cocok buat anak2 juga yaa yang agak susah ngunyah daging kalau kebesaran.. potongan gini pas banget buat anak2..

    ReplyDelete
  15. Waah ini masakan akuu sukak lho mak, makasih ya resepnya siap praktekin

    ReplyDelete
  16. Sebel ah mak...baca ini pas malem2 ujan dan sendirian, jadi laperrrrr huhuhu. Thanks tips memilih daging sapi cincangnya mbak.

    ReplyDelete
  17. makasi mbaaa ini resep daging cincang yang praktis, memenuhi tingkat gizi keseharian dan satset ya buat masak simple. Udah ada serat, vitamin dan protein. Besok wajib recook nih

    ReplyDelete
  18. Mba Inna, ini resep favorit jaman anak-anakku masih usia sekolah dulu. Hampir tiap Minggu masak tumis buncis daging cincang. Aku paling suka juga pilih buncis yang baby buncis, rasanya ada manis-manisnya ya

    ReplyDelete
  19. Menu kesukaan aku bangettt..
    Akutu paling suka sama daging. Dalam bentuk apapun. Terutama dalam bentuk Daging Cincang begini.. Rasanya gurih, nikmat dan kangen Ibuuu...

    Iyaya, ide masak buat besok nih..
    Masak tumis buncis daging cincang yang lezaaatt~

    ReplyDelete
  20. Selama ini aku daging cincang biasanya diolah untuk perkedel atau dimasak kecap dengan bombay. Tapi tumis buncis daging cincang penasaran deh mau coba

    ReplyDelete
  21. Yummyyyy
    Anakku kan udah remaja mba
    Banyak aktivitas dan doi seneeenggg menu daging gini

    Recook ahhh

    ReplyDelete
  22. Waaah kita bisa tukeran link nih, Chef Inna. Saya pernah masak ini dah ditulia di blog. Cuma bedanya, Mba Inna banyak daging gilingnya.. Saya kebanyakan buncisnya hahahaha.. Keliatan yaa dari segi keuangannya.. Haha

    ReplyDelete
  23. Sedaaap! Gampang nih resepnya pakai daging cincang udah ready yah. Kalau aku kadang beli daging rendang trus pakai chopper buat haluskan. Untuk bumbu yang resep tumis buncis daging cincang ini lebih kompleks. Aku biasa pakai garam dan kecap asin aja.

    ReplyDelete
  24. paling suka olahan daging cincang karena bisa dibuat hidangan apa saja dan praktis :D

    ReplyDelete
  25. Daging cincang seperti ini cocok buat menu anak-anak ya, Mbak. Gak perlu iris-iris lagi, hehe..
    Makasih resepnya, juga tips memilih daging cincang yang baik :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^