Kenyal dan Nikmat: Tumis Jamur King Oyster

Assalamualaikum!

Sebagai penggemar jamur, rasanya kurang kalau belum mencoba segala jenis jamur. Tentu saja jamur yang bisa dimakan ya. Ada satu jenis jamur yang bikin saya penasaran, yaitu jamur king oyster.

Sempat lihat di postingan Mbak Ratna tentang jamur king oyster. Terus, saya lupa lagi mau nyobain itu jamur. Lalu nggak sengaja ketemu jamur ini pas scroll aplikasi belanja sayur online. Langsung masuk keranjang dong. Tapi begitu berangnya dateng, nggak langsung saya masak karena menunggu akhir pekan atau hari dimana suami saya WFH. Soalnya mau masak ini buat makan siang.

Jamur king oyster

Sedikit cerita tentang jamur king oyster. Disadur dari Wikipedia, jamur ini masih sodaraan dengan jamur tiram. Dikenal dalam bahasa Tionghoa sebagai jamur abalon atau xin bao gu. Tumbuhnya di padang rumput di sekitar Asia Selatan, Asia Tengah, an Eropa Selatan. Jamur ini juga bisa tumbuh di akar tanaman Eryngium yang sudah mati.

Endut dan cantik kan :D

Mempunyai nama latin Pleurotus eryngii, bentuknya yang besar membuat bisa bertahan 10 hari di kulkas. Batangnya tebal berwarna putih dengan payung khas jamur di atasnya. Biasa dimasak jadi sup atau digoreng karena tekstur daging jamurnya tebal seperti abalon.

Btw saya nggak tahu abalon seperti apa karena belum pernah memakannya. Abalon adalah sejenis kerang yang rasanya kenyal lembut dan rasanya mahal. Wah, kalau jamur king oyster ini dielu-elukan testurnya mirip abalon... saya jadi bisa pemanasan dulu sebelum ketemu abalon beneran, aamiin.

Batangnya tebel lho!

Akhirnya waktu yang dinanti pun tiba. Saya segera mengeluarkan jamur king oyster dari kulkas. Alhamdulillah, kondisinya masih segar karena terbungkus rapat. Sempat was-was, takut jamurnya busuk. Sayang kan. Sayang duitnya karena mahal hihihi.

Konon rasanya mirip abalon

Duh lagi mentahnya aja sudah bikin gemes. Saya jadi penasaran pengen nyobain matangnya seperti apa. Saya coba googling resepnya. Ada satu yang mengena di hati, yaitu di Youtube chef bule siapa lupa. Saya mau ngikutin masak itu juga ah. Walaupun chef itu nggak nyantumin resepnya, saya ngarang aja sendiri.

Yuk ah kita mulai eksekusi...

Resep Tumis Jamur King Oyster

Bahan:

  • 1 bungkus jamur king oyster, potong batangnya setebal 0,8 cm
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt kecap ikan
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • 100 ml air matang
  • 1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • daun bawang untuk hiasan, iris tipis
  • chia seeds atau biji wijen secukupnya untuk taburan (optional)

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum. 
  2. Masukkan jamur king oyster, aduk rata sampai agak layu.
  3. Tambahkan bumbu saus tiram, kecap manis, kecap asin, kecap ikan, minyak wijen, garam, merica, dan air matang. Aduk rata. Masak sampai jamur matang.
  4. Tambahkan maizena yang sudah dicairkan, aduk rata sampai mengental. Koreksi rasanya. 
  5. Sajikan dengan menata jamur ditaburi dengan irisan daun bawang dan taburan biji wijen atau chia seeds.

Sudah matang... ini penampakan Tumis Jamur King Oyster yang saya buat. Kebetulan waktu itu difoto menggunakan lampu yang baru saja saya beli. Berhubung masih gaptek nggak tahu cara pakai lampu yang benar, jadi harap dimaklumi yaa kalau fotonya kurang bagus.

Tumis Jamur King Oyster

Cobain, nyicip atu Makk...



Gimana rasanya? Yampuun... ini enak banget! Berasa bukan makan jamur karena teksturnya tebal. Kayak makan daging yang kenyal gitu. Yaa mungkin kayak daging abalon (buat yang sudah pernah makan). 

Nanti kalau nemu lagi di aplikasi belanja sayur online, saya pasti repeat order. Kemarin sempat nyari, stoknya kosong. Oia tentu saja saya akan beli lagi jamur king oyster dengan catatan sudah gajian dulu pastinya hehehe.

Selamat mencoba dan jatuh cinta dengan jamur king oyster :)



28 comments

  1. Mbak, cantik banget sih plating Tumis Jamur King Oysternya. Aku pernah dulu beli..dan serius kalau jamur ditunda masaknya sambil deg-degan kalau busuk gimana apalagi kalau yang mayan harganya ya haha
    Aku mau coba ah jamur King Oyster dibikin tumis begini. Makasih idenya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga masaknya seminggu kemudian :D alhamdulillah selamett masih baik2 saja kondisinya di kulkas.
      masama... selamat mencoba yaa :*

      Delete
  2. Wah, dapat wawasan baru nih. Aku baru tau jamur king oyster ini loh. Oh, saudaraan sama jamur tiram? By the ini yang ini bentuknya gendut2 ya, unik. Ternyata bisa dimasak ala tumisa begitu ya, kelihatan tebal dan enak banget. Dari jauh kayak potongan sosis jumbo hehehe. Kapan2 mau coba bikin ah. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dia sodaraan sama jamur tiram.. pdhal endut yaa :D
      Met mencobaa

      Delete
  3. Ya ampunnnn mba. Aku jadi pengen. Pasti ada rasa gurih alaminya juga ya. Kan biasanya jamut begitu, suka gurih. Tapi aku baru denger lho Jamur King Oyster. Ternyata batangnya gede ya. Aih jadi penasaran ikh aku rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya batang jamur ga dipake, eh ini malah wajib dipake krna gede2 ga mungkin dibuang :D
      yuk yuk cobain enak deh

      Delete
  4. Waaaah bikin ngiler banget jamurnya mbaaak,
    Aku dan anak2 juga doyan jamur sih tapi belum pernah bikin jamur king oyster ini sih
    Dan gak berani dimasak macem2 soalnya takut gagal hahahaha

    Ntar aku intip resepnya yaaah kalo beli jamur hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimasak paling simpel yaa tumis aja pasti anti gagal deh hehe

      Delete
  5. Setelah dimasak dan disajikan, sekilas nampak kayak sosis ya potongannya.
    Saya belum pernah lihat, megang, apalagi masak jamur king oyster ini mbak. Biasanya masak jamur tiram, jamur kuping sama jamur kancing aja.

    ReplyDelete
  6. Waah kelihatannya yummy banget, fotonya cakep maak. Kebetulan disini hujan deras dingin baca postingan ini jadi laperrr.

    ReplyDelete
  7. Wuah masakannya beneran bikin ngiler nih, pengin cobain. Potongan bentuknya sekilas mirip tahu sutra ya.
    Aku baru tau jamur king oyster ini, sepertinya belum pernah makan, apalagi masak hehehe. Catet dulu deh resepnya.

    ReplyDelete
  8. Hujan-hujan gini tuh jamur pada tumbuh. Di belakang rumah pernah ada kaya King Oyster ini. Mirip banget. Rasanya emang daging, bukan kaya jamur

    Kalau beli tuh lumayan ya harganya

    ReplyDelete
  9. Eh...eh...eh... ternyata jamur oyster ya... aku hampir gagal fokus kirain oyster yang seafood. udah keburu ngiler lihat foto tumisan yang sangat menggoda mba... wah, ini tumisan dimakan pakai nasi anget pasti josss

    ReplyDelete
  10. Liat fotonya jadi ngiler nih... Penasaran pengen coba makan dan bikin juga... Nanti cari deh jamur king oyster, mudah-mudahan dapet...

    ReplyDelete
  11. Kirain td oyster makanan lauuut haha
    Aku suka jamuuurr tapi blm pernah makan jamur jenis ini. Ini kalau makan kenyal2 gtu bayangin lg makan daging empuk kali yaa hehe
    Makasih resepnya mbak Inna
    Aku jd kepengen juga nih nyari jamurnya di aplikasi belanja online-nya :D

    ReplyDelete
  12. Hmmm jadi penasaran sama jamur king oyster..Jamur yang biasanya aku makan aja udah enak banget..apalagi ini ya jamurnya tebel besar-besar..Tar cobain deh resep tumisnya kalo pas nemu jamurnya

    ReplyDelete
  13. Mbaa, aku belum pernah nih coba varian jamur ini. Kayaknya agak ada sensasi rasa yang unik dan enak. Tampilan di diri pertama mewah sekali, mba. Mau coba resepnya tapi mau cari dulu jamurnya

    ReplyDelete
  14. Nah iya ini king of the kingnya - jamur karena seperti abalone, si "raja laut" untuk klasifikasi sejenis kerang

    Aku malah belum pernah bikin sendiri mbak Inna
    pernah makan di Sing di jamuan makan ala Chinese, dan enak banget

    ReplyDelete
  15. Jamur ini mudah ditemukan di pasar tradisional Bengkulu Mba, aku kalo beli dan masak cuma pake garam dan penyedap aja, ditumis. Kalo mau pake bawang itu pun diiris2 aja, lebih suka yang agak original gitu, hehehe.

    ReplyDelete
  16. jamurnya gede2 sekali mbaa
    kebayang itu masaknyaaa
    kalau dipikir2 jamur itu banyak gizinya ya mba sasyang kalau ga dimasak nikmat jamur2 ini
    aku pernahnya yang kecil di tumis gitu samsa sayuran lainnya
    kalau di bumbui gini belum pernah. saus tiram juga andalan suami kalau masak2 gini tumisan

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama jamur.
    Tapi rasanya belum pernah makan Jamur King Oyster. Hihii...atau mungkin pernah, tapi akunya gak sadar yaa..
    Nikmat luar biasa ini, dimasak dengan menu Tumis Jamur King Oyster. Rasanya gurih nikmat~

    ReplyDelete
  18. nama jamurnya sesuai dengan tampilannya ya mama Ina, kayak oyster beneran, jadi pengen bikin juga, apa rasanya macam oyster sungguhan? dulu saya pernah disajikan menu oyster mbak, enak banget waktu di jepang dan ga bikin saya alergi, padahal saya alergi kerang remis haha emang beda sih yaa, remis sama oyster.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah nyoba jamur varian ini. Biasanya beli jamur kancing, merang, atau enoki aja yang gampang dicari. Harganya pasti lumayan nih keliatan dari teksturnya yang kokoh dan dagingnya tebal. Cuma, kalau cara masaknya amatiran kayak saya, kayaknya bakal sayang banget nih rasa jamurnya jadi B aja nanti. Musti nyoba resep dapurngebut biar hasil masakannya lebih oke.

    ReplyDelete
  20. Oh ini namanya king oyster ya haha baru tau namanya. Aku suka segala jamur yang edible. Anak-anak suka jamur. Jadi sering beli. Cuma sayangnya jamur itu harus segera diolah ya mak

    ReplyDelete
  21. Oalahh gede banget ya ukuran jamurnya, pantes sampe dikasih nama jamur king oyster hehehe.. Belum pernah lihat mba di minimarket, kalau pas bisa belanja nih pasti langsung buka resep Mb Inna dan cobain. Duuuh lihat fotonya loh langsung pengin bawa nasi anget dan comot tumis jamurnya.

    ReplyDelete
  22. bagus ya jamurnya biasanya makan jamur kalau ada di tekwan aja belum pernah nyobain ya ginian pastinya ditumis aja enak ya

    ReplyDelete
  23. Aku tahunya ini jamur abalon. Pas lihat judulnya penasaran. Ini jamur yang mana. Ternyata yang ini to hehe. Resepnya simple ya Kak. Kayaknya mudah nih kalau ngikuti resepnya. Jadi lapar. Jadi pengen bikin tumis jamur ini.

    ReplyDelete
  24. Aku paling suka banget sama jamur tapi kadang suka bingung tumis jamur paling enak diapakan, ehh disini ada resepnya aq langsung contek ahh

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^