Singkong Crispy Bola Keju: Cemilan Kekinian dengan Bahan Tradisional dari Yummy App

 Assalamualaikum!

Masih semangat bikin cemilan di rumah, Buibu? Harus dong. Kan biar hemat karena anak-anak jadi nggak jajan melulu, hehe. Kali ini saya mau bikin Singkong Crispy Bola Keju. Kebetulan suami habis bawa singkong hasil panen dari kebun. 

Bosan dengan olahan singkong yang digoreng biasa atau dikukus, saya pengen bikin cemilan dari singkong yang berbeda. Ceritanya lagi pengen bikin cemilan kekinian dengan bahan tradisional, yaitu singkong. Langsung deh saya meluncur ke Yummy App yang ada di smartphone. 

Seneng deh ada Yummy App, aplikasi yang kaya resep masakan. Masak apa saja nggak bingung lagi deh. Cara menggunakannya gampang banget. Cukup unduh aplikasi di smartphone, lalu daftar. Setelah masuk, langsung scroll deh untuk memanfaatkan fitur-fiturnya.

Tampilan depan Yummy App

Saya menggunakan Fitur Masak untuk mencari rekomendasi resep olahan singkong. Cukup klik menu bergambar wajan di navigasi bagian bawah, lalu ketik 'singkong' pada kolom pencarian. 

Cari resep dari singkong

Kita bisa mengisi kolom pencarian dengan banyak bahan, lho. Saya hanya memasukkan 1 bahan, yaitu singkong saja. Klik 'Terapkan' lalu muncul banyak rekomendasi resep berbahan dasar singkong. Scroll terus, saya menemukan resep Singkong Crispy Bola Keju. Ini dia yang saya cari!

Hasil pencarian resep dari singkong 

Rekomendasi resep dari Yummy App yaitu Singkong Crispy Isi Keju langsung dieksekusi. Saya bikin sekalian banyak, yaitu 2 kali resep, untuk stok di kulkas. Jadi kalau kapan-kapan pengen ngemil lagi, tinggal keluarin dan goren aja. Praktis kan. Ini dia resepnya yang sudah saya modifikasi sedikit...

Resep Singkong Crispy Bola Keju

Bahan:

  • 500 gr singkong yang sudah dikupas
  • 3 sdm susu bubuk
  • 3 sdm gula pasir
  • keju secukupnya, potong kotak
  • tepung panir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Bahan adonan basah (campurkan): 7 sdm tepung terigu dan air matang secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus singkong sampai empuk. Buang bagian sumbunya. Tumbuk halus. 
  2. Tambahkan gula pasir dan susu bubuk. Aduk rata. Ambil sekepal adonan. Bulatkan lalu pipihkan. Buat cekungan, isi dengan keju. Tutup rapat dan bulatkan. Lakukan sampai adonan habis.
    Isi dengan keju


    Singkong Bola keju sebelum dipanir

  3. Buat adonan basah: aduk rata tepung terigu dan air sampai kekentalan sedang. Celupkan bola singkong pada adonan basah.
    Celupkan ke tepung basah
     
  4. Gulingkan bola singkong pada tepung panir. Lakukan sampai semua bola tertutup tepung panir. Jika dirasa kurang, tepung panir bisa ditambahkan lagi.

    Memanir Singkong Bola Keju

  5. Panaskan minyak goreng. Goreng Singkong Crispy Bola Keju sampai matang kecoklatan. Angkat, sajikan hangat.
Berhubung saya bikin 2 kali resep, hasil jadi sebelum digoreng adalah sebanyak ini. Saya tata di kotak dan disimpan di freezer. Ketika digoreng dalam keadaan beku, hasilnya tetap bisa crispy. Syaratnya kecilkan api setelah minyak panas dan singkong bola keju dimasukkan.

Lumayan buat stok cemilan

Ini dia penampakan Singkong Crispy Bola Keju setelah matang. Bentuknya yang berupa bola mungil sangat pas untuk sekali suap. Hap!

Singkong Crispy Bola Keju

Rasanya seperti kentang goreng kekinian, kata suami dan anak-anak. Kalau nggak dibilangin itu singkong, mereka menyangka si bola crispy terbuat dari kentang. 

Singkong Crispy Isi Keju yang enak banget!

Membuka aplikasi Yummy App bikin betah karena ada banyak yang bisa diulik. Di halaman depan kita sudah disapa sebagai Chef, aih bikin semangat masak jadinya.

Meluncur ke bawah ada beberapa kolom yang menarik perhatian, yaitu:
  • Trending berisi menu yang lagi trend di aplikasi. 
  • Event & Promosi yang sedang berlangsung dengan berbagai hadiah dan penawaran menarik.
  • Akun Official berisi akun dari brand dan chef ternama.
  • Jelajah Kuliner Nusantara berisi aneka resep dari seluruh Indonesia hadir di sini. 
  • Resep Ide Jualan, Dijamin Laku berisi rekomendasi resep masakan yang laris untuk dijual.
  • Resep Penjaga Imunitas untuk menjaga kesehatan di masa pandemi.
Resep ide jualan di Yummy App

Oia kita juga bisa upload resep di Yummy App dan dapat hadiah lho! Saya sudah submit dan sedang menunggu konfirmasi dari admin Yummy App untuk diterbitkan. Mau hadiah lain? Sering-sering mampir ke aplikasi, ya. Kita berkesempatan ikut undian berhadiah yang bisa disubmit setiap hari saat membuka Yummy App. Ada chopper, spatula set, dan blender. Pengen banget dong!

Undian berhadiah di Yummy App

Terima kasih, Yummy App! Bikin cemilan kekinian atau masakan apa saja bisa dengan rekomendasi aneka resep masakan dari Yummy App yang menggugah selera dan gampang cara membuatnya.

Mau ikutan punya Yummy App?  Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play untuk pengguna smartphone android dan App Store untuk pengguna Iphone. 

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^