Semua Bisa Jadi Chef dengan Yummy App

yummy app

Masak apa hari ini?

Pertanyaan ini kerap terlintas di kepala saya setiap pagi. Kadang terus terngiang, sampai saya tiba di warung sayur. Bukannya berbelanja, saya malah termenung menatap rak sayuran.

Ternyata, bukan saya saja yang terlihat kebingungan. Ibu-ibu lain yang sedang berbelanja, nggak beda jauh galaunya kayak saya. Aih, segitunya yaa bingung mau masak apa. Kadang, adegan termenung bareng di warung sayur jadi hiburan, karena kami kemudian tertawa bersama. Galau kok kompakan hihihi.

Ada yang senasib dengan saya... selalu bingung mau masak apa? Mari merapat. Apalagi di masa pandemi yang belum usai ini, memasak jadi sebuah kewajiban. Kalau nggak masak memang masih bisa beli makanan matang di warung atau pesan online. 

Etapi masa sih, beli matengan melulu? Buat yang punya jatah uang bulanan cukup, alhamdulillah. Namun buat yang suka berhemat seperti saya, memasak jadi sebuah kewajiban.

Pentingnya Memasak Sendiri di Rumah

Waktu awal menikah, saya nggak bisa masak lho. Cuma bisa ceplok telur, goreng lauk, rebus dan tumis sayur sederhana saja. Malah suami saya lebih jago memasak.

Saya belajar masak dari suami, almarhum ibu dan almarhum ibu mertua, serta dari buku dan majalah masak. Jaman dulu pemakaian internet belum meluas. Jadi saya mengoleksi resep masakan bahkan membuat klipingnya.

Resep saya praktekan sambil momong buah hati yang satu per satu lahir. Hingga punya tiga anak yang kini sudah besar, saya masih rajin uji coba resep baru.

yummy app
Masakan rumahan: sehat dan nikmat

Menurut saya, masakan rumah adalah masakan yang paling enak karena rasanya penuh dengan kenangan. Masih lekat dalam ingatan, masakan ibu saya yang rasanya nikmat. Kenangan itu terbawa sampai saya dewasa dan berumah tangga. Saya ingin, kenangan akan masakan rumah buatan saya bisa jadi memori indah bagi anak-anak saya nantinya.

yummy app
Keluarga kecil saya :)

Kenapa memasak di rumah itu penting? Memasak itu ibarat tanda sayang dari saya untuk keluarga, yaitu suami dan anak-anak. Bahagia rasanya melihat masakan yang saya persiapkan dengan penuh cinta, dimakan dengan lahap oleh mereka. Apalagi kalau dapat pujian dan mereka minta tambah. Berasa terbang ke awang-awang jadinya...

Memasak sendiri punya banyak kelebihan lho, yaitu:
  • Lebih sehat, bahan makanan diolah secara bersih.
  • Lebih hemat, harganya jauh lebih murah daripada membeli masakan matang.
  • Lebih aman, terutama di masa pandemi ini untuk membatasi interaksi saat membeli masakan matang.
  • Sesuai porsi, yaitu masakan dibuat sesuai jumlah anggota keluarga.
  • Sesuai selera, dibuat menurut selera setiap anggota keluarga.
yummy app
Kelebihan masak di rumah

Masak bareng anak-anak juga menyenangkan. Momen masak bareng bisa jadi ajang quality time sambil mengedukasi si kecil. Kita bisa mengajarkan anak tentang proses memasak dari mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang nikmat. Mereka belajar untuk menghargai makanan dan bersyukur atas rejeki dari Allah SWT.

yummy app
Foto kenangan waktu anak-anak masih kecil

Ide Memasak dari Yummy App

Cari ide memasak dari mana? Era internet membuat banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk untuk hunting resep masakan. Kalau dulu saya harus menunggu seminggu sekali untuk jadwal terbit tabloid masak kesayangan. Sekarang, bisa cari resep masakan kapan saja di mana saja lewat aplikasi Yummy di smartphone.

Belajar masak juga bisa dilakukan secara online. Saya nggak perlu ngubek-ngubek kliping masakan untuk membaca ulang tips memasak untuk pemula. Cukup buka Yummy App, yang saya cari pasti ada di situ. Resep ada tips masak juga tersedia. Mau belajar masak jadi gampang bukan?

Yummy App
adalah aplikasi berisi resep, tutorial, dan tips memasak dari IDN Media. Aplikasi ini memudahkan kita untuk berkreasi membuat masakan apa saja dengan mudah. Cukup unduh di smartphone, langsung deh aplikasi ini bisa digunakan.

Cara unduhnya bagaimana? Bagi pengguna smartphone android bisa mengunduhnya di Google Play. Sedangkan pengguna Iphone bisa mencarinya di App Store

yummy app
Yummy App dalam genggaman tangan

Setelah aplikasi terunduh, lakukan registrasi dengan memasukkan alamat email untuk menggunakan Yummy App. Kalau saya langsung daftar dengan menggunakan akun Facebook. 

Setelah mengintip resep-resep di Yummy App, semua kelihatan mudah. Panduannya yang jelas lewat tulisan dan juga video. Banyak rekomendasi resep, jadi nggak bingung lagi mau masak apa setiap hari.

Halaman Depan Yummy App

Saya suka dengan sapaan Chef untuk pengguna Yummy App. Chef Inna... yes, i'm a chef! Jadi makin semangat masak bak chef profesional di rumah sendiri. Semua bisa jadi chef dengan Yummy App. Kamu juga pastinya.

Halaman depan Yummy App

Pada halaman depan Yummy App, usai sapaan di bagian paling atas, kita bisa scroll ke bawah untuk melihat kolom yang tersedia yaitu:  

Trending 
Berisi menu makanan yang sedang trend di Yummy App. Bisa berbeda sesuai selera para penggunanya. Menu trending yang tampil jelang akhir bulan Agustus 2021 adalah: Korean Fried Cauliflower, Peach Gum Dessert, Baby Buncis Schezuan, Sup Ayam Jahe, Cheese Ball Mac&Cheese, Tumis Udang Pedas, Telor Ceplok Semur, Brownies Magicom,Crepes Jaring, dan Kacang Panjang Tempe.

Event & Promosi
Berisi aneka event dan promo yang diselenggarakan Yummy App. Kita juga bisa ikutan dan berkesempatan memenangkan hadiah menarik lho.

Akun Official
Ini adalah akun brand dan chef ternama yang turut mengisi resep di Yummy App. Ada dari brand Masako, Walls, Chef Arnold, Chef Gilang, Chef Nunu, Chef Hana,Chef Jessica, dan masih banyak lagi.

Jelajah Kuliner Nusantara
Aneka resep dari seluruh Indonesia hadir di sini. Coba deh praktekin resepnya. Ada Kepiting Soka, Kue Paso, Ayam Cincane, Mie Aceh, Mie Celor, dan lain-lain. Serasa lagi berwisata kuliner keliling nusantara meski di rumah aja. 

Resep Ide Jualan, Dijamin Laku
Ada banyak pilihan resep masakan yang bisa dijual. Akhir-akhir ini banyak usaha kuliner rumahan bermunculan untuk menunjang ekonomi keluarga yang terkena imbas pandemi. Saya tertarik untuk mencobanya. Kita jualan bareng yuk!

Resep Penjaga Imunitas
Nah, ini penting banget! Selama pandemi ini kita wajib banget memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan menunjang daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar Covid19. Resep penjaga imunitas berupa makanan dan minuman yang memiliki nilai gizi yang membuat kita survive di masa pandemi ini.  

yummy app
Resep Ide Jualan dan Resep Penjaga Imunitas

Rekomendasi
Kolom ini rasanya nggak habis-habis jika discroll karena ada baaanyak banget resep masakan yang direkomendasi oleh Yummy App spesial buat kita. Dijamin pengen buru-buru masak setelah melihat foto-foto resep yang menggugah selera.

Undian Berhadiah
Yummy App juga mengadakan undian berhadiah lho. Setiap hari saat membuka aplikasi, kita bisa submit untuk ikut permainan roda putar berhadiah. Ada spatula set, chopper, dan blender. Duh, mudah-mudahan saya menang semuanya. Kan rajin mampir di Yummy App.

Fitur Masak pada Yummy App

Waktunya mengulik Yummy App untuk mencari rekomendasi resep masakan. Fitur andalan dan yang jadi favorit saya adalah Fitur Masak. Maklum, biar nggak galau lagi karena bingung mau masak apa. Kolomnya terletak di navigasi bawah dengan ikon bergambar wajan.

Cara menggunakan Fitur Masak pada Yummy App: 
  1. Pilih bahan makanan apa yang tersedia di kulkas (atau yang ingin kita beli). Bisa pilih satu sampai beberapa macam bahan.
  2. Klik terapkan
  3. Nanti keluar hasilnya berupa rekomendasi resep masakan menggunakan bahan yang sudah kita pilih. 
yummy app
Cara menggunakan Fitur Masak

Pada akhir pekan yang lalu, suami saya membawa singkong hasil panen dari kampung Kakeknya anak-anak. Saking banyaknya, 3 karung singkong sukses saya bagikan ke tetangga. Sisanya masih banyak. Diolah jadi apa enaknya ya?

Saya pun membuka Yummy App dan mencari tahu. Dengan bantuan Fitur Masak, saya mencari rekomendasi resep masakan dari bahan singkong. Kata 'singkong' saya ketik di kolom pencarian. Lalu klik 'terapkan' langsung deh muncul rekomendasi aneka olahan singkong.
yummy app
Hasil pencarian resep singkong di Fitur Masak

Semua resep olahan singkong kelihatan enak. Percobaan pertama, saya pilih Singkong Crispy Isi Keju. Ceritanya lagi pengen bikin cemilan kekinian dengan bahan tradisional yaitu singkong. 

Singkong Crispy Isi Keju sekalian saya bikin banyak dan disimpan di freezer buat stok. Jadi kalau kapan-kapan kepingin ngemil, tinggal keluarin dan goreng deh. Ini dia hasilnya...

yummy app
Singkong Crispy Isi Keju dari Yummy App

Rasanya gimana? Alhamdulillah yummy alias enak sekali. Warga satu rumah suka dengan resep Singkong Crispy Isi Keju. Bentuknya yang bulat pas banget untuk sekali suap. Kejunya yang ngumpet jadi kejutan tersendiri. Komentar mereka: rasanya mirip kentang. Padahal ini kan singkong ya hihihi.

Resep Singkong Crispy Bola Keju dari Yummy App saya tulis di postingan berikut: Singkong Crispy Bola Keju: Cemilan Kekinian dengan Bahan Tradisional dari Yummy App

yummy app
Mau coba juga? Yummy deh!

Masih penasaran dengan olahan singkong, saya coba resep Singkong Thailand pada hari berikutnya. Kebetulan suami sedang berpuasa sunah. Pas banget suguhan Singkong Thailand untuk berbuka puasa. 

yummy app
Singkong Thailand dari Yummy App

Rasa singkongnya lembut berpadu apik dengan saus santan yang manis. Saya suka banget Singkong Thailand dalam keadaan dingin dari kulkas. Rasanya nyeess gitu...

yummy app
Lembut dan manis di lidah

Selanjutnya, bikin apa lagi ya? Kebetulan selain panen singkong, ada pisang tanduk dan pisang raja dari kebun. Waktu masak singkong kemarin, pisang belum masak. Nah setelah matang baru deh saya eksekusi. 

Masih dengan memanfaatkan Fitur Masak Yummy App. Pilihan saya jatuh pada resep Es Pisang Ijo. Pas banget dinikmati saat udara lagi panas. Gerah pun hilang seketika setelah menyantap es ini.

yummy app
Es Pisang Ijo dari Yummy App

Es Pisang Ijo mengobati rasa kangen kami sekeluarga waktu masih tinggal di Makassar. Begitu pindah ke Bogor, saya jarang menemukan jajanan Es Pisang Ijo yang enak. Setelah bikin sendiri, bahagia banget karena bisa bernostalgia dengan Es Pisang Ijo.

yummy app
Es pisang ijo yang seger banget!

Fitur Budget

Cari resep di Yummy App bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat melakukan pencarian dengan di Filter Masak, kita bisa mempersempit pencarian dengan mengklik pilihan berikut: 
  • Jenis Resep (resep dari Yummy App, dan Komunitas)
  • Tipe Resep (populer, terbaru, bintang 4 keatas)
  • Durasi (30-60 menit, <30 menit, >60 menit)
  • Porsi (>10 porsi, <5 porsi, 5-10 porsi)
  • Budget (<Rp.10.000, Rp.10.000-30.000, Rp.30.000-50.000, Rp.50.000-70.000)
  • Kategori (makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, cemilan, minuman, dan masih banyak lagi).
Fitur yang paling keren menurut saya dari Yummy App adalah Fitur Budget. Hasil rekomendasi resep yang ditampilkan adalah berdasarkan budget yang sudah kita tentukan. 

Wah, pas banget kalau lagi tanggal tua, dengan Fitur Budget kita bisa dapat banyak rekomendasi resep sesuai isi dompet. Jadi tetap bisa makan enak walau uang pas-pasan. 

Cara Menggunakan Fitur Budget:
  1. Klik kolom 'Pencarian' di kolom atas halaman depan Yummy Apps. Atau bisa juga klik Fitur Masak di navigasi bawah.
  2. Isi kolom Pencarian dengan bahan makanan yang kita cari. Atau klik bahan makanan pada Fitur Masak.
  3. Ketika rekomendasi resep tampil, klik Filter pada bagian kiri atas.
  4. Pilih Filter Budget untuk menentukan anggaran masakan.
  5. Klik terapkan untuk mendapat hasil rekomendasi resep sesuai anggaran. 
yummy app
Filter resep dan Fitur Budget memudahkan kita
mencari resep sesuai kebutuhan

Kebetulan saya sudah merasakan sendiri manfaat Fitur Budget. Yaitu saat mempraktekkan resep masakan Sop Sayur Bola Udang yang budgetnya berkisar Rp. 20.000 saja. Dengan waktu memasak 25 menit dan porsinya cukup untuk 4 sampai 6 orang

yummy app
Sop Sayur Bola Udang dari Yummy App

Hidangan Sop Sayur Bola Udang sudah komplit berisi sayur dan lauk dalam satu porsi makan. Rasa bola udang yang kenyal seperti bakso bikin si kecil semangat makan. Meski tanggal tua tapi tetap bisa bikin masakan yang bergizi untuk keluarga. Alhamdulillah.

Resep Sop Sayur Bola Udang dari Yummy App sudah pernah saya posting di blog ini dengan judul: Sop Sayur Bola Udang: Masakan Rumah Jelang Akhir Bulan untuk Berhemat dari Yummy Aps

yummy app
Sop Sayur Bola Udang yang disukai anak-anak

Masih dengan Fitur Budget, saya membuat resep masakan rekomendasi dari Yummy App berikutnya, yaitu Martabak Nasi. Menggunakan wajan anti lengket untuk membuat pancake, saya mencetak nasi jadi martabak dengan bentuk bulat pipih.

yummy app
Martabak nasi

Begitu matang, tampilan Martabak Nasi terlihat begitu menggemaskan. Si bungsu sampai bolak-balik nambah. Ini bukan sekedar olahan nasi biasa lho. Isian Martabak Nasi ada wortel dan sosis. Komplit ada lauk dan sayur dalam adonan nasi. Bikin kenyang dan sehat walau dimasak dengan budget minim. 

yummy app
Martabak Nasi yang bikin nambah

Resep Martabak Nasi dari Yummy App saya tulis ulang di postingan berikut: Sarapan Nikmat dengan Martabak Nasi yang Menggemaskan.

Fitur Tulis Resep

Selain mencari resep masakan, pengguna Yummy App bisa ikut menulis resep dan membagikannya di komunitas. Nanti resep kita akan tayang di Yummy App dan masuk dalam kolom pencarian. 

Seperti media sosial, profil pengguna kita di Yummy App juga bisa saling follow atau mengikuti akun pengguna lainnya. Berhubung saya masih baru, saya belum punya banyak teman. 

Saya juga sudah coba menulis resep di Yummy App. Caranya tinggal klik 'Tulis Resep' di navigasi bagian bawah. Lalu tulis resep kreasi pada kolom yang sudah disediakan disertai foto masakan dan langkah membuatnya. Resep akan ditinjau dulu oleh Yummy App sebelum tayang.

Saya baru menulis 1 resep, sampai tulisan ini diterbitkan, resep tersebut belum disetujui untuk tayang di Yummy App. Nggak apa-apa, banyak pengguna yang upload resep jadi harus diperiksa dengan telilti dulu apakah resepnya layak tayang atau tidak.

yummy app
Resep saya di Yummy Ap

Menariknya, ada kesempatan memperoleh uang tunai untuk setiap resep yang dipublish. Wah pastinya antrian resep dari pengguna sudah banyak mengantri di Yummy App. Selanjutnya akan saya update di postingan ini jika resep saya sudah disetujui.

yummy app
Senangnya punya Yummy App

Gimana? Bikin betah ya ngulik Yummy App. Lihat resepnya menggugah selera, jadi pengen bikin juga. Buat yang nggak bisa masak, ikuti langkah-langkah memasak di Yummy App nggak susah lho. Dengan Yummy App, semua bisa jadi chef andal walau di rumah saja. Mantap!

Tertarik untuk tahu lebih banyak tentang Yummy App? Bisa kontak sosial media Yummy App berikut:
  • Facebook: Yummy App
  • Twitter: @YummyApp_
  • Instagram: @yummy.idn
  • YouTube: Yummy App
  • TikTok: @yummyapp

24 comments

  1. seru ya masak bareng yummy. Resepnya banyak :)

    ReplyDelete
  2. Wow.. jadi bukan cuma sekedar bisa masak ya dengan pakai aplikasi yummy, tapi bisa juga buat kita yang hobi masak mengabadikan resep kita di aplikasi yummy. Lengkap pula fiturnya dan detail ya. Semua kebutuhan kita untuk masak memasak ada.

    ReplyDelete
  3. Wow banyak sekali masaknya dengan Yummy App
    Bujet aman
    Bisa lebih sehat karena diolah sendiri
    Pastinya banyak inspirasi

    ReplyDelete
  4. DI Yummy App memang lengkap banget resepnya ya mam. Mau cari menu apapun ada di sana. Saya juga sempat bikin resep, ini masih nunggu approval.

    ReplyDelete
  5. Serunya masak sama bocah2 ya mbak meskipun afternya mumet mikirin dapur berantakan hahaha tapi bisa berkreasi gini pasti anak2 happy banget. Aku kemana aja sih baru tau ada aplikasi sekece ini, cobain ah download siapa tau ada resep yg bisa aku cobain sama keumala

    ReplyDelete
  6. Oo jadi rahasia Mama Inna masaknya selalu bervariasi itu yummy apps ya? Aku masih recook masakan yang gampang-gampang aja di Yummy apps.

    ReplyDelete
  7. Waah...baru tau ada Yummy App ini, bisa jadi sumber ide untuk masak, ya.
    Pengen nyobain bikin sop sayur bola udang atau martabak nasinya. Cuss, deh, liat resepnya. Makasih infonya ya, Naa...

    ReplyDelete
  8. Galfok sama foto anak2, mbandingin anak2 dulu sekarang, waktu cepat berlalu ya mbak Inna :D
    Wah ini pasti aplikasi jd favorit mbak Inna sekarang soalnya hobinya eksperimen di dapur hehe
    Makin mempermudah kalau mau cari resep2 khususnya camilan kesukaan anak2 yaa

    ReplyDelete
  9. Aku tertarik nih dgn fitur masak & budget. Klop banget kan? Budget berapa dan mau masak apa, prok prok prok jadi apa??? Hahahaha. Iya nih kalo masak sendiri apalagi rasanya pun enak juga sehat wah, diriku jd berasa bahagiaaa banget. Yuk ah install Yummy App.

    ReplyDelete
  10. Menggiurkan banget sih masakannya Teeh anak-anak hepi banget ibunya jago masak apalagi ada aplikasi Yummi makin beragam deh menunya ya

    ReplyDelete
  11. Waahh, cucok nih kayaknya aplikasinya. Cocok banget buat aku yang sering buntu ide mau masak apa, dan kalau udah buntu seringnya ujung-ujungnya jadi jajan. Huhu, borooosss.

    ReplyDelete
  12. Kak Innaaa..
    Lezat-lezat semua resep yang disajikan untuk keluarga.
    Menu yang sellau baru dan ini jadi kejutan untuk suami dan anak-anak banget yaah..
    Bisaaa banget kak Inna, ternyata idenya dapet dari Yummy apps.

    Ingin sekali bisa masak yang cantik dan lezat dari bahan sederhana kaya kak Inna.
    Sluurrp!

    ReplyDelete
  13. menarik banget mba baru tahu loh di Yummy ada fitur budgetnya jadi enak yah kalau mau masak dengan matok harga bisa buka aplikasinya..

    ReplyDelete
  14. Ini dia Aplikasi yang kubutuhkan sekarang, lagi sering eksperimen di dapur praktekkan resep-resep yang menurutku mudah tapi maunya yang enak, haha.
    Fitur Budget-nya juga keren banget ya, bisa bantu kita untuk atur keuangan harian.

    ReplyDelete
  15. Yummy App memang aplikasi yang recommended buat cari resep ya mbak
    favoritku sih yg fitur cocokin bahan yg ada di kulkas itu

    ReplyDelete
  16. Memasak sendiri memang punya kepuasan tersendiri, apalagi kalau anak-anak dan suami suka dan makan lahap sampai habis. Walaupun kadang capek setelah masak tapi rasanya seneng bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga.

    ReplyDelete
  17. Buat aku yang enggak bisa masak, Yummy App ini ngebantu bgt, btw aku jadi pengen nyobain bikin singkong crispy isi keju...hehe

    ReplyDelete
  18. lengkap banget ya yummy app. jadi pengen nyobain singkong thailand juga nih tapi belum sempet ke pasar buat beli singkongnya. sementara install dulu aja kali yaa aplikasinya hihihi btw mama Ina, sugoi neh, enggak bisa masak awalnya, jadi jago masak. keren banget!

    ReplyDelete
  19. Ya ampun mbaa, seru amat ini aplikasi Yummy Apps, fitur budget itu menarik banget. Bisa share resep2 juga. Jadi pengen coba

    ReplyDelete
  20. Mba Inna kreasi masakannya oke oke nih. Yang martabak nasi nih bisa jadi solusi ketika nasi ga habis ya. Selama ini taunya dibikin nasi goreng melulu hehehee... Yummy App emang oke banget untuk mendapatkan ide memasak apa saja.

    ReplyDelete
  21. Aku malah kepikiran masak apa tuh kalau mau bobok malem, mbak. Hahaha.

    Btw, seger banget es pisang ijonya. Aku jadi pingin download aplikasi YUMMY juga, nih.

    ReplyDelete
  22. Aduh, Mba aku jadi fokus sama foto anak-anak masih kecil. Lucu banget ya mereka, mamanya suka masak dari dulu ya. Btw aplikasi yummi ini bikin banyak ide kratifitas masak ya mba

    ReplyDelete
  23. Aplikasi yummy ini emang luar biasa ya Mbak banyak resep apapun dan bikin laper terus pengen buat semua. Aku juga mau download ah

    ReplyDelete
  24. fitur-fitur di Yummy app ini memang banyak banget ya mbak. aku juga kalau udah bingung mau masak apa langsung kepoin yummy app

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^