Pentingnya Kesehatan Pencernaan Anak untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

daya tahan tubuh anak

Sesosok tubuh mungil muncul di dapur. Saya yang sedang memasak, sudah tahu apa yang terjadi berikutnya. "Makan siang pakai apa, Bu?" tanyanya. Setelah saya jawab hidangan yang sedang diolah, dia pun berlalu.

Usai jam makan siang, pertanyaan berikutnya adalah, "Cemilan apa, Bu?" Lalu jelang makan malam, kembali ada pertanyaan, "Makan malam apa, Bu?"

Setiap hari, pertanyaan yang sama selalu terlontar. Bukan dari satu anak saja, tapi dari tiga anak. Si sulung Aa Dilshad, si tengah Kk Rasyad, dan si bungsu Dd Irsyad. Kadang bapaknya anak-anak juga ikut bertanya. Itulah sebabnya saya merasa sudah tinggal di dapur karena masak melulu setiap hari, hehe.

Kenapa rajin masak? Menyajikan makanan untuk keluarga tercinta saya jalani dengan senang hati. Bahagia rasanya melihat masakan saya dinikmati dengan lahap oleh suami dan anak-anak. Saya ingin mereka selalu dalam keadaan sehat. Terutama di masa pandemi ini. Asupan makanan bergizi jadi hal penting tidak boleh diabaikan.

Tidak terasa, sudah satu tahun berlalu kita lalui di masa pandemi ini. Adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan dalam beraktivitas di luar rumah. 

Anak-anak yang tetap di rumah selama pandemi tidak luput dari ancaman terpapar Covid19. Secara fisik, anak-anak mudah terkena penyakit  karena daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa. 

Hal inilah yang bikin saya sebagai orang tua jadi deg-degan. Bagaimana caranya ya, supaya daya tahan tubuh anak tetap terjaga selama pandemi? Apakah asupan makanan bergizi yang selama ini saya lakukan sudah cukup?

Pencernaan Sehat untuk Daya Tahan Tubuh Kuat

Kegalauan saya mendapat pencerahan saat turut hadir dalam Press Conference Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi. Acara yang diadakan pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021 dihadiri oleh blogger dan jurnalis. 

daya tahan tubuh anak
Press Conference Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi

Pembicara pertama adalah dr. Daeng M Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Beliau menyatakan daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola asuh keluarga. 
daya tahan tubuh anak
dr. Daeng M. Faqih, Ketua Umum PB IDI membahas
pentingnya kesehatan saluran pencernaan anak

Berkaitan dengan pandemi Covid19, salah satu komorbid pada anak-anak Indonesia adalah gangguan pencernaan. Seperti yang diutarakan oleh dr. Daeng:
"Gangguan gizi dan diare menjadi komorbid anak-anak di Indonesia. Kita harus memilih makanan yang baik dan sehat sehingga tidak gampang diare dan asupan gizinya baik. Jika ini didorong sehingga daya tahan tubuh anak menjadi baik, terutama selama pandemi," 

Menurut penelitian, sistem kekebalan tubuh berhubungan erat dengan saluran pencernaan. Dengan saluran pencernaan yang baik, maka nutrisi dapat terserap sempurna oleh tubuh. Kondisi ini membuat Daya Tahan Tubuh Anak meningkat dan bisa menangkal penyakit.  

daya tahan tubuh anak
Perkuat daya tahan tubuh anak di masa pandemi (foto: Pixabay)

Selanjutnya, dr. Daeng menerangkan bahwa pencernaan merupakan otak kedua pada anak. Dengan saluran pencernaan yang sehat, kemampuan otak berkembang baik untuk mengatur perilaku, emosi, dan logika. Hubungan timbal balik terjadi, yaitu otak juga berpengaruh pada saluran cerna dalam penyerapan nutrisi yang dikonsumsi. 

Penyebab gangguan pencernaan menurut dr. Daeng adalah akibat kekurangan asupan nutrisi yang bergizi. Agar tercukupi, sajikan pola makan seimbang di rumah. Pola makan seimbang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral). 

Jangan lupa, hal penting untuk mencegah masuknya virus Corona selain pola makan seimbang adalah pola hidup bersih sehat (PHBS). Yaitu pikiran yang sehat, cukup tidur, berolahraga, berjemur, dan terus menerapkan protokol kesehatan. Ingat pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Insha Allah kita dijauhkan dari bahaya Covid19.

Nutrisi untuk Kesehatan Saluran Cerna

Menambahkan tentang kesehatan sistem pencernaan, hadir Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur. Beliau menekankan bahwa saluran pencernaan menentukan kesehatan anak. Jika saluran cerna tergangggu, maka penyerapan nutrisi ke otak dan seluruh tubuh menjadi kurang optimal. 

daya tahan tubuh anak
Kesehatan saluran cerna dapat memperkuat daya tahan 
tubuh anak, menurut dr. Muliaman Mansyur

Beliau menyatakan bahwa gejala gangguan pencernaan anak bisa diketahui dengan mengamati frekuensi buang air besar (BAB). Sama seperti orang dewasa, anak harus BAB teratur setiap hari.  

Jika anak sulit BAB atau terkena diare, maka artinya ada gangguan pencernaan. Apabila kondisi anak makin memprihatinkan, sebaiknya segera bawa ke dokter agar kondisi gangguan pencernaannya tidak bertambah parah. Berikut pernyataan dr. Muliaman:
"Selain itu ada diare atau tidak, biasanya kalau ada diare bisa terjadi infeksi bakteri atau virus di dalamnya. Kadang-kadang juga disertai dengan demam atau terjadi BAB yang keras. Dampak jangka panjang, si anak dapat mengalami berat badan yang tak kunjung naik. Ini menandakan nutrisi yang dikonsumsi tidak terserap dengan baik," 

Diare disebabkan oleh bakteri. Bisa jadi karena makanan tidak sehat atau kurang bersih. Hentikan diare dengan tidak mengkonsumsi makanan pemicunya, misalnya makanan pedas atau jajan pinggir jalan. Jangan sembarangan pilih makanan yang enak tapi gizinya kurang. Makanan yang bernutrisi wajib dikonsumsi untuk kesehatan saluran cerna.

daya tahan tubuh anak
Gangguan pada saluran pencernaan anak (foto: Pixabay)

Apa saja yang dibutuhkan untuk kesehatan Saluran Pencernaan Anak? Menurut dr Muliaman, sumber nutrisi bisa diperolah pada susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Dengan nutrisi yang cukup, maka bakteri baik di dalam usus dapat berkembang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikut pernyataan beliau:
"Jadi, seorang anak harus mengonsumsi nutrisi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Kemudian ada nutrisi mikro vitamin, mineral, probiotik dan prebiotik. Prebiotik sangat penting seperti inulin yang merupakan serat pangan untuk membantu pertumbuhan saluran cerna,"

Serat pangan inulin berfungsi sebagai prebiotik, yaitu nutrisi yang mendukung pencernaan. Dengan adanya serat pangan inulin, bakteri baik yang ada di pencernaan bisa bekerja maksimal untuk menjaga kesehatan saluran cerna. 
daya tahan tubuh anak
Daya tahan tubuh anak jadi kuat berkat asupan
serat pangan inulin pada susu Morinaga Chil*Go!

Serat pangan inulin ada pada susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Menurut dr. Muliaman, seluruh nutrisi tambahan ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat. Dengan demikian, daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus berbahaya. Anak jadi nggak gampang sakit.

Memberikan nutrisi tambahan sebagai imunobooster untuk memperkuat daya tahan tubuh anak itu nggak repot kok. dr Muliaman menjelankan, orangtua bisa memberikan cemilan berupa susu cair. Lebih bagus lagi jika susu cairnya mengandung serat inulin, seperti susu cair Morinaga Chil*Go! yang baru saja diluncurkan oleh Kalbe Farma untuk anak-anak di seluruh Indonesia.

Launching Produk Morinaga Chil*Go! Rasa Original

Bertepatan dengan Press Conference Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi, Kalbe Nutritionals dan Morinaga meluncurkan produk terbarunya yaitu Morinaga Chil*Go! Rasa Original. Hadir Business Unit Head Morinaga Chil*Go! Kalbe Nutritionals Kalbe Farma, Gregorius Daru Smaragiri untuk memberikan penjelasan tentang produk tersebut.

daya tahan tubuh anak
Bapak Gregorius Daru Smaragiri pada acara peluncuran
Morinaga Chil*Go! Rasa Original di Press Conference
Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi

Morinaga Chil*Go! Rasa Original hadir dalam bentuk kemasan susu steril cair. Memiliki keunggulan yaitu mengandung serat pangan inulin yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan nutrisinya lengkap berupa 9 vitamin dan 5 mineral penting untuk tumbuh kembang anak. Rasa yang enak, serta memiliki kadar gula yang rendah untuk mendukung gaya hidup lebih sehat.  
daya tahan tubuh anak
Morinaga Chil*Go Original imunobooster untuk perkuat 
daya tahan tubuh anak agar terhindar dari virus corona

Produk Morinaga Chil*Go! sebelumnya tersedia varian rasa cokelat, vanila, stroberi, dan melon. Wah, rasa coklat jadi kesukaan anak saya. Sekarang makin komplit dengan adanya Morinaga Chil*Go! Original yang rasanya nggak kalah enak.

daya tahan tubuh anak
Morinaga Chil*Go dalam berbagai varian rasa 
untuk bantu jaga daya tahan tubuh anak

Saat masih bersekolah sebelum pandemi, saya selalu menyisipkan susu Morinaga Chil*Go! dalam bekal sekolah Dd Irsyad. Kemasan Morinaga Chil*Go! berupa botol kecil ukuran 130 ml yang bisa didaur ulang. Ketika bepergian ke luar rumah bersama keluarga, Morinaga Chil*Go! jadi cemilan enak di perjalanan. Botolnya praktis dan ramah lingkungan ya. 

daya tahan tubuh anak
Morinaga Chil*Go! praktis dibawa ke mana saja

Susu steril siap minum Morinaga Chil*Go! diperuntukkan bagi anak usia 1 sampai 12 tahun. Nutrisinya sesuai untuk kecerdasan otak dan perkuat daya tahan tubuh untuk mendukung Generasi Platinum Multi Talenta.

Berikut adalah kandungan nutrisi pada susu Morinaga Chil*Go!:
  • Mengandung Kolin dan Inositol untuk menunjang kecerdasan otak. Berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Mengandung Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium. Berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.
  • Mengandung Vitamin A, C dan E. Berperan sebagai pelindung sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
  • Mengandung prebiotik serat pangan Inulin 1700 mg. Berperan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Mengandung Zinc untuk mendukung sistem imunitas tubuh.
  • Tinggi Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi.

daya tahan tubuh anak
Keunggulan susu cair Morinaga Chil*Go! untuk kesehatan
saluran cerna yang memperkuat daya tahan tubuh anak

Keunggulan Morinaga Chil*Go! selain kaya nutrisi adalah rendah gula. Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal. Jumlah ini setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan per hari.

Seperti yang dinyatakan oleh Gregorius Daru Smaragiri, produk baru Morinaga Chil*Go! Rasa Original dengan rendah gula diluncurkan untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat. Kelebihan gula dalam makanan dan minuman dapat membahayakan kesehatan. Penyakit yang timbul antara lain: kegemukan, kerusakan gigi, diabetes, bahkan penyakit berat lainnya.

Morinaga Chil*Go! terus mendampingi buah hati untuk menjaga daya tahan tubuhnya selama masa pandemi. Selain penyediaan produk dengan nutrisi berkualitas, Morinaga Chil*Go! juga berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia mengadakan rangkaian edukasi untuk menggalakkan pentingnya nutrisi susu bagi keluarga dan buah hati.

Gregorius Daru menambahkan, untuk membantu para Ibu menyajikan cemilan sehat dari Morinaga Chil*Go!, tersedia aneka kreasi resep makanan atau minuman yang mudah dibuat bersama buah hati di rumah. Semua bisa dilihat di websita www.morinagaplatinum.com.

Kreasi Makanan dan Minuman dari Morinaga Chil*Go!

Bicara soal kreasi makanan dan minuman, turut hadir Chef Devina Hermawan. Finalis Master Chef Season 5 dan ibu dari dua orang anak ini membuat kreasi dari susu Morinaga Chil*Go! yang menggugah selera.

daya tahan tubuh anak
Chef Devina Hermawan menyuguhkan demo masak
menggunakan susu cair Morinaga Chil*Go! Original

Sebagai seorang ibu, Chef Devina punya kegelisahan yang sama seperti saya dan juga para ibu lainnya di masa pandemi ini. Yaitu khawatir apakah anak-anak sudah tercukupi asupan nutrisinya supaya daya tahan tubuh anak sudah kuat menghadang virus Corona. 

Tentunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, nutrisi yang tepat sangat diperlukan seperti yang sudah dijelaskan oleh pemateri sebelumnya. Pilih bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan jangan lupa perhatikan cara mengolahnya. Chef Devina menambahkan nutrisi tambahan susu cair Morinaga Chil*Go! untuk kesehatan saluran pencernaan anak sehingga daya tahan tubuh anak menjadi kuat selama masa pandemi ini.

daya tahan tubuh anak
Chef Devina dan kedua buah hatinya. Asupan Morinaga Chil*Go!
setiap hari bantu perkuat daya tahan tubuh anak (foto: Instagram)

Namanya anak-anak, kadang sulit disuruh makan yang bergizi seperti sayur. Agar anak tertarik menghabiskan makanannya, Chef Devina menyarankan variasi menu harian yang menarik. Ini juga supaya anak tidak bosan makan yang itu-itu saja.

Hasil kreasi resep immunobooster dari Chef Devina menggunakan susu cair Morinaga Chil*Go! Original. Saya suka sekali melihat Chef Devina memasak bareng buah hati tercinta saat memasak menu yang gampang dan pastinya enak. Kreasinya yaitu Creamy Baked Potato Cheese dan Less Sugar Panna Cotta. Hmm, sungguh menggoda selera! Nanti saya mau recook juga ah...

daya tahan tubuh anak
Pannacotta with Mixed Berry Sauce hasil kreasi
Chef Devina menggunakan Morinaga Chil*Go!


Morinaga Chil*Go! untuk Immunobooster di Masa Pandemi

Pengalaman pribadi saya dalam menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi tidak jauh berbeda dengan orang tua lainnya yang peduli pada kesehatan keluarga. Yaitu menyajikan masakan bergizi, memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, berolahraga teratur, cukup istirahat dan menjauhi stress. 

Untuk kesehatan saluran pencernaan anak, saya kerap memilih jenis makanan yang aman dikonsumsi anak-anak. Yaitu memasak sendiri hidangan utama juga cemilannya. Anak tidak jajan sembarangan dan mengkonsumsi makanan yang kurang baik gizi dan kebersihannya. 

Cemilan susu cair Morinaga Chil*Go pas banget. Nutrisinya banyak, saluran pencernaan anak terjaga, dan daya tahan tubuh anak menjadi kuat. Menurut penelitian, anak yang mengkonsumsi Morinaga Chil*Go! 2 botol sehari diserta stimulasi memiliki daya tahan fisik yang lebih baik (berdasarkan  hasil riset Bloggersaborasi Morinaga Chil*Go! dengan IDAI Jatim dan NTT serta Pemerintah NTT). 

Sebagai nutrisi tambahan dan immunobooster untuk daya tahan tubuh anak, sedia susu cair Morinaga Chil*Go! setiap hari. Tambahan serat pangan inulin pada Morinaga Chil*Go! menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Jika badan sehat dan kuat, anak jadi semangat belajar di rumah.

daya tahan tubuh anak
Morinaga Chil*Go! untuk memperkuat daya tahan tubuh anak di masa pandemi
agar terus semangat belajar di rumah

Anak saya Dd Irsyad suka dengan semua rasa Morinaga Chil*Go! Harus nyetok lebih banyak lagi, yes! Oia, selain kemasan botol kecil, Morinaga Chil*Go juga ada dalam kemasan ekonomis dalam bentuk susu bubuk dengan pilihan rasa vanila dan madu.

daya tahan tubuh anak
Dd Irsyad suka sekali minum Morinaga Chil*Go!

Orang tua mana yang tidak bahagia melihat anak-anaknya tumbuh sehat. Tantangan dalam masa pandemi ini adalah menjaga daya tahan tubuh anak agar tahan dari bahaya Covid19. Asupan nutrisi jadi nomor satu yang perlu diperhatikan. Terus semangat menyajikan hidangan berkualitas untuk buah hati tercinta ya, Moms.

Waktu tidak bisa diulang. Masa tumbuh kembang sangat penting bagi anak. Selain membuat mereka tumbuh sehat karena makanan yang bernutrisi, masakan saya bisa menjadi kenangan indah jika mereka dewasa nanti. Duh, jadi melow...

Tahu nggak sih... saya jadi makin semangat memasak di dapur lho, setelah tahu ada banyak kreasi resep menggunakan Morinaga Chil*Go!. Jadi nggak sabar mau bikin kreasi resep dengan Morinaga Chil*Go! Original. 

daya tahan tubuh anak
Sajian penuh cinta dari Ibu: susu cair Morinaga Chil*Go!

Salam sayang untuk anak-anak di rumah ya, Moms. 

Semoga kita sehat selalu ^_^



Info lebih lengkap tentang Morinaga Chil*Go! bisa cek media sosial berikut:

22 comments

  1. pencernaanmemang salah satu mekanisme tubuh yang memegang peranan penting untuk kesehatan kita ya mba. Semoga anak - anak selalu terjaga kesehatannya

    ReplyDelete
  2. Sejujurnya saya nggak hobi masak. Jadi kalau baca2 sharing ibuk2 yang suka masak itu kadang merasa inferior hahahah. Tapi dari ibu yang kurang suka masak pun, anak-anak bawaannya sudah minta makan muluk. Gimana kalau saya canggih masak yah? hehehehe (ini mah pembelaan diri)

    ReplyDelete
  3. Morinaga ini susu anakku pas dia usia 3 tahun sampai 6 tahun, mulai dari Morinaga Chil*Kid sampai Chil*School trus lanjut Chil*Go

    ReplyDelete
  4. Ibu mana yg tidak ingin memberiksn yg terbaik buat anak2nya terutama yg berkaitan dengan asupan gizi utk utk pertumbuhannya agar tetap maksimal tanpa kurang suatu apa pun. Emak2 di zaman milenial ini sangat dimanja oleh banyaknya workshop yg bisa membimbing makemak ke arah ini tdk seperti di jaman jadul zaman2 bunda punya anak, hehehe.. semua cari sendiri. Apa2 inisiatip sendiri. Tp cucu2ku tdtap bisa menikmati Morinaga Chil Go.

    ReplyDelete
  5. Beneran deh kesehatan pencernaan tuh kunci kekebalan tubuh ya... Jadi kita bener-bener harus jaga makanan dan minuman anak-anak.. ChilGo makin komplit aja nih.. Anakku suka banget sama rasanya

    ReplyDelete
  6. Setuju banget Mak, bahwa pencernaan yang sehat akan membuat kita sehat juga. Apalagi kalau diberikan nutrisi yang tepat makin tambah sehat. Ahh, menjadi ibu tuh selalu ingin memberikan yang terbaik untuk kesehatan anak, apalagi adanya susu cair Chill Go yang praktis buat diseruput.
    Jadi, makan malem ini apa buatku Bu? ketularan si kk n dedek.

    ReplyDelete
  7. Samaaa... akupun kalo masak terus abis gitu rasanya seneng meski harus masak lagi haha.. Anak anakku juga suka nih mbak Chil.Go :)

    ReplyDelete
  8. Mantap juga nih morinaga sekarang ada produk susu cair Chil Mil Go. Bisa jadi pilihan nih untuk tambahan asupan bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  9. menjaga kesehatan saluran pencernaan anak memang penting ya mbak
    karena bisa sangat berpengaruh pada kesehatan anak
    makanya perlu pilih nutrisi yang tepat

    ReplyDelete
  10. Kesehatan pencernaan memang termasuk yang harus diperhatikan. Apalagi anak-anak mudah terkena penyakit di saluran cerna. Dan harus diusahakan tetap sehat selama pandemi

    ReplyDelete
  11. Sepenting itu ya Mbaaa, komitmen ortu utk memberikan yg terbaik untuk buah hati.
    aku juga demen banget nyetok chilGo.
    anakku sukaaaa

    ReplyDelete
  12. Anak-anak juga suka susu Chill Go ini ternyata sekarang kandungannya lebih bagus ya Teh ada serat inulin dan rendah gula juga jadi lebih sehat untuk pencernaan anak

    ReplyDelete
  13. Betul mba pencernaan itu seperti otak kedua jadi penting untuk dijaga dengan memeberikan nutrisi yang tepat yah btw aku ngiler sama resepnya Davina

    ReplyDelete
  14. Setuju banget, kalau pencernaan sehat, penyerapan gizi juga jadi lebih bagus, dan tumbuh kembang anak jadi lebih maksimal. Emang jadi ibu harus pinter memilih dan menyajikan asupan yang terbaik untuk anak.

    ReplyDelete
  15. Wah ibu juara nih, ketika bisa berkreasi di dapur untuk menambah nafsu makan anak pastinya ya. Apalagi makanan dikreasikan dengan Morinaga chil-Go yang penuh nutrisi baik untuk pertumbuhan anak ya

    ReplyDelete
  16. Baru tahu tentang serat pangan inulin ini, Mbak. Memang saluran pencernaan harus dijaga ya, dengan ngasih nutrisi seimbang termasuk minum susu cair Chill Go ini pasti anak suka.

    ReplyDelete
  17. Seringkali aku dengar dari temen, anaknya dikit dikit batuk pilek dan demam.
    Padahal anak-anakku hobi mandi hujan, minum es krim... dia sampe heran, dan kubilang ya karena anak anak sejak kecil minum chilmil yang ada kandungan tinggi probiotik

    Emang bener kok, daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola asuh keluarga.

    ReplyDelete
  18. Pencernaan yang sehat mempengaruhi kesehatan anak juga ya termasuk daya tahan tubuhnya, makanya perlu banget konsumsi susu cair yang lengkap nutrisnya untuk bantuk tumbuh kembang anak ya kaya Morinaga ChilGo ini

    ReplyDelete
  19. Pencernaan anak memang sangat perlu dijaga soalnya supaya gak gampang sakit ya mbak?
    Memenuhi kebutuhan nutrisi anak2 plus juga kasi makanan yang mengandung serat pangan inulin dapat menjadi salah satu cara utk menjaga sistem pencernaan.

    ReplyDelete
  20. Kecemutku juga kurang minat makan sayur nih, Maak. Buah2an juga. Tiap hari musti ada tambahan lima sempurna dari susu, nih. Biar imun anak terus terjaga, yaa.

    ReplyDelete
  21. dr. Daeng ini dari Makassar ya?
    ChilGo varian apapun kesukaan anak anak
    Kalau aku senang pakai jadi bahan pembuatan camilan

    ReplyDelete
  22. Benar banget ya Mbak perlu banget kita menjaga daya tahan tubuh anak, terutama pencernaan anak termasuk membuat cemilan sehat

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^