Lezatnya Royco Baru dengan Garam Beriodium untuk Mencegah Hidden Hunger

Royco Baru


Assalamualaikum!

Halo semua, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Di masa pandemi dan musim hujan sekarang ini, wajib banget jaga kondisi badan agar tetap sehat dan tidak gampang sakit. Tetap patuhi protokol kesehatan, istirahat cukup, berolah raga teratur, dan perbanyak makanan bergizi.

Bicara soal makanan bergizi, kebetulan saya dapat ilmu baru nih. Tepatnya saat hadir di acara Virtual Launch Kelezatan Masakan Bergizi Seimbang dengan Iodium untuk Bantu Tumbuh Sesuai bersama Royco Indonesia. 

Acara yang diselenggarakan tepat pada hari gizi tanggal 25 Januari 2021 ini memberi edukasi tentang hidden hunger melalui nara sumber yang kompeten di bidangnya. Royco sekaligus memperkenalkan inovasi terbarunya, yaitu produk Royco Kaldu Ayam dan Sapi yang kini dilengkapi dengan garam beriodium.

Royco Baru
Virtual Launch yang seru

Hidden Hunger yang mengancam generasi bangsa

Berkat acara ini, saya baru tahu tentang hidden hunger. Ternyata, hidden hunger atau kelaparan tersembunyi ini bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Yaitu menurunkan tingkat kecerdasan, kesulitan konsentrasi pada anak, kenaikan berat badan tanpa sebab, dan lain sebagainya.
Royco Baru
Menyimak keseruan acara

Menurut Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, penyebab hidden hunger adalah karena kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink. Sedangkan asupan gizi itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Royco Baru
Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN

Riset World Bank Data 2015 melaporkan bahwa 15,8 juta anak Indonesia mengalami hidden hungerData lainnya menyebutkan setidaknya 44% Ibu hamil dan lebih dari 50% balita mengalami kekurangan zat gizi mikro termasuk iodium yang menyebabkan mereka mengalami kondisi hidden hunger.
Royco Baru
Data tentang hidden hunger (sumber: www.royconutrimenu.com)

Kondisi hidden hunger ini jika diabaikan akan berdampak buruk dalam jangka panjang. Duh, ga mau kan kualitas generasi penerus bangsa ini terpengaruh karena kurang gizi. 

Bagaimana cara mengatasi hidden hunger? Tentu saja dengan menghadirkan makanan yang bergizi dengan dilengkapi iodium. Contoh bahan makanan yang mengandung iodium: ikan tuna, daging, udang, keju, telur, dan susu.

Royco Baru
6 makanan sumber iodium (sumber: www.nutrimenu.com)

Royco Baru dengan garam beriodium

Royco yang diproduksi oleh PT Uniliver Tbk mencermati permasalahan  hidden hunger yang mengancam negara kita. Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco meluncurkan inovasi Royco Baru dengan Garam Beriodium untuk bantu anak Indonesia tumbuh sesuai dan terbebas dari hidden hunger

Royco Baru
Royco Baru dengan Garam Beriodium

Peluncuran Royco Baru merupakan komitmen dan bentuk kepedulian Royco kepada masyarakat luas untuk membantu pola makan masyarakat yang lebih sehat. Hal ini dinyatakan oleh Ibu Hernie Raharja selaku Director of Foods & Refreshment Unilever Indonesia: 
“Semoga inovasi Royco dengan garam beriodium dan rangkaian program ‘Royco NutriMenu’ dapat semakin membuka wawasan orang tua dalam memanfaatkan beragam bahan makanan sehat yang tersedia di sekitar kita, serta menanamkan kebiasaan baik untuk memasak dan mengonsumsi makanan rumah yang variatif dan bernutrisi. Bersama-sama, kita lawan hidden hunger untuk masa depan yang lebih baik,”
Royco Baru
Ibu Hernie Raharja 

Royco juga ingin memberi inspirasi sajian masakan lezat dan bernutrisi setiap hari untuk para ibu Indonesia. Masakan ibu adalah yang dikonsumi untuk keluarga sehari-hari. Pastikan menunya sudah bergizi cukup, khususnya untuk si kecil.

Royco Baru Kaldu Ayam dan Sapi

Royco Kaldu Ayam dan Sapi dibuat dengan daging sapi dan ayam berkualitas yang direbus lama. Diproses tanpa bahan pengawet, pastinya kandungan nutrisinya terjaga dengan sempurna. Dengan harga yang sama, Royco Baru dengan tambahan garam beriodium ini memberi nilai lebih bagi konsumen. 

Inspirasi masakan lezat bernutrisi dari Royco NutriMenu 

Pada acara virtual kemarin, Royco juga berbagi  informasi tentang kelanjutan program Royco NutriMenu. Royco NutriMenu berisi inspirasi resep masakan lezat dan bernutrisi untuk keluarga.

Inspirasi resep di Royco NutriMenu


Masakan yang tersaji di Royco NutriMenu berasal dari bahan-bahan yang mudah didapat oleh masyarakat dengan harga terjangkau, dan gizinya mencukupi untuk tumbuh kembang anak agar terhindar dari kondisi hidden hunger

Bahan-bahan makanan tersebut merupakan bahan-bahan berkelanjutan berbasis nabati yang tergabung dalam “50 Pangan Masa Depan”. Program ini sudah meluas ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja pondok pesantren, serta menginspirasi 2 juta keluarga Indonesia secara online.

Tahun ini, Royco NutriMenu akan melibatkan kolaborasi lebih luas, yaitu menjalin kerjasama dengan PKK, Ikatan Bidan Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan berbagai NGO lokal maupun global, salah satunya Thyroid Federation International (TFI), dan didukung oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Agama RI.

Tampilan website www.royco.co.id/royconutrimenu

Program Royco Nutrimenu yang dikembangkan sejak 2019 ini mengacu pada konsep 'Isi Piringku' yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI. 
Royco Baru
Panduan Isi Piringku

Targetnya adalah mengubah perilaku pola makan 2,5 juta masyarakat Indonesia. Edukasi “Isi Piringku” sebaiknya dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan. Dengan demikian, asupan gizi termasuk iodium bisa membantu anak Indonesia tumbuh sesuai.

Menu sehat tidak harus mahal

Membuat masakan yang bergizi di rumah ternyata nggak harus mahal dan bisa divariasikan sesuai kreativitas. Hal ini dinyatakan oleh dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, Dokter Spesialis Gizi Klinik.  

Royco Baru
dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes

Kemudian, dr Diana menambahkan bahwa kreativitas dalam nutrisi keluarga dengan memasak bahan makanan bergizi termasuk garam beriodium masih belum diketahui sebagian masyarakat. Pemanfaatan iodium masih terbatas pada upaya mencegah penyakit gondok. 

Padahal, dampak dari kekurangan iodium jauh lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia. Kekurangan iodium dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu. Diperkirakan, 20 juta orang Indonesia menderita GAKI, yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta point. 

Maka, pemenuhan kebutuhan iodium harus diperhatikan dari hulu ke hilir, sejak 1.000 hari pertama kehidupan atau di dalam kandungan, hingga ke tahapan usia selanjutnya.

Menambahkan pernyataan dari dr. Diana di atas, hadir Tantri Syalindri Ichlasari, penyanyi dan ibu dari dua anak. Tantri yang populer disapa Tantri Kotak berkomentar:
“Sebagai seorang ibu, aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari. Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.”
Royco Baru
Tantri Kotak turut meramaikan acara

Demo masakan sehat

Acara makin seru karena ada demo masak bersama Chef Norman yang dibantu oleh Tantri Kotak. Menunya adalah nasi kacang hijau dengan ubi merah dan ikan kembung kukus daun kelor. Wah, bahannya nggak mahal dan mudah didapat. Cara masaknya juga gampang banget. Jadi pengen nyoba juga. 

Royco Baru
Demo masak bareng Chef Norman

Selain demo masak, ada juga games seru untuk para peserta yang hadir. Saya juga ikutan. Sayang, jari-jari saya kurang cepat jadi kalah deh hahaha. Selamat untuk yang menang kuis ya! Terima kasih untuk ilmu dan keseruan acara virtual launch, Royco Indonesia.

Memasak Royco NutriMenu ala Dapur Ngebut

Keesokan harinya, saya langsung praktek memasak dengan panduan "Isi Piringku" di Royco NutriMenu. Pilihan saya adalah menu Telor Balado dan Pakchoy isi Tahu Pong.

Telur Balado dan Pakchoi Masak Tahu Pong

Resep lengkap bisa cek ke Royco NutriMenu di website www.royco.co.id. 
Oia, saya mengganti tahu pong dengan tahu kulit karena kebetulan bahan tersebut tidak ada di warung sayur. Nggak apa-apa kan? Sama-sama tahu lah :D

Royco NutriMenu ala Dapur Ngebut yang saya masak selanjutnya adalah ikan kembung goreng plus sambal dan selada sebagai lalapan, sayur asem, dan buah semangka. Duh, beneran deh hidangan ini bikin seger banget!
Royco Nutrimenu ala Dapur Ngebut

Sebenarnya. masih banyak menu masakan menggunakan Royco Baru yang sudah hadir di dapur saya. Tapi yaa namanya riweuh, nggak sempat difoto karena anak-anak rewel minta makan, hihi. Ini beberapa masakan yang sempat diabadikan...

Tumis Kangkung

Opor ayam kampung, Kering tempe kacang,
dan Tumis Kangkung.

Tumis Daging Paprika


Menu istimewa: Kepiting Lada Hitam dengan Royco Baru Kaldu Ayam

Ternyata, nggak sulit ya menyajikan menu masakan sehat untuk keluarga di rumah. Tinggal memanfaatkan bahan makanan apa saja yang mudah didapat di sekitar kita. 

Bingung mau masak apa? Boleh intip inspirasi resep Royco Nutrimenu di 
Royco NutriMenu. Dijamin kepengen dimasak semua karena enak-enak dan bergizi. 

Yuk, kita berkreasi di dapur membuat makanan sesuai Isi Piringku dengan Royco NutriMenu. Supaya anak lahap makan, sehat, dan ibu senang. 

Selamat memasak bersama Royco! 

38 comments

  1. Dohhh auto ngiler lihat futu masakannya Mak Inna. Wkwkwkw
    Hidden hunger ini persoalang banget sih. Bukan cuma di Indonesia kayanya.
    Orang makan banyak, tapi sebenarnya ada yang kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul hidden hunger kelihatan tak kasat mata.
      ayuuk makan bareng mak widd

      Delete
  2. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin bahagia karna Royco Baru rasanya enak dan lebih bergizi mengandung garam beriodium :)

      Delete
  3. Noted ya, hidden hunger ini harus diwaspadai.
    Fotonya Mak Inna kece-kece euy .....

    ReplyDelete
  4. Masakannya menggoda semua, mau icip kepiting lada hitamnyaaa mak hehe
    Minggu lalu aku beli royco kaldu sapi dan ayam, masih yang lama, ntar kalo sudah habis mau beli royco baru dengan garam beriodium ini. Mau intip2 dulu resep2 di Royco Nutrimenu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mak lianyy kita masak2 bareng pake royco baru

      Delete
  5. jadi makin rajin masak menu favorit keluarga dong ya, karena merasa aman dan nyaman royco mengandung garam iodium sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masak jadi enak dan hati tenang krna ada pelengkap garam beriodium :)

      Delete
  6. Mba Ina, sungguh tumis daging paprikamu sukses bikin aku cleguk-cleguk hehehee...

    Baru ngeh loh mba ada istilah hidden hunger ini. Ternyata tak selamanya badan yang sekel berisi itu sehat seratus persen ya. Kadang ada yang kekurangan mikro nutrien gitu, malah jadinya lemesan dan gampang sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga bisa diduga kalo badan yg kelihatan berisi tp ternyata menderita hidden hunger

      Delete
  7. Wah, ga nyangka ternyata masih buanyaaak anak2 Indonesia yang menderita hidden hunger. Kekurangan gizi dan nutrisi kadang ga tampak nyata ya. Anak2 yang berisi dan gemuk ga menjamin mereka sehat. Pilih2 bumbu masakan juga mesti hati2, yang beriodium ya. Mamahku dan aku sudah pakai Royco juga yang rasa sapi dan ayam bikin makin nikmat masakan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes ada royco baru dengan garam beriodium di rumah masak jadi enak dan lebih banyak mengandung mikronutrien yg baik untuk tubuh

      Delete
  8. Iya nih Royco baru berasa ada asinnya, jadi ga perlu pake garam lagi ya Mak.
    Garam beriodium inovasi Royco, semoga saja membantu mengatasi hidden hunger yang kadang tanpa disadari oleh orang tua yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak, pake garamnya jadi sedikit ajah udah pas rasanya

      Delete
  9. TOs dulu dong, aku pun kemarin sudah masak menggunakan Royco dengan garam beriodium. Terus yang bikin happynya tuh tau kalau ROyco punya resep Royco Nutrimenu jadi gak mati gaya lagi deh mau masak di rumah.

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tahu tentang istilah hidden hungger,Mbak. Ternyata kekurangan berbagai zat micro yang disebut vitamin itu ya. Kasihan juga ya bila anak-anak kita harus menderita ini. Setidaknya untuk memasak memastikan garam dengan zat yang dibutuhkan seperti iodium. Kan gak sulit mendapatkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bayangin kalo banyak anak2 yg menderita hidden hunger. bisa mengancam kualitas generasi bangsa kita hik hik

      Delete
  11. Wah baru tahu Teh tentang hidden hunger ini karena kekurangan zat penting seperti yodium dan zat besi ya pada anak akibatnya fatal ternyata bisa berefek pada kecerdasan dan tumbuh kembang anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak dew... sedih kalo anak2 ga bisa tumbuh sesuai dan kekurangan gizi pentingnya

      Delete
  12. Aku seneng banget Royco sekarang memperhatikan yodium juga di kandungannya. Supaya konsumen nggak asal masak gurih tapi gizinya kurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. royco jadi punya nilai lebih dibanding bumbu masak lainnya :)

      Delete
  13. Baru tau nih tentang hidden hunger, bahaya juga ya... Harus lebih teliti lagi dalam menyajikan masakan untuk keluarga, makanan gizi seimbang dengan garam beriodium yang udah ada di royco...

    ReplyDelete
  14. Ternyata hidden hunger ini cukup risky juga ya apalagi klo buat anak2 di masa pertumbuhan kekurangan garam beryodiumnya juga ga baik untuk perkembangan kesehatan mereka. Bener2 harus memperhatikan asupan mikro nutrisi juga ya, setelah baca artikel ini jadi makin sadar

    ReplyDelete
  15. Intinya sih niat ya, Mba.. memanfaatkan masakan dirumah maka jadilah makanan enak siap santap. Soal enaknya serahkan ke royco ya, Mba.. royco memberikan kenikmatan dan menghindari hidden hunger.

    ReplyDelete
  16. Asyiknya sekarang masak menggunakan royco selain bisa membuat masakan tambah enak juga bisa nyontek menu-menu masakannya di belakang bungkusnya ya...

    ReplyDelete
  17. Mba Inna bikin laper nih fotonya, apalagi sayur asem itu kelihatan seger. Ada Rayco dengan kandungan Yodium bikin masak jadi praktis. Aku udah nyoba loh mba, masak dengan Rayco iodium ini

    ReplyDelete
  18. Ternyata hidden hunger itu bahaya juga ya mak, dan banyak juga yang nggak menyadarinya yaaa..

    Makin tenang nih aku karena dirumah selalu pake Royco, alhamdulillah sekarang ada tambahan garam ber-iodiumnya yaaa

    ReplyDelete
  19. Selama ini sudah konsumsi Royco. Karena yakin kalau masakan aku bakalan plain tanpa Royco.
    hiiks~
    Alhamdulillah, kini inovasinya semakin menambah kepercayaan para Ibu dalam mengolah makanan bergizi.

    ReplyDelete
  20. Pas belanja kemaren aku udah nyetok nih royco dengan garam iodium, tapi nggak ngeh juga apa bedanya dengan yang biasa. Untung baca artikel ini. Btw foto2nya mengugah selera banget sih mak. Semua resepnya ada di royco nutri menu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ada di royco nutrimenu itu telur balado dan pakchoi masak tahu pong. lainnya kreasi sendiri di rumah :)

      Delete
  21. eaa, kepiting lada hitamnya menggoda banget mbak inna. btw, inovasi terbaru dari royco ini memang sangat bagus ya mbak, dengan menambahkan garam beriodium kedalam produknya kita bisa memerangi hidden hunger

    ReplyDelete
  22. Aku jadi pengen coba royco barunya mba. Apalagi lihattumis kangkungnya, belum pernah coba nih numis kangkung pakai royco

    ReplyDelete
  23. Waahh enak enak semua hasil masakannya, duhh jam segini jadi ngiler

    ReplyDelete
  24. aku jarang pakai penyedap sebenarnya karena bumbu alam dah cukup tapi emang kadang rasa kurang hahaha
    tapi emang penyedap yang yahud tuh royco. cuma yang baru ini belum kayaknya nyoba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^