Oreo Cheese Cake dari Roti Tawar yang Praktis untuk Buka Puasa

resep masakan

Assalamualaikum!


Tidak terasa bulan Ramadan sudah hampir berakhir. Masih semangat dong puasanya? Buat buibu, masih semangat juga kan membuat hidangan sahur dan buka puasa untuk keluarga tercinta? Harus semangat, ya! Insha Allah pahala dan berkah yang kita dapatkan aamiin.


Jelang akhir Ramadan ini biasanya kita sudah sibuk mempersiapkan diri untuk Hari Raya Idul Fitri. Ada yang sibuk membuat kue kering, sibuk berbelanja baju baru untuk keluarga, juga sibuk menata keperluan mudik ke kampung halaman. 


Khusus untuk Ramadan tahun ini, kita merayakan Idul Fitri lain dari biasanya. Adanya pandemi Covid19 membuat kita tidak bisa berkaktivitas normal karena diberlakukan social distancing dan dianjurkan oleh pemerintah untuk diam di rumah saja. 


Sudah dua bulan lamanya kita berada di rumah. Melakukan segalanya dari rumah. Anak-anak tetap belajar jarak jauh dengan School from Home. Sementara orang tuanya bekerja dari rumah alias Work from Home. 


Tidak ada kegiatan beribadah di mesjid seperti biasanya. Sepi dari shalat tarawih, itikaf serta kegiatan kajian jelang buka puasa. Di luar aktivitas sosial jauh berkurang. Nggak ada lagi kumpul-kumpul untuk bukber, buka puasa bersama. Di jalanan, orang-orang yang ngabuburit menanti adzan magrib pun tidak seramai biasanya.


Di masa pandemi dari virus Corona ini, berbagai kegiatan banyak dilakukan secara online karena warganya banyak berdiam di rumah saja. Jadi, walaupun nggak bisa pergi berbelanja, masih bisa belanja online. Meski nggak bisa ketemuan, masih bisa video call untuk silaturahim. Nggak mudik nggak perlu sedih. Ini yang terbaik buat kita semua. Kita sama-sama berdoa saja semoga pandemi ini segera berakhir aamiin.


Balik lagi ke hidangan sahur dan buka puasa. Kali ini saya mau berbagi resep buka puasa yang enak dan gampang banget dibuatnya. Namanya Oreo Cheese Cake. Bikinnya nggak perlu pakai mixer, dipanggang atau dikukus. Cukup mencampur semua bahan dan memasukkannya ke kulkas. Asyik banget kan?


Kenapa Oreo Cheese Cake? Waktu itu sempat berseliweran di feed Instagram saya karena banyak yang mencoba resep ini. Saya pun ikut penasaran pengen bikin juga. Berhubung saya pengen bikin cemilan yang bisa bikin agak kenyang, saya mencampur roti tawar pada adonan Oreo Cheese Cake. Ini dia resepnya...



Oreo Cheese Cake dari roti tawar

resep masakan
Bahan Oreo Cheese Cake dari roti tawar
Bahan:
  • 10 keping biskuit Oreo, pisahkan krimnya
  • 4 lembar roti tawar, sobek-sobek
  • 200 ml susu UHT plain
  • 75 gram keju parut
  • 2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 3 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam

Cara membuat:

  1. Masukkan biskuit Oreo yang sudah dipisahkan dari krimnya ke dalam kantong plastik. Lumatkan sampai hancur. Pisahkan biskuit yang serbuknya lebih halus untuk taburan. 
    resep masakan
    Biskuit Oreo sebelum dihaluskan
  2. Tata ke dalam loyang atau mangkok tahan panas juga bisa (saya membagi adonan dalam 3 wadah tahan panas ukuran kecil). Lelehkan margarin. Tuangkan secara merata ke biskuit Oreo. Tekan-tekan hingga agak padat. Simpan di kulkas selama 15 menit.
    resep masakan
    Masukkan ke kulkas agar padat
  3. Sementara menunggu adonan Oreo padat, kita buat adonan kejunya. Masukkan roti tawar ke dalam panci, tuang susu cair. Lumatkan sampai halus seperti bubur. 
  4. Campurkan krim Oreo, masukkan keju, tepung maizena, garam, dan gula. Aduk rata. Masak dengan api kecil sampai mendidih. Matikan api. Sisihkan.
    resep masakan
    Aduk sampai rata sebelum dimasak
  5.  Ambil loyang berisi biskuit Oreo dari kulkas. Tuang adonan keju di atasnya sambil ditekan-tekan agar padat.
    resep masakan
    Adonan keju sudah ditata
  6. Taburi sisa biskuit Oreo yang halus di atasnya. Dinginkan di kulkas selama minimal 1 jam. Sajikan dingin saat buka puasa.
    resep masakan
    Taburi dengan biskuit Oreo bubuk
Setelah dingin beberapa jam dari kulkas, Oreo Cheese Cake pun siap disajikan untuk berbuka puasa. Biar pas ya bikinnya pada pagi menjelang siang. Jadi bisa lumayan lama ada di kulkas dan setelah tengah hari kita bisa beristirahat dan beribadah. Ini dia penampakan Oreo Cheese Cake yang sudah jadi...


resep masakan
Oreo Cheese Cake siap dinikmati


resep masakan
Cocok untuk buka puasa

Selain cara membuatnya yang mudah, Oreo Cheese Cake ini juga sarat akan gizi lho. Mengandung roti tawar yang kaya karbohidrat, kemudian bahan lainnya seperti susu, keju, dan margarin kaya akan lemak dan protein serta vitamin A dan B6 yang baik untuk tubuh kita.

resep masakan
Yakin mau berbagi?

Anak-anak menyukai Oreo Cheese Cake karena rasanya yang manis dan gurih. Teksurnya lembut, mudah dikunyah dan cepat diserap oleh tubuh. Energi setelah berpuasa seharian dijamin langsung pulih setelah makan Oreo Cheese Cake yang satu ini. Hmm yummy!

resep masakan
Sesendok penuh kelembutan :D
Selamat mencoba ya!


20 comments

  1. Ini sih, udah pasti enak banget. Mau dong, icip2. Untung aku lagi ga puasa hehehe ..

    ReplyDelete
  2. makasih resepnya mba inna, mau nyoba di rmh. resepnya simple banget :)

    ReplyDelete
  3. Aku bakal bikiiiiiin :D. Kalo udh berbau keju gini, aku doyan banget mba. Ini pasti anak2 juga sukkaaaak :D. Apalagi ga pake oven, secara aku g punya :p. Jd resep gampil tanpa mikser dan oven pasti bikin aku suka :)

    ReplyDelete
  4. Resep ini sering banget seliweran di timeline ig dan twitter aku tapi belum kesampaian mau nyoba bikin. Abis tiap beli oreo langsung ludes sama krucil :D

    ReplyDelete
  5. Aduh, aduh..ini makanan yang sering aku beli dikasih resepnya..tergoda banget untuk bikin sendiri deh jadinya

    ReplyDelete
  6. Duh, ngeces ini, udah lama ga makan cheese cake. Kayaknya lebih mudah dan ga ribet yaa. Mau buat juga ah

    ReplyDelete
  7. Dari kemarin lihat postingan oreo cheese cake yang kepengen deh buat bikin mba. Mau beli bahannya dulu deh

    ReplyDelete
  8. Duh mbaaak pas bukanyaa jam segini hehhe looks so yummy, gabegitu susah juga ya bikinnya. bisa di recook nih resepnya ehhee makasih mbaak

    ReplyDelete
  9. Wahhh, rajin sekali Mbak. Diriku total selama puasa ini gak pernah bebikinan selain cuma makanan utama. Wkwkwk. Cuma sekali bikin puding itu juga gara2 tugas anak wedok

    ReplyDelete
  10. Ini enak banget kayaknya aku jadi laper dan rasanya pengen langsung icipin makanannya ini penasaran soalnya

    ReplyDelete
  11. praktis yaa...even nggak ikut puasa pengin nyoba juga hahaha..

    ReplyDelete
  12. Mbak ini simpel bener bikinnya...pas kalau ada roti tawar yang umurnya hari itu habis, bikin Oreo Cheese Cake Roti Tawar aja ya...Secara Oreo biasa punya di rumah, kesukaan anak-anak

    ReplyDelete
  13. Eh gampang ya ternyata, aku kira buatnya susah. Bahannya pun gampang di dapat. Biasanya kalo beli kan mayan harganya

    ReplyDelete
  14. Wah boleh juga nih praktekin bikin ore cheese cakenya, kebetulan ad tugas bikin video menu buka puasa ��

    ReplyDelete
  15. Note mba resepnya. Biasanya klo sy bikin cheese cake dari biskuit yg disusun sm serbuk milo blm nyoba nih klo pake roti

    ReplyDelete
  16. lagi hits ini ya mak. oreo beginian kayak eclair gitu ya enak emang seh bikin seneng yang makan. yang bikin lama cepetnya abis.

    dah pernah bikin berasa nungguny aitu wkwkkw tapi enakkk

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah mba lezatnya, bikin ngiler pengen ikutan bikin
    penasaran aapakah aku akan berhasil membuatnya eheheh

    ReplyDelete
  18. Wah, udah lama aku gak bikin Oreo cheese cake kayak gini. Apalagi yang ditambahkan roti, belom pernah sama sekali. Nyobain ah, pas nih buat camilan abis terawehan

    ReplyDelete
  19. Masyallah liatnya aja nikmat apalagi pas makan yah? Pasti enak bangget bakal habis banyak

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen bikin nih Kak kelihatannya enak banget. Kalau udah selesai lebaran bawaannya pengen bikin masakan aneh-aneh.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^