Opor Ayam Khas Cepu dengan Bango Bumbu Kuliner Nusantara

Opor Ayam


Assalamualaikum!

Susah banget nih move on dari hari-hari berat pasca detox dan diet. Badan lemes dan kayak nggak bersemangat gitu. Meskipun waktu diet saya nggak boleh makan masakan sendiri, tetap kok rajin masak tiap hari buat keluarga.

Kali ini saya mau berbagi resep masakan yang gampang karena pakai bumbu instan. Buat saya sih, pakai bumbu instan itu nggak tabu kok. Malah membantu banget kalau kita lagi males riweuh bikin bumbu. Walaupun saya selalu menggunakan bumbu alami juga. Biar nggak berasa pengawet semua, hahaha.

Sudah lama mau ngereview rangkaian bumbu instan yang diproduksi oleh Bango. Tahunya Bango itu merk kecap manis ternama, kan. Nah, sekarang Bango juga bikin bumbu instan yang rasanya nggak kalah nendang seperti kecapnya.

Btw, ini review pribadi ya. Saya nggak dibayar untuk postingan ini dan melakukannya dengan ikhlas. Lumayan kan, habis masak dapat konten buat ditulis dan dibagi di blog untuk orang lain. Mudah-mudahan bermanfaat.

Okede, mau masak pakai bumbu yang mana  nih? Saya pilih bumbu Opor Ayam Khas Cepu. Bikin opor ayam mah saya lumayan sering. Nah, ini opor ayam khas Cepu seperti apa ya? Daripada penasaran, akhirnya saya coba sendiri memasak opor ayam khas Cepu dengan bumbu dari Bango Kuliner Nusantara.


Opor Ayam
Bumbu Bango rasa Opor Ayam Khas Cepu


Oia dalam resep ini saya menggunakan panci presto. Lagi males banget nangkring nungguin ayam empuk di wajan. Tapi biasanya saya nggak full ngepresto ayamnya. Jadi masih ada sisa kuah, lalu dimasak lagi di atas wajan untuk menyusutkan kuahnya sampai meresap.

Jika tidak menggunakan panci presto, bisa menggunakan wajan biasa. Jangan lupa jumlah air lebih banyak untuk membuat ayam empuk. Jika sekiranya kuah menyusut dan ayam kurang empuk, bisa ditambahkan lagi air panas secukupnya.

Yuk, simak resepnya!  


Opor Ayam
Bahan Opor Ayam Khas Cepu (ketinggalan foto kelapa parut)


Bahan Opor Ayam Khas Cepu:


  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  • 500 ml santan dari setengah buah kelapa parut
  • 1 bungkus Bango Bumbu Kuliner Nusantara rasa Opor Ayam Khas Cepu
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, geprek
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 cm kunyit, geprek
  • minyak goreng untuk menumis
  • air matang secukupnya
Bumbu halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Opor Ayam
Bango Bumbu Kuliner Nusantara rasa Opor Ayam Khas Cepu


Sayang sekali, saya nggak nemu ayam kampung di tukang sayur. Jadi saya pakai ayam pejantan saja. Ayam pejantan ini mirip ayam kampung dengan badan kecil. Namun tidak perlu merebus lama seperti merebus ayam kampung.


Opor Ayam
Ayam pejantan 1 ekor

Cara membuat Opor Ayam Khas Cepu:


  1. Tumis minyak goreng di dalam panci presto sampai harum.
    Opor Ayam
    Menumis bumbu
  2. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
    Opor Ayam
    Masukkan ayam
  3. Aduk ayam sampai tercampur rata dengan bumbu.
    Opor Ayam
    Ayam terbalut bumbu
  4. Tambahkan air matang sampai ayam terendam (jangan terlalu banyak).
    Opor Ayam
    Menambahkan air
  5. Tutup panci presto. Jika panci mulai mendesis, kecilkan api dan mulai menghitung waktu masak selama 20 menit.
  6. Setelah panci dingin, buka tutupnya dengan hati-hati. Tuang opor ayam ke wajan. Tambahkan santan. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.
  7. Koreksi rasanya, sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.
Kebetulan saya lagi punya ketupat di dapur. Jadilah Opor Ayam Khas Cepu ini disajikan bersama ketupat. Gimana nggak mantep tuh... ada opor ayam dan ketupat! Wow, enaaak! Berasa lagi Lebaran nih!

Opor Ayam
Opor ayam yang dimakan bersama ketupat

Gimana rasa Bango Bumbu Kuliner Nusantara rasa Opor Ayam Khas Cepu? Hmm, jadi begini ya opor ayam khas Cepu. Beda dengan opor ayam yang biasa saya buat. Warnanya bukan kuning, tapi cenderung oranye. Walaupun warnanya berberda, tapi rasa nggak pernah bohong... beneran enak!


Opor Ayam
Opor ayam tampak dekat 


Penasaran pengen nyobain juga? Cuss atuh beli Bango Bumbu Kuliner Nusantara rasa Opor Ayam Cepu di minimarket terdekat. Harga Insha Allah terjangkau pisan.

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Nantikan review Bango Bumbu Kuliner Nusantara varian lainnya di blog Dapur Ngebut, ya!

Opor Ayam

30 comments

  1. Opor ayam khas Cepu ini cenderung manis atau tidak mba? Penasaran juga nih pengin nyobain. Kalau aku sih emang termasuk yang suka praktis-praktis gini hehehe... Udah pernah nyobain bumbu opor merk lain, yaaa lumayan laaahh... tetep sih kudu tambah bawang dan dikasih segala macam kayak bumbu dapur di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, rasanya agak manis daripada opor yg biasa aku bikin :)

      Delete
  2. Wuaduuuhh, dimakan bareng ketupat sungguhhh kenikmatan yg paling HQQ
    Mauuu nyoba recook ahhh

    ReplyDelete
  3. Bango awalnya cuma kecap aja ya tapi sekarang punya bumbu instan juga. Ini andalan aku kalo pagi2 lagi riweuh masak buat bekal sekolah pakai instan aja :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumbu instan memang penyelamat buat para emak riweuh :D

      Delete
  4. wew, ayamnya menggoda, aku juga kalau masak pakai kecap bango mba, jadi tambah endolita masakannya, heheh. dan kini ada pula bumbu Opor Ayam Khas Cepu, yuhuuu!

    ReplyDelete
  5. Wahh hebat mba Inna, itu pake bumbu instan masih dicampur sama bahan2 dasar juga. Aku kalo kepepet wkt di rumah gak ngeracik bumbu lagi :)))
    Mungkin krn aku msh punya bayi kali ya, jd masak serba buru2.

    Bango salah satu bumbu fav aku. Sejak dia ngeluarin bumbu instan gini aku sering beli kayak soto betawi dll. Emang beneran enak, gak boong.
    Cuma yang opor warnanya agak merah ya? Kayaknya enak keliatannya.
    Jd pgn coba masak deh.

    Belii ahh bumbunyaaa ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya memang agak oren warnanya. tapi ga tahu juga ya krna itu aku ditambahin kunyit lagi sedikit.
      hayuuk dibelii udah banyak di minimarket :D

      Delete
  6. Mau nyoba resep mba Inn ah. Asik juga ya ada bumbu dari Bango. Kalo kecap sih aku udah sering pakai mba ;)

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah cobain Bango yang opor ayam ini. Tetapi, beberapa bahan instan dari Bango selalu cocok sama lidah saya dan keluarga

    ReplyDelete
  8. Gleeeekkkk... Lihat review ini jadi kepengen nyobain masak opor ayam pakai Bango juga. Sekarang lebih praktis ya mbak kalau mau masak.

    ReplyDelete
  9. Wah Chef Inna, saya baru tau loh kalau skrg ada bumbu opor dari Bango. Saya taunya ayam bacem dan tempe tahu bacem. Mau cari ah. Kali ada di Indomaret depan rumah.

    ReplyDelete
  10. Glek, jadi pengeen nyicipin opornya, keliatan enak sekali, deh!
    Sekarang bikin opor bisa lebih mudah ya, tinggal pakai bumbu bango aja. Praktis!

    ReplyDelete
  11. Kalo pas lagi memutuskan makan hewani, aku demen yg bumbu medok gini. Dan emang praktis ya kalo pakai bumbu jadi begini. Aku belum pernah coba kalau yg Bango. Baru tahu malah.

    ReplyDelete
  12. Aahh...jadi pengen masak ayam aku mba...gampang dan cepat ni kayaknya. Aku sesekali juga pke bumbu instant mba..biasanya klo aku masak dlm jumlah yang agak bnyk, mlh make bumbu instant...soalnya sering berasa kurang bumbu gitu klo hasil ulekan sendiri

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalau Bango mengeluarkan bumbu instan untuk opor ayam. Jadi pengen nyoba. Kalau lagi kepepet bisa langsung masak.

    ReplyDelete
  14. Wah.. Bango sekarang udah merambah ke bumbu instan ya. Aku baru tau loh. Di banjarmasin aku kok blm pernah liat ya mba. Mungkin distribusinya blm merata ya. Pengen nyoba jg soalnya

    ReplyDelete
  15. Bango emang ga pernah salah rasanyaaa. Tapi yang bumbu bacem bango itu kok dah jarang dijual ya mba. Aku nyari-nyari ga banyak nemu di mana-mana.

    ReplyDelete
  16. Praktis banget apalagi pakek presto, makin cepet aja acara di dapur. Btw, boleh bagi info program detox-nya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. program detox belum sempat ditulis di blog innariana.com. tunggu ya mba :D

      Delete
  17. Kuahnya jadi coklat gtu ya, apa karena kaena ada campuran kecap di bumbunya ya mbak?
    hehe
    Baru tahu lho kalau Bango ternyata juga punya bumbu dapur sekarang, jd pengen juga nyari mbak. Kalau pakai bumbu jadi biasanya masakan jd lbh manteb kek di resto haha (buatku yang masakannya gtu2 aja :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ga pake kecap. memang warnanya agak oren gitu :D

      Delete
  18. Akutuh kalau pakai bumbu instan yaa...seada-adanya bumbu aku tuang semua, tanpa ada tambahan bumbu lainnya.
    Kebayang masakan opor ayam dari Bango ini makin lezaatt...karena ditambah lagi sama empon-empon tambahan.

    ReplyDelete
  19. Ada yang baru dari bango huhuu ku baru tauu, pen nyobain besoook aahh

    ReplyDelete
  20. makan opor gak harus lebaran nih & gak ribet karena udah ada bumbu bango, cobain akh

    ReplyDelete
  21. Wah, jadi lebaran besok bisa pakai bumbu opor ayam instan dari Bango nih. Dijamin enak, dan dianggap pinter masak. Wkwkwk...

    ReplyDelete
  22. Aduh aku kemana aja baru tau bango punya bumbu masak. Wkwk. Aku juga sama sih, kalau masak pake bumbu instan ya aku tambahin lagi bumbu alami nya. Kapan2 mau coba recook ah resep dr Mbaknya.

    ReplyDelete
  23. Selama ini Bango selalu jadi kecap andalan keluarga dan harus ada stock di rumah. kalau bumbu instannya malah belum pernah cobain. Apakah seenak kecapnya? Well let see, harus saya coba nih.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^