Tips Memilih Udang Segar dan Aneka Olahan Udang


Assalamualaikum!

Masak apa hari ini? Jangan terlalu lama merenung di tukang sayur seperti saya, ya. Setiap hari masak, setiap hari bingung mau bikin apa di dapur. Lucunya, saya nggak sendirian. Sering ngumpul di warung sayur bareng tetangga, bareng ibu-ibu ini selalu ada teman senasib. Sama-sama merenung di tukang sayur, hahaha!

Kali ini saya nggak share resep masakan. Saya mau share tips memilih udang segar, plus bonus beberapa resep olahan udang yang sudah pernah tayang di blog ini. 

Suka makan udang? Kalau nggak alergi tidak apa-apa ya. Suami dan 3 boyz di rumah nggak punya alergi makanan. Jadi aman makan apa saja termasuk seafood dan udang. Menu udang ini ada kali saya bikin seminggu sekali. Saking gabutnya saya nggak tahu mau masak apa lagi...

Langsung mulai aja yuk. Mari simak tips memilih udang segar berikut ini...


Tips Memilih Udang Segar

1) Pilih udang yang berwarna cerah
Suka ada tuh, udang yang warnanya terlampau pucat, cenderung menuju putih, bahkan mulai menggelap kehitaman. Nah, yang tampilannya jelek seperti itu, jangan dipilih ya! Itu tandanya udang sudah memburuk kualitasnya.

2) Periksa kulit udang
Sama seperti warna udang, cek juga lapisan kulitnya. Kulit udang yang bagus berwarna bening transparan dan mengkilat. Jika warnanya sudah berubah jadi kusam atau berubah jadi putih, itu tandanya udang sudah tidak segar lagi. 

3) Cek daging udang
Tekan sebentar, rasakan kenyalnya daging udang. Jika sudah lembek artinya udang kurang bagus kualitasnya. Perhatikan juga teksturnya. Jika sudah tidak kaku alias lembek juga tidak segar lagi.

4) Bau udang yang segar
Udang yang bagus baunya mirip seperti ikan segar. Jika sudah berbau busuk yang tidak enak sebaiknya disingkirkan saja.

5) Kepala udang masih menempel pada badannya
Kepala udang yang lepas dari badannya menandakan kondisi udang sudah tidak segar lagi.

6) Udang tidak berlendir

Udang yang berlendir biasanya dibarengi dengan bau tidak enak yang menandakan sudah membusuk. 


resep masakan
Udang segar siap olah

Cara mengolah udang:

  • Udang yang baru dibeli harus segera diolah kurang dari 24 jam. Jika ingin dimasak di lain hari, segera cuci dan bersihkan udang lalu taruh di freezer. 
  • Udang beku yang sudah dilumerkan sebaiknya langsung habis diolah dan jangan disimpan kembali ke kulkas. Makanan apa pun yang sudah dicairkan lalu disimpan kembali di kulkas bisa mengurangi kualitas gizinya.
  • Cara 1 mengurangi amis pada udang: baluri dengan air jeruk nipis (bisa juga sekalian dengan garam atau bumbu lainnya). Diamkan selama 15 sampai 20 menit sebelum diolah. 
  • Cara 2 mengurangi amis pada udang: baluri dengan parutan kunyit sebagai pengganti air jeruk nipis. Udang yang dibalur dengan kunyit akan menjadi kuning warnanya. Cocok untuk kemudian diolah menjadi udang goreng, gulai udang, atau udang bumbu tradisional lainnnya. 
    resep masakan
    Udang yang diberi bumbu kunyit
  • Cara membersihkan udang: cuci bersih di air mengalir. Buang kepala udang, bersihkan kotorannya yang melekat diantara kepala dan badan udang. Jika ingin kepalanya tetap menyatu, angkat sedikit kepala udang bagian atas untuk membersihkan kotorannya. Kerat punggungnya, buang kotoran berwarna hitam memanjang di bagian punggung.
  • Kulit udang bisa dikupas atau tidak tergantung jenis masakan yang akan diolah. 

Aneka Resep Olahan Udang

Digoreng: 
Dipanggang: Udang Bakar Sari Kurma

Ditumis:
Direbus: Tomyam Seafood PedasTomyam Praktis Easy Cook

Dikukus:

Okede... sekian dulu tips mengolah udang segar dan aneka olahan udang dari Dapur Ngebut. Happy Cooking!


26 comments

  1. Haiyaaaa.. udang is always our favorite menu at home, Innaaa
    apalagi setelah diajarin kayak gini, tambah semangat deh mengolahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kan banyak contekan gitu ya. sama sih saya jg suka dibumbui kunyit dan garam. rasanya enak

      Delete
  2. Suka banget sama udang... Tapi kalau di rumah biasa dibikin goreng tepung atau bumbu kuning aja hihi... Makasih resep2nya, bisa jadi alternatif nih biar enggak bosen hehe...

    ReplyDelete
  3. Aku punya alergi sama udang nih, Mak. Jadinya cuma bisa iri lihat mereka yang segitu nikmatnya makan udang hahaha... ya udah aku ikutan merenung di tukang sayur aja #ehgimana

    ReplyDelete
  4. MasyAllah Mba. Makasih banyak tulisannya. Lengkap sekali dan bahkan ada banyak pilihan resepnya. Bermanfaat sekali buat aku yang nggam jago masak tapi penyuka udang hihihi

    ReplyDelete
  5. Aku kalau beli udang sukanya titip sama tukang sayur langganan di rumah, jadi dia yang pilihin dan aku percaya aja sama pilihan dia.

    ReplyDelete
  6. Aku udh lama ga beli udang sejak ketauan punya alergi seafood
    Palingan udang yang kecil2 udang rebon buat ade2 aja
    Liat situs rujukan banyak ya olahan udangnya. Mantap sekali
    T

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau aku kali udang yg kepalanya udah lepas dr tubuhnya udah gak fresh lg. Soalnya kn banyak yg memilih beli udang tanpa kepala, biar murah soalnya :))

    ReplyDelete
  8. SUamiku suka banget udang goreng kering... saya juga suka sih, tapi kadang emang dilema cara pilih udang yang segar seperti apa. Sekarang jadi lebih tau deh caranya pilih udah yang bagus seperti apa.

    ReplyDelete
  9. Udangnya menggoda selera sekali teh..jadi ngerti cara memilih udang karena artikel ini, kadang bingung pilihnya takut nggak segar lagi

    ReplyDelete
  10. Udang kesukaan anak cewek. Cuma krn bundanya suka geli-geli gimanaaaa gitu kalo memasak sesuatu yg hewani, jadi jarang dibikinin. Paling sesekali beli

    ReplyDelete
  11. Baca blog Mba Inna jadi ngga bengong lagi di tukang sayur saya hahah. Banyak ide di sini euy. Sebagai penyuka olahan udang aku bahagia nemu banyak resepnya. Trims Mbak

    ReplyDelete
  12. Aku punya tempat jual udang langganan yang juga tempat kulakannya penjual udang. Udangnya masih fresh, pas dibeli pun masih ada yang jalan jalan. Hihi
    Oiya, udang yang ukuran kecil sama ukuran agak besar rasanya enakan mana ya mba?

    Keluargamulyana

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera sih. kalo aku pribadi lebih suka udang yg ukurannya besar. yg ukurannya kecil biasanya ga perlu dikupas lg n untuk olahan goreng garing :)

      Delete
  13. Udang itu emang penyelamat banget yaaa. Anak anak seneng banget kalau bunda masak udang. makasih banget tips-nya soalnya kalau udang gak segar, selain gak enak dimakan, juga bisa bikin alergi kambuh.

    ReplyDelete
  14. Aku biasanya cuma asal beli aja di pasar. Ternyata ada tipsnya ya, biar kita bisa memilih udang yang masih segar dan bagus. Makasih sharingnya ya, Mbak. :)

    ReplyDelete
  15. Noted bngt kalau aku lbih nyaman tuh beli udang yg yg masih hidup Ada langgananku dipasar ,,rasanya itu manis2 gurih mba

    ReplyDelete
  16. Duh.. Jadi pengen makan udang nih aku liat begini. Tapi gimana ya. Sejak nikah aku kok jadi alergi udang. Masa alergi menular sih. Scara suami alergi udang. Kok malah curhat nih aku.

    ReplyDelete
  17. paling sering dicampur capcay kalau dulu. Sekarang malah jarang masak udang soalnya nggak dijual lagi di warung terdeakt. Mungkin nggak banyak yang beli jadi penjualnya berhenti berjualan udang.

    ReplyDelete
  18. Udangnya ya...Allah, nikmatnya.
    Besar dan segeerr...

    Aku tadinya gak pernah tau bedanya seafood segar sama yang engga.
    Setelah diajarin temenku yang anak pantai, aku jadi makin seneng berburu ikan segar.
    Udang goreng tepung sama udang saus asam-manis, menu andalan di rumah.

    ReplyDelete
  19. Waaaaaahhh mau kasih ini ke ibu aaah biar bisa milih dengan lebih mudah dan masak bareng buat acara keluarga besok :D

    ReplyDelete
  20. Ooo.. dikasih baluran kunyit.. biasanya aku cuma pakai jeruk nipis ajah. Oke mbak, nanti dicoba

    ReplyDelete
  21. Udang tuh kesukaan aku, anak2 dan suami. Kalau belanja di warung, aku suka borong langsung beberapa plastik satunya kan 17K gitu hihihii. Paling gampang sih amsaknya digoreng tepung renyah2 gitu deh. Iya ya kepala udang kudu tetap nempel di badannya :D TFS, mb Inna :D

    ReplyDelete
  22. Yeay! Akhirnya nemu blog yang bahas soal udang dan resep2nya, aku paling suka makan udang nih �� noted ah semua resepnya

    ReplyDelete
  23. Saya suka udang, rasanya enak..paling suka dibikin sup seafood. Tapi dibalado juga enak. Cuma sekarang ga berani makan olqhan seafood banyak-banyak .takut kolesterol..hihi...btw mksh resepnya. Bisa jadi menu variasi olahan udang.

    ReplyDelete
  24. Di bibik belanjaan yang lewat, sering banget bawa udang. Masih seger-seger gitu ga bau. Emang kalau sudah ada bau ga enak jadi rasanya terganggu ya. Udah ga bagus juga untuk kesehatan kalau dikonsumsi tuh.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^