Martabak Wortel isi Telur Puyuh


Assalamualaikum!

Masih melanjutkan dari postingan sebelumnya, yaitu Tumis Buncis Bakso Ikan. Kenapa? Karena menu yang satu ini dimasak bareng dengan si tumis waktu bulan puasa kemaren. Jadi ini temennya gitu lho. Iya, saya bikin martabak wortel isi telor puyuh buat lauk buka puasa. 

Saya menggunakan telur puyuh rebus siap pakai yang ada di warung sayur. Resikonya ya kadang dapat telur puyuh yang kurang bagus. Ini terjadi pada saya kemarin. Dari dua bungkus telur puyuh isi 5 alias total 10 telur, saya cuma dapat 6 butir yang masih bagus. Sisanya sudah benyek. Yanasib.

Langsung aja yuk kita simak resepnya...


Martabak Wortel isi Telor Puyuh

Bahan:
  • 10 lembar kulit lumpia siap pakai
  • 3 batang wortel, parut
  • 10 butir telur puyuh rebus, kupas
  • 3 butir telur ayam
  • 2 barang daun bawang, cincang halus
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya



Bahan martabak wortel isi telur puyuh

Cara membuat:

  1. Campur jadi satu: daun bawang, wortel, telur, garam. merica, dan kaldu bubuk.
    Campur jadi satu di dalam baskom
  2. Ambil dua sendok makan adonan, taruh di tengah kulit lumpia. Tambahkan telur puyuh lalu lipat seperti amplop. Jaga jangan sampai adonan bocor.
    Cara melipat martabak
  3. Panaskan minyak goreng. Goreng martabak hinga matang kecoklatan. Angkat, tiriskan sisa minyak goreng. Gunakan wajan teflon agar martabak digoreng tidak tertekuk.
    Menggoreng martabak
  4. Sajikan dengan sambal botolan atau cabai rawit.
Martabak wortel isi telur puyuh sudah matang! Cocok banget nih bikin buat si kecil yang susah disuruh makan sayur. Kan ada wortel tersembunyi di dalam martabak. Plus ada telur puyuh sebagai bonus, si kecil pasti suka! Berasa nemuin harta karun, hihihi.


Telur puyuh di dalam martabak

Tips tambahan tentang kulit lumpia:
  • Langsung goreng martabak segera setelah selesai diisi dan dilipat. Jika didiamkan, kocokan telur bisa merembes keluar dari lubang kecil di kulit lumpia.
  • Jika kesulitan menemukan kulit lumpia siap pakai, ada kulit lumpia beku. Gunakan kulit lumpia beku berukuran besar. Cara pakai: diamkan kulit lumpia beku dalam suhu ruang. Setelah mencair, lepaskan dengan hati-hati kulit lumpia satu persatu. Gunakan segera. Jika didiamkan terlalu lama dalam suhu ruang, kulit lumpia akan mengeras dan sulit untuk dibentuk/dilipat.
Dicocol cabe rawit rasanya mantap!

Ciluk ba! Telur puyuhnya kelihatan kelihatan...

Seperti yang saya  bilang sebelumnya, saya membuat Tumis Buncis Bakso Ikan sebagai partner si martabak ini. Selamat menikmati ya!


Tumis buncis bakso ikan ada di belakang martabak wortel isi telur puyuh... aye!

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^