Kentang Brokoli Saus Keju

baked potato wendy's


Assalamualaikum!

Gimana kondisi liburan keluarga? Masih seneng-seneng di tempat wisata? Alhamdulillah, selamat menikmati liburan, ya! Buat yang lagi di rumah aja, tetep hepi juga dong. Kapan lagi anak-anak pada mager bareng di rumah, hihihi.

Sebagai emak, tentunya kalau anak-anak lagi di rumah semua bawaannya kudu nyiapin banyak makanan. Idem kayak saya. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, sampai cemilan kalau bisa dibuat sendiri di dapur. Biar hemat. Etapi kalau lagi capek, salah satu or salah dua menu saya juga suka beli, kok.

Kayak waktu hari apa ya kemarin. Karena Aa Dilshad lagi kurang sehat. saya buatkan nasi tim ayam. Nggak sengaja nemu dua biji kentang yang sudah lama nangkring di kulkas. Iseng saya kukus aja barengan sama nasi tim. Sambil masak menu lainnya yaitu sayur brokoli campur sawi putih yang dioseng.

Setelah nasi tim matang, tetiba saya dapat ide bikin kentang brokoli saus keju. Terinspirasi dari menu favorit di resto fast food Wendy's jaman baheula, yaitu baked potato and brocoli cheese. Dulu banget, ini jadi menu favorit kalau saya nangkring di Wendy's cabang Dago waktu kuliah. Kayak gimana sih, Mak? Ini dia...
baked potato wendy's
Baked potato (foto: detikfood)

Berbeda dengan Wendy's yang memasak kentang dengan cara dipanggang, saya bikin kentang yang dikukus. Kentang kukus, kuntum brokoli dari tumisan saya campur di dalam pinggan tahan panas kecil. Lalu diguyur dengan saus keju yang dibuat dari bubuk saus keju instan yang diseduh (saya beli di online shop). Penutup biar kelihatan cantek, diprulukin pake bubuk parsley yang kehijauan. Ini dia hasilnya....

baked potato wendy's
Kentang brokoli saus keju yang enak banget!

Cara bikinnya gimana, Mak? Aia, hampir lupa. Saya nggak foto step by step cara membuatnya. Namanya juga mendadak dangdut bikin percobaan. Nggak nyangka bakal berhasil dan enak, hehe. Yah kira-kira seperti ini cara membuatnya...

Brokoli Kentang Saus Keju

Bahan:
  • 4 buah kentang, sikat bersih perlahan kulitnya jangan sampai terkupas
  • 1 kuntum brokoli
  • saus keju instan
  • air matang secukupnya
  • bubuk parsley untuk taburan (bisa diganti seledri segar)
Cara membuat:
  1. Kukus kentang dan brokoli sampai matang.
  2. Kupas kentang, potong- potong dan taruh di pinggan kecil tahan panas.
  3. Tata potongan brokoli di atas kentang.
  4. Seduh bubuk keju dengan air panas, aduk rata. Tuang ke atas kentang dan brokoli.
  5. Beri taburan daun parsley atau seledri. Sajikan hangat.
  6. Pinggan isi brokoli kentang saus keju bisa tetap ditaruh di panci kukusan agar tetap hangat.
  7. Mau ditambahkan keju parut juga boleh.
Sengaja resep tidak sesuai dengan apa yang saya praktekkan. Kalau mau ikut cara saya, namanya nggak sengaja bikin percobaan, bisa ikuti langkah berikut:
  1. Kukus kentang.
  2. Tumis brokoli dengan bawang putih dan bawang merah iris. Beri sedikit air, tambahkan garam dan kaldu bubuk. Masak sampai matang. Koreksi rasanya.
  3. Tata di pinggan tahan panas: potongan kentang kukus dan kuntum brokoli dari tumisan.
  4. Siram dengan saus keju instan.
  5. Sajikan hangat.

Terus terang, dengan ditumis dulu brokoli jadi ada rasa bumbu bawangnya. Terserah mau pakai cara yang mana. Dua-duanya sama enak, kok. Waktu lagi masak ini, Dd Irsyad ke dapur dan bertanya saya masak apa. Melihat saya bikin kentang brokoli saus keju, dia langsung minta kalau matang. 

Saya cuma bikin 3 pinggan kecil dengan satu kentang karena dadakan. Begitu matang, dua pinggan langsung ludes dimakan oleh saya dan Dd Irsyad. Hmm... enak banget! Bahkan Dd Irsyad minta tambah lagi. Saya juga ketagihan kok.

Langsung saja satu kentang terakhir saya buat jadi kentang brokoli saus keju. Toh brokolinya ada banyak di wajan dan tinggal dicomot. Begitu pula bubuk keju instan, tinggal seduh aja. Saya taruh di mangkok besar sekalian. Dan langsung ludes oleh kami berdua, hahaha!

baked potato wendy's
Tampak dekat kentang brokoli saus keju

Duh, pas hujan bikin postingan ini saya jadi lapar. Gemes pengen bikin lagi tapi belum belanja ke warung sayur. Makan kentang brokoli saus keju aseli membangkitkan kenangan pada masa lalu saat masih single dan demen nangkring di Wendy's hihihi.

Oke deh. Selamat mencoba, ya!

Nanti disambung lagi tahun depan. Selamat tahun baru 2020!
baked potato wendy's

4 comments

  1. Enak banget keliatannya makk😁

    ReplyDelete
  2. Bikin ngiler sekali penampakannya Mak.. Duh jadi pingin nyoba resepnya kapan2. Yummy !

    Udah gitu masaknya simpel ya... Gak ribet. Makasih udah berbagi ilmu resepnya. ♥️♥️

    ReplyDelete
  3. Enaaakkkk. Mau cobain yang brokolinya ditumis ah. Biar makin kaya rasanya.

    ReplyDelete
  4. salah satu cara agar anak jadi suka sayur ya, gak semua suka brokoli. aku biasanya ditepungi. ini mau aku coba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^