Masak Kari Jadi Mudah dengan House Kari ala Jepang

masakan jepang


"Aku mau rasa kari..." celetuk si bungsu waktu kami singgah ke resto yang menyajikan udon, mie nikmat asal Jepang. Nggak salah, rasa kari memang paling enak menurut saya. Mengingat kembali  udon yang disiram daging berbumbu kari sudah bikin saya meneteskan air liur. Duh, nikmatnya!


Setiap kembali ke restoran yang sama, menu udon dengan kuah kari selalu kami pesan. Rasa kari ala Jepang ini beda. Tidak sama dengan bumbu kari pada masakan Indonesia atau bahkan kari India yang cenderung sarat bumbu. Kari ala Jepang lebih ringan dan tidak terasa 'berat' saat dicicipi sehingga rasanya tidak bikin eneq. Rasanya juga tidak pedas, makanya anak saya suka banget kari ala Jepang.


Bisa nggak sih masak kari ala Jepang di rumah? Kayaknya ribet banget kudu hunting bahan bumbunya yang mungkin sulit ditemui di negara kita. Eits, sekarang nggak usah galau. Kini ada bumbu instan kari ala Jepang untuk para ibu rumah tangga yang ingin menyajikan hidangan istimewa di rumah. Hidangan dengan rasa otentik kari Jepang! Dengar kabar ini saya seneng banget, lho!


Autumn Feast by House Kari ala Jepang

Pada hari Sabtu tanggal 9 November 2019, saya dan teman-teman blogger datang ke acara "Autumn Feast by House Kari ala Jepang". Yaitu acara untuk memperkenalkan House Kari ala Jepang, bumbu kari instan Jepang yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Terutama pada generasi muda yang gemat memasak dengan cara yang praktis, mudah, dan lezat.  

Wah, saya jadi penasaran pengen tahu bumbu kari ala Jepang. Saya berangkat naik commuter line dari Bogor bareng Mbak Leyla dan Selvi, juga Mbak Avril dari Depok. Kami berempat naik Grab Car dari Stasiun Duren Kalibata menuju lokasi acara yaitu di Almond Zucchini Kitchen Studio, Jalan Prapanca No.6 A Pulo Kebayoran Baru Jakarta.


Tempatnya nyaman banget. Menurut Mbak Leyla yang sudah pernah datang ke sini, Almond Zucchini Kitchen Studio ini sering digunakan untuk acara demo masak karena punya dapur besar yang keren. Duh, bakalan mupeng nih!


masakan jepang
Berfoto sebelum acara dimulai

Usai registrasi, kami dipersilahkan duduk dan menikmati suguhan coffee break yang ada di meja prasmanan. Boleh ambil kopi dan teh yang disediakan oleh Caribou Coffee. Juga cemilan manis yang nikmat dari Anns Bakehouse & Creamery.

masakan jepang
Suguhan minuman dari Caribou Coffee

masakan jepang
Suguhan kue dari Anns Bakehouse & Creamery

Selanjutnya, acara dimulai. Mbak Dewi Febrina Iriani Marketing selaku Communications Executive PT House & Vox Indonesia menyambut kedatangan kami sambil memperkenalkan produk House Kari ala Jepang.  

masakan jepang
Bumbu saus praktis House of Kari ala Jepang

PT House & Vox Indonesia adalah distributor produk makanan di bawah naungan House Groups Inc, Japan. Brand ini sudah dikenal lama di Jepang sejak tahun 1913. Dengan produk andalan utamanya adalah House Kari ala Jepang yang diproduksi di Semarang dengan standar kualitas yang diawasi dengan ketat.

masakan jepang
Mbak Dewi Febrina Iriani 

House Kari ala Jepang adalah bumbu saus kari instan siap pakai dan sudah bersertifikasi halal. Jadi tenang mengkonsumsinya. Bumbu  berbentuk blok padat berwarna coklat ini sudah didistribusikan sejak tahun 2016 ke hotel, restoran, dan katering. Wah, kayaknya termasuk resto udon favorit keluarga saya juga nih.


Cara memasaknya juga gampang. Cukup larutkan bumbu secukupnya di air panas 90 derajat celcius, kemudian dicampurkan ke masakan hingga mendapatkan kekentalan yang pas. Cocok untuk dibuat menjadi sup, mie, pasta, udon, isian roti dan sebagainya. Masakan dengan bumbu House Kari ala Jepang sudah langsung mengental tanpa tambahan maizena. Bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai manula. 


Tidak ketinggalan, President Director PT. House & Vox Indonesia  yaitu Mr. Kuramochi asal Jepang turut memberikan sambutan. Harapan beliau adalah agar House Kari ala Jepang bisa dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan semakin banyak yang bisa menikmati lezatnya kari ala Jepang yang praktis dan halal.


masakan jepang
Mr. Kuramochi

Suasana jadi semarak dengan selingan games yang membuat para blogger bersemangat. Lumayan, saya kebagian hadiah voucher Caribou Coffee usai menjawab pertanyaan dari MC. 

masakan jepang
Seru-seruan main games dan dapat hadiah


Demo Masak Bersama Chef Chitra

Acara selanjutnya adalah demo masak bersama Chef Chitra dengan menggunakan produk House of Kari Jepang. Kami diajak berpindah ruangan ke dapur yang besar. Wow, beneran besar banget dapurnya! Cukup untuk 15 orang memasak di waktu yang bersamaan!
masakan jepang
Dapur besar dengan fasilitas komplit

Saya seneng banget menyaksikan demo masak. Rasanya jauh menyenangkan daripada nonton di layar kaca atau video online. Tentu saja beda sensasinya menyaksikan langsung itu bisa nyolek lihat dari dekat chef yang sedang beraksi. 


masakan jepang
Chef Chitra yang cantik bisa bikin gagal fokus nih :)

Chef Chitra mulai memasak hidangan pertama, yaitu Strawberry Milk Pannacota. Dessert rasa stroberi ini terdiri dari dua lapis. Lapisan bawah berupa gelatin stroberi yang lembut dan lapisan menggunakan House Strawberry Premix, salah satu produk dari House n Vox Indonesia.


masakan jepang
Demo masakan pertama

Saat memasak desert ini saya baru tahu seperti apa bentuk gelatin halal yang digunakan untuk membuat puding menjadi lebih lembut. Puding stroberi yang sudah masak ditaruh di gelas untuk didinginkan. Begitu pula adonan House Strawberry Premix yang dibuat tanpa memakai kompor. Adonannya langsung ditaruh di kulkas setelah dicampur dengan susu. Cocok banget buat yang pengen dessert enak tanpa dimasak saat traveling.

Masakan kedua adalah Vegetarian Curry Puff Pastry. Isian berupa aneka sayuran diberi bumbu saus kari ala Jepang. Saya menyaksikan sendiri betapa mudahnya memasak dengan menggunakan bumbu House of Kari Jepang. 


masakan jepang
Bentuk serpihan blok House of Kari ala Jepang
Blok coklat House of Kari Jepang 'dipotek' atau dipotong sesuai kebutuhan. Mau banyak biar agak kental juga bisa. Saat dicelupkan pada bahan makanan yang dimasak, bumbu langsung tercamput dengan sempurna dan kuah mengental dengan sendirinya. Mantap!

masakan jepang
Praktek memasak dengan bumbu House of Kari Jepang

Setelah adonan isi mengental dan kuah sedikit menyusut, ambil sesendok adonan lalu taruh di kulit puff pastry siap pakai. Terus tunggu matang deh di oven.


masakan jepang
Memasukkan adonan isi ke dalam kulit puff pastry

masakan jepang
Suasana demo masak

Resep dan cara membuat bisa dibaca di postingan Vegetarian Curry Puff Pastry

Resep ketiga adalah Rice Burger with Chicken Katsu. Yaitu burger ala Jepang dengan nasi sebagai pengganti roti burger. Isiannya adalah chicken katsu dengan saus vegetables curry. Yup, isian vegetables curry memang sekalian dibuat untuk pelengkap hidangan utama ini. 


Step by step memasak dilakukan Chef Chitra dengan sangat lihai. Sambil diselingin candaan dengan MC, acara demo masak jadi tidak membosankan. Ingat chicken katsu, jadi ingat waktu saya bikin sendiri di suatu acara lomba masak. 

Di sini saya baru tahu triknya supaya ayam mudah matang, yaitu dipukul-pukul dulu (adududu) sebelum dipanir lalu saat digoreng bagian atasnya disirami minyak panas dengan sendok. Noted!

masakan jepang
Memasak hidangan utama

Resep dan cara membuat Rice Burger with Chicken Katsu Curry bisa dilihat di sini.

Serunya Praktek Masak Bareng Teman-teman Blogger

Waktunya praktek masak! Ini dia yang saya tunggu-tunggu! Pengen masak barengan teman-teman blogger sambil mencoba bumbu House Kari ala Jepang. Tadi sih liat Chef Chitra masak, kayaknya gampang banget. Kira-kira saya bisa juga nggak ya...

masakan jepang
Mejeng dulu di dapur kerennya

Saya pilih menempati meja paling depan. Biar gampang ngeliatin Chef Chitra dari tempat demo masaknya, hehe. Sebenernya nggak perlu ambil tempat paling depan karena Chef Chitra aktif berkeliling membantu semua peserta masak bareng dan kru pendukung yang sigap membantu menyediakan bahan dan peralatan masak. Keren kan!

Sebagai partner masak, saya barengan dengan Mbak Leyla. Beberapa teman blogger ada yang berdua juga dan ada yang memasak sendiri. 

masakan jepang
Difoto saat memasak menu pertama

Menu pertama tentu saja mengikuti demo masak tadi, yaitu dessert Strawberry Milk Pannacota. Pas bagian mengaduk dengan spatula, ketahuan banget betapa kita berdua jarang bikin kue. Keliatan dari cara mengocok adonannya, hihihi.
masakan jepang
Bergaya dulu aja deh!

Masakan kedua yaitu Vegetarian Curry Puff Pastry dan masakan ketiga Rice Burger with Chicken Katsu berhasil kami uji coba.  Saat memasak juga nggak ada acara balapan karena kami semua mengikuti instruksi dari Chef Chitra. Jadi mulai barengan dan selesai barengan juga. Aih, senangnya!

masakan jepang
Suasana masak bareng

masakan jepang
Icip-icip dulu... hmm udah enak!

Tidak ketinggalan sosok yang turut membantu kelancaran acara memasak adalah Chef Irene dari Master Chef season 5. Salut banget dengan kerja tim yang kompak untuk acara ini. Jujur, ini demo masak ternyaman yang pernah saya ikuti. Tempatnya keren, peralatannya lengkap, dan krunya cepat tanggap jika peserta ada masalah dengan bahan atau peralatan memasak. 
masakan jepang
Chef Irene sigap membantu

Menghias Masakan dengan Edible Flowers

Sudah matang? Waktunya menghias makanan alias plating. Chef Chitra kembali ke meja utama untuk mempraktekkan cara menghias makanan. Dipilih bunga aneka warna sebagai garnish atau penghias. Bunga-bunga ini merupakan edible flowers atau bunga yang bisa dimakan. 
masakan jepang
Menghias makanan dengan edible flowers

Chef Chitra lalu mengecek meja peserta satu per satu. Saat mampir ke meja saya dan Mbak Leyla, Chef Chitra membetulkan burger nasi kami yang murudul eh apa istilahnya. Maksudnya, bentuknya berantakan dan kayak mau jatuh gitu. Ternyata itu disebabkan adonan nasinya kurang padat. Terus, langsung dibetulin deh. 

masakan jepang
Memperbaikin tatanan rice burger
Beres deh! Mau mejeng dulu ah dengan masakan hasil kreasi kami berdua....

masakan jepang
Cantik ya masakannya kayak yang bikin :D

Permisi, para masakan mau ikutan mejeng...


masakan jepang
Strawberry Milk Pannacota

masakan jepang
Rice Burger with Chicken Katsu

masakan jepang
Vegetarian Curry Puff Pastry
Saya juga mau mejeng bareng Chef Chitra...


Saya dan Chef Chitra
Usai acara memasak, kami disuguhkan makan siang yang nikmat juga ada pengundian door prize. Saya belum beruntung namun ikut senang dengan teman-teman blogger yang pulang membawa hadiah. Terima kasih untuk acara hari ini, saya bahagia banget dapat pencerahan tentang cara memasak kari ala Jepang.

Masak Kari Jadi Mudah dengan House Kari ala Jepang

Sampai di rumah, saya tidak sabar untuk mencoba sendiri memasak kari ala Jepang. Setelah memikirkan, menimbang, dan memutuskan... saya pilih untuk mengolah daging sapi menjadi hidangan yang diberi nama: Rainbow Beef Curry. Cakep kan namanya. 


masakan jepang
Rainbow beef curry

Alhamdulillah, olahan kari ala Jepang buatan saya ini disukai oleh keluarga. Ketika ada tamu yang singgah di rumah, saya suguhkan rainbow beef curry. Mereka pun memuji rasanya yang enak. Senangnya sewajan besar habis oleh keluarga dan para tamu. 


Buat keluarga besar atau jika ingin masak banyak untuk acara, bumbu House of Kari Jepang ini cocok banget digunakan karena praktis, mudah membuatnya, dan rasanya yang enak. Kapan-kapan mau bikin lagi untuk acara arisan di rumah.

Kalau buat jualan gimana? Wah, itu bisa banget! Satu pak bumbu ukuran besar House of Kari Jepang bisa menghasilkan 50 porsi masakan kari, lho! Harga pasarannya sekitar 125 ribu sampai 140 ribu rupiah. Mau masak banyak nggak usah repot lagi mengulek bumbu. Tinggal potek, masak, jadi deh! Mantap!

Tertarik untuk mencoba? Bumbu House Kari ala Jepang bisa diperoleh di supermarket yang tertera di foto berikut:



Selamat berkreasi dengan House Kari ala Jepang. Kalau masakannya sudah matang, jangan lupa bagi buat saya ya! ^_^



House Kari ala Jepang
Facebook: House Kari ala Jepang
Instagram: @karialajepang

56 comments

  1. aku dari tadi mbatin, ini paling kalo di Sby dijual di Papaya supermarket.
    ehhh, lihat list tokonya beneran ada!
    Aku beberapa kali lewat Papaya sih mba, insyaAllah kapan2 mau coba juga
    biar masak kari ala Jepang makin nikmat bin otentik yhaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk bisa mampir deh buat beli kari ala jepang. selamat mencoba yaa

      Delete
  2. Aku baru tau produk House Kari a la Jepang ini. Duh jadi pengin nyobain bikin juga vegetarian curry puff pastry. Tapi di Jember beum ada ya produk ini, ntar deh kalo libur sekolah aku cari di Hokky Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti jg ada di jember ya mak. biar lebih dekat nyarinya :)

      Delete
  3. Detailnya resepnya, Mak. Harus teliti membacanya juga karena ada tips di dalamnya. Mantaps.

    ReplyDelete
  4. Aih ini makanannya jadi enak enak banget mba. Aku belum pernah nyoba house kariini. Padahal pengen banget bikin kari ala jepang dengan mudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dah mateng kari ala jepangnya, undang aku makan ya mba lid :P

      Delete
  5. Udah lama aku penasaran sama rasanya kari jepang. Sekarang bisa diicipi di rumah dengan cara praktis, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng jadinya ga usah bayar mahal lagi ke resto buat nyicipin kari ala jepang :D

      Delete
  6. Aku belum pernah makan masakan kari Jepang. Pengen juga nih masak kari dengan bumbu House Kari ala Jepang. Udah cukup lama juga ya beredarnya. Dari tahun 2016 an. Semoga makin merambah ke toko-toko penjual bahan makanan.

    Demo masaknya nampak seru banget. Hasil masakan Mba juga oke, nasinya udah dibenerin jadi makin cakep juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mba, dijamin pasti ketagihan hehehe.

      iya aku seneng banget kalo ada acara diajakin ikutan demo masak. berasa jadi chef propesyonal :D

      Delete
  7. Wuih asyiknya bisa nyobain masak di dapur ala masterchef... Semua masakannya menarik banget, jadi pengen coba... Sayang lokasi toko yang di bandung jauh euy dari rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih iya jadi berasa kayak ikutan master chef tapi ini kita ga balapan alias santai hihihi

      Delete
  8. Kari ini, menu makanan yang juga selalu dipesan suamiku kalau ke restoran Jepang. Kata dia, emang kari Jepang rasanya enak dan nagih.

    Kalau ada bumbu udah jadi sepraktis ini tinggal cemplung, wah.. bahagia rasanya bisa nyenengin suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba ria. pasti suaminya seneng banget nih dimasakin kari ala jepang kesukaannya di rumah :)

      Delete
  9. oh adanya di Lotte ya, jadi penasaran mau masak pakai kari instan. Hasil masakannya menggiurkan dan cantik tatanannya. Mau coba yang burger nasi dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mamah sid. enak banget lhoo...
      ayo coba yg burger nasi jadi kenyang banget nih

      Delete
  10. Kari Jepang memang lebih enak dan beda pokoknya, asik ada bumbu kari jepang instant gini jadi bisa masak di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi ga perlu ribet lagi mikirin bumbu kari jepang apa aja. tinggal cemplung jadi dehh

      Delete
  11. Bener banget Mbak Ina, kari Jepang rasanya lebih ringan dan nggak sepedas kari India yaa. Jadi cocok buat anak2. harga 1 pack House kari ala Jepang 125 ribu isi 50, udah bisa buat persediaan setahun yaa. Ku jadi pengen coba masak kari pakai house juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa buat setaun bisa buat jualan juga okee.
      seru2an buat masak pas keluarga besar or rombongan arisan di rumah dateng, pasti pada suka deh :D

      Delete
  12. Langsung cek di Bekasi ada atau gak, ternyata ada di Lotte ya, nanti kalau pas ke sana aku nyobaon ah mau masak kari ala Jepang. Duh itu Panacota strawberrynya bikin ngiler aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk mba lidya mo masak kari jepang jugaa
      aia itu panacotanya enak banget lhoo

      Delete
  13. Wah aku ya suka rasa kari jepang, pernah makan di salah satu resto sebelumnya, tapi gak bisa masaknya krn gak tau resepnya. Kalau pakai blok kari ini udah enak aja rasanya pas ya tinggal kasi bahan2 pelengkapnya aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa aku juga suka pesen kari jepang. skr bisa masak sndiri di rumah uwuwu senangnyaa

      Delete
  14. Asyik ya sekarang ada kari ala Jepang yang instan. Bisa praktek bikin di rumah, deh!
    Seru sekali ya bisa ikutan acaranya, jadi bisa belajar masak bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, skr bikin kari jepang di rumah jadi gampang pisan :D
      hihi kalo acara masak2 bareng emang inna paling demen

      Delete
  15. Kalau harus masak kari saya pun pasti bakal pusing duluan mengingat bumbunya yang banyak jenisnya, kan. Alhamdulillah kalau ada House of Kari Ala Jepang jadi pengin buru-buru praktek nih di dapur rumah. Seandainya bisa masak juga di Almond Zucchini Kitchen Studio pasti seru bingit, yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. horee skr ga pake pusing lagi kalo mo bikin kari jepang ya mbaa
      kalo udah ke almond zucchini dijamin iri tingkat dewa krna mupeng sama dapurnya yg keren

      Delete
  16. Kari jepang memang enak mbaaa.. aku suka. Dan sekarang tambah gampaang masaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk kita senasib demen kari jepang makk. yuk cuss cobain masak sendiri buat bo et obi :D

      Delete
  17. Masak kari jadi semudah itu ya, padahal masak kari beneran teknisnya cukup sulit, menurutku ya mba hehehe selali ambyar hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambyar krna bumbunya kurang pas yaa. untung ada kari jepang yg praktis, tinggal lup celup jadi deh :D

      Delete
  18. Wah jauh ya belinya? Paling kalau pas mian ke rmh papa nih bisa beli di ranch market. Pengen coba juga deh itu bikin burger nasi kayan chaf inna.. hehehe
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemon chef adeee kita masak kari jepang bareng :D

      Delete
  19. Saya juga suka sekali makanan berkari, Mbak . Hanya memang masak masakan berkari itu ribet. Dan untungnya sekarang ada kari kemasan ya. Jadi lebih mudah.
    Dan saya penasaran dengan Kari Jepang ini, Mbak. Kemarin sudah baca postingan teman juga. hanya sayangnya cari di Gombong belum ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga nanti segera ada yg di Gombong.
      pakai kari ala jepang bikin emejing krna praktis banget dan rasanya yg enaakk

      Delete
  20. Rainbow beef curry-nya, beneran bikin ngiler Mbakkk, gak tahan aku, wkwkwkwk. Btw keluargaku termasuk penggemar curry. Sampai yang paling kecil juga suka. Apalagi kalau curry udon, walah,seporsi kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren bikin rainbow beef curry langsung laris manis alhamdulillah :D
      sama yaa anaku yg paling kecil jg demen kari jepang. satu porsi ukuran dewasa udon pake toping kari jepang habis dilahapnya sendiri

      Delete
  21. Di tanganmu semua pasti jadiii makkk. Kalau ditanganku kayaknya emang kudu yg model praktis macam gini. Cobain aaah

    ReplyDelete
  22. Kalau lg kangen jepang aku suka bikin sendiri di rmh. Lebih praktis kl ada kaldu kari blok gini ya mbak

    ReplyDelete
  23. Wuih pinter plating-nya
    Jadi mau coba juga House Kari a la Jepang
    Soalnya dipikiran saya menu berat bahan daging sapi
    Ternyata...

    ReplyDelete
  24. Yaampun kak, kok aku laper yaa tiba-tiba liat makannyaa. Itu kok kuenya cantik-cantik banget yaah hehe pengen makan tapi sayang masak wkwk

    ReplyDelete
  25. Mumpung besok akhir pekan. Saya baru inget masih ada kari roux ini di rumah. Masak menu kari ala Jepang, ah

    ReplyDelete
  26. Bumbu kari kan banyak banget. Aku pernah bikin sendiri tapi ramuannya ga pas. Cemplang gitu deh mak 😂


    ReplyDelete
  27. Asiiik ada bumbu kari jepang praktis, mau beli dan bikin di rumah aaahh

    ReplyDelete
  28. Assiiikkk ada bumbu kari Jepang yang praktis, mau beli aaah coba bikin di rumah :)

    ReplyDelete
  29. Aku jadi makin penasaran sama kari Jepang ini. Aku baru tahu kalau Jepang juga punya kari, kirain kari itu khas Indonesia lho
    Mau ah cari bumbunya juga

    ReplyDelete
  30. Bumbu saus siap saji yang begitu mudah proses buat nya. Kekentalannya juga pas gitu, seru untuk bikin aneka variasi hidangan

    ReplyDelete
  31. Seru banget ya, Teh. Udah gitu bisa masak bareng teman-teman blogger..
    Makin mudah aja ya sekarang masak kari ala jepang..

    ReplyDelete
  32. Menarik juga bisa masak Kari ala Jepang dgn rasa Otentik di rumah sendiri. Praktis banget yaak

    ReplyDelete
  33. Setuju kak, bah memang lebih asyik lihat demo masak secara langsung, karena feel nya makin dapat apalagi pas mencium aroma masakan, Deuh langsung deh adrenalin pingin masak juga saat itu

    ReplyDelete
  34. Baca ini saya jadi semangat untuk masak aneka hidangan di atas. Soalnya jadi tertantang buat bikin.

    ReplyDelete
  35. Baca dari atas sampai selesai, acaranya keren. Belajar masak dari chef dengan kari Jepang. Seru sekali

    ReplyDelete
  36. aku suka banget sama yang namanya kare Jepang dan kehadirannya ini bisa jadi aku makin semangat buat homemade nanti di rumah, pasti suamiku seneng banget haha

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^