Monday, March 26, 2018

Tim Ikan Kerapu Saus Kecap



Akhir pekan ini kebetulan pas tanggal tua. Artinya, mager di rumah dan nggak pergi jalan-jalan apalagi makan di luar. Meski nggak bisa makan di resto, masih bisa lho menghidangkan masakan ala resto di rumah sendiri. Itu yang ada di pikiran saya sambil memutar otak, mau masak apa ya?

Saat nangkring di warung sayur sambil termenung (ceritanya mencari inspirasi), mata saya tertumbuk pada bungkusan ikan segar di atas meja dagangan. "Itu ikan apa?" tanya saya, perasaan nggak asing deh. "Ikan kerapu," jawab Mama Alif sang pemilik warung. Oh iya, pantes saya kayak yang kenal gitu. Pernah ketemu beberapa kali di restoran seafood. 

"Enaknya diapain?"

"Ditim enak, Bu."  

Wah iya, terakhir makan ikan kerapu emang ditim waktu di Makassar. Dulu banget, saya pertama kali makan ikan kerapu waktu kecil juga ditim. Sebenernya, bisa diolah jadi yang laen sih. Tapi kayaknya saya musti jajal dulu bikin ikan kerapu dengan cara ditim. Kalau berhasil, baru saya bikin percobaan cara mengolah yang lain.

"Oke, bungkus!"

"Satu aja? Nggak dua?

"Satu dulu, Baru percobaan..."

Saya pun meminta seplastik berisi dua ikan kerapu untuk dibersihkan. Oia, biar tampilannya cantik, saya meminta ikan tidak dipotong. Sampai di rumah, ikan ini tidak saya olah karena rencananya ikan ini akan saya masak saat akhir pekan. Jadi, ikan saya lumuri jeruk nipis dan garam lalu ditaruh di freezer.

Dua ekor ikan kerapu yang cantik
Hari Minggu (25 Maret) adalah hari yang tepat untuk memasak ikan kerapu. Sebelum mulai memasak, saya googling dulu resep tim ikan kerapu. Dari berbagai sumber, saya menarik kesimpulan sendiri dan mengarang resep sesuai selera keluarga. Kemudian, saya mencairkan ikan dari freezer. Sementara menunggu ikan cair, saya menyiapkan bahan-bahan untuk membuat tim ikan kerapu. Ada apa saja? Simak yuk...

Bahan tim ikan kerapu
Bahan:
  • 2 ekor ikan kerapu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 batang daun bawang
  • 5 cm jahe
  • 1 buah cabe merah besar, buang biji
  • garam secukupnya
  • air jeruk nipis secukupnya
 
Bahan saus kecap

Bahan saus kecap:
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 1 sdt maizena bubuk
  • 200 ml air matang
  • minyak goreng secukupnya
Selama menyiapkan bahan, saya dibantu oleh Kk Rasyad. Dia dengan sukarela memotong bahan taburan ikan dan ikut mengamati proses memasak. Makasih ya, Sayang! Yuk, mari simak cara membuat tim ikan kerapu saus kecap...

Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit. Ikan yang saya pakai sudah dibalur air jeruk nipis dan garam sebelum dibekukan, jadi mencuci kembali ikan dan melumuri kembali langkah ini.
  2. Geprek dan cincang kasar bawang putih.Iris bawang bombay. Iris korek api memanjang: daun bawang, jahe, dan cabe merah. Simpan sebagai bahan taburan ikan.
    Bahan taburan ikan kerapu
  3. Panaskan dandang kukusan. Taruh ikan di atas pinggan tahan panas atau loyang (saya pakai loyang). Tata bahan taburan ikan. Jangan lupa bagian bawah ikan juga, ya!
  4. Kukus selama 40 menit.
    Mengetim ikan dengan cara dikukus
  5. Sambil menunggu ikan matang, mari kita buat saus kecapnya.Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan air, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, garam, merica, dan kaldu bubuk. Masak sampai mendidih selama 5 menit. Campur maizena dengan sedikit air, masukkan, aduk rata. Koreksi rasanya. Saring saus kecap. Sisihkan.
    Saus kecap sudah jadi!
  6. Taruh ikan kerapu beserta taburannya dengan hati-hati ke piring saji. Buang air sisa kukusannya supaya ikan tidak amis.
    Tata ikan di piring saji
  7. Panaskan 2 sdm minyak goreng. Siram ke atas ikan. Langsung tambahkan saus kecap. 
  8. Tim ikan kerapu saus kecap siap dinikmati.
Saya pikir, bikin tim ikan kerapu ini bakalan riweuh. Ternyata enggak juga tuh! Dan alhamdulillah, hasinya sesuai dengan harapan alias enak banget! Dua ekor ikan jadi rebutan buat kami berlima, haha! 

Mari makan!
Rasa tim ikan kerapu ini nggak jauh dari yang ada di restoran, lho! Beberapa versi yang sempat saya ingat di lidah adalah tanpa kecap alias hanya mengandalkan bawang putih dan kecap ikan dan arak masak saja. Kecap ikan tidak saya pakai karena nggak punya. 

Sedangkan arak masak atau angciu tidak digunakan karena diragukan. Angciu terbuat dari beras ketan yang difermentasi menjadi alkohol. Tentu saja bagi umat muslim makanan yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari karena haram. Dulu saya belum paham. Tiap ke restoran masakan cina pasti makan hidangan yang menggunakan angciu. Bahkan saya sempat punya stok angciu di rumah! Astaghfirullah. Ya Allah, maafkan hamba-MU ini.

Dan asal tahu saja, tim ikan kerapu bumbu simpel yang ada di restoran sudah pasti menggunakan angciu. Jadi, kalau mau aman ya bikin sendiri di rumah seperti ini. Insha Allah halal. Bagi yang non muslim, silakan menggunakan angciu secukupnya saja (kalau kebanyakan ya yang namanya alkohol pasti jadi makgrenggg).

Oke deh, lanjut makan lagi yuk yuk! Daging ikan kerapu terasa lembut dikunyah. Bumbu meresap sempurna ke dalamnya. Bahan taburannya juga enak dimakan. Apalagi jahe yang ketika digigit menimbulkan sensasi hangat di lidah. Ouhh...
 
Daging ikan yang lembut dan bumbu yang meresap

Baiklah, sampai di sini dulu ya. Selamat mencoba tim kerapu saus kecap ala restoran...



 

2 comments:

  1. Wuahh jadi laper.. mantep mba.. aku belum pernah masak ikan kerapu, kapan2 hunting ke pasar sini ah. Kayanya cocok ni buat menu long wiken minggu ini

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba kerapu. Kayaknya enak. Oh, ya, makasih reminder soal angciu.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^