Wednesday, January 24, 2018

Cireng Nasi Kuning




Halo hai! Masih inget postingan saya tentang nasi kuning box untuk arisan? Nah, ini masih kelanjutannya. Dengan kata lain: mengolah sisa nasi kuning biar nggak mubazir. Sisa nasi kuning dibikin apa ya? Bosen makan nasi kuning dengan lauknya lagi. Kalau nasi putih masih bisa dibikin nasi goreng atau nasi bakar. Tapi nasi kuning? Masa nasi kuning goreng? Aneh deh perasaan.

Kemudian, saya ingat percobaan beberapa minggu lalu bikin cireng nasi. Nah, kenapa nggak bikin cireng nasi kuning aja? Pan sekalian bisa update blog, haha. Ya sudah, yuk mari kita eksekusi nasi kuning jadi cireng. Saya menggunakan tepung bumbu Kobe dan mengikuti resep yang tertera di balik kemasan (takaran dikurangi setengah).

Bahan:
  • 100 gr nasi kuning
  • 50 ml air
  • setengah bungkus KOBE Tepung Bumbu Putih (75gr)
  • 1 batang daun bawang, cincang halus
  • minyak goreng secukupnya
Bahan cireng nasi kuning

Cara membuat:

1) Campur nasi kuning, tepung Kobe, daun bawang, dan air. Aduk rata.

Aduk rata adonan cireng

2) Panaskan minyak goreng pada wajan datar anti lengket. 

3) Tuang 1 sdm adonan cireng, pipihkan. Goreng dengan api kecil hingga matang. 

Goreng sampai matang
4) Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal botolan.

Ah iya, hampir lupa. Saya sudah pernah bikin pakai nasi putih biasa. Rasa teuteup lah... enak! Lumayan kan, sisa nasi di magicom tidak terbuang sia-sia karena berubah wujud jadi cireng nasi. Seperti ini penampakan bagian isi cireng nasi dengan nasi putih...

Bagian dalam cireng nasi putih

Okedeh, selesai sudah. Cara membuatnya gampang bukan? Selamat mencoba ya ^_^


Cireng nasi kuning

9 comments:

  1. Cireng paling pas dinikmati sore-sore gini sambil ngeteh. Uh favorit banget! Bikinnya gambang ya, terus itu fotonya bikin ngiler aja, mak.

    ReplyDelete
  2. Kok kepikiran si mak? Keren deh idenya gampang pulak

    ReplyDelete
  3. Mbak Inna, kreatif banget. Kukira sepintas ini bala-bala ternyata cireng toh. Biasanya kalau di facebook seringnya kulihat nasi dijadiin pempek, ini justru jadi cireng.

    ReplyDelete
  4. Gampamg banget cara bikinnya, pas eksekusi di dapurku entahlah. Mbak Inna mah juara ngolah apapun, besok aku mau beli kobe ach, ada sisa nasi putih sepertinya

    ReplyDelete
  5. Saya juga bikin cireng pakai tepung kobe. Tapi nasi putih :D tertarik beli tepung kobenya pas lihat ada tulisan resep cireng nasi :D

    ReplyDelete
  6. Subhanallah. Beda ya ibu-ibu yang suka masak mah. Idenya itu ada aja dan kreatif. Saya aja baru tahu ada cireng nasi kuninh

    ReplyDelete
  7. Wah alternatif lain kalau ada nasi sisa, selain dibikin nasgor. Kalau pakai nasi kuning pastinya lebih enak ya karena ada rasa bumbunya.

    ReplyDelete
  8. wah kreatif nih mbak inna, aku mau coba ah, tp kalau nasi putih juga bisa ya

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^