Membuat Pizza Roti Tawar dengan LOCK & LOCK HARD & LIGHT


Pada hari Senin kemarin, saya membuat pizza roti tawar untuk bekal sekolah Dd Irsyad. Sedangkan Kk Rasyad lebih suka diantar bekal nasi dan jajan permen di sekolah. Jadi, pizza roti tawar saya siapkan untuk bekal les renang Kk Rasyad pada sore harinya. Sekalian saya bawakan juga untuk teman lesnya, Ari. Wah, anak-anak ternyata suka dengan roti pizza buatan saya. Enak, katanya. Alhamdulillah.

   Sesuai dengan namanya, pizza ini menggunakan roti tawar. Kenapa? Supaya praktis dan cepat saat membuatnya. Kalau bikinnya lama, bukan dapur ngebut namanya, hehe. Sebelumnya, saya sudah membuat pizza dengan roti dari adonan tepung terigu campur ragi. Apa daya, karena kurang pengalaman, adonan roti tidak mengembang. Meskipun gagal, ternyata Bapa dan 3 boyz tetap bilang pizza buatan saya enak. Senangnya :)

   Pizza yang enak adalah pizza dengan isian atau toping yang nikmat. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas untuk membuat toping pizza. Apa saja boleh, yang penting anak-anak suka dan pilih bahan makanan yang menyehatkan. Selipkan sedikit sayuran seperti jagung manis atau wortel. Brokoli juga boleh. Kreasikan bahan makanan dengan warna-warni cantik untuk mengundang selera.

   Masak pizza pakai apa? Saya tidak punya alat pemanggang atau oven. Bikin pizza bisa pakai pan anti lengket lho! Beneran! Saya sudah coba sekali, dan kemudian ketagihan! Wah, gampang banget! Pan merk apa? Ini lho, pan baru kesayangan saya: LOCK & LOCK HARD & LIGHT frying pan yang saya ceritakan di  postingan ini: Memasak jadi mudah dengan LOCK & LOCK HARD & LIGHT. Seperti ini penampakan dan keunggulan dari LOCK & LOCK HARD & LIGHT frying pan:


Keunggulan LOCK & LOCK HARD & LIGHT frying pan

    Nah, sudah lihat kan, seperti apa pan untuk membuat pizzanya? Jika belum punya, bisa pakai pan anti lengket biasa. Karena pan LOCK & LOCK HARD & LIGHT tidak disertai tutupnya, saya menggunakan tutup panci dari kaca. Biar kelihatan proses memasaknya. Pakai tutup panci biasa juga bisa. Tapi jangan lupa bolak-balik diintip ya. Takut gosong.

   Yuk, mari mulai membuat pizza roti tawar. Oia, dalam resep ini saya menggunakan saus spagheti siap pakai karena isinya sudah komplit dengan racikan bumbu Italian herbs. Itu lho, bubuk kering siap pakai dari daun basil, oregano, dan teman-temannya. Biar saus pizzanya punya rasa italianoo...


Roti tawar yang sudah dipotong
   Bahan:

  • 10 lembar roti tawar
  • margarin untuk menumis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • saus tomat atau saus spagheti siap pakai
  • 3 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 3 buah sosis ayam atau sapi, iris tipis
  • 2 buah otak-otak ikan, iris tipis
  • 4 buah bakso sapi, potong kotak kecil
  • keju parut sesuai selera
  • 1 buah wortel, potong kotak kecil
  • 3 buah jamur kancing, iris tipis
  • 1 buah paprika merah (bisa diganti dengan tomat merah), buang biji, iris tipis
  • sayuran lain: jagung manis, brokoli, dan lain-lain
  • Italian herbs (jika ada)

Cara membuat:

1. Potong roti tawar menjadi bentuk lingkaran. Saya menggunakan tutup toples dan pisau untuk memotongnya. Bentuk pizza bisa sesuai selera. Mau bentuk segitiga juga boleh. 

2. Olesi roti tawar dengan saus tomat atau saus spagheti siap pakai. 


Roti tawar dan saus spagheti instan


Roti tawar yang sudah dioles saus spagheti

3. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Masak hingga matang. 

4. Masukkan sosis, bakso, jamur, wortel, dan sayuran pelengkap lainnya. Tambahkan garam dan merica. Boleh juga menambahkan italian herbs untuk bahan toping ini. Masak hingga semua bahan matang. 

5. Taruh bahan toping di atas roti yang sudah diolesi saus spagheti tadi. Tata supaya penampilannya cantik. Beri taburan keju parut pada bagian paling atas.

Oleskan bahan toping ke atas roti

Pizza roti tawar siap dipanggang di pan anti lengket

6. Panaskan pan. Oleskan sedikit margarin. Taruh pizza di atas pan. Tutup dengan tutup panci. Kecilkan api. Masak hingga pinggiran roti berubah kecoklatan dan bahan toping berubah menjadi agak kering.

Sebelum ditutup

Saat ditutup
7. Angkat pizza. Sajikan bersama saus tomat atau sambal botolan. Hmm, nikmat!

Pizza sudah matang!

Pinggiran roti yang kecoklatan

Gigit ah!

Ayo, baris dulu!

   Sebelum kalap menghabiskan semua pizza, saya menyisihkan dulu bagian untuk Kk Rasyad dan anggota keluarga lain. Sedangkan untuk Dd Irsyad, langsung saya taruh di kotak bekalnya. Saya segera berangkat mengantarnya ke sekolah. Sempat juga bikin bekal di saat riweuh mepet waktu pada pagi hari. Soal rasa, jangan tanya lagi. Pizza roti tawar ini enak banget! Selamat meocoba ya ^_^

Spongebob, "Langkahi dulu mayatku untuk merebut pizza ini! Ciaat!!!"

14 comments

  1. Yummy..... aku mo nyobaih ga meskipun panciku kalah kece hahahha...

    ReplyDelete
  2. wah, rotinya semakin bervariasi isinya nyummmmyyyy

    ReplyDelete
  3. wahh perlu banget nih, pengen langsung coba ah, buat bekal kaka dan abang..

    ReplyDelete
  4. Untuk dough pizza, aku seringnya beli yang ready to use. Tinggal kasih topping lalu panggang. #ibuibumalas :D

    ReplyDelete
  5. satu nggak cukup kayaknya kalau saya xixixix

    ReplyDelete
  6. enaaaakkkk..
    bikinnya jg gampang ya mak,

    ReplyDelete
  7. ujan-ujan gini makan pizza enak yah :)

    ReplyDelete
  8. Kejunya pakai yang cheddar ya, Mbak?

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^