Thursday, July 13, 2017

Opor Ayam Istimewa dan Ayam Bakar Pencok Kacang Panjang dari SO GOOD Ayam Potong





Halo semua! Mumpung masih suasana Lebaran, saya ingin mengucapkan mohon maaf lahir batin. Maafkan jika saya punya salah atau ada yang tidak berkenan dengan tulisan di blog ini yang berkaitan dengan aktivitas ngebut di dapur ini. Gimana cerita hari raya kemarin? Pada Hari Raya Idul Fitri kemarin, saya memasak hidangan Lebaran komplit. Ada ketupat, opor ayam, rendang, sayur pepaya muda, dan sambal goreng kentang. Saya tidak membuatnya sendirian, tapi dibantu oleh pasukan riweuh alias Bapa sang suami dan 3 boyz para jagoan cilik. 

   Dulu, setiap Lebaran saya selalu mengandalkan kebaikan hati Mamah mertua untuk urusan masakan. Sejak beliau tiada, saya harus mandiri dong, bikin masakan Lebaran sendiri. Ssst.. sekalian latihan. Pada masa mendatang, saya akan memasak hidangan Lebaran lebih banyak dan lebih komplit lagi buat anak cucu. Doakan saya berumur panjang ya, aamiin.

   Resep Lebaran yang akan saya bagi kali ini adalah Opor Ayam Istimewa. Opor ayam ini menjadi istimewa karena menggunakan SO GOOD Ayam Utuh Potong 10. Saya sengaja membeli ayam potong merk SO GOOD di Superindo saatt berbelanja kebutuhan untuk hari raya. Tidak perlu ikut mengantri di counter ayam potong, saya tinggal mendekati freezer dengan merk SO GOOD dan mengambil ayam potong dalam kemasan yang sudah tersedia. Hemat waktu dan lebih efisien.

   Mengapa harus memilih ayam potong SO GOOD? Ayam potong SO GOOD memiliki kualitas ayam terbaik dari peternakan modern. Melalui pembiakan selektif, ayam dikembangkan dan diseleksi agar kondisinya sehat, tumbuh efisien, dan memiliki banyak daging. Ayam tidak disuntik hormon dan pastinya bebas dari formalin. Jadi lebih tenang mengkonsumsinya. 

Sumber: Fanspage So Good is Very Good
   
   Diproses secara halal, begitu dipotong ayam langsung dibekukan pada suhu -35 derajat celcius secara terpisah (individually quick frozen). Hasilnya, ayam tidak saling menempel dan mudah digunakan sesuai kebutuhan. Proses yang bersih ini membuat ayam potong beku dari So GOOD sudah higenis. Tidak perlu dicuci lagi dan langsung diolah setelah dicairkan. Praktis banget! 

SO GOOD Ayam Utuh Potong 10

   Yuk, ikut saya ke dapur untuk memasak opor ayam istimewa! Siapkan dulu semua bahannya. Sebelumnya, jangan lupa mencairkan dulu ayam beku SO GOOD dari freezer. Caranya: 
  • Taruh kemasan SO GOOD ayam beku ke kulkas bagian bawah (non freezer) dan membiarkannya semalaman untuk diolah keesokan paginya. 
  • Atau bisa juga dengan menaruh ayam beku SO GOOD dalam wadah berisi air dingin di luar kulkas atau pada suhu ruang. Tentu saja kemasannya masih tertutup rapat, ya. 
  • Cara lain: mencairkan ayam beku dengan microwave.
  • Penting untuk diingat: jangan mencairkan ayam beku dalam suhu ruang dan dengan kondisi kemasan yang terbuka karena berpeluang terkontaminasi bakteri jahat. 
   Nah, ayam bekunya sudah mencair, yuk kita mulai memasak!

Opor Ayam Istimewa 


Bahan opor ayam istimewa
Bahan: 

  • 1 bungkus SO GOOD Ayam Utuh Potong 10 
  • 500 ml santan dari 1 buah kelapa parut 
  • 5 buah bawang putih 
  • 8 buah bawang merah 
  • 3 butir kemiri 
  • 1 sdm ketumbar bubuk 
  • 1,5 cm jahe 
  • 3 cm lengkuas (geprek) 
  • 2 cm kunyit 
  • 1 batang serai (geprek) 
  • 1 lembar daun salam 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • garam secukupnya 
  • merica secukupnya 
  • penyedap rasa (optional) 
  • minyak goreng untuk menumis 
Cara membuat: 
  1. Haluskan bumbu: bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, dan jahe. 
  2. Panaskan wajan, tuang minyak goreng. Tumis bumbu halus, sereh, salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. 
  3. Masukkan ayam, aduk rata. Tumis sebentar hingga ayam berubah warna. 
  4. Tambahkan santan, garam, dan merica. Masak hingga ayam matang. 
  5. Angkat. Sajikan hangat sebagai teman makan ketupat. 
  Sudah matang, nih! Aih senangnya! Jadi deh kita Lebaran! Opor ayam istimewa dengan ketupat membuat Hari Raya Idul Fitri jadi penuh makna. Apalagi hidangan ini ikut dimasak bersama keluarga tercinta. Tiga anak laki-laki saya ikut membantu memeras santan, lho! Momen memasak bersama menjadi quality time bagi kami sekeluarga. 

Opor ayam istimewa

   Hari Raya Idul Fitri kami rayakan dengan penuh suka cita. Usai bersilaturahim dengan keluarga dekat, kami pun kembali ke rumah pada sore hari. Sebelum berangkat usai shalat Ied dan sarapan dengan opor ayam plus ketupat, semua hidangan Lebaran saya simpan di kulkas. Jelang makan malam, kami masih menikmati opor ayam yang lezat ini. Hmm, yummy!


   Keesokan harinya, kami pergi ke luar kota untuk menemui kedua orang tua saya. Sisa opor ayam segera saya amankan di kulkas. Tiba di rumah pada malam hari, saya mengandalkan stok makanan yang ada. Apa lagi kalau bukan hidangan Lebaran termasuk opor ayam istimewa ini. 

  Bosan makan opor ayam lagi? Duh, sayang jika tidak dimakan, mubazir. Apalagi opor ayam dimasak menggunakan santan, jadi tidak boleh disimpan lebih dari dua hari. Agar cepat habis, saya mengolah opor ayam menjadi hidangan lain yang tidak kalah nikmat. Biasanya saya menyulap opor ayam menjadi ayam goreng. Caranya gampang: goreng ayam opor dalam minyak panas. Jadi deh ayam goreng lezat dengan tekstur yang empuk! 

  Tapi kali ini saya nggak kepingin makan ayam goreng. Saya mau bikin ayam bakar! Pelengkapnya pakai kacang panjang cocok, nih. Terutama setelah dua hari berturut-turut ketemu hidangan Lebaran yang jauh dari sayuran berwarna hijau. Bikin sayuran yang segar dan agak pedas, yaitu pencok kacang panjang. Serasi bersanding dengan ayam bakar, kan? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya...

Ayam Bakar Pencok Kacang Panjang 


Bahan pencok kacang panjang

Bahan: 

5 potong ayam dari opor ayam istimewa 
3 sdm kecap manis 
2 sdm margarin 
5 lembar kacang panjang, potong 2 cm 
2 butir bawang putih 
1,5 cm kencur 
2 buah cabai rawit 
1 cm terasi matang 
garam secukupnya 
penyedap rasa (optional) 

Ayam opor yang sudah dilumuri kecap manis
Cara membuat: 
  1. Angkat sisa ayam opor dari kuahnya. Lumuri secara merata ayam opor dengan 2 sdm kecap manis dan 1 sdm margarin yang sudah dilelehkan. Diamkan selama 20 sampai 30 menit. 
  2. Haluskan bawang putih, kencur, cabai rawit, dan garam serta penyedap rasa. Masukkan kacang panjang, tumbuk kasar (jangan sampai hancur) hingga terbelah agar bumbu meresap. Aduk rata bersama bumbu halus. Koreksi rasanya. Sisihkan. 
  3. Panaskan wajan datar anti lengket. Tuang margarin, masukkan ayam. Bakar hingga kecoklatan di kedua sisinya. Jika menginginkan ayam bakar dengan sentuhan 'gosong', bakar sebentar ayam di atas api kompor. 
  4. Sajikan ayam bakar beserta sambal pencok kacang panjang. 
   Alhamdulillah, begitu matang hidangan ini langsung ludes tak bersisa! Rasa pedas dan segar dari pencok kacang panjang bikin bolak-balik nambah nasi. Rasa ayam bakarnya... juara! Teksurnya empuk karena sudah dimasak menjadi ayam opor. Bumbu meresap sempurna dan terasa gurih di setiap gigitan. Lelehan kecap yang menempel membuat ayam bakar ini jadi finger licking food yang nikmat! 

Ayam bakar pencok kacang panjang

Pencok kacang panjang
   Menyajikan hidangan istimewa bagi keluarga membuat saya merasa bahagia. Apalagi melihat suami dan anak-anak menyukai hasil masakan saya, rasa lelah setelah berjibaku di dapur pun sirna. 

   Bagi saya yang kerap disibukkan dengan urusan domestik rumah tangga dan pekerjaan sampingan sebagai blogger, memasak hidangan yang praktis menjadi pilihan utama. Beruntung ada SO GOOD ayam beku yang menemani hari-hari saya sebagai ibu rumah tangga. Dengan SO GOOD ayam beku, memasak jadi lebih praktis dan higenis serta hasil masakannya punya rasa yang lezat dari kesegaran daging ayam yang terjaga. Terima kasih, SO GOOD. 

Selamat mencicipi ^_^
#RamadhanSoGoodAyamPotong

12 comments:

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^