Saturday, June 24, 2017

Buka Puasa Istimewa dengan Iga Bakar Spesial dan Setup Sayuran


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua berlomba-lomba untuk #JadiLebiBaik dengan meningkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Mesjid disesaki warga yang akan shalat tarawih setiap malam. Lantunan ayat suci Al Qur’an pun dikumandangkan. Bersedekah juga tidak ketinggalan dengan berbagi hidangan takjil untuk warga yang kurang mampu. Hal ini dilakukan semata-mata demi mengharap ridho Allah SWT dan #JadiLebihBaik dengan meningkatnya ketakwaan kita terhadap sang pencipta.

   Ada yang istimewa pada bulan Ramadhan tahun ini. Inilah pertama kalinya si bungsu Dd Irsyad belajar puasa satu hari penuh. Tahun sebelumnya Dd Irsyad masih puasa setengah hari dan diselingi ngambek karena lapar. Alhamdulillah, sekarang Dd Irsyad #JadiLebihBaik dengan tidak mengeluh lagi. Agar bersemangat menjalankan ibadah puasa, saya menyajikan menu sahur dan buka puasa yang menggugah selera untuk anak-anak dan suami di rumah.

   Memasak di bulan puasa memang tidak sama dengan bulan yang lainnya. Biasanya saya hanya masak sehari satu kali saja untuk makan siang dan makan malam. Pagi hari tinggal menghangatkan sisa makanan atau membuat sarapan yang praktis. Namun pada bulan puasa, para ibu harus mau repot sedikit untuk #JadiLebihBaik dengan menghadirkan menu istimewa untuk keluarga tercinta. 

   Kali ini saya mau berbagi resep untuk buka puasa yang menggugah selera, yaitu iga bakar spesial. Mengapa spesial? Iga bakar ini jadi spesial karena dimasak menggunakan kecap Indofood. Kecap Indofood mempunyai rasa kecap gurih yang alami karena dibuat dari proses fermentasi selama 6 bulan. Jadi Lebih Baik Kecap Indofood untuk menghasilkan hidangan lezat dan berkualitas. Yuk, simak bahan dan cara membuat iga bakar spesial dengan kecap manis Indofood.

IGA BAKAR SPESIAL 



Bahan: 
  • 500 gr iga sapi
  • 7 butir bawang putih
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm jahe
  • 5 cm kecap manis Indofood
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 3 sdm margarin
Cara membuat:
  1. Tumbuk halus bawang putih, bawang bombay, jahe, dan garam.
  2. Tuangkan minyak goreng pada panci presto, tumis bumbu halus dan daun salam.
  3. Masukkan daging iga, aduk hingga berubah warna. Tambahkan air. Tutup panci presto dan masak selama 30 menit setelah berbunyi mendesis dan api dikecilkan. 
    Memasak iga dengan panci presto
  4. Setelah panci presto dingin, keluarkan iga dan pindahkan ke wajan berukuran besar.
  5. Masak hingga kuah sedikit menyusut atau tersisa 200 ml.
  6. Tambahkan kecap manis Indofood, merica, dan garam. Masak hingga kuah mengental.
  7. Angkat, sisihkan iga dan sisa kuah kentalnya. Biarkan hingga dingin.
  8. Panaskan wajan anti lengket. Tuang margarin. Masukkan iga dan bakar hingga berwarna agak gosong kecoklatan. Gunakan kuah kentalnya sebagai olesan saat membalik iga.
  9. Angkat, sajikan iga bakar dengan setup sayuran sebagai pendampingnya.

   Oia, resep iga bakar spesial ini juga bisa dimasak tanpa menggunakan panci presto. Gunakan air yang banyak sampai iga terendam, lalu rebus dengan api kecil hingga kuah menyusut. Waktu yang diperlukan adalah sekitar dua jam untuk merebus iga. Jangan lupa, saat kuah tinggal sedikit tambahkan kecap Indofood, ya! 


Kecap manis Indofood
   Saya selalu memasak lauk sekaligus dengan sayur. Rasanya kurang komplit jika hanya membuat satu macam masakan saja tanpa sayuran sebagai pelengkap. Habis lelah seharian berpuasa, menyantap iga bakar dan setup sayuran dijamin mantap deh! Bikin setup sayuran juga nggak susah, kok. Cukup direbus dengan gula pasir dan sedikit garam. 

SETUP SAYURAN

Bahan: 
  • 2 buah wortel
  • 5 buah jagung putren
  • 13 buah buncis
  • Sejumput garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Air matang untuk merebus
Bahan setup sayuran
Cara membuat:

  1. Potong sayuran dengan ukuran memanjang 2 cm.
  2. Rebus jagung putren dan wortel dalam panci. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga empuk. Angkat, sisihkan.
  3. Masukkan buncis, rebus hingga empuk. Angkat, sisihkan.
  4. Tata setup sayuran di piring. Sajikan bersama dengan iga bakar spesial. Tambahkan cocolan mayonaise atau saus sambal jika suka.

Iga bakar spesial dan setup sayuran
   Gimana? Nggak susah kan memasak menu spesial untuk keluarga tercinta? Dijamin deh, suami dan anak-anak bakalan makin cinta karena punya ibu yang selalu ingin keluarganya #JadiLebihBaik dengan menebar cinta di setiap masakannya. Aih, senangnya! Punya pengalaman menarik seputar #JadiLebihBaik dan #KecapIndofood? Ikutan cerita dan dapatkan hadiahnya, yuk! Info selengkapnya di www.kecapindofood.co.id

52 comments:

  1. Hadeeee...bukin lapar Mbak eeeee... yummy banget kelihatannya

    ReplyDelete
  2. Astaga iga bakar ini favorit dah, tapi aku gak pernah masakin huhuhuh memang sesekali harus berani coba masak!

    ReplyDelete
  3. Wadawww iga bakaar. Ini cocok jg buat menu lebaran ya maaak ;)

    ReplyDelete
  4. Iga bakarnya cakep banget Mba glazenya. BErasa makan di resto yah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasii...ini udahannya langsung dijilatin :p

      Delete
  5. bisa jadi referensi calon nih buat masak :)

    Laperrrrr

    ReplyDelete
  6. Makanan favorit anak lanang ku nih. Kapan2 nyoba resepnya aahh

    ReplyDelete
  7. Iga dan setup sayurannya pas banget, nih. Slruuuup.

    ReplyDelete
  8. Aw,iga bakarnyaaaaa. Pengeennnnnn

    ReplyDelete
  9. Aish mantapnyooooo, udh macem masterchef aja nih mbk inna,
    Btw trnyatam resepnya gampil ya mbk, bayanganku tu susaaahhhh bin ribet bikin iga bakar.
    Tengkiu loh sharenyaaa, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi masterchef abal2 :D
      masama mbaa...selamat mencoba :)

      Delete
  10. duuh ngilerrrr, bookmark ya mbaaak :D

    ReplyDelete
  11. HAdoohhh, menggoda bangeet, mau lah icip2 buatannya si Emak
    Iga niy kesukaanku, hmm..

    ReplyDelete
  12. Iga bakar kesukaan aku banget
    mauuu dong dikirimmin hahaha

    ReplyDelete
  13. Iga seringkali aku pakai untuk masak sop iga, mba. Udah jarang banget bikin Iga Bakar. Mau nyoba ah :)

    ReplyDelete
  14. Makasih resepnya Mbak, mau dicoba dirumah kebetulan kami sekeluarga suka sekali iga bakar

    ReplyDelete
  15. Aku lapar dan ngiler. Iga sama sayurannya menggoda sekali. Jadi mau....

    ReplyDelete
  16. Ngiler deh, besok-besoknyoba ah, nyumi banget nih Iga bakarnya bikin ngences hehe

    ReplyDelete
  17. Mau bgt ama iga bakarnya mak. Mupeenggg

    ReplyDelete
  18. Huaaa.. iga bakarnya dagingnya tebel - tebel banget! Mupeng!

    ReplyDelete
  19. Manteb iga bakarnya mBk.
    JD pengen bikin tp blm punya panci presto hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ungkep biasa aja. lama sih tapinya hehe

      Delete
  20. Iga nya bikin ngences, mba 😅

    ReplyDelete
  21. ini baru iga bakar namanya, tp makan di resto katanya iga bakar taunya abal2 mahal pula,klo yg mba Inna bikin ini aku mau deh jd pelanggan setianya, buka cafe or resto disini aja mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. engg anu...belum ada modalnya dan belum ada kemauan hihihi
      doakan semoga kapan2 bisa bikin usaha kuliner sendiri yaa, aamiin

      Delete
  22. Aku punya presto tp blm pernah dikeluarin dari kotaknya. Ngeliat ini jadi pengin coba masak iga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarin atuhh...kesian kalo dianggurin :D

      Delete
  23. Resepnya aku save ya kakak kembar :) senang banget bisa krasi masakan di dapur. Erna juga suka pakai kecap dan saus indofood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba adekku yang cantik :*

      Delete
  24. Glek! Jadi pengen nyoba, pasti enak ni... nyontek resepnya ya mba 😅

    ReplyDelete
  25. Resepnya ala restoran banget ini. Masak iga harus sabar nunggu empuk ya, paling enak pake presto

    ReplyDelete
  26. menggiurkan bangeeet mba. Suamiku yang hobi banget niiih :)

    ReplyDelete
  27. Mba Inna aku ngiler banget liat iga nya. Mau jugaaa

    ReplyDelete
  28. Weh, iganya kental banget kuah kecapnya. Dipanggangnya pakai teflon aja ya. Disajikan dengan sayuran tanpa kuah, makin mantap.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^