Tuesday, May 2, 2017

Serunya Beraksi ala Master Chef di Kontes Memasak Royal VKB Alfamart 2017



Suka nonton acara Master Chef di televisi? Itu lho, reality show kompetisi memasak di televisi yang dilakukan secara langsung di hadapan juri. Para peserta lomba memasak resep yang sudah ditentukan oleh juri dalam waktu singkat. Tidak hanya memasak, sebelumnya peserta diharuskan berbelanja dulu bahan masakan yang diperlukan. Jadi, ada adegan lari-lari di lorong belanja supermarket untuk mencari bahan masakan. Seru banget ya!

   Tidak disangka, saya mengalami adegan serupa ketika terpilih sebagai salah satu dari 10 finalis Kontes Memasak Royal VKB Alfamart. Finalis adalah para pemenang dari lomba foto Kontes Resep Enak yang diadakan oleh Alfamart dan peralatan memasak premium Royal VKB. Juri untuk kompetisi foto ini adalah chef Farah Quinn. 

Sebagian foto resep milik saya di Kontes Resep Enak

  Selama periode lomba foto Kontes Resep Enak, saya mengirim 23 foto resep di akun Facebook, Instagram, dan Twitter selama 23 hari berturut-turut dari tanggal 9 Maret 2017 sampai 31 Maret 2017. Alhamdulillah, salah satu foto resep kiriman saya, yaitu Kwetiau goreng, berhasil menembus masuk finalis sepuluh besar. 

  Selanjutnya, para finalis ini diundang ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi memasak yang nanti akan menentukan urutan pemenang pertama sampai kesepuluh dan memperebutkan hadiah-hadiah keren berupa jalan-jalan ke Belanda, motor matic, uang tunai 10 juta rupiah, dan voucher belanja senilai jutaan rupiah. 

   Hari yang dinanti pun tiba. Pada hari Jumat tanggal 27 April 2017, saya sampai di lokasi Kontes Memasak Royal VKB Alfamart di Jl. Raya Panjang Arteri Kelapa Dua Jakarta. Saya datang pada pukul 7 pagi. Sambil menunggu acara dimulai, saya berkenalan dengan beberapa finalis. Ada peserta yang datang dari Medan, Palembang, Tegal, bahkan dari Lombok!

Saya di lokasi Kontes Memasak Royal VKB Alfamart

  Jelang pukul 8.30 WIB, acara dimulai dengan pemanasan berupa games untuk para penonton yang hadir. Sepatah dua patah kata sambutan juga diberikan oleh ketiga juri yang telah hadir, yaitu Chef Yuda Bustara, Ibu Nia yang menjabat sebagai Account Director Royal VKB, dan Digital Marketing Manager Alfamart yaitu Bapak Chiko. 


Bapak Chiko memberi kata sambutan

   Selanjutnya, acara Kontes Memasak Royal VKB pun dimulai! Juri menjelaskan mekanisme lomba. Dimulai dari pembagian meja, membaca resep yang ditempel di atas meja, dan mengamati bahan-bahan yang sudah disediakan oleh panitia. Kemudian, finalis bersiap-siap masuk ke Alfamart untuk berbelanja beberapa bahan yang tidak tersedia di atas meja. Waktu berbelanja hanya lima menit! 

  Saatnya beraksi! Duh, kalau disuruh lari-larian begini saya nyerah deh. Apalagi saya sempat lupa dan balik lagi ke meja untuk membaca resep. Ketika masuk Alfamart, keranjang belanjaan finalis lain sudah terisi penuh. Sayang, stok yang tersedia tidak genap berjumlah 10 buah. Jadi saya tidak kebagian garam, merica bubuk, dan saus tiram. Untung saja antar finalis diperbolehkan berbagi bumbu masak yang kurang. Saya meminta bumbu-bumbu tersebut ke meja finalis terdekat. Makasih ya!

  Usai berbelanja, para finalis kembali ke meja masing-masing dan mulai mengatur bahan masakan. Panitia membantu menggunting kemasan bumbu dan bahan yang baru saja dibelanjakan. Saya tadi mengambil minyak goreng, kecap manis, margarin, saus tomat, gula pasir, sosis siap saji, dan mayones. Duh, dikit banget ya! Aseli saya bingung mau ambil apa waktu belanja di Alfamart.

  Resep yang dilombakan adalah steak ayam. Para finalis harus selesai memasak dalam waktu 60 menit. Resep dan langkah-langkah cara membuatnya sudah ditulis dengan jelas. Hasil masakan boleh dikreasikan menjadi hidangan yang unik, menarik, dan tentu saja enak! Sebenarnya, saya punya ide mengisi daging ayam dengan sosis. Apa daya saya lupa mengambil tusuk gigi agar gulungan daging ayam tidak lepas saat digoreng. Ya sudah, bikin steak ayam biasa saja deh.


Foto ketika sedang memasak 
  Selama kontes masak berlangsung, para juri berkeliling untuk mengamati para finalis yang sedang memasak. Acara lomba ini juga didokumentasikan oleh Kokiku TV, portal khusus kuliner. Tunggu penayangannya di channel You Tube KokikuTv, ya! Dalam foto berikut, terlihat saya di meja paling belakang sedang dikunjungi oleh chef Yuda dan disorot langsung oleh kameramen. 


     Berhubung ini adalah pengamalan pertama saya ikut lomba masak, saya mengamati dengan sunguh-sungguh meja untuk memasak yang digunakan para finalis. Di setiap meja ada kompor gas portable satu tungku, talenan, pisau, dan alat pencapit. Bahan makanan mentah dan berbagai bumbu tertata rapi di sebelah kanan. Sebelah kiri ada piring saji lengkap dengan sendok dan garpu. Tidak ketinggalan tempat sampah berbungkus plastik di kolong meja dan seember air untuk keperluan memasak. Wah, komplit deh!

   Sayang, ada yang kurang. Kebetulan saya punya kebiasaan memisahkan bahan masakan dan bumbunya dalam beberapa piring atau mangkuk plastik. Maksudnya biar gampang ketika hendak memasak bahan-bahan tersebut secara berurutan. Karena banyak bahan dan saya merasa kekurangan tempat, maka saya memanfaatkan wadah bahan yang sudah kosong beserta tutupnya. Ketika panitia berkeliling menawarkan piring plastik, saya langsung terima meskipun sudah hampir selesai memasak, hehe.

Beberapa bahan yang tidak terpakai

  Semua finalis sibuk dan serius dengan masakannya masing-masing. Tidak terasa, waktu memasak tinggal sepuluh menit lagi! Saya sudah selesai merebus sayuran, menggoreng steak ayam, dan menumis saus steak. Selanjutnya tinggal menghias hasil masakan ini menjadi cantik dan menarik atau disebut dengan plating. Plating dengan bahan yang terbatas? Entahlah jadi apa masakan saya ini...

Lagi plating :D
Masakan saya sudah selesai!

   This is it... Steak Ayam Ceria Saus Jamur Sosis ala chef Inna Riana! Saya menghiasnya dengan mayones dan saus tomat, penampakannya jadi kayak kue black forrest ya, haha! Pasrah saja. Semoga mendapat hasil yang terbaik dari para juri yang langsung mencicipi dan menilai masakan para finalis.

Tim juri sedang menilai hasil masakan para finalis

   Tidak lama kemudian, saat yang dinantikan pun tiba. Pengumuman pemenang! Dimulai dari juara kesepuluh sampai juara keempat, para finalis dipanggil satu per satu sesuai gelar juara yang diperolehnya. Oia, ada satu hal lagi tentang para finalis Kontes Memasak Royal VKB Alfamart. Dua finalis tidak bisa datang ke lokasi acara untuk berlomba. Agar suasana tetap meriah, kehadiran mereka digantikan oleh orang lain sebagai penyemarak acara. Meskipun tidak datang ke Jakarta, mereka tetap menjadi pemenang karena masuk finalis 10 besar. Oleh karena itu, hadiah tetap diberikan namun nilainya dikurangi menjadi setengah bagian.

   Setelah selesai memanggil juara 10 sampai 7, kini giliran pengumuman pemenang juara 1, 2, dan 3. Nah, paling seru nih. Soalnya hadiah yang diperebutkan benar-benar WOW! Tiga finalis diminta berbalik badan. Sementara juri memegang papan bertuliskan juara di belakang mereka. Ketika diminta untuk berbalik, papan juara pun diperlihatkan. Dan inilah pemenangnya...
Ketiga juara Kontes Memasak Royal VKB Alfamart
   
    Juara pertama dimenangkan oleh Ika Zulia Sapta (Chika Afandi) dari Medan. Hadiah yang dibawa pulang adalah paket tur jalan-jalan ke Belanda untuk dua orang dan satu set alat masak Royal VKB. Juara kedua adalah Dedy Oktavianus Pardede dari Palembang. Satu-satunya finalis laki-laki yang berprofesi sebagai dokter gigi ini berhasil memenangkan motor Scoopy dan satu set alat masak Royal VKB. Sedangkan juara ketiga dimenangkan oleh Adelia Sugiarto yang berasal dari Tegal. Adelia yang datang ditemani bersama sang calon suami ini berhasil membawa pulang uang tunai 10 juta rupiah dan satu set alat masak Royal VKB. Wah, selamat ya! Kalian bertiga memang keren banget!

 Setelah itu, kami saling mengucapkan selamat dan berfoto bersama para juri. Alhamdulillah, saya berhasil mendapat juara ketujuh dan mendapatkan voucher belanja Alfamart senilai 3,5 juta rupiah. Lumayan banget untuk dipakai berbelanja selama bulan Ramadhan nanti.

Foto bersama para pemenang Kontes Memasak Royal VKB Alfamat dan tim juri.

   Berikut adalah nama-nama pemenang juara 1 sampai juara 8 pada Kontes Memasak Royal VKB Alfamart beserta akun Instagramnya. Mau follow boleh, postingan foto Instagram mereka keren-keren lho!
  • Juara 1 mendapatkan paket tur jalan-jalan ke Belanda dan satu set alat masak Royal VKB dimenangkan oleh Ika Zulia Sapta (IG: chika.afandi).
  • Juara 2 mendapatkan motor scoopy dan satu set alat masak Royal VKB dimenangkan oleh Dedy Oktavianus Pardede (IG: dentist.chef).
  • Juara 3 mendapatkan uang tunai 10 juta dan satu set alat masak Royal VKB dimenangkan oleh Adelia Sugiarto (IG: adeliasugiarto).
  • Juara 4 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 5 juta rupiah dimenangkan oleh Wury (IG: annywurry).
  • Juara 5 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 4,5 juta rupiah dimenangkan oleh Tsani Wismono (IG: tsaniwismono2).
  • Juara 6 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 4 juta rupiah dimenangkan oleh Carmen Pasadena (IG: infanjuwaini).
  • Juara 7 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 3,5 juta rupiah dimenangkan oleh Inna Riana (IG: innariana).
  • Juara 8 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 3 juta rupiah dimenangkan oleh Homsah Artatiah (IG: artatiah).
  • Juara 9 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 2,5 juta rupiah
  • Juara 10 mendapatkan voucher belanja Alfamart sebesar 2 juta rupiah

 Sedangkan juara 9 dan 10 adalah akun Instagram Crecentiaku dan Linadimasputri. Tentang berapa jumlah hadiah voucher yang diterima, saya kurang paham. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, keduanya mendapat separuh dari nominal voucher yang dimenangkan. 

  Usai acara, para finalis saling mengucapkan kata perpisahan. Sudah waktunya kembali ke alamnya tempat tinggal masing-masing. Bagi finalis yang sudah terbang jauh-jauh naik pesawat, pihak Alfamart akan menggantikan ongkos keberangkatan tersebut. Aih, senangnya! Saya sangat bahagia. Pada acara Kontes Mamasak Royal VKB Alfamart ini bisa bertemu dengan teman-teman baru yang begitu berbakat dan inspiratif dalam memasak. Meskipun baru berjumpa, kami semua bisa langsung akrab dan dekat satu sama lain layaknya keluarga. Semoga di lain kesempatan kita semua dipertemukan lagi yaa... aamiin. 

  Sebelum pulang, semua peserta saling berfoto untuk mengabadikan momen ini sebagai kenang-kenangan. Saya ikut berfoto bareng Chef Yuda yang menjadi salah satu juri pada acara Kontes Memasak Royal VKB Alfamart.


  Tidak ketinggalan, saya juga berfoto bareng tim suporter dari Asinan Blogger, yaitu Mbak Nefertite Heriyanti, Desi Namora, dan Afifah Mazaya. Asinan Blogger adalah grup tempat saya bergabung dengan sesama blogger perempuan yang tinggal di Bogor. Kekompakan kami di grup Whatsapp juga selalu terlihat ketika kami menghadiri acara blogger bersama-sama. Untuk acara kali ini, mereka khusus datang menemani saya dan memberi dukungan semangat selama mengikuti Kontes Memasak Royal VKB Alfamart. Thank you, girls!

Tim suporter. Dari kiri ke kanan: Desi, saya, Mbak Yanti, dan Afifah.

  Special thanks buat Maketu komunitas KEB (Kumpulan Emak Blogger) Sumarti Saelan yang full power mendukung saya dan para emak blogger penggemar #PilihanBundaAlfamart di grup Whatsapp. Saya yang tadinya minderan dan gugup sejak beberapa hari sebelum kontes jadi lebih tenang berkat dukungan keluarga dan teman-teman semua. Tentu saja, rasa syukur tak terkira saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah mengizinkan saya mendapat pengalaman baru yang sangat berharga ini. Buat suami tercinta dan my 3 boyz di rumah, siap-siap ya nanti kita belanja apa saja boleh deh di Alfamart.

  Ternyata, euforia masih berlanjut dengan kejutan dari panitia di akhir acara. Para finalis diberi tahu bahwa alat masak stir fry wok Royal VKB yang tadi kami pergunakan untuk memasak boleh dibawa pulang! Horeee! Dengan dibawa pulangnya stir fry wok ini, artinya koleksi alat masak Royal VKB saya sudah lengkap! Alhamdulillah.

   Sudah tidak diragukan lagi kualias dari alat masak Royal VKB. Nggak nyesel deh ikutan promo Kejutan Awal Tahun dari Alfamart untuk bisa tebus murah alat masak premium ini. Masih ada waktu sampai akhir bulan Mei 2017 untuk bisa mendapatkannya. Alat masak ini tersedia dalam beragam jenis dan ukuran. Ada stir fry wok, casserole (panci dengan tutup), sauce pan (panci bergagang) serta fry pan ukuran besar san kecil. Semuanya berlapis teflon anti lengket dan memiliki pegangan kuat yang tahan panas. 
Alat masak Royal VKB dari Alfamart
   Saya sendiri sudah membuktikan alat masak stir fry wok Royal VKB yang ternyata bisa berfungsi serbaguna. Bisa untuk merebus, menggoreng, dan menumis hanya dengan satu stir fry wok yang cakep ini. Plus mudah dibersihkan! Saat berlomba, saya cukup membilas stir fry wok dengan air dan melapnya dengan tisu. Langsung bersih dari sisa masakan dan siap pakai! Kelebihan alat masak lainnya sudah saya tulis di postingan ini: Masak Penuh Cinta dengan Royal VKB dari Alfamart. Pengen punya juga kan? Yuk, cuss ke Alfamart!

   Terima kasih sudah membaca postingan ini. Sampai bertemu lagi di ajang kompetisi masak berikutnya (insha Allah, aamiin). Salam manis dari para finalis Kontes Memasak Royal VKB Alfamart 2017.



10 comments:

  1. selamat ya mak inna, duh acaranya setu banget.... iriiiii banget..

    ReplyDelete
  2. Mak Inna keren lho bisa masuk sampai tahap itu. Juara7 itu keren bgt, pengalaman yg nggak terlupakan. Duh aku jadi pengin
    btw sekali lagi selamat ya mbak

    ReplyDelete
  3. selamat ya maak. Jd pgn beli royal VKB nya jg, tp blm ngumpul2 :D

    ReplyDelete
  4. seru..degdegan pasti ya mba... tapi dapat voucher segitu banyak..bisa buat belanja bulanan..asyik.
    selamat ya mba..

    ReplyDelete
  5. Keren banget! Selamat ya mak Inna.

    ReplyDelete
  6. Selamat ya Mbak Inna. Masakan-masakanmu memang menggiurkan.

    ReplyDelete
  7. selamat y mba aku ikutan deg2an bacanya pas lomba ahhaha apalagi mba blg pake ketinggalan tusuk gigi onde mandeh langsung deh yah berubah berarti lomba masak kek gini juga dituntut kraetif dan cepet ambil keputusan. keren bgt selamat sekali lg y mba :)

    ReplyDelete
  8. wii lumayan banget dapat rank 7 mba, selamat ya mba :)

    ReplyDelete
  9. Selamat mbak, duh asyik asyik hadiahnya......resep resepnya dimana mbak? Ngga kalah asyik itu ������

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^