Sunday, May 28, 2017

Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips



Selamat menjalankan ibadah puasa. Gimana puasanya? Semoga lancar sampai hari kemenangan nanti, ya. Saat bulan Ramadhan, para ibu pasti heboh di dapur untuk menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Termasuk juga saya, tentunya. Siap-siap nih, kita ngebut di dapur bareng selama bulan puasa.

  Memasak untuk buka puasa dan saat sahur membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tentu saja. Masak untuk buka puasa, badan kita sedang agak lemas karena lapar. Saat masak sahur, kondisi masih mengantuk dan waktu memasak yang terbatas jadi kendala. Jadi pengen ngebut di dapur, kan? Hehehe...

  Paling enak bikin masakan yang praktis aja. Tapi... apa bisa masak yang praktis sekaligus sehat? Kebanyakan masakan praktis yang saya kenal biasanya rendah gizi bahkan bisa membahayakan tubuh. Misalnya mie instan dan makanan kalengan. 
Masakan praktis yang saya buat untuk piknik keluarga
  Tertarik untuk tahu lebih jauh tentang hal tersebut, saya datang ke acara talkshow dengan tema "“Ramadhan Sehat Dan Praktis Bersama Philips”. Bertempat di Ballroom B, Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat pada tanggal 15 Mei 2017. Acara ini diadakan oleh Philips Home Living sebagai bentuk dukungan Philips untuk meningkatkan gaya hidup sehat dengan menjaga kesehatan mulai dari rumah. 

  Sesi pertama dimulai dengan menghadirkan Bapak Yongki Sentosa sebagai Head of Personal Health Philips Indonesia. Beliau mengatakan bahwa Philips mengerti Philips mengerti kebutuhan masyarakat saat ini yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan keterbatasan waktu, namun tetap ingin menjaga kesehatan baik pribadi maupun keluarga. Peralatan dapur inovatif Philips memungkinkan bagi ibu dan seluruh anggota keluarga untuk dapat menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa dimana setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat.


Bapak Yongki (tengah) dan Ibu Rita Ramayulis (kanan).
Foto: Een Endah
  Selanjutnya, Ibu Rita Ramayulis DCN, M.Kes tampil sebagai pemateri. Ahli gizi yang sudah menulis buku tentang gizi, diet untuk berbagai penyakit, dan cara mengatur pola makan yang sehat ini menjelaskan mengapa kita harus berpuasa:
“Pada prinsipnya, puasa memberikan kesempatan kita untuk hidup sehat. Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detokfisifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan. 
  Ibu empat anak ini mengatakan bahwa kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda. Wah, jadi ingat sesi konsultasi gizi dan pemeriksaan kesehatan gratis sebelum acara dimulai tadi. Saya mendapat pencerahan tentang kondisi tubuh saya dan apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. 


Gerai konsultasi dengan ahli gizi
  Penjelasan yang sama diulangi oleh Ibu Rita secara mendalam. Salah satunya adalah tentang pembagian porsi makan dalam satu hari, yaitu 1620 Kkal. Porsi tersebut dibagi lagi menjadi: karbohidrat 3,5 porsi, protein 5 porsi, sayur 3 porsi, dan buah 3 porsi.  Lebih jelas lagi dapat dilihat pada gambar berikut:

Porsi sekali makan dalam satu piring

  Meski berpuasa, kita tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Puasa menjadi tidak efektif jika setelah puasa menahan lapar kita malah makan secara berlebihan. Ditambah kebiasaan buruk kebanyakan orang Indonesia gemar mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan saat puasa. Padahal itu tidak baik untuk kesehatan.

   Saat puasa, tubuh akan beradaptasi dimana penggunaan energi untuk tubuh bekerja akan menurun dibanding jika seseorang sedang tidak berpuasa. Karena perubahan tersebut, konsumsi makanan perlu diatur, makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air, serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing, dan menghindari makanan dengan kalori tinggi dan yang menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi.

    Hal yang sama juga dinyatakan oleh sebuah survei yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa menu makan saat puasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam, yaitu terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak, dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori sehari dan tidak terlalu kenyang.

  Berikut ringkasan materi dari Ibu Rita tentang apa saja yang harus diperhatikan selama berpuasa di bulan Ramadan: 

1. Buka puasa. 
Berguna untuk merehidrasi tubuh dengan cairan elektrolit dan menaikan kadar gula darah agar stabil. 
Kurma adalah makanan yang paling pas untuk buka puasa. Sesuai dalam hadist Anas bin malik riwayat Abu Dawud dengan Sanad Hasan. Kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan laktosa. Jika tidak ada kurma, bisa diganti dengan makanan lain yang kandungannya mirip dengan kurma. Yaitu pisang, semangka, atau pepaya 

2. Makanan selingan malam setelah tarawih/ jelang tidur. 
Gunanya untuk melengkapi zat gizi yang belum terpenuhi saat berbuka dan makan malam. Pada umumnya terdiri dari sayur dan protein. Contoh: capcay. 
Jangan makan mie sebagai selingan. Mie mengandung banyak karbohidrat. Kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat jelang waktu tidur akan membuat tubuh lemas hingga sulit untuk bangun sahur nanti 

3. Sahur
Penuhi kebutuhan energy dan zat gizi agar kuat berpuasa selama sekitar 14 jam. 
Makanan yang dikonsumsi saat sahur:
  • Makanan sumber energi yang lambat dicerna 
  • Makanan yang tidak membebani proses pencernaan.
  • Protein rendah lemak atau sedang. 
  • Boleh juga makanan berlemak tinggi tapi tidak digoreng. 
  • Asupan cairan disertai elektrolit agar dicerna lebih lama. 
  • Sayur buah yg mengandung air tinggi. 
  • Ekstra minuman protein 
4. Dilarang: 
  • Berbuka dan sahur dgn minuman yang sangat manis (juga yang hanya berjenis sukrosa). 
  • Berbuka dengan makanan yang digoreng dan berbalut tepung terigu. 
  • Berbuka dengan suhu ruang (tidak terlalu dingin atau terlalu panas). 
  • Berbuka dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung: pedas, asam, terlalu manis, dan kafein. 
  • Berbuka dan sahur dengan makanan yang mengandung gas (nangka, kol, duren)
  • Berbuka dengan sayuran berserat tinggi.
  • Berbuka dengan minuman berkarbonasi. 
5. Indikator keberhasilan puasa Ramadhan
  • Berat badan menjadi ideal
  • Profil lipida darah membaik
  • Tekanan darah stabil
  • Lebih aktif dan produktif
  • Pemikiran lebih positif dan lebih fokus
  • Emosional membaik


Inovasi Philips Home Living untuk Menyajikan Makanan Sehat dan Praktis

Selain talk show, Ibu Rita mengadakan demo memasak praktis menggunakan Philips Air Fryer Fuzzy Logic dan Philips Blender. Ketiga peralatan dapur Philips tersebut membantu para ibu untuk menyiapkan makanan sehat yang praktis untuk sahur dan berbuka puasa di rumah dalam waktu 30 menit. 


Demo memasak menu makanan sehat dan praktis
  Siapa sih yang nggak kenal dengan merk Philips? Merk Philips merupakan bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), yaitu perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan Kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. 

  Demo memasak ini tidak dilakukan oleh Ibu Rita sendiri. Para peserta yang hadir juga ikut demo memasak, lho! Wah, seru banget! Langsung saja saya dan teman-teman blogger yang berada dalam satu meja segera mempraktekkan resep masakan yang sudah dibagikan. Sambil mengikuti instruksi Ibu Rita dari atas panggung, demo memasak berlangsung seru dan menyenangkan. 

  Kami membuat hidangan bola-bola ayam sayur dengan menggunakan Philips Air Fryer Fuzzy Logic. Dengan teknologi rapid air, alat ini bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak goreng! Menggoreng masakan cukup dilakukan dengan udara panas saja. Selain menggoreng, Philips Air Fryer berfungsi sebagai multicooker. Bisa untuk memanggang bahkan membuat kue juga lho! Wah, canggih banget ya!
Menggoreng dengan Philips Air Fryer
  Selanjutnya, adonan bola-bola ayam yang sudah dibentuk dan siap digoreng tinggal dimasukkan saja ke dalamnya. Tutup laci, nyalakan tombol waktu sesuai petunjuknya yang tertera di badan Philips Air Fryer. Untuk menggoreng, diperlukan waktu hanya 10 menit saja.
Keterangan waktu memasak bahan makanan
  Ada fungsi pengaturan temperatur hingga 200 derajat dan keterangan waktu untuk jenis makanan yang akan diolah pada bagian luarnya. Di bagian dalam, terdapat food separator untuk memisahkan makanan yang satu dengan yang lainnya.

  Tidak perlu khawatir masakan akan gosong saat ditinggal. Selain menggunakan timer, Philips Air Fryer punya fitur auto shut off setelah masakan matang. Ada pengingat suara bel atau bel agar kita tahu masakan sudah matang. Oia, ada odour filter juga lho untuk menghilangkan bau masakan.
Philips Air Fryer Fuzzy Logic
  Saat memasak, saya iseng menyentuh Philips Air Fryer. Eh ternyata nggak panas, lho! alat ini tetap dingin pada saat memasak, jadi aman aman digunakan oleh siapa saja. Cara membersihkannya juga gampang. Mangkuk bisa dilepas untuk dicuci. Bagian luar juga mudah untuk dibersihkan.


Bola-bola ayam sudah matang!
  Masak menggunkan Philips Airfyer ini bikin kita jadi produktif mengerjakan pekerjaan lain sambil menunggu masakan matang. Cocok banget nih buat ibu-ibu yang demen ngebut di dapur. Saat menunggu bola-bola ayam sayur matang, kami membuat energizer juice menggunakan Philips blender.
Philips blennder
  Wah, kalau yang satu ini sih saya sudah tidak asing lagi. Blender merk Philips jadi andalan saya saat memasak. Saya punya blender Philips sejak si bungsu mulai belajar makan. Sengaja dibeli untuk mengolah mpasi dan membuat juice. Selain itu, blender juga saya gunakan untuk menghaluskan bumbu dapur dan kacang-kacangan sebelum memasak. Sampai sekarang, setelah hampir 7 tahun, blender ini masih kuat dan awet. 

  Kami membuat energizer juice, yaitu juice sehat untuk mengganti cairan elektrolit dan menaikkan kadar gula darah usai berpuasa. Cara membuatnya juga super gampang. Cukup campurkan saja buah melon, mangga, air perasan jeruk, dan es batu. Nyalakan blender, jadi deh. Oia, tidak perlu tambahan gula pasir dan susu kental manis ya. Rasa manis yang tidak berlebihan pada buah-buahan yang alami lebih menyehatkan tubuh. 

  Usai membuat energizer juice, gorengan bola-bola ayam sayur sudah siap untuk disantap. Resep dan cara membuat bola-bola ayam sayur secara lengkap saya tulis di sini


Hasil memasak bareng
   Sambil menunggu peserta lain selesai memasak, diadakan lomba membuat juice pelangi. Bapak-bapak yang hadir sebagai peserta tidak mau ketinggalan untuk unjuk kebolehan membuat juice. Hmm, rasanya pasti enak!


Lomba membuat juice pelangi
  Acara ditutup dengan pembagian doorprize berupa blender Philips bagi tiga orang peserta yang beruntung. Pulang dari acara talkshow ini, saya merasa senang karena dapat tambahan ilmu tentang cara memasak makanan sehat dan praktis, dan memahami kebutuhan gizi tubuh agar dapat gaya hidup sehat (termasuk pada saat berpuasa). Terima kasih, Philips.

43 comments:

  1. Punya air fryer jadi hemat ga beli minyak grg... Hihihi. Btw, Aku ngiler dg bola ayamnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ma wi, coba kemaren ikutan :D

      Delete
  2. iya betul banget mak, mau masak untuk buka badan lemes mau masak sahur ngantuk melanda hihi, perlu banget nih punya peralatan dapur Philips selain lebih praktis masaknya nggak pake lama juga lebih sehat ya mak karena nggak pakai minyak, pengen punya Airfryer nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kemaren doorprizenya air fryer lumayan juga ya maak.. hihi
      selamat dapet blender philips yaa

      Delete
  3. Bisa masak seru kalau ada peralatan dari Philips ini. Inovasinya bener2 memahami kebutuhan emak2 deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak2nya juga pasti seneng karna para emak punya philips di dapur :D

      Delete
  4. PR banget nih Mbak, aku buka puasa masih sering pake gorengan kombinasi es.heuheu
    Btw, air fryer nya praktis banget ya ada timer-nya. Jd ibuk2 bisa ngerjain yg lain dg ga was2. Apalagi kl jam2 nyiapin buka tuh jam suibuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa...hyuk kita bertobat makan yg sehat untuk sahur n buka puasa

      Delete
  5. Mau praktek bikin bila bola ayam sayur...hbs enakkk

    ReplyDelete
  6. waaa makasih banget sharingnyaa mbaak. . aku masih salah" menu ini untuk buka dan sahur bsa jd pedoman. . hehehe enak yaak masak pakai philips, btw ibu aku sejak kecil uda jatuh cinta samaa produknya philips.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, produk philips emang canggih, kuat, dan awet

      Delete
  7. makasih sharenya mba, informatif sekali mba. Philips tuh keren ya perlengkapan dapurnya.

    ReplyDelete
  8. Yeaaay aku suka pepaya, memang cocok untuk buka puasa maupun sahur mbak, kurma gak ketinggalan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga makan pepaya n kurma hari ini :D

      Delete
  9. Philips mantap ya, tahu aja kalo emak mau yang cepet

    ReplyDelete
  10. Aku naksir Philips Air fryer mak ����

    ReplyDelete
  11. Ditunggu masakan mba Inna di bulan Ramadan ini yang pastinya bikin kepengen deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mampir mbaa...kita tukeran makanan yak :p

      Delete
  12. Aduh naksir Air Fryer nya! Philips ini sudah lama jadi andalan Mama saya lho untuk membantu memasak.

    ReplyDelete
  13. Airfryer nya canggih bet. Pengen bawa pulang. Philips membantu banget buat urusan masak2. Btw thank you buat sarab dan tips berbukan dan sahurnya mba. Jadi keinget buka puasa kemarin pake es kacang ijo. Manisnya bukan manis alami, tapi manis susu dan gula. Eh jadi curcol. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi yuk bawa pulang.
      kemaren bikin jus, inget acara ini, bikinnya ga perlu tambahan gula apalagi susu kental manis. jadi sadar kalo banyak makan manis itu ga baik untuk tubuh :)

      Delete
  14. Mbak, uraiannya komplit banget! Trimakasih yaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba. untung kita datang ke acara ini bareng yaa jadi banyak dapat pencerahan :)

      Delete
  15. Teknologi bikin semua urusan jadi gampang ya, termasuk urusan memasak. Pengen punya Air Fryer. Btw, Philips emang andal. Aku favorit merek ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba donna. philips memang jadi andalan yaa

      Delete
  16. Mbaaaaak, aku tertarik banget sama air fryer euy. Gak pake minyak dan tetap bisa makan gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren kann... aku juga pengen banget punya air fryer :)

      Delete
  17. Hari ini jalan2 ke blog tetangga, banyak yg ngebahas makanan... Tega sekali.. Hehe

    ReplyDelete
  18. Produk philips ini memang pilihan banget deh. Apalagi bisa membuat masak semakin praktis dan sehat

    ReplyDelete
  19. Mak..kece bgt punya frier drier nya, btw, brp watt nya mak?

    ReplyDelete
  20. Asyik banget, ya, masak pakai Philips. Jadi mudah dan nggak takut keciprat minyak. :)

    ReplyDelete
  21. Makin canggih aja alat masak. cocok buat yg malas masak kayak akyuuu

    ReplyDelete
  22. gula udah bisa dikurangi, tapi kalau gorengan masih diusahakan hahaha


    itu canggih banget air fryer nya, cocok juga tuh buat saya yang suka gorengan

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^