Wednesday, May 10, 2017

Batagor Ayam Ikan


Batagor biasanya dari daging ikan, ya. Kebetulan lagi iseng pengen bikin batagor pakai daging ayam. Sayang, masih ragu takut rasanya kurang 'nendang', saya mencampurnya dengan daging ikan tenggiri. Hmm, enak juga ternyata. Cobain, yuk! Lumayan buat cemilan, cepuluh, cebelas...

Bahan untuk isian batagor
Bahan:
  • 250 gr daging ikan tenggiri
  • 250 gr daging ayam tanpa tulang
  • 6 butir bawang putih
  • 1 butir telur ayam
  • 1 bungkus kulit pangsit siap pakai
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • penyedap rasa (optional)
  • minyak goreng untuk menumis
  • air matang secukupnya
Bahan untuk bumbu kacang
Bumbu kacang:
  • 200 gr kacang tanah goreng
  • 3 butir bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah cabai merah besar
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Blender daging ayam dan daging ikan tenggiri. Tumbuk halus bawang putih dengan garam. Campur bawang, adonan ikan, merica. penyedap rasa, dan telur. Aduk rata. Cara mencicipi: rebus air hingga mendidih. Ambil adonan, bentuk seperti kelereng kecil. Celupkan ke air mendidih. Setelah mengapung, cicipi. Koreksi rasanya.

  2. Bumbu kacang:  tumbuk halus semua bahan. Tumis minyak goreng, masukkan bumbu, aduk rata. Tambahkan air matang. Jika ingin bumbu agak kental, tuangkan 200 ml air. Jika ingin bumbu lebih encer bisa gunakan lebih banyak air. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya.     
  3. Memasak bumbu kacang
  4. Membuat batagor: ambil 1 sdm adonan daging ikan dan ayam, taruh di atas kulit pangsit tepat di bagian tengahnya. Satukan keempat ujungnya. Rekatkan dengan air matang pada bagian yang terbuka.
    1. Letakkan adonan di tengah kulit pangsit
      2. Rekatkan keempat ujung dan sisinya
      3. Batagor siap digoreng
  5. Goreng batagor dalam minyak panas dengan api sedang. Angkat. Sajikan bersama sambal kacang. Agar batagor tidak berminyak, setelah ditiriskan, taruh batagor di atas tisu dengan keadaan terbalik seperti ini:
Meniriskan minyak

  Sajikan batagor dengan dipotong-potong dan disiram bumbu kacang atau langsung tanpa dipotong dan langsung dicocol saja. Tetep enak kok dimakan dengan gaya apa pun. Selamat menikmati!

Batagor yang dipotong dan disiram bumbu kacang

Langsung cocol ke bumbu kacang

10 comments:

  1. hmmm.... yummy. bumbu kacangnya bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  2. Cihuy.. Ntar coba ah.. Thanks for sharing Mbak

    ReplyDelete
  3. Campu campur aduk aduk nihh.. supaya gak jajan diluar

    ReplyDelete
  4. Pasti keluarga mak Ina bahagia banget deh soale mamanya pinter masak ��
    *ngecessss liat batagor

    ReplyDelete
  5. Enaaakkk
    Bisa buat cemilan pas weekend daripada beli :D

    ReplyDelete
  6. makasih resepnya mbaa... mau coba bikin ahhh...

    ReplyDelete
  7. Kalau main ke dapur ngebut, jadi banyak inspirasi masak makanan utama dan cemilan :D Ada resep bumbu kacang nih, saya kalau bikin bumbu kacang masih kurang pas :D

    ReplyDelete
  8. mbak kemaren sempat bikin seperti itu ... pas di pincutkan ternyata kulit pangsitnya sobek sobak ... bagaimana mbak solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit pangsit yg sudah agak lama dijual biasanya jadi kaku dan gampang sobek pas dibentuk.

      Kalo sdh terlanjur sobek saat dipincutkan, coba rekatkan sobekan dgn air matang atau putih telur. Jika susah dan sobekan tll besar, ganti dg kulit pangsit yg lain spy tidak bocor adonannya. Semoga membantu ya

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^