Friday, February 24, 2017

#WajanNgebut Tomyam Praktis dengan Bumbu Easy Cook


Assalamualaikum!

Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini bisa bikin kondisi tubuh gampang sakit. Keluarga saya di rumah baru saja melewati masa pemulihan. Pasca si Kk Rasyad (anak nomor dua) pulang dari rumah sakit, gantian adiknya kena panas tinggi. Situasi jadi riweuh karena suami kebetulan sedang dinas ke luar kota. Saya yang sedang dalam kondisi kurang fit akhirnya kena serangan sakit kepala hebat selama dua hari. Beruntung, Mak ART pulang pergi mau menginap di rumah untuk membantu saya mengurus anak-anak. Alhamdulillah, sekarang kami sudah sehat kembali.

   Nah, saat cuaca dingin karena hujan begini, saya sering memasak hidangan berkuah untuk menghangatkan badan, Ketika anak-anak sakit, masakan berkuah yang pas untuk pemulihan tubuh adalah sop daging. Sekarang, setelah sembuh, tetap masih pengen makanan berkuah. Kali ini saya bikin yang rasanya pedas dan segar. Mumpung baru sembuh, nafsu makan meningkat alias 'mamayu' kalau kata orang sunda bilang. 

   Bikin tomyam kayaknya enak, nih! Berisi aneka seafood dengan kuah pedas asam, hmm nikmat! Karena dibuat untuk anak-anak, saya tidak menggunakan cabe dan asam dalam jumlah banyak. 

   Berhubung badan masih agak lemas, saya malas bikin bumbu yang ribet. Apalagi pakai acara ngulek bumbu segala. Beruntung, ada bumbu instan Easy Cook sebagai penyelamat! Tidak perlu repot, tinggal gunting, tuang, lalu gunakan untuk memasak hidangan apa saja sesuai label bumbu. Untuk bikin tomyam, tentu saja saya pakai bumbu tomyam Easy Cook. Yuk, kita mulai masak!

Bumbu Easy Cook rasa tomyam
Bahan:
  • 250 gr udang, kupas sisakan ekor, bersihkan kotorannya. 
  • 250 gr cumi, potong-potong
  • 200 gr kerang
  • 200 gr ikan tenggiri, potong kotak
  • 5 buah otak-otak ikan, potong-potong
  • 100 gr bumbu instan Easy Cook
  • 1 buah tomat merah, potong kotak
  • 2 buah cabe merah besar, iris kasar
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdm asam
  • 1 liter air kaldu udang/daging/ayam
  • minyak goreng untuk menumis
  • 2 butir jeruk limau atau 1 buah jeruk nipis sebagai pelengkap

Bahan membuat tomyam
Cara membuat:
  1. Panaskan panci, tumis minyak goreng di dalam panci. Masukkan bumbu Easy Cook, sereh, lengkuas, cabe merah, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga harum dan semua bahan layu.
  2. Masukkan daging cumi, udang, kerang, otak-otak, dan ikan, aduk rata. Tumis sehingga semua bahan layu. 
  3. Masukkan air kaldu, masak hingga semua bahan matang.
  4. Masukkan tomat dan asam, aduk rata. Koreksi rasanya.
  5. Sajikan hangat.
  Oke, tomyam sudah jadi. Buat yang suka rasa lebih asam, boleh tambahkan pelengkapnya yaitu kucuran jeruk nipis atau jeruk limau. Mau lebih pedas? Tambahkan irisan cabai rawit. Wuih mantap! Nggak punya cabai rawit? Pakai bubuk cabe juga bisa. Enak, lho!
Tomyam sudah matang!
  Gimana, gampang kan? Rasanya enak, bikinnya juga nggak pakai lama. Oia, bumbu Easy Cook ini sudah diberi garam, jadi rasanya sudah pas. Tanpa MSG dan pengawet membuat bumbu instan ini aman dikonsumsi dan lebih sehat dibanding bumbu instan lainnya. 

   Pilihan rasa bumbu instan Easy Cook yaitu: rendang, soto, sop, kari, sambal goreng, nasi goreng, gulai ikan, tomyam, sayur asem, semur, opor, ayam goreng, asam pedas, tumis, saus padang, bumbu panggang, dan emie. Wah, pakai bumbu instan ini jadi semangat terjun ke dapur. Masakan apa saja rasanya seenak buatan koki restoran! Everyone can cook like a chef with Easy Cook! Yeaay! 

Bumbu Easy Cook rasa tomyam, gulai ikan, sayur asem, dan opor.

   Satu kemasan pouch ukuran 200 gram ini bisa untuk dua atau tiga kali pakai. Berhubung saya selalu masak dalam porsi banyak, sebungkus bumbu saya pakai untuk dua kali masak. Setelah membuat tomyam, sisa bumbu saya simpan di lemari es.

   Sisa bumbu tomyam saya habiskan untuk kreasi masakan baru. Saya bikin tumis cumi asin bumbu tomyam. Biasanya, saya bikin tumis cumi asin dengan bumbu iris yang saya tulis di postingan Tumis Cumi Asin. Dengan bumbu instan Easy Cook, saya cukup menumis bumbu, masukkan cumi, tambahkan sedikit air, lalu masak hingga matang. Selesai! Cepet banget ya!

Cumi asin bumbu tomyam
  Tips untuk membuat cumi asin bumbu tomyam: rendam cumi asin dengan air panas selama 15 menit atau rebus selama dua menit. Gunanya agar rasa tidak terlalu asin karena bumbu instan Easy Cook sudah mengandung garam. Ngaku nih, masakan yang saya bikin keasinan! Penyelamat agar rasa masakan tidak terlalu asin adalah dengan memasukkan potongan kentang. Berhasil! Tumis cumi asin bumbu tomyam saya nggak keasinan lagi, hehe.

   Mau intip resep dari bumbu instan Easy Cook lainnya? Yuk, meluncur ke blog Hot Wajan! Ada suguhan Semur Telur Kentang Bumbu Easycook yang pasti enak banget plus masaknya gampang! Sampai jumpa di postingan #WajanNgebut dan #WajanNgebutReview selanjutnya! Saya mau lanjut ngabisin tomyam dulu...

Makan tomyam dulu
\
Mau pesan bumbu instan Easy Cook? Bisa hubungi kontak berikut: 
  • Instagram: @BumbuEasyCook 
  • Facebook Fanpage: Bumbu Easycook
  • Twitter: @BumbuEasyCook
  • Telp : 0896 9669 5350







15 comments:

  1. Pengen tomyammm makkk...praktis bangeettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangett... jadi tambah rajin masak deh :D

      Delete
  2. semoga cepat sehat semuanya ya mba...
    Saya suka tomyam, tapi bumbu2nya agak riweuh kalo bikin sendiri hhehe... seneng banget ada bumbu tomyam instan seperti ini makasih infonya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba santi. jadi praktis kaan *kedip2*

      Delete
  3. Jadi laper, enaknya ada bumbu instan begitu. Kapan kapan nyoba ah��

    ReplyDelete
  4. Enak nih, jadi laper. Kapan kapan mau coba masak

    ReplyDelete
  5. Aku liat nih bumbu ini tapi ragu mo beli. Sebelumnya pernah nyoba 2 brand bumbu tom yum tapi rasanya gak kayak tom yum yg pernah aku coba di resto.. Yang ini rasanya mirip gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku, yg ini enak mba ade. kalo mau lebih nendang bisa ditambahkan cabe dan asam sesuai selera tingkat pedas n asamnya

      Delete
  6. bumbunya ini beli di,mana mbak ... adakah order langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa order langsung ke nomor kontak 0896 9669 5350

      Delete
  7. Huwaa.. Gampang banget, aku doyan nih Tom yum, kayaknya meati wajib nyobain ini.

    ReplyDelete
  8. Super praktis ya mba udah ada bumbu instannya sekarang, jadi pengen masak juga hihi

    ReplyDelete
  9. Wuih suka deh isian tomyamnya manteb bangeeeet. Banyaaak!!!

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^