Monday, February 6, 2017

#WajanNgebut Terong Bakar Sambel Roa


Assalamualaikum!

Jumpa lagi dengan Wajan Ngebut. Pada postingan kolaborasi yang kedua ini, blog Dapur Ngebut dan Hot Wajan punya menu yang pedas dan nikmat. Kali ini kami berdua mencoba bikin kreasi dengan sambel roa. Sudah kenalan dengan sambel roa? Itu lho, sambel yang dipadukan dengan ikan roa. Jujur, saya baru coba sambel roa beberapa bulan yang lalu (ketinggalan jaman ya) dan jadi ketagihan!

   Saya lagi kepingin makan terong bakar. Ini juga makanan yang nggak sengaja saya suka. Awalnya karena terpaksa, nggak ada pilihan menu lain dan si terong bakar ini selalu ada di paket ayam bakar yang saya makan waktu tinggal di Banjarmasin. Aneh, kok terong dibakar. Ternyata setelah mencoba, owalah enak banget! 

   Ketika saya kembali ke pulau Jawa, saya coba masak terong bakar. Tapi kok rasanya lain, ya? Terong yang saya makan di Banjarmasin itu rasanya manis dan renyah. Ada kres kresnya gitu. Barangkali, tekstur tanah di Kalimantan mempengaruhi buah terong sehingga rasanya lebih manis dibandingkan terong yang ada di pulau Jawa. Ini menurut saya lho. Barangkali ada penjelasan lain yang lebih ilmiah :)

   Balik lagi merantau ke Palangkaraya, saya ketemu terong lagi! Horee! Puas-puasin deh makan terong manis. Mau dibakar atau digoreng juga enak. Biar nggak banyak makan minyak (dan lebih sehat pastinya), saya pilih terong bakar. Setelah menetap di Bogor, kebiasaan makan terong sebagai lauk makan atau teman lalapan terus berlanjut. Demikian kisah saya bersama terong dan sambel roa. Kita bikin terong bakar sekarang, yuk!

Terong ungu
Bahan:
  • 3 buah terong ungu ukuran sedang
  • margarin untuk mengoles
Cara membuat:
  1. Potong terong menjadi empat bagian. Bisa juga jadi enam bagian jika ukuran terong besar dan panjang. Gimana enaknya aja deh.
  2. Panaskan teflon atau wajan datar anti lengket. 
  3. Tumis margarin, masukkan terong. Balik jika salah satu sisinya sudah matang kecoklatan.
  4. Angkat, sisihkan.
Bakar terong di teflon :D
   Penampakannya memang kurang cantik. Kelihatan agak benyek, gitu. Tapi, jangan salah! Cobain dulu, dong! Rasanya enak... apalagi setelah dicocol sambel. Wuih, mantap!


Terong setelah dibakar
  Selesai? Udah gitu aja? Iya, udah beres nih, masak terongnya. Sekarang, tinggal nambahin sambel roa sebagai pelengkapnya. Bikin sambel roa? Riweuh nggak? Ngulek cabe dulu? Ikan roa diapain? Males riweuh, ah. Tenang, nggak usah pake riweuh bin puyeng. Langsung aja ambil cara praktis. Nih ada sambel roa botolan yang siap santap. Namanya sambel Roa Judes. Sesuai namanya, kebayang dong pedesnya kayak apa. Dijamin bikin judes seketika karena kepedesan, hehe.

  Langsung aja, ya. Saya buka kemasan sambel Roa Judes. Kemasan tertutup ini bikin sambel tetap steril sebelum digunakan. Cukup buka tutup kalengnya, langsung colek sambelnya. Jangan lupa, simpan di kulkas setelah dibuka agar sambel bertahan lama. Maklum, sambel ini tidak menggunakan pengawet buatan. Jadi lebih sehat kan.
Kemasan sambel Roa Judes
  Setelah dibuka, langsung deh sambal roa Judes saya taruh di atas terong sebagai toping. Berhubung ini sambel Roa Judes lagi dihemat (karena sayang saking enaknya), tidak semua terong saya taburi sambel roa. Cukup jadi colekan saja di piring masing-masing, hehe.
Terong bakar dengan sambel Roa Judes, cocok!

Sambel Roa Judes
   Komposisi sambel Roa Judes adalah ikan roa, cabe, bawang, garam, nabati, dan. Tanggal kadaluarsa tercantum jelas di setiap kemasan. Kalau buat saya. tanggal kadaluarsa ini nggak ngaruh karena sudah habis duluan, hehe. Kandungan gizi juga dicantumkan di kemasan sambel Roa Judes, yaitu pada foto berikut: 


Informasi nilai gizi sambel Roa Judes
  Sambel Roa Judes cocok untuk cocolan makanan apa saja. Ada gorengan nganggur sendirian. temenin aja pakai sambel Roa Judes. Langsung jadi rame, deh! Sebagai pendamping lalapan atau lauk makan, sambel Roa Judes ini bisa menambah nafsu makan. Terbukti, saya makan terong bakar ini saja sampai nambah nasi (pantesan nggak kurus juga, ups) gara-gara sambel Roa Judes. 

  Mau bikin kreasi lain dari sambel Roa Judes? Bisa banget! Yuk, mampir ke blog Hot Wajan buat ngintip resep nasi goreng sambel roa yang pastinya nggak kalah dasyat! Sampai jumpa di postingan #wajanngebut selanjutnya ^_^

   Pengen sambel Roa Judes juga? Boleh kontak ke media sosial berikut: 

Sambel Roa Judes
www.sambelroajudes.com
Facebook Fanpage: Sambel RoaJudes
Twitter: @RoaJuDes
Instagram: roajudes_setiabudi

18 comments:

  1. Sambel roa-nya dijual bebas, gak? Atau harus beli online?
    Duuh jadi pengen sambelnya, makanan favorit anak-anak itu mah. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa beli langsung ke nomor kontak yg ada di profil Instagram Sambel Roa Judes, Teh. Klik linknya aja :)
      Wow, anak2 pada doyan sambel ya, mantapp

      Delete
  2. Kulitnya gak dikupas ya mak? Trs sambelnya dioles ya.. *dih kebanyakan nanya hihihi.. Maaf ya mak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dikupas, mak. nanti juga empuk. dioles boleh, dicocol boleh, tinggal lep juga boleh hihihi

      Delete
  3. Mbak, terima kasih buat resepnya. Saya pecinta terong nih, suka sama rasa dan teksturnya yang blenyek gitu. Mantap nih dicocol sambal roa.

    ReplyDelete
  4. Enak amat itu sambel roanya ya maaaak.. Sampe diirit2 pst endeus banget, hahaha.

    ReplyDelete
  5. Jadi kangen sambel roa judes aq dulu jualan ini loh maak...

    ReplyDelete
  6. huhahhh... pedes banget nih ya mba. Aku ga begitu kuat sama yg pedes2. Ndulit sambelnya cukup sedikit2 saja ya klo gitu. Terong bakar aku sukaaa banget. Manis rasanya klo yg terong ungu ini.

    ReplyDelete
  7. Lagi puasa, liat ini.. *nelen ludah*
    pulang kerja aku mau beli terong dimasak gini buat bekal besok deh hihi

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah udah punya wajan teflonnya. Pagi-pagi ngeliat terong bakar, jadi pengen praktek langsung.

    ReplyDelete
  9. Kayanya terong mantepan dibakar gitu ya mak, aku biasa digerong pake minyak, minyaknya jadi banyak beneeeerrrrrr. Hihiii. Sambal roanya juga menggugah selera bangeeeetttt niihh <3

    ReplyDelete
  10. Huuuaaaa...sukses ngiler aku mbak

    ReplyDelete
  11. Mba Inna masakannya pafa menggoda iman ni hehehe

    ReplyDelete
  12. Uahhhh suka banget terong, itu beli sambelnya dimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ke nomor kontak yg ada di instagram @roajudes_setiabudi, mba wuri (link ada di akhir postingan)

      Delete
  13. terong dimasak sama kulitnya ya, apa ga pait mbak ?

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^