Thursday, February 2, 2017

Tempe Cabe Ijo



Assalamualaikum!

Bogor sedang diguyur hujan, nih. Cuaca adem dan bikin mager, he. Meski hujan, kegiatan masak di dapur tetap jalan dong. Kali ini saya mau masak yang gampang aja. Kenapa? Karena musim hujan dan cuaca dingin biasanya bikin cepat lapar. Nah, saya bikin lauk makan yang cepat supaya menghemat waktu karena mau bikin cemilan juga buat keluarga. Cemilannya apa? Ada deh! 

   Menu tempe selalu jadi andalan saya saat tanggal tua, hehe. Harganya yang murah bikin dompet enggan menjerit. Jangan lupa, tempe yang bergizi ini juga lezat rasanya! Mari kita mulai memasak...

Bahan:

  • 1 papan tempe bentuk tabung, potong setebal 1 cm
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 butir bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabe ijo, iris serong
  • 2 buah tomat ijo kecil, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1,5 cm lengkuas, geprek
  • 1 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • minyak untuk menumis
  • 100 ml air matang

Bahan untuk membuat tempe cabe ijo

Cara membuat:

  1. Goreng tempe hingga hampir matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Masukkan tomat, tumis hingga semua bahan layu.
  3. Masukkan tempe, garam, dan kecap. Tambahkan 100 ml air matang. Masak hingga semua bahan matang. Koreksi rasanya.
  4. Angkat, sajikan hangat.

   Tempe cabe ijo sudah matang. Selamat menikmati, ya!



15 comments:

  1. Ini menu paforitku kalo akhir bulan wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Wah bahannya dikit, bikinnya mudah nih.. Besok beli cabe ijo dulu ��

    ReplyDelete
  3. Enak bgt mba keliatannya, jd lapeeer.. Ijin contek resepnya ya mba, kebetulan suami lg doyan tempe nih pdhl biasanya ogaah hehe. TFS mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, mba. selamat masak tempe ya :)

      Delete
  4. Baru kali ini liat tempe lonjong beginilah kak :)
    Saya kangen makan tempe..di kampung ini nggak ada..harus ke kota yang jauh sekali jaraknya baru ada ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tempe juga ada di sana. kalo jauh jadi ngangenin ya

      Delete
  5. Saya suka beli tempe bentuk tabung gitu, Mbak. Tapi tetap dipotong dadu kalau mau tumis2. Dipotong bentuk lingkaran gitu bagus juga ya, Mbak. Makasiih resepnya, Mbak Inna :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dipotong dadu biar langsung hap :D
      inii lagi pengen genit aja dipotong lingkaran

      Delete
  6. Aku lebih suka potong dadu mba hehhee emang paling nikmat tempe diginiiin

    ReplyDelete
  7. waduh pas banget malam-malam gini main ke blog mbak Inna liat postingan tempe cabe ijo jadi laperrr..besok mau langsung nyobain resepnya ahh

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^